Air Terjun Terindah di Bogor yang Bisa Dikunjungi

Posted on

Mengunjungi tempat wisata di berbagai kota memang sangat menyenangkan. Di setiap kota pasti memiliki potensi wisata sendiri-sendiri, seperti halnya kota Bogor.

Kota yang akrab disapa dengan sebutan kota hujan tersebut ternyata alamnya sangat indah. Tercatat ada banyak air terjun terindah di Bogor yang wajib untuk dikunjungi. Di kota tersebut ternyata ada lebih dari sepuluh curug atau air terjun yang pemandangannya indah dan memiliki kelebihan masing-masing.

7 Air Terjun Terindah di Bogor yang Harus Dikunjungi

Membahas tentang air terjun terindah di Bogor memang begitu menarik. Bagaimana tidak? Di sana banyak terdapat curug yang memiliki kelebihan dan potensi masing-masing. Air terjunnya pun tak lebih dari 2 atau 3 saja melainkan lebih dari 10 air terjun bisa Anda temukan di kota hujan tersebut. Jika Anda ingin menikmati wisata alam di sana, berikut ini ada 7 curug yang indah dan wajib untuk dikunjungi.

1. Curug Cihurang

Salah satu air terjun terindah di Bogor adalah Cihurang. Alamat tempat wisata air terjun di bogor ini berada di Kecamatan Pamijahan, Desa Gunung Picung tersebut memiliki keunikan tersendiri. Curug Cihurang memiliki dua pancuran air terjun yang tidak begitu tinggi dan pengunjung pun bisa menaikinya dengan mudah. Kebanyakan para pengunjung akan naik ke atas air terjun tersebut kemudian berfoto, namun Anda harus berhati-hati karena batunya sangat licin. Biaya tiket masuk untuk ke sana pun juga begitu murah karena Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 saja.

Wisata air terjun di bogor jawa barat

curug cihurang gunung salak dimana sukamakmur

Ketinggian air terjun tersebut hanya sekitar 890 meter di atas permukaan laut dan memiliki kolam yang tak terlalu dalam. Para pengunjung pun bisa bebas berenang di bawahnya sambil menikmati percikan air dari atas.

2. Curug Bidadari

Mungkin curug yang satu ini bisa dikatakan air terjun terindah di Bogor yang paling nomor satu. Mengapa? Karena memang pemandangan alamnya yang begitu indah. lokasi air terjun bidadari sentul bogor terletak di Sentul Paradise Park dan air terjun tersebut sangat dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Di sana pengunjung bisa berenang sepuasnya di kolam bawah air terjun karena memang sangat memungkinkan untuk dipakai berenang.

Tempat wisata air terjun di sentul bogor

curug bidadari sentul paradise park di bogor

Pemerintah pun mengelola dengan baik wisata alam tersebut dan para pengunjung yang ingin berenang ada juga penyewaan ban pelampung. Tidak hanya itu saja, di sana juga terdapat fasilitas yang memadai seperti payung untuk berteduh seperti di pantai, kamar mandi, tempat parkir dan masih banyak lagi. Bagi warga Jakarta yang ingin menikmati suasana alam asri dan sejuk sangat direkomendasikan sekali untuk mengunjungi air terjun Bidadari karena letaknya pun juga tak terlalu jauh.

3. Curug Cilember atau Curug Tujuh

Kota Bogor memang sangat kaya potensi alamnya, Anda pun juga bisa mengunjungi curug cilember yang berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor. Letaknya pun tak begitu jauh dari pusat kota karena hanya berjarak 20 km saja. curug cilember merupakan salah satu air terjun terindah di Bogor yang sangat unik. Mengapa? Karena air terjun tersebut terdiri dari 7 tingkat, para wisatawan pun bisa menaikinya dan konon katanya bagi siapa saja yang berendam di kolam curug ke 7 maka Anda akan awet muda dan juga cepat mendapat jodoh.

Tempat wisata air terjun di puncak bogor

curug cilember cisarua bogor camping ground dari stasiun

Pada area tersebut pengunjung pun sangat ramai namun Anda harus berhati-hati karena di sana sangat licin. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau hanya Rp 12.000 saja.

4. Curug Luhur

Air terjun terindah di Bogor selanjutnya adalah curug Luhur. Beralamat di Desa Gunung Malang Tapos, Ciomas, Bogor ini terbilang sangat ramai pengunjung dan fasilitasnya juga lengkap. Air terjun yang berada di ketinggian 624 meter tersebut juga memiliki kolam yang sangat asyik untuk dipakai berenang.

Wisata air terjun terindah di bogor

curug luhur ciapus bogor nangka

Anda bisa berenang di kolam bawah air terjun sambil menikmati pemandangan alam hijau di sekelilingnya dan juga menikmati percikan air terjunnya. Jika ingin berkunjung ke sana para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 40.000 dan biaya parkir sekitar 8 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. Memang tiketnya terbilang mahal tetapi Anda tidak akan merasa kecewa setelah berada di tempat wisata tersebut.

5. Curug Pangeran

Jika ingin menikmati suasana alam yang masih sangat alami jauh dari kebisingan kota serta udaranya yang bagus, Anda bisa pergi ke curug Pangeran. Akses menuju ke salah satu air terjun terindah di Bogor ini memang terbilang sangat melelahkan. Dari area parkir sampai ke lokasi air terjun memang sangat jauh tetapi lelah Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang disuguhkan.

Wisata air terjun terbaik di bogor

curug pangeran gunung bunder bogor jawa barat

Curug Pangeran memang aliran airnya tidak terlalu tinggi dan cenderung pendek kemudian kolam di bawahnya pun juga tak begitu dalam. Meskipun begitu, air di sana sangat jernih sekali dan tidak tercemar sampah sehingga Anda bisa bebas bermain air sepuasnya. Pemandangan alam yang asri dengan hijau pepohonan serta beningnya air membuat pikiran akan kembali fresh.

6. Curug Seribu

Curug Seribu bisa dibilang air terjun terindah di Bogor yang rutenya sangat menantang. Jika Anda datang ke sana maka harus berhati-hati karena jalannya sangat curam dan licin. Namun kengerian tersebut akan terbayar dengan indahnya air terjun yang memiliki ketinggian air 100 meter tersebut.

cerita mistis mitos curug seribu gunung bunder

Selain tinggi air hingga 100 meter, debit airnya pun cukup deras sehingga Anda bisa merasakan cipratan air dari jarak jauh. Air terjun yang terletak di Kecamatan Pamajihan ini juga sangat unik karena adanya monyet-monyet liar. Monyet tersebut tentu akan menambah keseruan dan juga keunikan air terjun Seribu tersebut.

7. Curug Cibeureum

Salah satu air terjun terindah di Bogor yang sangat wajib untuk dikunjungi adalah curug Cibeureum. Saat mengunjungi air terjun yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tersebut Anda akan dibuat kagum. Pertama adalah rute perjalanannya yang sangat melelahkan dan menantang karena Anda akan diajak untuk trekking selama 1,5 jam.

curug cibeureum gunung gede pangrango cibodas cianjur

Medannya pun tak semulus yang dibayangkan karena Anda diharuskan melewati jalanan berbatu serta menanjak. Namun, kelelahan Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang begitu indah di sana. Di sepanjang perjalanan Anda akan melihat pepohonan yang rindang dan pemandangannya sangat cocok untuk berfoto. Setelah tiba di lokasi curug, Anda bisa bermain air sepuasnya karena airnya yang deras serta menyejukkan bisa membuat tubuh kembali segar.

Obyek wisata air terjun bogor

Ketujuh air terjun di atas memang hanya sebagian saja yang berada di Bogor karena masih ada beberapa curug yang bisa Anda kunjungi. Di setiap curug tersebut memiliki pemandangan yang berbeda-beda dan Anda pun bisa merasakan kesegarannya. Meskipun Anda harus bercapek-capek untuk menggapainya namun rasa lelah akan terbayarkan dengan indahnya alam yang ada di sana. Jadi saat akhir pekan nanti rencanakan untuk mengunjungi salah satu air terjun terindah di Bogor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *