Aneka Kuliner di Bogor Untuk Penikmat Kuliner Dari Berbagai Usia

Posted on

Semua tentu telah tahu bahwa Bogor merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kota ini memang dikenal sebagai kota Hujan karena hujan hampir setiap hari terjadi di kota ini. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa kuliner di Bogor juga cukup terkenal bagi kalangan penikmat kuliner.

Beberapa Jenis dan Tempat Kuliner di Bogor

Ada banyak makanan dan tempat kuliner di Bogor yang patut dicoba ketika Anda sedang melakukan perjalanan ke kota yang juga terkenal dengan tempat wisatanya ini. Beberapa tempat dan makanan berikut ini merupakan kuliner di kota Bogor yang sering dikunjungi oleh penikmat kuliner dari berbagai golongan.

1. Menikmati Bapatong

Kuliner di Bogor yang pertama adalah Bapatong, singkatan dari bakso kupat gentong. Makanan yang dihargai 15 ribu rupiah per porsi ini bisa ditemukan di Jalan Taman Kencana. Di samping mie kuning, bihun, dan pangsit, bakso dihidangkan bersama dengan ketupat dan iga sapi yang dipotong-potong dadu. Selanjutnya, kuah kaldu sapi disiramkan pada kombinasi bahan tersebut. Untuk minumannya, Anda bisa memesan minuman biasa ataupun es dower. Es ini tersusun atas irisan buah, santan kelapa beku, gula, dan irisan agar-agar.

Wisata kuliner di bogor murah meriah

bapatong taman kencana bogor

Alternatif bakso untuk para penggemar bakso selain tempat ini adalah bakso setan yang bisa ditemukan di daerah Cimanggu dan pertigaan Taman Safari Bogor. Anda juga bisa mengunjungi bakso Seuseupan yang dihargai 15 ribu rupiah per porsinya.

2. Cungkring yang mengenyangkan

Cungkring merupakan salah satu makanan yang dibuat dari kepala sapi dan kikil. Bahan tersebut diolah dengan bumbu kuning dan bumbu kacang. Hidangan ini akan mengenyangkan karena ditambahkan dengan lontong dan tempe.

Tempat Wisata kuliner enak dekat stasiun bogor

cungkring makanan khas bogor

Pembeli juga bisa memilih untuk menikmati cungkring dengan nasi yang dicampur dengan kelapa parut. Untuk menikmati kuliner di Bogor yang unik ini, Anda harus datang ke Jalan Suryakencana sebelum pukul 9 pagi. Jika kehabisan di tempat ini, Anda bisa mencari ke pasar-pasar tradisional di Bogor.

3. Mengenyangkan perut di Taman Kuliner Agri Park

Jika ingin merasakan makanan lezat di tempat yang menyenangkan pula, Anda bisa mengunjungi tempat kuliner di Bogor ini, yaitu Agri Park. Taman kuliner yang berlokasi di Jalan Taman Kencana ini memiliki banyak warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan seperti nasi kalong, salad, iga bakar, ayam pepes, hingga cream sup jamur.

iga bakar si jangkung bandung mas giri

Selain menikmati berbagai hidangan kuliner, Anda yang mengajak anak-anak juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain sambil mempelajari ilmu tentang pertanian.

4. Soto Bogor di warung Pak Salam

Ketika datang ke Bogor, tidak akan lengkap jika Anda belum mencoba kuliner di Bogor yang satu ini. soto Bogor pak Salam merupakan warung makan yang berlokasi di Jalan Siliwangi. Warung makan ini buka mulai pukul setengah lima sore hingga 7 malam.

Terkadang warung ini tutup lebih awal karena saking larisnya. Di tempat ini, pembeli bisa memilih sendiri daging ataupun jeroan yang ingin dihidangkan pada soto pesanannya. Mereka juga bisa menambah tambahan nasi atau daging hanya dengan mengatakan istilah “calling” dan “distel” kepada pelayan warung makan ini.

Wisata kuliner bogor malam hari

soto bogor terkenal di bogor pak ace salam ibu rahayu

Tempat kuliner lainnya di Bogor yang menyajikan hidangan berupa soto adalah Kedai Soto Ibu Rahayu. Tempat kuliner ini terletak di Jalan Pajajaran, tepatnya di seberang Rumah sakit Mulia. Beberapa soto andalan di tempat makan ini adalah sotoWagyu dan soto rica-rica. Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 15 ribu rupiah.

5. Rumah untuk Penggemar Cupcakes dan BBQ

Jika mengajak anak-anak, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka ke Rumah Cupcakes dan BBQ yang berlokasi di Jalan Sanggarbuana Nomor 4, Bogor ini. Selain unik dari segi tempatnya yang berupa bangunan bercat putih dominan, rumah kuliner ini disukai kaum anak-anak dan remaja karena menyediakan berbagai jenis hidangan BBQ dan cupcakes.

rumah cupcakes bogor menu enak

Untuk BBQ, Anda bisa memilih BBQ roti sosis, BBQ ribs, BBQ sapi dengan nasi, dan sebagainya. Sementara itu, untuk cupcakesnya, ada berbagai pilihan yang bisa dicoba seperti cupcakeschocolate, cupcakesstrawberry, cupcakesvelvet, cupcakesblueberry, dan masih banyak lagi.

6. Nasi Uduk Bansus

Kuliner di Bogor yang satu ini dapat dinikmati oleh mereka yang tengah kelaparan saat malam. Nasi uduk di tempat ini dianggap unik karena ketika dihidangkan, makanan ini akan ditempatkan di atas wadah yang dilapisi dengan daun pisang bersama dengan bandrek susu (bansus) yang akan menghangatkan tubuh.

nasi uduk bansus btm jalan pahlawan

Pada nasi uduk yang ditaburi dengan daun bawang tersebut terdapat berbagai jenis lauk yang akan mengenyangkan perut. Untuk menikmati kuliner ini, Anda bisa datang ke Jalan Pahlawan tepatnya di sekitar Bogor Trade Mall.

7. Momo Milk untuk Para Kaum Muda

Walaupun kuliner di Bogor ini menggunakan nama utama milk yang berarti susu, namun tempat yang berlokasi di Taman Kencana Bukit Tunggul nomor 11 Bogor ini tidak hanya menyajikan berbagai macam susu. Pengunjung juga bisa menikmati makanan seperti batagor, nasi goreng, roti bakar, cheesy melt chicken, dan sebagainya.

momo milk factory bogor

Para kaum muda juga bisa mengunjungi tempat lainnya yang menyediakan menu yang disukai para kaum muda seperti Pizza Meteran, Warung Steak & Shake, Dillenia Kitchen, Daiji Ramen, dan sebagainya. Tempat-tempat tersebut menyediakan makanan yang tidak kalah lezat dan terjangkau harganya.

8. Sop buah yang segar di warung Pak Ewok

Sup buah di warung Pak Ewok merupakan sup buah lezat yang dikenal murah yaitu sekitar 8 ribu rupiah dan 13 ribu rupiah untuk sup buah durian. Walaupun menu utama dari Warung Pak Ewok merupakan sup buah, namun menu makanan lainnya juga dihidangkan untuk para penikmat kuliner di Bogor. Makanan tersebut antara lain mie ayam jamur, nasi bogana, dimsum, pempek, dan masih banyak lagi.

lokasi alamat sop buah pak ewok bogor bandung jakarta

Tempat kuliner murah meriah di bogor

Jika sop buah durian yang Anda ingin dnikmati di tempat ini telah laris, Anda bisa mengunjungi sop Duren Lodaya di Jalan Bangbarung Raya. Tempat kuliner yang dibuka pada tahun 2013 ini menyajikan sop buah dengan bahan utama buah durian yang dilengkapi dengan topping parutan keju serta roti tawar rasa pandan. Anda juga bisa memesan inovasi es durian yang dipadukan dengan kacang ijo dan roti.

9. Pia Apple Pie

Nama kuliner dari Bogor ini memang tidak seviral lagu yang pernah didendangkan oleh tokoh rekaan dari Jepang bernama PikoTaro. Namun, kuliner ini akan sayang jika tidak dicoba ketika Anda mengunjungi kota Bogor. Ada berbagai inovasi pie dan apel yang bisa dicoba di tempat kuliner yang berlokasi di Jalan Pangrango ini seperti chicken pie, apple pie, apple fried rice, spaghetti dengan saus apel, dan sebagainya.

Tempat makan enak murah meriah di bogor

pia apple pie bogor tahan berapa hari menu jakarta delivery

Itulah beberapa makanan dan tempat kuliner di Bogor yang bisa Anda dan keluarga coba ketika sedang mengadakan perjalanan ke Bogor. Jadi, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menjelajahi kuliner tersebut?

Tenang, jangan anda pikir kalau di bogor hanya ada makanan sunda saja. Bogor adalah kota yang multikultural dan banyak pendatang. Jadi tidak heran makanan mainstream indonesia seperti di bawah ini banyak ditemukan di sudut kota.

– Cakalang fufu
– Mie ayam
– Nasi pecel
– Nasi goreng
– Soto
– Sop buntut
– Sayur asem
– Ayam bakar
– Iga penyet
– Mie rebus
– Sayur lodeh
– Krechek
– Ikan goreng
– Mie goreng
– Woku
– Sate or satay
– Nasi ulam
– Bubur Manado
– Karedok
– Pallubasa
– Panggang
– Saksang
– Tempoyak ikan patin
– Paniki
– Rica-rica
– Empal gentong
– Mie aceh
– Lontong Cap Go Meh
– Ayam goreng
– Ayam Taliwang
– Mie kangkung
– Nasi tim
– Babi Guling
– Pempek
– Bakso
– Ketupat sayur
– Mie koclok
– Sayur Nganten
– Gulai
– Nasi campur (Nasi Rames)
– Laksa Jakarta
– Roti cane
– Tekwan
– Krengsengan
– Betutu
– Daun ubi tumbuk
– Tumis Kangkung
– Ayam Kalasan
– Tinutuan
– Bakwan Malang
– Laksa Banjar
– Nasi Padang
– Oncom
– Tumpang
– Tauge goreng
– Nasi uduk
– Perkedel Jagung
– Kwetiau ayam
– Empal gepuk
– Rawon
– Tongseng
– Opor Ayam
– Telur pindang
– Nasi liwet
– Nasi kuning
– Sambal goreng teri
– Bubur ayam
– Pepes
– Lontong sayur
– Sambal tempoyak
– Cap cai
– Gudeg
– Arsik
– Plecing kangkung
– Gado-gado
– Seblak
– Ketoprak
– Se’i
– Mie celor
– Ikan bakar
– Rendang
– Lawar
– Sate lilit
– Pecel Lele
– Tempe
– Papeda
– Kwetiau goreng
– Bebek goreng
– Selat solo
– Mie kocok
– Laksa Bogor
– Semur
– Tumpeng

Aneka Cemilan dan Snack makanan ringan

– Uli bakar
– Tempeh Bacem
– Pempek
– Siomay
– Martabak
– Risoles
– Emping
– Rujak juhi
– Tahu gejrot
– Cireng
– Batagor
– Lumpia Semarang
– Otak-otak
– Cilok
– Kerak Telor
– Tahu Aci & Tahu Pletok
– Tahu sumedang
– Rujak
– Arem-arem
– Panada
– Pastel
– Asinan Betawi
– Burasa
– Kembang Tahu
– Tahu
– Krupuk kulit
– Rujak Shanghai
– Baslok
– Basreng
– Mendoan
– Pangsit goreng
– Cimol
– Tahu Gunting
– Bakcang
– Seblak
– Bastus
– Kerupuk
– Rujak cingur
– Serabi/Surabi
– Terang Bulan
– Lemper

Aneka makanan manis alias dessert

– Kue Bandung
– Mochi
– Angsle
– Klepon
– Dodongkal
– Paklempung
– Roti buaya
– Bubur kacang hijau
– Bubur candil
– Ombus-ombus
– Nagasari
– Geplak
– Kolak
– Lapis Bogor
– Klappertaart
– Es campur
– Talas Roll
– Brem
– Tape Uli
– Lupis
– Getuk
– Bakpia Pathok
– Cendil
– Pisang Goreng
– Klepon
– Bubur ketan hitam
– Lapis Legit
– Kue putu
– Onde-onde
– Wingko
– Dodol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *