11 Hal Penting Ketika Memulai dan Menjalankan Bisnis Properti di Bogor

Posted on

Ada banyak kota-kota di sekitar Jakarta yang kini telah mengalami perkembangan pesat dalam hal bisnis properti. Salah satunya adalah Bogor. Bisnis properti di Bogor yang berkembang umumnya dilatar belakangi beberapa hal seperti semakin mudahnya akses transportasi di kota dan kabupaten ini. selain itu, letak Bogor sendiri yang strategis juga merupakan salah satu alasan mengapa banyak pengembang bisnis properti membuka usahanya di tempat ini.

Walaupun cukup menggiurkan, bisnis properti di Bogor juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan mengingat bisnis seperti ini merupakan bisnis jangka panjang yang segala aspeknya harus diperhatikan dengan cermat dan hati-hati. Karena itu, apabila Anda ingin menjajal bisnis properti di kabupaten maupun kota ini, ada baiknya untuk mempelajari poin-poin penting berikut ini.

Poin Penting dalam Bisnis Properti di Bogor

1. Memilih jenis properti yang akan dikembangkan

Ketika berniat memulai bisnis properti, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jenis properti apa yang ingin dikembangkan. Mengapa demikian? Hal ini karena ada jenis properti rumah dan apartemen memiliki manajemen yang belum tentu sama. Jika Anda memiliki keterbatasan modal dan berniat mendapatkan dana investasi, beberapa pengamat menganjurkan agar memilih jenis properti apartemen karena faktanya investor lebih tertarik berinvestasi pada orang yang ingin mengembangkan bisnis properti yang mudah dan fleksibel pembeliannya.

Prospek properti di bogor

desain rumah properti bogor

2. Menentukan strategi transaksi properti yang tepat

Selanjutnya, dalam memulai bisnis properti di Bogor, strategi dalam pengimplementasian rencana bisnis properti tersebut juga akan sangat berpengaruh dengan sukses tidaknya usaha properti Anda. Karena itu, Anda perlu memilih apakah akan menggunakan strategi jual dan beli atau strategi sewa. Strategi sewa umumnya merupakan strategi jangka panjang dan dapat memungkinkan pemiliknya untuk meningkatkan portofolio dari propertinya.

Investasi properti di bogor

3. Lihat kembali modal atau anggaran

Mengecek kembali modal atau anggaran yang dimiliki adalah salah satu poin penting ketika akan memulai bisnis properti di Bogor. Jika terbatas saat memulai, sebaiknya gunakan modal seefisien mungkin, misalnya dengan membayar pajak seperlunya kepada petugas. Jika tanpa modal, Anda harus memikirkan cara yang tepat mengenai langkah apa yang sebaiknya ditempuh. Beberapa orang memang dapat menjalankan usaha properti tanpa modal karena ia tahu bagaimana cara mendapatkan modal bisnis tersebut dari luar dirinya.

Info properti di bogor

4. Selalu memperhatikan lokasi

Dalam bisnis properti di Bogor, lokasi merupakan poin yang sangat penting karena bisnis properti selalu berkaitan dengan lokasi. Ketika Anda memilih Bogor, sebaiknya pilih lokasi atau kawasan yang diperkirakan akan berkembang lalu sebisa mungkin membeli properti di sana seawal mungkin. Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah membeli properti di kawasan yang telah bagus sehingga keuntungan yang didapatkan menjadi kurang maksimal. Jadi, dalam hal ini Anda harus selalu mengembangkan kemampuan analisis pertumbuhan dan gentrifikasi dari suatu wilayah.

Bisnis properti di bogor

5. Mencari partner kerja yang dapat dipercaya

Baik mereka yang memulai bisnis properti di Bogor dengan atau tanpa modal, suatu saat mereka pasti akan memerlukan partner kerja yang tepat dan professional untuk lebih mengembangkan bisnis propertinya. Hal ini karena bisnis properti tidak hanya memerlukan ilmu tentang bisnis, namun juga ilmu tentang hukum dan legalitas. Selain itu, keterampilan dalam bernegosiasi serta mendapatkan modal juga perlu dimiliki orang yang ingin mengembangkan bisnis ini. Karena itu, jika Anda bukanlah orang yang ahli atau telah mempelajari bidang tersebut, ada baiknya untuk mencari partner kerja yang dapat dipercaya untuk posisi pengacara, akuntan, maupun ahli konstruksi yang teguh. Dengan begitu, pendapatan atau keuntungan pun akan lebih maksimal.

Cari properti di bogor

6. Menetapkan sasaran calon pembeli dari kalangan profesional

Apabila Anda menjalankan bisnis properti di Bogor dengan teknik sewa, akan lebih baik untuk memilih sasaran penyewa dari kalangan pekerja professional. Jadi, ketika memilih target penyewa ini, Anda harus menetapkan akomodasi properti yang memiliki kualitas menengah ke bawah sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka. Seperti yang kita tahu, hingga saat ini banyak pekerja di lingkungan bisnis Jakarta memilih tinggal di kawasan Bogor karena kemudahan yang didapatkan dalam hal sarana transportasi kereta. Dengan begitu, bisnis Anda juga akan secara signifikan meningkat pendapatannya.

7. Menciptakan brand usaha

Setelah bisnis properti di Bogor yang Anda mulai semakin lancar dan berkembang, brand atau merek usaha perlu dibuat agar usaha properti menjadi lebih profesional. Anda perlu memilih nama yang sesuai dengan idealisme usaha properti yang dijalankan kemudian mendaftarkannya secara hukum. Dengan langkah ini, jika suatu kali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menempuh cara-cara hukum yang tepat. Selain keuntungan tersebut, mereka yang ingin menggunakan layanan bisnis Anda juga akan lebih mantap dan percaya karena secara hukum bisnis properti tersebut legal. Untuk menempuh cara ini, Anda perlu mempersiapkan sejumlah uang.

8. Membuat iklan dan promosi

Agar semakin maju dan sukses, membuat iklan dan promosi di beberapa media juga merupakan hal yang penting. Pada awal usaha, Anda bisa menyimak beberapa media di internet maupun media cetak untuk lebih memahami tentang penetapan harga untuk sebuah properti. Mengapa demikian? Jika harga yang Anda tetapkan terlalu rendah, Anda bisa tidak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sebaliknya, jika harga terlalu tinggi sementara kualitas properti tidak mendukung, tidak akan ada pula pelanggan yang tertarik. Untuk promosi, Anda bisa mulai membuat situs website yang dapat menarik pelanggan. Di sana, Anda bisa mencantumkan kontak telepon ataupun email agar orang yang tertarik bisa dengan mudah menghubungi.

9. Menyisihkan keuntungan untuk ditabung

Untuk mengembangkan bisnis properti di Bogor ke aspek yang lebih luas dan besar, Anda memerlukan dana yang tidak sedikit. Walaupun Anda mendapatkan pinjaman dari investor, jika tidak hati-hati justru pengembanglah yang nantinya akan dikuasai oleh investor. Dalam hal ini adalah Anda sendiri. Oleh karena itu, sejak dimulainya bisnis, ada baiknya Anda menabung hasil atau keuntungan yang didapatkan walaupun hanya sedikit demi sedikit. Akan lebih baik lagi jika Anda secara rutin menyisihkan walaupun sebagian kecil untuk disedekahkan kepada lembaga resmi yang mengurus orang-orang yang sangat membutuhkan.

10. Mengembangkan aspek tambahan pada properti

Untuk lebih meningkatkan kualitas properti, ada baiknya ada menambahkan fasilitas yang memiliki potensial seperti menambahkan area teras, dan sebagainya. Menurut beberapa ahli, Bogor merupakan kawasan yang berudara segar sehingga akan banyak orang tertarik dengan properti di lingkungan ini.

11. Mempekerjakan karyawan

Saat usaha semakin besar, beberapa hal mungkin akan terasa kompleksnya jika hanya ditangani oleh satu atau beberapa orang. Karena itu, jika usaha Anda telah memungkinkan untuk memiliki pekerja tambahan atau karyawan, segera cari orang yang tepat dan professional untuk menjadi staf.

Demikian beberapa informasi mengenai bisnis properti di Bogor yang penting untuk Anda pahami lebih dalam ketika akan menjalankan usaha tersebut. Dengan kerja keras dan ketelitian, bisnis properti Anda lama-kelaman tentu akan semakin berkembang.

Sektor Properti yang saat ini sedang berkembang di Bogor diantaranya yaitu :

– Perumahan
– Ruko
– Rumah Susun
– Apartemen atau Kondominium
– Tanah Kavling
– Perkebunan atau Peternakan
– Kantor atau Office Space
– Toko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *