Danau di Bogor yang Indah

Posted on

Bogor letaknya memang tak jauh dari Jakarta tetapi alamnya sangat berbeda sekali dengan ibu kota Indonesia tersebut. Di Jakarta hampir tidak ada pemandangan alam yang menyejukkan tetapi di kota hujan itu banyak potensi alam yang indah. Ada beberapa danau di Bogor yang wajib untuk dikunjungi saat berada di kota tersebut. Danau-danau tersebut memiliki pesona yang berbeda-beda dan tidak akan Anda temukan di kota metropolitan Jakarta.

5 Daftar Danau di Bogor yang Indah dan Wajib Dikunjungi

Kota hujan tak hanya menawarkan pemandangan alam berupa pegunungan, air terjun dan hutan wisatanya, tetapi di sana ada juga potensi alam lain yang tak kalah serunya. Danau di Bogor terbilang memiliki pemandangan yang indah karena alamnya masih terjaga dan sangat bersih. Tak heran jika danau-danau tersebut dijadikan tempat rekreasi keluarga dan juga dikelola oleh pemerintah setempat. Berikut ini ada daftar beberapa danau yang wajib Anda kunjungi saat mengunjungi kota Bogor.

1. Danau Situ Gede

Danau di Bogor yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Danau Situ Gede memang menjadi primadonanya kota Bogor. Tempat wisata yang sudah lama digemari ini berada di Desa Situgede, Kecamatan Bogor Barat. Jangan tanya soal pemandangan di sana karena sudah pasti memiliki pemandangan yang indah serta menakjubkan. Danau Situ Gede merupakan salah satu danau yang memiliki pemandangan alam hijau asri serta udaranya menyejukkan. Selain itu para pengunjung bisa bermain sepeda air, perahu dayung atau pun sekedar memancing. Anda pun akan dibuat kagum dengan airnya yang bersih tidak ada sampah sedikit pun di sana.

Danau Romantis di Bogor

2. Telaga Warna

Tak hanya Dieng saja yang memiliki telaga warna tetapi di kota Bogor pun juga terdapat danau yang memiliki air berwarna. Berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua tersebut menjadi salah satu danau di Bogor yang paling indah. Mengapa bisa disebut dengan telaga warna? Karena danau tersebut memiliki warna air hijau dan juga biru jernih. Pemandangan di sana tak kalah indah dengan danau Situ Gede, di sana Anda pun bisa bermain flyingfox maupun duduk santai di pinggir danau. Yang paling menantang dan diminati oleh para wisatawan adalah mencoba wahana flyingfox karena nantinya Anda akan diajak melintasi tengah-tengah danau di Bogor tersebut.

Rekreasi Danau untuk Keluarga Bogor

3. Danau Lido

Danau Lido berada di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk tepatnya di Jalan Raya Sukabumi-Bogor. Salah satu danau di Bogor yang indah tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri. Pemandangannya begitu menyejukkan dengan pepohonan hijau kemudian dipadukan dengan hawa pegunungan yang segar bisa membuat pikiran menjadi fresh kembali. Sangat cocok sekali dikunjungi oleh para pekerja yang seminggu full bekerja dan bisa melepas penat. Danau Lido sendiri juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti tempat duduk untuk bersantai dan juga wahana-wahana seru. Di sana Anda bisa mencoba menaiki speedboat, sepeda air, perahu dan lain-lain. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan direkomendasikan.

Wisata Danau Bogor

4. Danau Quarry

Mungkin Anda belum pernah mendengar danau di Bogor yang satu ini. Ya, danau Quarry memang menjadi salah satu danau yang masih baru dan belum lama menjadi ngehits di kalangan anak muda. Pasalnya danau tersebut muncul akibat bekas penggalian atau aktivitas pertambangan. Danau yang berada di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor tersebut sangat ramai diperbincangkan orang. Banyak anak muda yang mendatangi danau di Bogor tersebut hanya untuk berfoto-foto. Warna air danau Quarry hijau tosca dan sangat indah, tak heran bila banyak pengunjung yang berbondong-bondong ingin mengambil gambarnya.

Sekilas danau tersebut memang mirip dengan danau kaolin yang berada di Belitung dan danau Quarry tersebut merupakan bekas penambangan pemecah batu milik PT. JayamixReadiamix. Bekas pertambangan tersebut meninggalkan lubang yang menganga dan akhirnya terisi oleh air hujan, lama kelamaan air danau tersebut berwarna hijau karena efek dari tambang. Karena merupakan bekas galian, para pengunjung pun harus berhati-hati saat berada di sana karena tebing-tebing danau sangat curam dan licin. Para penduduk sekitar pun tidak ada yang berani berenang di sana karena diperkirakan sangat dalam. Di sana juga tidak ada penjual makanan maupun minuman sehingga para pengunjung pun diwajibkan membawa bekal makanan sendiri. Terlepas dari itu semua, danau Quarry merupakan danau yang indah dan unik untuk dikunjungi.

Danau Tempat Nongkrong di Bogor

5. Danau Dora Eco Park

Danau Dora Eco Park yang berada di Jalan Raya Bogor km 46 ini merupakan salah satu danau di Bogor yang wajib untuk dikunjungi. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjunginya, letaknya tak jauh dari kota atau Pemda Bogor. Letaknya memang sangat strategis bila dibandingkan dengan danau lainnya. Pemandangan di sana pun juga tak kalah luar biasa karena di danau DoraEco Park termasuk kawasan wisata alam yang modern. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan sekitar danau yang indah lengkap dengan hijaunya pepohonan dan rerumputan. Kemudian di sana juga terdapat spot-spot untuk berolahraga maupun bersepeda. Sebenarnya tempat tersebut ditujukan untuk edukasi maka tak heran bila danau tersebut merupakan kawasan ecopark.

Danau untuk Pacaran di Bogor

Mengapa bisa disebut dengan kawasan ecopark? Karena di sekeliling danau terdapat tumbuhan yang langka dan bisa dijadikan edukasi. Selain pemandangan pepohonan, di danau tersebut juga terdapat jembatan kayu yang bisa dilewati oleh para wisatawan dan merasakan sensasinya. Tepi danau juga dibuat taman yang indah dan bisa memanjakan mata serta pikiran Anda. Di danau itu juga terdapat ikan-ikan hias tetapi tidak boleh dipancing karena merupakan kawasan ecopark. Di sana sangat cocok sekali digunakan untuk piknik keluarga dan Anda pun tidak akan dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Danau Terbaik di Bogor

Berbicara soal kota hujan Bogor memang tidak ada habisnya, pasalnya kota tersebut menyimpan sejuta keindahan. Tak hanya wisata alamnya yang indah tetapi wisata modern pun juga tak kalah serunya. Letaknya yang strategis membuat Bogor selalu dibanjiri wisatawan dari berbagai kota utamanya Jakarta. Di kota tersebut Anda bisa menemukan sajian kuliner khas Sunda dan makanan khas kota Bogor sendiri seperti toge goreng dan asinan. Selain itu, tempat wisatanya tak kalah hebat dengan Bali atau pun Jogja meskipun tidak memiliki pantai.

Danau Asik Bogor

Banyak air terjun yang indah kemudian pegunungan dengan perkebunan tehnya. Lalu ada juga pemandian air panas yang bisa menyegarkan badan, kolam renang modern seperti waterpark dan ada juga danau. Di atas tadi sudah disebutkan ada 5 danau di Bogor yang indah dan wajib untuk dikunjungi. Oleh karena itu, informasi pada artikel ini semoga bisa membantu dan bisa dijadikan referensi dalam berlibur. Ayo ajak keluarga mencoba keseruan di kolam renang terbaik di bogor klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *