Tempat Bersejarah di Bogor yang Wajib untuk Dikunjungi

Posted on

Menghabiskan masa liburan tidak hanya bisa dilakukan dengan cara bersenang-senang atau bermain saja. Anda juga bisa bermain dan bersenang-senang sambil belajar dengan mengunjungi tempat bersejarah di Bogor. Memang kota yang satu ini tidak akan pernah sepi khususnya pada saat liburan. Sehingga tidak mengherankan jika hampir semua tempat wisata terutama tempat wisata edukasi selalu dipenuhi dengan pengunjung terlebih pada saat musim liburan sekolah.

Beberapa tempat bersejarah di Bogor yang wajib dikunjungi saat berlibur di Bogor
Terdapat beberapa tempat bersejarah di Bogor yang bisa menjadi destinasi kunjungan Anda saat sedang berlibur ke kota dengan udara sejuk tersebut. Memang, kota Bogor sudah sangat dikenal sebagai kota yang sangat menarik khususnya dari segi wisata budayanya sehingga tidak mengherankan jika kota yang sering dikenal sebagai kota tua ini selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung yang datang baik dari wilayah Jawa Barat sendiri maupun dari luar provinsi Jawa Barat.

1. Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Tempat bersejarah di Bogor pertama yang bisa Anda kunjungi adalah kampung budaya Sindangbarang. Kampung yang satu ini merupakan kampung tertua yang ada sejak abad ke 7 tepatnya pada saat kerajaan Sunda berdiri. Sehingga tidak salah apabila banyak orang yang ingin mempelajari seluk beluk tentang budaya Sunda selalu datang berkunjung ke kampung Budaya Sindangbarang.

Semua bangunan dan juga arsitektur yang ada di kampung bersejarah ini merupakan bangunan jaman dulu yang masih dilestarikan oleh penduduk sekitar. Tempat bersejarah ini berada di Pasir Eurih di Tamansari yang hanya berjarak 5 Kilometer dari pusat kota Bogor. Anda bisa mengunjungi lokasi bersejarah tersebut setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Tempat wisata bersejarah di bogor

2. Makam Raden Saleh

Tempat bersejarah di Bogor yang juga wajib Anda kunjungi adalah makam dari Raden Saleh. Nama Raden Saleh sendiri tentunya sudah tidak asing lagi di telinga khususnya bagi Anda yang menyukai seni lukis. Memang semasa hidupnya beliau dikenal sebagai juru lukis yang sangat terkenal bahkan sempat dikenal sebagai seorang maestro dari Indonesia.

Makam beliau sendiri sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja oleh Mas Adoeng Wira Atmaja sekitar tahun 1923. Sejak saat itu, makam ini terus mengalami pemugaran sehingga menjadi bangunan yang apik seperti sekarang. Untuk bisa berziarah ke makam Raden Saleh, Anda bisa datang ke Jalan Pahlawan, Empong, di wilayah Bogor Selatan.

Tempat bersejarah islam di bogor

3. Wisata sejarah prasasti batu tulis Bogor

Bagi Anda yang menyukai peninggalan benda-benda bersejarah, tempat bersejarah di Bogor yang bernama wisata sejarah prasasti batu tulis adalah tempat bersejarah yang wajib untuk Anda kunjungi. Berlokasi tepat di jalan batu tulis, Batutulis, Bogor Selatan ini bisa Anda kunjungi kapan saja. Tempat penyimpanan prasasti bersejarah tersebut memang cukup sepi dan jarang dikunjungi oleh para penikmat wisata. Meski demikian, prasasti yang dijaga oleh keluarga Ibu Maemunah secara turun temurun ini memang masih sangat terjaga.

Sebenarnya prasasti tersebut merupakan sebuah prasasti berusia lebih dari 600 tahun yang sudah tersimpan di tempat ibu Maemunah. Terdapat ukiran huruf sunda kuno atau yang lebih dikenal dengan Sunda Kawi pada prasasti tersebut. Untuk isinya sendiri, batu ukir ini berkisah tentang sebuah kerajaan yang pernah mengalami masa kejayaan sekitar tahun 11 sampai 12 masehi.

Tempat peninggalan sejarah di bogor

4. Museum peta Bogor

Mengunjungi tempat bersejarah di Bogor tidak akan lengkap tanpa mengunjungi museum peta Bogor yang sangat terkenal. Bangunan yang tuanya hampir menyamai usia bangunan istana bogor ini berisi berbagai diorama para pembela tanah air yang sedang berlatih. Suasana museum yang satu ini memang cukup kental akan kesan sistem ketentaraan nasional. Hal ini juga diperkuat dengan adanya dua patung tentara nasional yang turut menyumbang kemerdekaan RI yakni Jenderal Sudirman dan Suprijadi.

Untuk bisa memasuki museum ini, Anda harus mengajak minimal 10 orang termasuk Anda. Tempat bersejarah tersebut ternyata juga cukup dekat dengan Pusat Pendidikan Zeni TNI-AD. Sehingga tidak ada salahnya saat berkunjung ke Museum peta Bogor yang ada di jalan Jenderal Sudirman Nomor 35, Patabon di wilayah Bogor Tengah untuk mampir ke pusat pendidikan TNI AD tersebut.

Bangunan bersejarah di kota bogor

5. Museum etnobotani bogor

Tempat bersejarah di Bogor yang kelima adalah museum etnobotani Bogor yang berlokasi di Jalan Ir.H. Juanda 22-22, Pusat Penelitian Biologi atau LIPI di Bogor. Museum bersejarah yang satu ini menampilkan beragam benda yang sering dan yang pernah dipergunakan dibahas secara lengkap di museum tersebut. Tidak hanya menampilkan beragam benda-benda bersejarah, museum ini juga memberikan penjelasan lengkap mengenai apa dan mengapa serta manfaat dari benda yang dibuat secara lengkap. Jadi, bagi Anda yang ingin tahu alasan mengapa sebuah benda diciptakan, Anda bisa datang ke tempat yang buka pada pukul 08.00 – 16.00 pada hari Senin – Kamis dan pada hari Jumat dibuka 08.00-11.00 dan 13.00 – 16.30 tersebut.

Tempat wisata sejarah di kota bogor

6. Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng Hok Tek Bio yang sudah berusia lebih dari 250 tahun ini menjadi tempat bersejarah di Bogor yang wajib untuk Anda kunjungi saat datang ke kota Bogor. Tempat sembahyang masyarakat Tionghoa ini bukan hanya menjadi tempat bersejarah namun juga sudah masuk dalam salah satu cagar budaya di kota Bogor. Sehingga saat berkunjung ke Jalan Suryakencana di Bogor untuk mampir ke klenteng tersebut, baik itu untuk bersembahyang atau sekadar mengagumi arsitektur bangunan tua nan kokoh tersebut.

Bangunan seluas 635,5 m2 ini memiliki banyak sekali ornamen khas Cina yang sangat unik. Tidak hanya itu, meski tempat bersejarah dengan arsitektur khas Cina tersebut merupakan tempat ibadah namun siapa pun boleh masuk ke dalam klenteng tersebut. Satu hal yang harus Anda perhatikan saat mengunjungi lokasi bersejarah ini adalah untuk mematuhi semua peraturan yang sudah dibuat oleh pihak pengelola Klenteng.

Gedung bersejarah di kota bogor

7. Kebun raya bogor

Kebun Raya Bogor juga menjadi salah satu tempat bersejarah di Bogor yang tidak boleh dilewatkan. Kebun raya ini memang memiliki sejarahnya dan keunikannya sendiri sehingga meskipun sudah berusia lebih dari 1 abad tempat ini masih sering dikunjungi oleh para pelancong. Terdapat beragam spesies khususnya tumbuhan yang tumbuh subur dan dikembangbiakkan di tempat yang satu ini. Sehingga tidak mengherankan jika tempat ini menjadi pusat penelitian dan juga konservasi khususnya bagi flora yang tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Tempat wisata bersejarah di bogor

 

Beberapa tempat bersejarah di Bogor yang ada dalam uraian di atas sebenarnya hanyalah sedikit contoh tempat bersejarah yang ada di wilayah Bogor dan sekitarnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai wisata sejarah tentunya tempat-tempat wisata sejarah di atas bisa menjadi referensi yang bagus. Semoga uraian tentang lokasi wisata bersejarah di wilayah kota Bogor ini bisa bermanfaat. artikel selanjutnya tempat camping keluarga di bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *