Daftar Rekomendasi Merk Laptop yang Bagus Awet

Posted on

Hampir semua pihak produsen mengklaim mereka adalah merk notebook paling awet. Ya iya lah tidak mungkin mereka bilang kalau produk laptop cepat panas dan berisik atau malah laptop cepat rusak yang ada jualan mereka gak laku.

Sebetulnya kunci utama supaya laptop anda (atau mungkin tidak hanya laptop, bisa juga produk eletronik lainnya) tetap awet dan kuat dipakai seumur hidup (bercanda, hehehe….) atau paling tidak mampu digunakan selama mungkin sampai anda punya dana anggaran kembali untuk membeli laptop baru yaitu adalah kualitas bahan material laptop dan cara pemakaiannya.

Sebagai konsumen yang jeli dan pintar tentu anda akan mencari laptop murah dengan baterai paling awet atau laptop murah berkualitas. Iming-iming murah ini terkadang digunakan oleh produsen untuk menggunakan komponen murah juga (bukan berarti murahan juga) dengan kualitas bahan material yang seadanya tapi dipaksakan untuk menyaingi merek laptop yang bagus dan berkualitas dengan harga di atasnya. Bahan – bahan semacam plastik murah ini biasanya digunakan untuk menekan harga supaya jadi lebih murah harganya supaya bisa kompetitif.

Merk notebook paling awet

Padahal penggunaan bahan material murah ini sangat riskan dan cenderung tidak direkomendasikan untuk tipikal pengguna yang tidak apik serta umurnya yang tidak panjang akibat kurang mampu menerima aktivitas yang dilakukan bila dibandingkan dengan komponen yang menggunakan bahan material berkelas premium.

Merk laptop terbaik dan terawet

Biasanya masalah kerusakan laptop yang umum terjadi sering dialami diantaranya yaitu baterai laptop rusak dan tidak mengisi, kerusakan pada layar seperti ada garis-garis atau layar mati/dead pixel, kerusakan motherboard atau processor dan sebagainya. Karena laptop yang komponennya sudah menyatu berbeda dengan pc yang bisa diutak-atik komponennya apalagi di bagian motherboardnya, biasanya kerusakan itu merembet ke komponen lain sehingga sulit untuk diganti atau diperbaiki sebagian partsnya. Jadi anda harus memilih merk laptop terbaik dan terawet dengan teliti sebelum membeli.

Laptop yang paling awet baterainya

Hal yang kedua yaitu soal pemakaian dan perawatan. Ini soal kebiasaan, setiap manusia pasti berbeda. Hal semacam ini sulit diprediksi oleh karena itu gunakanlah laptop dengan pemakaian yang wajar supaya notebook tetap awet. contoh pemakaian wajar diantaranya seperti :

1. Gunakan laptop di tempat yang datar seperti meja, jangan dipangku atau di kasur karena bisa menghalangi sirkulasi udara yang menyebabkan komponen panas atau bahkan meleleh.

2. Main game di laptop boleh saja asal jangan terlalu memaksakan menggunakan setingan tinggi karena akan memperberat kerja komponen sehingga cepat panas.

3. Kasih jeda istirahat untuk laptop (gunakan laptop maksimal 6 jam lalu matikan dulu 1 jam untuk mendinginkan komponen). Laptop bukan komputer server yang bisa dinyalakan setahun karena laptop hanya menggunakan kipas ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan kipas komputer pc biasa.

4. Kurangi kebiasaan yang konyol seperti mematikan laptop langsung dari tombol on/off ketika sedang digunakan, terlalu sering install ulang sistem operasi ataupun software/games, menaruh laptop di sembarang tempat, membanting laptop, dan lainnya.

Urutan laptop terbaik berdasarkan merk

Sebenarnya tidak ada jaminan laptop bisa awet kalau anda mengikuti tips diatas. Tapi setidaknya bisa meminimalisir kerusakan yang pada akhirnya akan memperpanjang usia laptop anda. Di bawah ini adalah rekomendasi merk laptop yang bagus awet berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman serta sumber seperti review forum ketika membeli laptop. Urutan laptop terbaik berdasarkan merk dari nomor 10 yang paling kurang bagus sampai ke nomor 1 yang paling awet.

10. Acer

notebook awet

Pabrikan Laptop asal Taiwan ini sebenarnya sangat populer dan familiar. Mereka memang terkenal sebagai produsen yang menjual produknya dengan harga lebih murah. Karena lebih murah bila dibandingkan dengan kompetitor, orang banyak membeli produk mereka. Walau di urutan terbawah namun cukup worth it untuk dibeli. Pengalaman menggunakan laptop acer ini untuk pemakaian sehari-hari cukup panas dan bertahan sampai 5 tahun saja.

9. HP

laptop awet

HP alias Hewlett-Packard merupakan produsen perangkat komputer asal Amerika, meskipun untuk pasar indonesia perangkatnya memang kebanyakan bukan diproduksi dari amerika. Memang sedikit banyak kontroversi tentang produk ini di forum – forum. Namun, tetap saja banyak orang membeli produk mereka. Salah satu brand besar juga karena banyak varian perangkat elektronik yang mereka jual. Pengalaman pakai notebook merek hp hampir sama kaya pakai laptop acer diatas.

8. Lenovo

merk laptop paling kuat dan awet

Salah satu perusahaan multinasional yang memproduksi perangkat elektronik berbasis di Beijing, China. Sebagai pemain global, banyak produk mereka yang populer namun jumlah itu membuat cukup banyak orang yang menanyakan kualitasnya juga. Pengalaman menggunakan laptop lenovo performanya cukup baik dengan usia lebih lama.

7. DELL

laptop murah dengan baterai paling awet

Perusahaan teknologi komputer yang sangat terkenal di dunia asal amerika. Kalau di Indonesia mungkin belum sepopuler asus atau acer tapi kalau di amerika atau eropa merupakan pilihan yang populer. Pengalaman pakai laptop dell performanya bagus meskipun ada beberapa pengaturan yang berbeda dari produsen lain yang bagi orang awam kurang paham namun Service center Dell cukup membantu dan responsif.

6. Sony

laptop kuat tahan lama

Selain membuat TV, ternyata sony juga menjual laptop dengan seri yang paling populernya yaitu VAIO. Laptop merek ini sangat populer dulu ketika baru di launching cocok untuk mahasiswa. Sayangnya Sony sudah tidak memproduksi varian laptop lagi entahlah karena masalah apa namun berdasarkan pengalaman saya performa notebook ini cukup baik dan kelebihannya terletak pada desain stylish dan bentuk yang ringan.

5. Apple

laptop yang paling awet baterainya

Brand yang terkenal dengan harganya yang wah. Kalau orang bawa dan gunakan laptop merek Apple Macbook di tempat umum bakalan jadi pusat perhatian. Selain soal harganya, tingkat kualitas bahan material serta keawetannya menurut pengalaman saya cukup bagus, bagi orang awam mungkin harus terbiasa dengan sistem operasi yang bukan windows.

4. Xiaomi

Konon katanya merek ini adalah apple-nya china, mungkin bisa jadi iya. Produk smartphone mereka terkenal dan populer di indonesia. Sayangnya varoam produk laptop mereka masih terbatas dijual disini. Anda bisa order laptop xiaomi melalui toko online, dan menurut saya notebook ini sangat worth it untuk dibeli.

3. MSI

laptop gaming awet tahan lama

Laptop jenis gaming dengan harga barunya yang belum ada yang dibawah 10 juta (semoga kedepannya mereka menjual tipe laptop untuk low budget). Performanya sangat mendukung untuk main game dan aplikasi yang berat juga mantap digunakan.

2. Asus

laptop dengan daya tahan baterai paling lama

Bisa dibilang merek ini yang disebut laptop paling awet dan kuat oleh banyak kalangan karena sering dilakukan pengetesan. Harga yang kompetitif membuat pasaran laptop indonesia dirajai oleh merek ini. Pelayanan service center Asus di Jakarta juga baik dan membantu. Pengalaman pakai laptop asus performanya mantap dan harganya worth it sekali.

Laptop paling tahan lama

1. Toshiba

merk laptop paling awet di dunia

Saya menjatuhkan pilihan merek laptop yang bagus dan berkualitas kepada Toshiba. tidak hanya bicara soal pengetesan bersumber dari internet, berdasarkan dari pengalaman saya sendiri menggunakan Laptop merek Toshiba ini memang top banget. Toshiba merupakan merek laptop pertama saya dan sampai sekarang masih dapat digunakan dengan baik (usia pemakaian mungkin sudah sekitar hampir 10 tahun). Tingkat keawetan dan daya tahan komponen laptop ini menurut saya sangat baik bila dibandingkan merek laptop lain yang sudah saya miliki. Harganya yang wah berbanding lurus dengan kualitas yang diperoleh. Meskipun spesifikasi laptop toshiba milik saya ini sudah uzur karena sudah berumur 10 tahun yang lalu tapi performanya masih terasa sampai sekarang.

Rekomendasi merk laptop yang bagus awet

Itu dia beberapa merk notebook paling awet yang pernah saya gunakan. Balik lagi ke awal kalau soal keawetan itu tergantung dari penggunaan juga, terlepas dari cacat produksi atau kesalahan pabrik. Harga notebook juga berpengaruh ke kualitasnya.

artikel lainnya : daftar jasa webdesign murah bogor

Saran saya ada baiknya membeli laptop atau notebook dengan harga diatas 5 jutaan untuk anda yang menginginkan performa dan harga dibawah 5 jutaan untuk anda yang cukup dengan aktivitas yang ringan saja seperti mengetik atau main game ringan. Jangan memaksakan notebook spesifikasi rendah menjalankan aplikasi berat karena akan memaksa komponen untuk bekerja keras yang pada akhirnya mengurangi umur komponen tersebut.

Juga yang tak kalah penting yaitu membeli laptop di toko komputer yang resmi dan ada garansinya. salah satunya yaitu bhinneka.com klik disini salah satu toko komputer online yang jadi langganan banyak pembeli elektronik karena layanan garansi dan customer servicenya yang ramah.

4 thoughts on “Daftar Rekomendasi Merk Laptop yang Bagus Awet

  1. setuju .. saya juga udah 8 tahun pake toshiba gann.. merek satellite C640. layar masih lumayan bening, kibor masih berfungsi smua (selain tombol escape hahaha). Baterenya aja masih nahan 10 menitan klo listrik padam ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *