Prosedur Cara Membuat PT di Bogor

Posted on

Sejak tahun 2016 lalu, pemerintah selalu berupaya untuk memudahkan pengusaha dalam memulai usaha mereka. Salah satunya adalah dengan mempermudah persyaratan dan juga prosedur mendirikan PT. Hal ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya jumlah pengusaha di Indonesia.

Dengan mendirikan usaha baru, perekonomian Indonesia diharapkan akan terus meningkat. Dari sekian banyak kota di Indonesia, kota Bogor menjadi salah satu kota industri yang menunjukkan angka kenaikan ekonomi yang positif.

Pada informasi kali ini, pembahasan menarik yang akan disampaikan untuk Anda adalah tentang prosedur membuat PT di Bogor. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, simak saja informasi lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Prosedur atau Cara Membuat PT di Bogor

Karena menanggung kepentingan orang banyak, proses membuat PT di Bogor ini membutuhkan persyaratan yang cukup ribet. Bagi orang awam, prosedur pembuatan PT ini memang dianggap ribet. Akan tetapi, untuk Anda yang sudah lama bergelut di dunia usaha, sebenarnya tidak susah untuk mengurus sendiri proses pembuatan PT ini. Pahami prosedur membuat PT berikut ini.

Syarat Mendirikan Perusahaan Perseorangan

syarat membuat pt baru

1. Domisili Usaha

Domisili atau tempat usaha ini memang penting diperhatikan. Pasalnya, untuk membuat PT, Anda membutuhkan kantor. Usaha yang Anda dirikan harus sesuai dengan zona domisili yang ditetapkan oleh pemerintah. Contohnya, Kota Bogor dibagi-bagi ke beberapa zona, seperti zona permukiman, zona usaha, zona campuran, can sebagainya. Anda harus mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan untuk mengurus berbagai dokumen legalitas lainnya, termasuk pendirian PT. Untuk membuat PT di Bogor, pastikan Anda telah mengantongi SKDP ini. Selanjutnya, SKDP ini akan digunakan untuk memproses NPWP Badanm SIUP, atau izin-izin lainnya.

2. Modal Mendirikan PT

PT atau Perseroan Terbatas bukanlah sebuah usaha yang kecil. Jika seseorang sudah ingin mendirikan PT, berarti jenis usahanya sudah besar dan berkemban setiap tahunnya. Untuk membuat PT di Bogor, Anda juga harus membutuhkan modal. Modal mendirikan PT seperti yang tertuang di Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas menyatakan bahwa modal dasar untuk PT adalah Rp 50 juta. Dari modal tersebut, 25 % nya disetorkan sebagai modal PT. Persyaratan ini kemudian masih dinilai memberatkan oleh berbagai pihak. Dengan persyaratan tersebut, mereka yang memiliki modal pas-pasan tidak akan bisa mendirikan PT.

Syarat Membuat PT

buat pt di indonesia

Berdasarkan hal tersebut, akhirnya pemerintah mengeluarkan sebuah peraturan baru. Bagi badan usaha yang ingin membuat PT di Bogor, modal dasar pembuatan PT ini bergantung pada kesepakatan pendirinya. Peraturan baru ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016 mengenai Perubahan Mpdal Dasar PT. Namun, persyaratan modal dasar ini hanya berlaku untuk UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

3. Menentukan Jenis Usaha

Prosedur membuat PT di Bogor selanjutnya adalah terkait jenis usaha. Anda dapat memilih jenis usaha apa pun, kecuali yang dilarang dan tertutup oleh peraturan. Setelah menentukan jenis usaha yang akan Anda kembangkan, Anda harus memasukkan jenis usaha yang Anda pilih ke akta pendirian PT. Perlu Anda ketahui bahwa jenis usaha yang Anda pilih nantinya akan mempengaruhi jenis izin usaha yang perlu Anda miliki. Oleh karena itu, proses pemilihannya harus benar-benar spesifik dan jelas.

Buat PT Cepat

cara membuat perusahaan sendiri

Untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis atau bidang usaha ini, Anda bisa melihat KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Di dalam KBLI, sudah tertera bidang-bidang usaha yang spesifik dan bisa Anda ikuti. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kode KBLI tersebut dengan teliti. Kode KLBI ini nantinya akan sangat terkait dengan prosedur pembuatan izin usaha untuk PT Anda. Pada bagian terakhir artikel ini pun penulis berikan tambahan informasi seputar jenis jenis usaha favorit dan populer di indonesia.

4. NPWP Direktur dan juga NPWP Perusahaan

Untuk proses membuat PT di Bogor, kantor Pajak telah menetapkan peraturan baru. Aturan baru tersebut mewajibkan Anda untuk mencantumkan NPWP Direktur dan juga NPWP Perusahaan. Pertama adalah terkait NPWP Direktur PT harus sudah dalam format terbaru, yaitu format tahun 2015. Ciri utama format NPWP baru adalah terdapat NIK KTP yang bersangkutan di dalam NPWP Direktur. Selain itu, alamat yang ada di NPWP harus sama dengan alamat yang tertera di KTP yang berlaku.

Cara Membuat Perusahaan Sendiri

mendirikan pt perseroan terbatas

Lalu, untuk meningkatkan ketaatan dalam membayar pajak, direktur PT yang bersangkutan sebaiknya tak mempunyai tunggakan pajak. Jika ditemukan adanya SPT Tahunan, yang bersangkutan harus membayar jumlah tunggakan pajak tersebut sekaligus dengan denda keterlambatannya. Biaya denda keterlambatan ini mulai dari Rp 100 ribu untuk tiap tahunnya.

5. Mengurus BPJS Ketenagakerjaan

Bagi para pengusaha yang ingin membuat PT di Bogor, mereka terlebih dahulu harus mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Ini mungkin terlihat sederhana dan tidak ribet. Akan tetapi, banyak orang yang proses pendirian PT-nya terganggu karena belum mengurus BPJS Ketenagakerjaan.

6. SIUP dan TDP

Anda yang ingin membuat PT di Bogor dengan jenis usaha perdagangan umum, maka Izin usaha yang akan Anda terima adalah Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Untungnya, bagi Anda yang ingin mendirikan PT di daerah Jabodetabek, Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui SIUP dan juga TDP Online dan Simultan. Akan tetapi, layanan online ini masih ada perbedaan antara SIUM kelas kecil dengan SIUP kelas menengah atau kelas Besar.

PT dengan SIUP Besar adalah PT yang modal dasar setorannya adalah Rp 500 juta ke atas. Untuk PT golongan ini, mereka bisa mengajukan permohonan SIUP dan Juga TDP Online secara simultan. Artinya, mereka hanya perlu sekali login saja lalu mengisi formulir online. Setelah itu, mereka yang termasuk PT dengan SIUP Atas atau Menengah ini bisa mendapatkan SIUP dan jug TDP sekaligus.

Lalu, bagi PT yang tergolong dalam SIUP Kecil, artinya modal awal yang disetor PT hanya antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, PT tersebut tidak bisa dimultan. Artinya, Anda diharuskan untuk login sebanyak dua kali. Login yang pertama adalah ketika mengajukan SIUP online. Lalu, Login yang kedua adalah untuk mengajukan TDP online. Login yang kedua hanya bisa dilakukan seusai SIUP terbit.

Ulasan di atas adalah penjelasan sederhana mengenai prosedur membuat PT di Bogor. Proses di atas mungkin masih susah Anda pahami. Untuk mempermudah proses pembuatan PT, Anda bisa meminta jasa mereka yang memang ahli dalam bidang ini. Ada banyak jasa pembuatan PT di Bogor yang bisa Anda sewa untuk memudahkan Anda dalam mengurus pembuatan PT.

Buat PT Online

Ada banyak biro jasa pendirian pt yang beriklan di internet biasanya mereka menawarkan paket lengkap dan harga transparan untuk biaya akta pendirian PT, NPWP, SKDP, SIUP dan TDP. Namun anda perlu jeli untuk memeriksa apakah jasa mereka kredibel dan berpengalaman. Biasanya mereka memberikan layanan diantaranya yaitu seperti

– Jasa Pengurusan SKDP
– Jasa Pengurusan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau PKP
– Jasa Pengurusan SIUP dan TDP
– Jasa Pengurusan Izin Gangguan atau HO
– Jasa Perubahan Anggaran Dasar
– Jasa Pendirian Perkumpulan atau Badan Hukum
– Jasa Pendirian Yayasan
– Jasa Pengurusan Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP
– Jasa Pendirian Persekutuan Komanditer atau CV
– Jasa Pendirian Perseroan Terbatas atau PT
– Jasa Pendirian PT PMA atau Penanaman Modal Asing

Jasa Pembuatan PT Murah Bogor

Bagi anda pengusaha yang sibuk yang mau terima beres dan tidak mau direpotkan soal prosedur mendirikan perusahaan pt tentu bisa menggunakan jasa pendirian pt murah ataupun mahal tergantung dari penjual jasanya. Anda dapat mengunjungi kantor notaris yang anda ketahui untuk memperoleh informasi tentang biaya pembuatan pt di bogor. Bila anda tidak tahu, berikut adalah daftar alamat notaris di bogor dan sekitarnya.

1. Notaris Mulyani Syafei SH alamat : Jl Ir H Juanda 34
2. Notaris Husna Darwis SH alamat : Jl Jend Sudirman 50
3. Notaris Maria Diana Lingga Widjaja SH alamat : Jl Raya Pajajaran 28-J
4. Notaris Yatni Sudiyatni, SH alamat : Jl Raya Bogor Km 9 Ruko Proyek Megapolitan Kav 7
5. Notaris Enny Wismalia SH alamat : Jl Raya Kemang 48 RT 007/03
6. Notaris Eviani Natalia alamat : Jl Jend A Yani 118
7. Notaris Raja Solehudin SH alamat : Jl Kenanga Kompl Paspampres Bl V/15 RT 009/10
8. Notaris Muslina Dewi SH alamat : Jl Raya Puncak Km 76 346
9. Notaris Supiah Nurbaiti SH alamat : Jl Raya Durian 12 Perumnas Bantar Kemang
10. Notaris Henry Susanto SH alamat : Jl Sawojajar 22 RT 001/03
11. Notaris Endah Sumiati SH alamat : Jl Raya Pandawa 1-B
12. Notaris Nitra Reza SH,MKn alamat : Jl Raya Pajajaran 99-D
13. Notaris Bambang Ariawan, SH. alamat : Jl Raya Kedung Halang Talang 3
14. Notaris Yuyun Yunia, SH alamat : Jl Cendana I 15
15. Notaris Laila Chairani SH alamat : Jl KH Soleh Iskandar Bogor Indah Plaza Bl C Lt 2/6
16. Notaris Hanna Widjaya SH alamat : Jl Gn Gede 16
17. Notaris Antonia Sulistijati Santoso SH alamat : Jl Sukasari I 22-B RT 006/02
18. Notaris Fenny S alamat : Jl Salabenda 4 RT 008/03
19. Notaris RR Putri Indrayani SH alamat : Jl Merdeka 139-I
20. Notaris Marta Sapti Riyana SH alamat : Jl Raya Bojong Sari 20 RT 001/07
21. Notaris Suzy Viniarti SH alamat : Jl KH Soleh Iskandar Km 4
22. Notaris Siti Rubiah SH alamat : Jl Raya Parung 544 RT 002/02
23. Notaris Yasinta Prastuti alamat : Jl Bukit Indraprasta Kompl Telaga Kahuripan Bl C/10
24. Notaris Woro Laksminingrum, SH. alamat : Jl Raya Semplak 05 Bogor Barat
25. Notaris Cecilia, SH.Mkn alamat : Jl Pinus Niaga 26 Pine Forest,Sentul City
26. Notaris Ika Rini H Basuki SH alamat : Jl Leuwiliang 102
27. Notaris Saraswani SH alamat : Jl Sukasari I 16
28. Notaris Arya Syahrir Rivasy SH alamat : Jl Raya Baru Kemang Ruko Tamansari Persada Bl A/16
29. Notaris Siti Aisyah SH alamat : Jl Pahlawan 88 162
30. Notaris Lasmiati Sadikin SH alamat : Jl Raya Semplak 473
31. Notaris Nurul Asiah SH alamat : Jl Lurah Madi 4 RT 003/01
32. Notaris Rima Husen SH alamat : Jl Empang 20
33. Notaris Agus Surachman SH alamat : Jl Raya Tajur 162-G
34. Notaris Nuzuluddin Maulana, SH alamat : Jl Raya Durian 48
35. Notaris Lanny Hartono SH alamat : Jl Ir H Juanda 12
36. Notaris Reny Andriany SH alamat : Jl Raya Pajajaran 1 Pert Warung Jambu
37. Notaris Mulhendris alamat : JI Kedung Halang 141
38. Notaris Dwi Swandiani SH alamat : Jl Siliwangi 58
39. Notaris Buhari SH alamat : Jl Merdeka 88 RT 002/02
40. Notaris Hj Sri Dewi SH alamat : Jl Jend A Yani 21 RT 002/02
41. Notaris Masnah Sari SH alamat : Jl Jend Sudirman 27-B
42. Notaris Fauziah Sadeli SH alamat : Jl Raya Kedung Halang 32
43. Notaris Masna Sari SH alamat : Jl Jend Sudirman 27-A
44. Notaris Haryadi SH alamat : Jl Raya Pemda 18 RT 001/01
45. Notaris Natalia Lini Handayani SH alamat : Jl Bangbarung Raya 88-E Ruko Villa Indah Pajajaran 88-E
46. Notaris Rina Bionita SH alamat : Jl Raya Sukabumi 27 RT 008/02
47. Notaris Suryawan P R alamat : Jl Raya Kemang 438 RT 007/03
48. Notaris Sianny SH alamat : Jl Ciawi Girang 54
49. Notaris Nur Nadia Tadjoedin SH alamat : Jl Tunjung Biru 33
50. Notaris Dian Trianawaty, SH alamat : Jl KH Soleh Iskandar 5
51. Notaris Maswati Halim SH alamat : Jl Surya Kencana 291 RT 001/02

Apabila anda masih bingung ingin membuat perusahaan bergerak di bidang apa, Untuk informasi tambahan berikut penulis tampilkan data jenis usaha atau bisnis yang sering digunakan.

1. Konsultasi Komputer
2. Pengelolaan Air Minum
3. Konstruksi Gedung
4. Perburuan
5. Penyediaan Akomodasi
6. Pertanian Tanaman
7. Pemanenan Kayu
8. Industri Barang Galian
9. Industri Kendaraan Bermotor
10. Jasa Penunjang Keuangan
11. Industri Kulit
12. Industri Karet
13. Industri Pengilangan Minyak Bumi
14. Perdagangan Besar
15. Perdagangan Eceran
16. Pengadaan Gas
17. Jasa Penelitian dan Pengembangan
18. Jasa Penyewaan dan Sewa Guna Usaha
19. Perpustakaan dan Arsip
20. Industri Pengolahan Tembakau
21. Pertambangan Batu Bara
22. Industri Logam Dasar
23. Jasa Reservasi, Penyelenggara Tur dan Agen Perjalanan
24. Jasa Kesehatan Manusia
25. Industri Bahan Kimia
26. Penerbitan
27. Jasa Ketenagakerjaan
28. Hiburan Kreativitas dan Kesenian
29. Industri Mesin
30. Industri Kertas
31. Industri Barang Elektronik dan Komputer
32. Jasa Keanggotaan Organisasi
33. Jasa Keamanan dan Penyelidikan
34. Jasa Kurir dan Pos
35. Industri Peralatan Listrik
36. Konstruksi Bangunan Sipil
37. Angkutan Perairan
38. Pengelolaan Sampah
39. Perdagangan dan Perawatan Kendaraan
40. Pertambangan Minyak Bumi
41. Penyiaran dan Pemrograman
42. Periklanan
43. Jasa Kesehatan Hewan
44. Penyediaan Makanan dan Minuman
45. Jasa Profesional, Ilmiah dan Teknis
46. Jasa Reparasi
47. Pengadaan Uap/Air Panas
48. Jasa Keuangan
49. Asuransi Dan Dana Pensiun
50. Pendidikan
51. Pertambangan Bijih Logam
52. Pengelolaan Air Limbah
53. Jasa untuk Gedung dan Pertamanan
54. Industri Tekstil
55. Telekomunikasi
56. Jasa Analisis dan Uji Teknis
57. Kehutanan
58. Perekaman Suara dan Penerbitan Musik
59. Pertambangan Panas Bumi dan Gas Alam
60. Industri Kayu
61. Industri Pencetakan
62. Industri Pakaian Jadi
63. Jasa Arsitektur dan Keinsinyuran
64. Industri Alat Angkutan
65. Jasa Penunjang Pertambangan
66. Real Estat
67. Jasa Penunjang Kantor dan Penunjang Usaha
68. Jasa Rekreasi dan Olahraga
69. Industri Farmasi
70. Pengadaan Listrik
71. Angkutan Udara
72. Reparasi dan Pemasangan Mesin
73. Jasa Informasi
74. Pergudangan
75. Daur Ulang Sampah
76. Jasa Konsultasi Manajemen
77. Jasa Administrasi Kantor
78. Konstruksi Khusus
79. Peternakan
80. Produksi Video dan Program Televisi,
81. Industri Makanan
82. Angkutan Darat
83. Jasa Hukum dan Akuntansi
84. Industri Minuman
85. Industri Furnitur
86. Jasa Penunjang Angkutan

Seperti yang kita ketahui bersama, kota Bogor memang menjadi kota yang cukup strategis untuk mendirikan usaha. Jika Anda memiliki kesempatan untuk membuka usaha di Bogor, sebaiknya Anda tidak menyia-nyiakan usaha tersebut. Setelah modal terkumpul sesuai dengan persyaratannya, segeralah urus prosedur membuat PT di Bogor seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *