Langkah Mudah Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Bogor

Posted on

Apakah Anda memiliki sebuah usaha yang Anda bangun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda? Jika iya, pastinya Anda membutuhkan sebuah surat keterangan untuk mendukung jalannya usaha tersebut, bukan? Tentu saja, karena sebuah usaha adalah salah satu ladang utama dalam menghasilkan pundi-pundi keuntungan sehingga dibutuhkan surat keterangan yang menyatakan kelegalan dari usaha yang Anda bangun tersebut.

Jika Anda berdomisili di Bogor, pasti Anda akan membutuhkan surat keterangan usaha di Bogor yang telah resmi dan diketahui oleh beberapa pemerintah daerah melalui surat keterangan tersebut. Dalam proses pembuatan surat keterangan tersebut tidaklah mudah.

Karena sudah pasti Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan untuk memenuhi syarat pembuatannya. Selain itu, Anda juga perlu berkunjung ke beberapa pemerintah daerah untuk mendapatkan persetujuan surat keterangan usaha yang Anda jalani.

Beberapa langkah membuat surat keterangan usaha di Bogor

membuat surat keterangan usaha dari kepala desa

1. Siapkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP pemilik usaha

Kartu tanda penduduk atau yang lebih dikenal dengan KTP adalah salah satu kartu identitas yang sangat penting. Dalam berbagai keperluan termasuk dalam membuat surat keterangan usaha di Bogor, kartu identitas ini menjadi syarat utama yang harus dipenuhi oleh pihak terkait atau pemilik usaha. Mengapa? Karena kartu identitas ini adalah salah satu kartu yang menguatkan bahwa Anda adalah salah satu warga negara Indonesia. Selain itu, dalam kartu identitas ini juga terdapat nomor penduduk, sehingga bisa mudah diketahui melalui nomor penduduk tersebut.

2. Siapkan Kartu Keluarga atau KK baik asli maupun foto copy

Sama halnya dengan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga atau KK pun sangatlah penting dalam membuat surat keterangan usaha di Bogor. Hal ini dikarenakan oleh kartu keluarga dapat menggambarkan jumlah orang dalam keluarga Anda. Pastinya semakin banyak orang maka semakin banyak pula tanggungannya, bukan? Kartu keluarga ini juga bisa digunakan untuk mengetahui keterangan dari tiap-tiap anggota keluarga karena dalam KK ini semua informasi mengenai riwayat keluarga sudah tersedia.

dua syarat diatas sebenarnya sudah cukup untuk membuat surat keterangan usaha untuk usaha kecil atau baru memulai serta tidak kompleks. contoh usaha yang dimaksud seperti :

  • Toko Sembako
  • Warung Makanan
  • Laundry Kiloan
  • Butik Rumahan
  • Depo Isi Ulang Air
  • Tukang Jahit
  • Tukang Tambal Ban
  • Warung Rokok
  • Warung Sayuran
  • Tukang Bakso
  • Tukang Nasi Goreng
  • Warung Mie Ayam
  • Jual beli Pulsa dan Kartu perdana
  • Tukang Servis Elektronik
  • Tukang Cukur Rambut
  • Bengkel Motor
  • dan lainnya

3. Siapkan akta Pendirian UKM dari notaris

Inilah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan bagi Anda yang ingin membuat surat keterangan usaha di Bogor. Akta pendirian UKM ini bisa Anda dapatkan dari notaris yang berisi tentang keterangan usaha yang Anda bangun dan rintis. Jadi, sebelum Anda membuat surat keterangan, mulailah dulu dengan membuat akta pendirian UKM Anda. Karena jika akta ini tidak Anda miliki sebenarnya anda juga bisa mendapatkan surat keterangan usaha yang Anda jalani. biasanya untuk usaha kecil sebetulnya tidak perlu memiliki surat akta pendirian. berikut contoh usaha yang kecil atau baru memulai usaha.

4. Siapkan surat keterangan tidak keberatan dari tetangga

Surat keterangan ini juga penting. Mengapa? Karena surat ini akan menguatkan dan memperlancar jalannya usaha yang Anda bangun. Jadi, jika sekiranya ada 4 atau lebih tetangga yang menyetujui maka surat keterangan usaha yang Anda ajukan bisa diterima. Surat pernyataan persetujuan dari tetangga ini penting, tujuannya adalah agar terhindar dari hal-hal buruk yang akan terjadi di kemudian hari. Selain itu, tetangga adalah salah seorang yang mengetahui segala hiruk pikuk jalannya usaha sehingga bisa memperkuat bahwa usaha yang Anda jalani adalah aman dan terjamin.

5. Siapkan surat perjanjian sewa menyewa tempat usaha yang ditempeli materai

Persyaratan dalam pembuatan surat keterangan usaha di Bogor selanjutnya adalah menyiapkan surat perjanjian sewa menyewa tempat usaha yang dijalani yang telah dibubuhi dengan materai. Hal ini penting agar tidak terjadi hal-hal yang akan merugikan anda di kemudian hari. Sewa menyewa tanpa adanya surat perjanjian banyak terjadi hal-hal yang buruk, seperti sudah habisnya waktu penyewaan secara mendadak atau pun hal lainnya. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda perlu membuat surat perjanjian dan jangan lupa dibubuhi dengan materai untuk memperkuat perjanjian yang Anda buat.

6. Siapkan surat bukti kepemilikan tanah jika tanah tersebut adalah tanah milik sendiri

Surat ini harus Anda siapkan sebagai bukti bahwa tanah yang Anda bangun menjadi tempat usaha yang mewah itu merupakan benar-benar tanah milik sendiri tanpa adanya campur tangan dari orang lain. mengapa surat ini penting? Tentu saja, karena surat ini dapat menguatkan bukti kepemilikan Anda terhadap tanah yang Anda tempati jika suatu saat nanti terjadi sengketa. Itulah mengapa dalam pembuatan surat keterangan usaha di Bogor Anda perlu menyiapkan surat bukti kepemilikan tanah yang Anda tempati sebagai tempat usaha.

7. Meminta surat pengantar dari ketua RT di daerah Anda

Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, maka saatnya Anda untuk bergegas menuju ketua RT di daerah untuk meminta surat pengantar untuk pembuatan surat keterangan usaha di Bogor. Surat pengantar tersebut berisi atau menjelaskan bahwa Anda adalah benar-benar anggota atau warga dari daerah tersebut. Surat ini juga perlu disahkan oleh ketua RW untuk memperkuat keresmian dari surat ini. Anda tidak perlu membayar untuk pembuatan surat pengantar ini, namun ada baiknya jika Anda mengisi kas warga sebagai bentuk rasa terima kasih Anda.

8. Berkunjung ke kantor kelurahan

Setelah Anda mendapatkan surat pengantar yang telah ditandatangani oleh ketua RW dan ketua RW, langkah selanjutnya adalah Anda harus berkunjung ke kantor kelurahan untuk meminta dan mengisi formulir SKDU. Surat keterangan usaha di Bogor bisa Anda dapatkan setelah Anda mengisi formulir yang telah disediakan dan jangan lupa untuk menyerahkan semua persyaratan yang telah Anda siapkan sebelumnya, ya. Isilah dengan lengkap formulir tersebut dan tanyakan jika ada hal yang belum Anda pahami agar bisa membantu Anda. Jika sudah terisi dengan lengkap, tanyakanlah bagaimana Anda harus mengambil surat keterangan yang Anda butuhkan.

9.. Ambil surat keterangan usaha yang dibutuhkan

Pengambilan surat keterangan usaha di Bogor ini biasanya terdapat 2 pilihan yang bergantung pada kebijakan kelurahan tersebut. Ada beberapa kelurahan yang bisa langsung mengambil surat keterangan usaha tersebut di kelurahan dan ada juga yang memakai peraturan pengambilan surat keterangan usaha harus di kantor kecamatan. Jika Anda harus mengambilnya di kantor kecamatan, maka Anda harus berkunjung ke kantor kecamatan pada jam kerja, ya. Jangan berkunjung pada jam istirahat karena Anda tidak akan dilayani. Surat keterangan usaha tersebut akan ditandatangani oleh Camat dan juga ketua kelurahan yang disahkan juga dengan stempel kecamatan yang menunjukan keresmian surat. Sama halnya dengan surat pengantar dari RT, pembuatan surat di kecamatan pun tidak dipungut biaya.

Berikut di bawah ini adalah daftar alamat kantor kecamatan dan kelurahan di kabupaten bogor. Sebagian data alamat belum diisi dikarenakan akses informasi dan jalan menuju ke sana kurang memadai. Oleh karena itu penulis menerima penambahan alamat melalui halaman kontak kami.

  1. Kecamatan Ciomas : Jalan Padusuka No.343, Pagelaran
    Kelurahan Padasuka : Jl. Raya Taman Pagelaran Blok AA1
    Desa Sukaharja : Jl. Babakan Ciomas Cibinong Blok Mushola No.22
    Desa Mekarjaya : Jl. Kp. Sawah Hilir
    Desa Pagelaran : JL Raya Kreteg, No. 59, Sukamaju
    Desa Sukamakmur : Jl. Raya Suka Makmur No.20, RT.1/RW.3
    Desa Ciomas : Jl. Bougenville 1 No.30
    Desa Kota Batu :
    Desa Ciomas Rahayu : Jl Raya Ciomas 342
    Desa Cipaus : Jl. Ciomas Raya No.4
    Desa Laladon : Jl. Raya Laladon No.18
    Desa Parakan : Jl. H. Abdullah Parakan No.1
  2. Kecamatan Tenjo : Jln.Raya Jasinga-Tenjo KM.18.55
    Desa Bojong :
    Desa Tenjo :
    Desa Cilaku :
    Desa Ciomas :
    Desa Singabangsa :
    Desa Tapos :
    Desa Singabraja :
    Desa Babakan : Jl. Raya Manunggal XIX
    Desa Batok : Jl. Raya Batok
  3. Kecamatan Kemang : Jl. Raya Kemang Kiara No. 57
    Desa Pondok Udik : Jl. Raya Parung
    Desa Jampang : Jl Raya Parung
    Desa Kemang :
    Desa Tegal : Jl. Raya Jampang Karihkil
    Desa Pabuaran : Jl. Raya Candali
    Desa Semplak Barat : Jl Raya Semplak
    Desa Parakanjaya : Jl. Parakan Jaya No.59
    Kelurahan Atang Senjaya : Jl Letkol Atang Sanjaya
    Desa Bojong : Jl. Mayor Abdurrahman
  4. Kecamatan Leuwisadeng : Jalan Raya Bogor – Jasinga Km. 24
    Desa Kalong I :
    Desa Kalong II :
    Desa Leuwisadeng :
    Desa Sadeng Kolot :
    Desa Wangunjaya :
    Desa Sadeng : Jl. Raya Sadeng No.700
    Desa Babakan Sadeng :
    Desa Sibanteng :
  5. Kecamatan Rumpin : Jl. Prada Samlawi No.02
    Desa Rumpin : Jl. Prada Abdullah
    Desa Gobang :
    Desa Leuwibatu :
    Desa Mekarjaya : Jl. Mekar Jaya KM.04, Kp. Tambilung
    Desa Sukamulya : Jl. Raya Rumpin
    Desa Tamansari :
    Desa Cipinang :
    Desa Cidokom : Jalan Raya Cidokom Km. 02
    Desa Cibodas : Jl. Raya Cibodas
    Desa Rabak : Jl. Raya Rumpin Leuwililiang
    Desa Sukasari : Jl. Raya Parung Panjang
    Desa Kampungsawah : Jl. Prada Samlawi
    Desa Mekarsari : Jl Desa Mekarsari
    Desa Kertajaya : Jl. Raya Cikandang No.1
  6. Kecamatan Gunung Putri : Jl. Barokah, Wanaherang
    Desa Cicadas : Jl. Mercedes Benz No.22
    Desa Gunung Putri : Jl Gunungputri Selatan No.91
    Desa Bojong Kulur : Jl Letda Nasir
    Desa Nagrak : Jl. Nagrak No.10
    Desa Wanaherang : Jl Melati
    Desa Ciangsana : Jl Raya Ciangsana No. 3
    Desa Tlajung Udik : Jalan Raya Tlajung Udik No. 404
    Desa Bojong Nangka :
    Desa Karanggan : Jl. Raya Karanggan No.147
    Desa Cikeas Udik : Jl Swadaya
  7. Kecamatan Gunung Sindur : Jl.Atma Asmawi NO. 58
    Desa Rawakalong : Jl. Cendana Rawakalong No.2
    Desa Cibadung : Jl. Pendidikan
    Desa Cidokom : Jalan SDN Melati RT.03/03
    Desa Pabuaran :
    Desa Padurenan : Jl Pedurenan 3 No.5
    Desa Cibinong : Jalan Raya Pahlawan KM 1.5
    Desa Curug : Jl. Permata No.4
    Desa Jampang : Jl Atma Asnawi
    Desa Gunungsindur :
    Desa Pengasinan : Jl. Kp. Cibarengkok No.35
  8. Kecamatan Ranca Bungur : Jl. Letkol Atang Senjaya
    Desa Bantarjaya : Jl. Letkol Atang Senjaya No 9
    Desa Candali : Jl.Raya Dudung Sukarta No.1
    Desa Mekarsari : Kp. Mekarsari Rt.001/003
    Desa Pasirgaok : Kp. Pasirgaok Rt 003/001
    Desa Bantarsari : Jl. Raya Bantarsari No. 41
    Desa Rancabungur : Jl.Raya Semplak Gerendong
    Desa Cimulang : Jln PTP Nusantara VII
  9. Kecamatan Jasinga : Jalan Raya Bogor – Cigelung No.01
    Desa Setu : Jalan Letnan Sayuti
    Desa Pangradin :
    Desa Tegalwangi :
    Desa Koleang :
    Desa Cikopomayak :
    Desa Pangaur : Jl. Letnan Sayuti Km.9
    Desa Jasinga :
    Desa Bagoang :
    Desa Neglasari :
    Desa Kalongsawah : Jl. Raya Jasinga No.524
    Desa Sipak :
    Desa Barengkok :
    Desa Curug :
    Desa Jugala Jaya :
    Desa Pamagersari : Jl. Raya Jasinga No.18
    Desa Wirajaya :
  10. Kecamatan Leuwiliang : Jl. Mohnoh Nur
    Desa Purasari :
    Desa Cibeber I : Jl. Hegarsari
    Desa Puraseda : Jl. raya moh noh noer km 11
    Desa Leuwiliang :
    Desa Barengkok : Jl Bukit Sakinah
    Desa Cibeber II : Jl. Hegarsari
    Desa Karehkel :
    Desa Karyasari : Jl. Raya Leuwiliang
    Desa Pabangbon :
    Desa Leuwimekar : Jl. Gunung Tanggal No. 21
    Desa Karacak : Jl. Raya Leuwiliang
  11. Kecamatan Tajurhalang : Jl. Manunggal No. 1
    Desa Tonjong : Jl. Raya H. Nunung M.S Tonjong No. 1
    Desa Sukmajaya : Jalan Setapak, no Rt03 Rw03
    Desa Sasak Panjang : Jl. Raya Sasak Panjang
    Desa Nanggerang :
    Desa Citayam : Jl. Desa Citayam No.124
    Desa Kalisuren : Jl Raya Kalisuren
    Desa Tajurhalang : Jl. Raya Tonjong No.24
  12. Kecamatan Parung : Jl. Raden Demang Arya
    Desa Parung : Jl. Raya Parung No.148
    Desa Bojongsempu : Jalan Raya H. Mawi, Gang Kades No. 10
    Desa Cogreg :
    Desa Pamegarsari : Jl. Mesjid Al-Irfan No.32
    Desa Jabonmekar : Jl. Desa, kp. Sawah, RT. 05/03
    Desa Waru :
    Desa Warujaya : Jalan Waru Jaya
    Desa Bojongindah : Jalan H Mawi RT 09 RW 03
    Desa Iwul : Lengkong Barang RT. 01/RW. 03
  13. Kecamatan Tanjungsari : Jl. Transyogi
    Desa Selawangi : Jl. Nagrog
    Desa Tanjungsari :
    Desa Sukarasa : Jl. Selawangi
    Desa Buanajaya : Jl. Buanajaya
    Desa Antajaya : Jl. Antajaya
    Desa Cibadak : Jl. Besar Cibadak
    Desa Pasir Tanjung :
    Desa Sirnarasa : Jalan Transyogi
    Desa Sirnasari :
    Desa Tanjungrasa :
  14. Kecamatan Cigudeg : JL. Raya Jasinga Km. 35
    Desa Sukamaju :
    Desa Bangunjaya :
    Desa Wargajaya : Kp. Pasir angin rt 01/02
    Desa Cintamanik :
    Desa Bunar :
    Desa Tegalega :
    Desa Sukaraksa :
    Desa Banyuasih :
    Desa Cigudeg : Jl. Raya Cigudeg
    Desa Argapura : Jln. Raya Bunar – Lebak wangi
    Desa Banyuresmi :
    Desa Batujajar :
    Desa Mekarjaya : Jl. Mekar Jaya km. 04 Kp. Tambilung Rumpin
    Desa Rengasjajar :
    Desa Banyuwangi :
  15. Kecamatan Babakan Madang : Jl. Babakan Madang No.4
    Desa Citaringgul : Kp. Tegal Umplik
    Desa Cipambuan : Jl. H. Abu Bakar No. 7
    Desa Kadumanggu : Jl. Palm Hill No. 89
    Desa Babakan Madang : Jalan Veteran, No. 10
    Desa Bojong Koneng : Jl. Air Terjun No. 01
    Desa Cijayanti : Jl. Raya Mukodi No. 1
    Desa Sentul : Jl. Babakan Rawahaur No. 15
    Desa Sumurbatu : Jl. Gunung Pancar No. 212
    Desa Karang Tengah : Jl. Gunung Pancar No. 1
  16. Kecamatan Sukajaya : Jalan Raya Sukajaya Km. 08
    Desa Jayaraharja : Jl. Raya Sukajaya
    Desa Kiarapandak :
    Desa Cileuksa : Jalan Raya Cileuksa Kaler Km. 21
    Desa Sukajaya :
    Desa Cipayung :
    Desa Pasirmadang :
    Desa Sukamulih :
    Desa Cisarua :
    Desa Harkat Jaya :
    Desa Kiarasari :
    Desa Urug : Kampung Urug
  17. Kecamatan Tenjolaya : Jl. Raya Abdul Fatah, Tapos I
    Desa Tapos I : Jl.R. Tenjolaya No. 002
    Desa Gunungmalang : Jl. Raya Gunung Malang No.2005
    Desa Cinangneng : Jl.R.H.Abdul Fatah No.2004
    Desa Gunung Mulya : Jl.Budi Asih No. 2007
    Desa Situdaun : Jl.R. Situdaun No.2006
    Desa Cibitung Tengah : Jl.R.H.Abdul Fatah KM 7 Kp.Laladon
    Desa Tapos II : Jl.R.H.Abdul Fatah No.2019
  18. Kecamatan Ciseeng : Jl. Raya H. Usa, No. 1
    Desa Cibeuteung Muara : Jl. Desa Cibetung Muara No.312
    Desa Kuripan : Jalan Amd Kuripan
    Desa Putat Nutug : Jl. H Miing No.158
    Desa Cihoe :
    Desa Cibeuteung Udik :
    Desa Ciseeng :
    Desa Babakan :
    Desa Cibentang :
    Desa Karihkil :
    Desa Parigi Mekar :
  19. Kecamatan Citeureup : Jln. Mayor Oking Jayaatmaja No 107
    Desa Karang Asem Timur : Jl. H. Zen no. 4
    Desa Leuwinutung : Jl. Anyar Leuwinutug, RT. 4 / RW. 1
    Desa Citeureup : Jl. Mayor Oking Jayaatmadja
    Desa Tarikolot : Jl. Industri No. 5
    Desa Gunungsari :
    Desa Puspasari :
    Kelurahan Puspanegara : Jl Baru Puspanegara
    Desa Sanja : Jl. Jasamarga
    Desa Hambalang : Jl. Swadaya No.1
    Desa Pasir Mukti : Jl. Raya Tajur Pasirmukti Km 4
    Kelurahan Karang Asem Barat : Jl. Pahlawan No.138
    Desa Tangkil : Mekar Sari
    Desa Tajur : Jl. Mayor Oking Citeureup No.27
    Desa Sukahati : Jl. Pangeran Samiaji
  20. Kecamatan Dramaga : Jl.R.Soewandana No.74
    Desa Purwasari : Jl. H. Mustopa No.13
    Desa Babakan : Jl.Raya Babakan Kampus IPB Dramaga
    Desa Sukawening : Jl. Cimaburan No.1
    Desa Ciherang : Jl.Raya Ciherang
    Desa Dramaga : Jl. Dramaga Pasar Desa
    Desa Sinarsari : Jl. Kp.Ciranji
    Desa Petir : Jl. Raya Petir No. 2
    Desa Neglasari : Jl.Raya Cibeureum – Petir
    Desa Sukadamai : Jl. Raya Mangga Dua No.1
    Desa Cikarawang : Kp.Cangkrang
  21. Kecamatan Pamijahan : Jl.Gunung Salak Endah no.2
    Desa Ciasmara : Jl. K.H. Abdul Hamid
    Desa Purwabakti :
    Desa Gunungbunder I :
    Desa Cibitung Kulon : Jl. K.H. Abdul Hamid km 11
    Desa Gunung Picung :
    Desa Cibening :
    Desa Gunungbunder II :
    Desa Pamijahan : Jl. K.H Abdul Hamid No.6
    Desa Gunungsari : Jl. Raya Gn. Salak Endah No.02
    Desa Gunungmenyan :
    Desa Cibitungwetan :
    Desa Cimayang : Jl. Cimayang Dua Rt.007/003
    Desa Pasarean : Jl. KH Abdul hamid
    Desa Ciasihan :
    Desa Cibunian :
  22. Kecamatan Cisarua : Jl. Raya Puncak – Cianjur No.520, Leuwimalang
    Desa Jogjogan : Jl. Jogjogan No. 73
    Desa Leuwimalang : Jl. Sirna Urip No. 78
    Desa Tugu Selatan : Jl. Raya Puncak No. 900 Km. 85,3
    Desa Citeko : Jl. Lapangan Olahraga Puncak Larang No. 351
    Desa Tugu Utara : Jalan Raya Puncak No. 779
    Kelurahan Cisarua : Jl. Siliwangi No. 29
    Desa Cibeureum : Jl.Raya Puncak No. 779
    Desa Cilember : Jl Cilember No. 104
    Desa Batulayang : Jl.Sultan hasanudin No. 9
    Desa Kopo : Jl. Pasir Nangka No, 1 Cidokom-Kopo
  23. Kecamatan Sukaraja : JL Dharmais, Cimandala
    Desa Sukaraja : Jl. Sukaraja No.32
    Desa Cibanon : Jl. Desa Cibanon No.27
    Desa Pasir Jambu : Jl. Pasir Jambu
    Desa Cilebut Barat : Jl. Pendidikan No.1
    Desa Cimandala : Jl. Dharmais No.21
    Desa Cadasngampar :
    Desa Cikeas : Jl. Cikeas Raya No.44
    Desa Cilebut Timur : Jl. Jambudipa No.115
    Desa Pasirlaya : Jl. Cijujung No.222
    Desa Nagrak : Jl. Ciherang Bong
    Desa Gununggeulis : Jl. Bukit Pelangi
    Desa Cijujung : Jl. Ps. Ciluar RT. 05 RW. 01
    Desa Sukatani : Jalan Cibedug Girang No.16
  24. Kecamatan Sukamakmur : Jln. Raya Sukamakmur No. 1
    Desa Sukaharja : Jl. H, Moh. Ridwan No. 1
    Desa Pabuaran : Jl. Kp. Pabuaran No, 1
    Desa Sukaresmi : Jalan Arca Domas
    Desa Cibadak : Jl. Raya Citeureup Sukamakmur No, 26
    Desa Sukadamai :
    Desa Wargajaya : Jl. H. Marjuki No. 01
    Desa Sukamulya : Jl. Raya Rumpin
    Desa Sukamakmur :
    Desa Sukawangi :
    Desa Sirnajaya :
  25. Kecamatan Jonggol : Jl. Raya Alun-Alun Utara No.7
    Desa Weninggalih :
    Desa Sukanegara : Jl. Raya Dayeuh No.250
    Desa Sukagalih :
    Desa Singasari :
    Desa Sukamanah :
    Desa Sirnagalih :
    Desa Cibodas :
    Desa Sukasirna : Jl. Raya jonggol dayeuh
    Desa Balekambang : Jl. Raya Menteng
    Desa Sukajaya : JL Raya Sukajaya RT 01 RW 06
    Desa Bendungan :
    Desa Singa Jaya :
    Desa Sukamaju :
    Desa Jonggol :
  26. Kecamatan Cigombong : Jl. Raya Citugu
    Desa Ciburuy : Jl. Raya Cigombong
    Desa Pasirjaya :
    Desa Watesjaya : Jalan Raya SMP Negeri 1 Cigombong No. 1
    Desa Tugujaya : Jalan Cipetir
    Desa Cisalada : Jl. Cisalada
    Desa Cigombong : Jl Raya Sukabumi
    Desa Ciadeg :
    Desa Ciburayut : Jl. Selaawi No. 1, RT 06 / RW 04
    Desa Srogol : Jl BNN Lido
  27. Kecamatan Tamansari : Jln. Raya Jasinga-Tenjo KM.18
    Desa Sukajadi : Jl. Babakan SD Inpres Gadod II No.7
    Desa Pasireurih : Jalan E. Sumawijaya No.410, RT. 03 / 04
    Desa Tamansari : Desa Tamansari RT.01 RW.01
    Desa Sukajaya : Jl. Raya Sukajaya
    Desa Sinargalih :
    Desa Sukaluyu : Jl. Tangkil
    Desa Sukamantri : Jl. Raya Ciapus No.16
    Desa Sukaresmi : Jl. Raya Sukaresmi
  28. Kecamatan Megamendung : Jl. Lentan Suryanta No. 9
    Desa Sukamanah :
    Desa Sukagalih :
    Desa Sukamaju : jl. pelda m.bisri no. 03
    Desa Gadog :
    Desa Sukaresmi : Jalan Arca Domas
    Desa Megamendung :
    Desa Sukakarya : Jl. Pasir Kalong No.12
    Desa Cipayung Girang : Jl. Gn. Geulis
    Desa Cipayung Datar : Jl. Raya Puncak Cipayung
    Desa Sukamahi : Jl.Letnan. Suryanta No. 9
    Desa Kuta :
    Desa Pasir Angin :
  29. Kecamatan Cibungbulang : Jalan KH Umar Cirangkong
    Desa Cimanggu II : Jalan KH Umar Cirangkong
    Desa Situ Udik : Jl. Raya Parung, Pd. Udik
    Desa Girimulya :
    Desa Leuwi Kolot :
    Desa Cemplang : Jl Raya Leuwiliang Bogor
    Desa Cijujung : Jl. Desa Cijujung
    Desa Galuga : Jl Warung Lepet
    Desa Sukamaju : Jl. Kh. Abdul Hamid
    Desa Cimanggu I : Jl. Ciaruteun Gardu Seri No.15
    Desa Dukuh : Jl Dukuh
    Desa Ciaruteun Udik :
    Desa Situ Ilir :
    Desa Ciaruteun Ilir :
    Desa Cibatok II :
    Desa Cibatok I : Jl. Kapten Dasuki Bakri
  30. Kecamatan Ciampea : Jl Raya Leuwiliang Bogor
    Desa Cibuntu : Jl H Jaili
    Desa Cicadas :
    Desa Cihideung hilir :
    Desa Cibadak : Jl. Raya Cibungbulang – Bogor No.17
    Desa Bojongjengkol : Jl. Abdul Fatah
    Desa Bojongrangkas :
    Desa Cinangka :
    Desa Ciampea :
    Desa Cibanteng : Jl. Raya Cibanteng
    Desa Tegalwaru : Jl. Manunggal No.51
    Desa Cihideung udik :
    Desa Ciampea Udik : Jl. Raya Cikampak No.5
    Desa Benteng : Jl. Raya Letnan Sukarna No.34
  31. Kecamatan Cileungsi : Jl. Gandaria Utara No. 1
    Desa Dayeuh : Jl.Kp. Babakan RT 003 RW 003
    Desa Gandoang : Jl. Raya Cileungsi – Jonggol
    Desa Mampir : Jl.H Abdul Rojak No.1
    Desa Cileungsi : Jl. Raya Narogong Km. 22 No.51
    Desa Mekarsari : Jl. Raya Cileungsi-Jonggol Km.4
    Desa Cipenjo : Jl.Mandor Senan No.1
    Desa Jatisari : Jl.Desa Jatisari
    Desa Cileungsi Kidul : Jl. Raya-Jonggol Km.1 No.
    Desa Limusnunggal : Jl. Raya Narogong-Bekasi Km16,5
    Desa Situsari : Kp. Karet KM. 02
    Desa Cipeucang : Jl. Raya Jonggol-Cileungsi Km. 9,5
    Desa Pasirangin : Jl Raya Cileungsi-Setu Km.2,5
  32. Kecamatan Cariu : Jl. Brigjen Dharsono No.01
    Desa Sukajadi : Jl. Babakan SD Inpres Gadod II No.7
    Desa Cikutamahi :
    Desa Mekarwangi :
    Desa Babakan Raden :
    Desa Bantarkuning :
    Desa Tegalpanjang : Jl. Tegalpanjang
    Desa Karyamekar : Kp. Parung Jambu
    Desa Cariu :
    Desa Kutamekar : Jl Tegal Malaka
    Desa Cibatutiga : Jl Transyogi
  33. Kecamatan Nanggung : Jl. Raya Ace Tabrani No.32
    Desa Sukaluyu :
    Desa Curugbitung :
    Desa Bantarkaret :
    Desa Parakanmuncang :
    Desa Batu Tulis :
    Desa Kalongliud :
    Desa Cisarua :
    Desa Nanggung :
    Desa Pangkaljaya :
    Desa Malasari : Jalan Resimen Mahawarman Km 17
    Desa Hambaro :
  34. Kecamatan Bojong Gede : Jl. Raya Bojonggede No.316
    Desa Susukan : Jl. Raya Susukan No.35
    Desa Pabuaran : Jl. Raya Pabuaran
    Desa Waringinjaya : Perum Puri Artha Sentosa Blok G
    Desa Rawapanjang : Jalan H. Moch. Nur PMS No. 93
    Desa Kedungwaringin : Jl. Perumahan Bukit Waringin
    Desa Bojongbaru : Gg. Maurup
    Desa Ragajaya : Jl. Puri Bukit Depok No.46
    Desa Bojonggede : Jl. Raya Olah Raga
    Desa Cimanggis : Jl. Raya Olah Raga
  35. Kecamatan Cijeruk : Jalan KH. Halimi No. 04
    Desa Cipelang : Jl. KH. Halimi No. 01
    Desa Warung Menteng : Kp. Lengis Kidul
    Desa Tajur Halang : Jl. Tajurhalang No. 75
    Desa Cibalung : Jl. AMD Manunggal
    Desa Sukaharja : Jl. Pondok Bitung No. 75
    Desa Cipicung : Jl. Genteng No. 01
    Desa Palasari : Jl. Ence Sumantadiredja No. 01
    Desa Tanjungsari : Jl. Tanjungsari No. 01
    Desa Cijeruk : Jl. Kol Bustomi No. 01
  36. Kecamatan Caringin : Jl. Mayjen HR. Edi Sukma KM. 17
    Desa Cimande : Jl. Cimande No.6
    Desa Tangkil : Jl. Cidahu Tangkil Mekarsari
    Desa Ciderum : Cimande Hilir
    Desa Cimande Hilir : Jl. Raya Sukabumi
    Desa Ciherang Pondok :
    Desa Muarajaya :
    Desa Basir Buncir : Jl Desa Pasir Buncir
    Desa Pancawati : Jl. Caringin-Cilengsi No.20
    Desa Cinagara :
    Desa Pasir Muncang :
    Desa Caringin : Jl. Mayjen HR. Edi Sukma KM.17
    Desa Lemah Duhur :
  37. Kecamatan Klapanunggal : Jl. Raya Narogong
    Desa Lulut : Jl. Raya Desa Lulut No. 1
    Desa Nambo : Jl. Raya Nambo
    Desa Leuwikaret : Jl. Raya Leuwikaret No. 1
    Desa Kembang Kuning : Jl. Raya Narogong No. 1
    Desa Cikahuripan : Jl. Raya Cikahuripan No. 1
    Desa Bantar Jati : Jl. Raya 01 Klapanunggal
    Desa Klapanunggal :
    Desa Ligarmukti :
    Desa Bojong :
  38. Kecamatan Parung Panjang : Jl. Raya Moh Toha Nomor 1
    Desa Cibunar : Jl. Raya Cibunar – Jagabita No. 2
    Desa Kabasiran : Jalan Raya Kabasiran No.18
    Desa Cikuda : Jl. Raya Binong RT 01 / 05
    Desa Jagabita : Jl. Jagabita Raya
    Desa Parungpanjang : Jl. Raya Dago No.1
    Desa Jagabaya : Kp. Pasir Tonjong
    Desa Gintungcilejet : Kp. Salimah RT 07 / 02
    Desa Pingku : Jl. Kelapa Gading VIII
    Desa Gorowong : Kp. Pabuaran RT 22 / 02
    Desa Dago : Kp. Rabak RT 01 / 03
    Desa Lumpang : Kp. Cilangkap, RT. 04 / 01
  39. Kecamatan Ciawi : Jl. Raya K.H.R Moch. Toha No. 362
    Desa Bojong Murni : Jl, Jambu Luwuk
    Desa Cibedug :
    Desa Pandan Sari : Jl. Cibalok Pandansari
    Desa Jambuluwuk :
    Desa Banjar Waru : Jl. Bendungan
    Desa Banjarsari :
    Desa Citapen :
    Desa Telukpinang :
    Desa Cileungsi : Jalan Tapos No. 8
    Desa Bendungan : Jalan Ciasin No.19 Rt 01 Rw 10
    Desa Bitungsari :
    Desa Ciawi : Jl. Kolonel Bustomi
    Desa Banjar Wangi :
  40. Kecamatan Cibinong : Jl. Kayu Manis No. 30
    Kelurahan Harapanjaya : Jl. Raya Setu Cikaret No.57
    Kelurahan Ciriung : Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No.75
    Kelurahan Sukahati : Jl. Raya Sukahati
    Kelurahan Pabuaran : Jl. Kp. Pedurenan No.136
    Kelurahan Pakansari : Jl. H. Jairan No.9
    Kelurahan Cibinong :
    Kelurahan Karadenan : Jl. Mandala Raya No.24
    Kelurahan Nanggewer : Jl. Roda Pembangunan No. 45
    Kelurahan Cirimekar : JL Cirimekar, RT 05 RW 04
    Kelurahan Nanggewer Mekar : Jl. Raya Bogor No.209
    Kelurahan Tengah : Jl. KSR Dadi Kusmayadi No.1
    Kelurahan Pondok Rajeg : Jl. Kelurahan No.250

SKU atau Surat Keterangan Usaha biasanya digunakan untuk memenuhi persyaratan mengajukan pinjaman kredit ke bank baik kredit mikro, kredit usaha rakyat atau kur dan lain sebagainya. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat Surat Keterangan Usaha, hanya saja untuk biaya pembuatan Surat Keterangan Usaha tidak tentu tergantung dari oknum kelurahan yang memproses izin itu sendiri.

Itulah beberapa langkah dalam pembuatan surat keterangan usaha di Bogor yang harus Anda jalani dan lewati satu per satu dengan sabar. Tapi jangan khawatir, karena prosesnya bisa berlangsung dengan mudah dan lancar jika Anda mampu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Jadi, berusahalah untuk menaati semua peraturan yang ada agar proses yang Anda jalani bisa mudah lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *