Panduan Lengkap Cara Buat Paspor di Bogor

Posted on

Paspor menjadi barang wajib yang harus Anda miliki saat pergi ke luar negeri. Membuat paspor sendiri sebenarnya bukanlah sebuah hal yang susah. Jika Anda mematuhi prosedur yang ada, membuat paspor ini hanya membutuhkan waktu tiga hari saja. Di kantor imigrasi Kelas II Bogor, Buat Paspor di Bogor ternyata tidak sulit.

Anda bisa mengurusnya sendiri tanpa bantuan calo. Dengan mengurus sendiri paspor Anda, biaya pembuatan paspor pun akan menjadi lebih murah. Berbeda lagi ketika Anda menggunakan jasa calo, biaya pembuatan paspor ini pasti akan membengkak. Untuk memudahkan Anda dalam membuat paspor, sebaiknya simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips Mudah untuk Cara Bikin Paspor di Bogor secara Manual

Untuk membuat paspor, sebenarnya ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan cara manual atau dengan cara bikin paspor online di bogor. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Membuat paspor manual memang cenderung ribet, tetapi prosesnya lebih cepat. Sementara itu, pembuatan paspor secara online memang lebih praktis, tetapi prosesnya cenderung lebih lama. Oleh karena itu, untuk keperluan yang mendesak, sebaiknya Anda membuat paspor secara manual. Prosedur pembuatan paspor secara manual sebenarnya tidak sesusah yang kita bayangkan. Inilah tips mudah untuk Buat Paspor di Bogor.

syarat bikin paspor di bogor

Lengkapi Syarat Membuat paspor di bogor

Untuk Buat Paspor di Bogor, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melengkapi persyaratan untuk membuat paspor. Berkas yang diperlukan untuk membuat paspor adalah fotokopi ktp, fotokopi KK, fotokopi ijazah, fotokopi akta kelahiran, dan materai Rp 6000. Selain menyiapkan berkas fotokopian di atas, sebaiknya Anda juga membawa berkas aslinya guna dipakai pada saat wawancara nanti. Setelah semua persyaratan terpenuhi, segeralah berpakaian rapi dan menuju ke kantor Imigrasi kelas I Bogor.

Prosedur Pembuatan Paspor di Imigrasi Bogor

syarat pembuatan paspor di kabupaten bogor dan kotamadya bogor

Setelah Anda sampai di Kantor Imigrasi Bogor, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Langkah pertama adalah menuju petugas loket. Pada prosedur Buat Paspor di Bogor yang pertama ini, Anda harus menyerahkan semua berkas yang ada pada poin 1 ke petugas loket. Selanjutnya, petugas loket akan memberikan nomor antrian untuk Anda.

Setelah mendapatkan nomor antrean, tunggulah dengan tertib sampai Anda dipanggil. Setelah nomor atau nama Anda dipanggil, selanjutnya Anda akan mengikuti sesi wawancara di ruangan yang sudah ditentukan oleh petugas. Materi wawancara biasanya hanya seputar pencocokan berkas, tujuan Anda membuat paspor, dan terakhir adalah pemotretan untuk identitas paspor.

Mengurus Paspor di Bogor

Setelah sesi wawancara selesai, Anda akan diberikan lembaran yang berisi biaya pembuatan paspor. Form biaya pembuatan paspor ini bisa dibayarkan di bank. Prosedur Buat Paspor di Bogor secara manual berakhir sampai di sini. Setelah mendapatkan form biaya tersebut, segeralah ke Bank dan lakukan pembayaran dengan jumlah yang telah ditulis tersebut.

Setelah tiga hari, Anda bisa datang lagi ke kantor imigrasi Bogor untuk mengambil paspor Anda. Serahkan bukti pembayaran dari Bank di bagian loker pengambilan paspor. Normalnya, pembuatan paspor memakan waktu tiga hari atau paling lama satu minggu. Untuk Buat Paspor di Bogor, pemerintah menjamin waktu pembuatannya hanya tiga hari saja.

Tips ketika memperpanjang paspor di bogor

Prosedur Buat Paspor di Bogor memang sangat mudah seperti yang telah dijelaskan di atas. Pada saat pembuatan paspor, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Pertama, ketika membuat paspor, sebaiknya Anda datang seawal mungkin. Mengapa harus datang lebih awal? Jawabannya adalah karena ada banyak sekali orang yang ingin membuat paspor. Antreannya bisa sangat panjang. Oleh karena itu, jika Anda ingin paspor Anda cepat selesai, sebaiknya datanglah lebih pagi.

Sedikit informasi untuk Anda, Kantor Imigrasi Kelas II Bogor ini setiap hari bukan pada pukul 08.00 WIB. Akan tetapi, biasanya orang-orang sudah mulai datang ke lokasi pada pukul 05.00 WIB. Anda bisa membayangkan sendiri apa jadinya jika Anda berangkat dari rumah pada pukul 10.00 WIB. Anda mungkin sudah tidak dapat nomor antrean karena sudah terlalu banyaknya antrean.

Tips pada saat wawancara

Pada saat wawancara, Anda akan ditanya tentang tujuan Anda membuat paspor. Sampaikan dengan detail apa tujuan Anda membuat paspor. Nah, pada proses wawancara ini, sebaiknya Anda juga mengetahui jenis-jenis paspor yang berlaku di Indonesia. Pengetahuan ini akan berguna untuk menentukan jenis paspor apa yang cocok untuk Anda. Jenis paspor yang pertama adalah paspor biasa atau sering disebut dengan paspor hijau. Paspor inilah yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Dengan paspor ini, Anda bisa berkunjung ke berbagai negara. Kunjungan ke luar negeri ini pun waktunya terbatas karena paspor hijau ini hanya berlaku selama lima tahun. Setiap lima tahun sekali, Anda wajib memperpanjangnya.

Jenis paspor yang kedua adalah paspor dinas atau paspor biru. Paspor ini dikeluarkan untuk para PNS atau para konsultan pemerintahan yang hendak melakukan dinas ke negeri tetangga. Jika ingin memperoleh paspor biru ini, Anda wajib melampirkan surat bukti beasiswa, ijin atasan, LoA, SP Setneg, guarantee letter, dan surat pendukung lainnya. Paspor ini adalah paspor khusus.

Jenis paspor yang ketiga adalah paspor diplomatik. Paspor ini adalah paspor khusus yang dikeluarkan oleh Kementrian Luar Negeri untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan diplomatik. Karena sifatnya khusus, hanya orang-orang tertentu saja yang membuat paspor jenis ini.

Untuk orang biasa, paspor yang umum dipakai adalah paspor hijau. Cara Buat Paspor di Bogor ini pun sangat mudah seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tips Pengambilan Paspor di Kantor imigrasi

Pada saat pengambilan paspor, sebenarnya tidak ada kendala yang menyusahkan Anda. Setelah membayar biaya pembuatan paspor, Anda hanya diharuskan untuk menunjukkan bukti pembayarannya ke loket pengambilan paspor. Pastikan bukti pembayaran paspor ini tidak hilang. Proses untuk pengambilan paspor ini juga tidak ribet dan antreannya pun tidak terlalu panjang. Jadi, Anda tidak perlu datang lebih pagi untuk pengambilan paspor.

Biaya pembuatan paspor di bogor

Untuk biaya Buat Paspor di Bogor, jika Anda mengurus sendiri, biayanya tergantung dari jenis paspor yang anda bikin jadi lebih baik langsung tanyakan saja ke pegawainya. Pemerintah telah memberikan banyak kemudahan untuk mengurus paspor. Untuk itu, sebisa mungkin jangan menggunakan calo supaya biayanya lebih hemat. Pada saat pembuatan paspor ini, nantinya Anda bisa selanjutnya membuat Visa Kunjungan. Pembuatan visa ini juga terbagi-bagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tujuannya.

Alamat Kantor Pembuatan Paspor di Bogor

Anda bisa lakukan perpanjang dan mengurus paspor di bogor dengan mengunjungi kantor imigrasi kelas 1 bogor yang terletak di Jl. Jend. A. Yani 2 No.65, Tanah Sareal, Tanah Sereal, Kota Bogor.

Demikian adalah prosedur lengkap untuk Buat Paspor di Bogor. Dari uraian di atas, ternyata tidak susah bukan untuk membuat paspor? Anda hanya perlu meluangkan dua hari dari waktu sibuk Anda, yaitu satu hari untuk melakukan pendaftaran hingga wawancara dan juga satu hari untuk pengambilan paspor. Dengan membuat paspor sendiri, Anda jadi tahu tata cara dan prosedur pembuatan paspor. Suatu hari nanti, Anda bisa membantu saudara Anda yang ingin membuat paspor. tentunya anda juga dapat menghemat uang dengan tidak menggunakan layanan calo atau biro jasa pembuatan paspor bogor. Semoga uraian ini bermanfaat untuk Anda.

15 thoughts on “Panduan Lengkap Cara Buat Paspor di Bogor

    1. punten setau saya mah pake kang joe. tapi untuk lebih jelasnya bisa langsung ditanyakan ke kantor imigrasinya aja, mungkin nanti disana bisa dibantu sama petugasnya, nuhun

  1. punten numpang nanya. kalau kk, akte, ijazah hanya fotocopy saja yang dibawa tidak apa apa kan ya?soalnya saya mahasiswi yang merantau

  2. sy rencana senin tgl 23oktober mau bkin paspor baru (paspor hijau yg biasa) n persyaratan yg ad skr ktp,kk,akte lahir (asli)
    apakah ke 3 persyaratan itu cukup?
    trmksh sblm’y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *