Bikin SIM di Bogor dari Jenis, Syarat, dan Prosedurnya

Posted on

SIM bukan hal yang asing bagi banyak orang, terutama pengemudi kendaraan bermotor. SIM adalah surat izin mengemudi yang berguna sebagai lisensi ketika Anda mengemudi kendaraan bermotor. Bagaimana bikin sim di bogor? Pertanyaan ini sebenarnya mudah dijawab, tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui. Pada dasarnya, pembuatan SIM di satu kota dengan lainnya adalah sama karena masih berada dalam satu Negara Indonesia. Peraturan yang mendasarinya pun sama sehingga para calon pembuat SIM diharuskan untuk membaca atau memahaminya.

Ada beberapa jenis SIM yang berlaku di Indonesia dengan persyaratan masing-masing. Artikel ini akan membahas tiga hal yang saling berkaitan dan sangat penting. Pertama adalah jenis-jenis sim. Anda harus mengerti jenis SIM yang akan dibuat karena menentukan jenis kendaraan yang berhak dikendarainya.

SIM untuk pengendara sepeda motor berbeda dengan mobil pribadi dan juga berbeda dengan truk atau angkutan besar lainnya. Selanjutnya sebelum bikin sim di bogor, Anda harus mengetahui persyaratan yang diperlukan. Bayangkan jika sudah datang dari pagi tetapi ada satu syarat yang kurang. Anda tidak mau menghabiskan waktu secara percuma untuk hal sepele ini. Oleh karena itu, persiapan menentukan segalanya.

Lebih Lanjut Tentang Bikin SIM di Bogor

Macam Macam Jenis Surat Izin Mengemudi di Indonesia

Ada beberapa jenis sim yang dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu umum dan perseorangan. SIM perseorangan hanya digunakan oleh orang yang namanya tertera pada SIM tersebut. Sim C dan A merupakan jenis sim yang banyak dibuat. SIM A adalah sim yang dapat digunakan untuk mengendarai kendaraan dengan kapasitas penumpang maksimal 3500 kg. Jika anda ingin bikin sim di bogor yang khusus untuk mobil biasa, SIM A adalah pilihan yang tepat, SIM ini dapat pula untuk mobil penumpang selama sesuai dengan peraturan kapasitas yang telah ditetapkan.

ujian tes praktik untuk mendapatkan sim motor

Selanjutnya adalah SIM C. Untuk sim jenis ini, Anda hanya diperbolehkan mengendarai sepeda motor dengan kapasitas yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 40km/jam. Motor umum yang ada dijalan-jalan adalah kendaraan kategori tersebut. SIM C memiliki jumlah terbanyak dalam daftar pemilik SIM di Indonesia. Seperti yang telah diketahui, sepeda motor merupakan kendaraan yang terjangkau dari segi harga serta mudah digunakan. Selain itu, motor juga mampu menjangkau daerah pedalaman yang memiliki jalan-jalan terbatas.

Cara Membuat SIM di Kota Bogor

Selanjutnya, SIM C1 dan C2 untuk sepeda motor berkapasitas besar. SIM C1 adalah untuk mengendarai motor dengan kapasitas 250 cc hingga 500 cc. Untuk SIM C2, motor yang dapat dikendarai adalah lebih dari 500 cc. Mengapa Anda harus memiliki dua sim tersebut? Motor kapasitas kecil mudah dikendarai dan umum ditemui di jalan raya. Sebaliknya, Anda membutuhkan teknik dan ketrampilan tertentu untuk mampu mengendarai motor berkapasitas besar. Motor jenis ini berbeda dan tanpa pengetahuan dan skill akan sangat berbahaya. Itulah yang harus diketahui jika ingin bikin sim di bogor untuk sepeda motor.

Beberapa SIM lain yaitu B! Dan B2 untuk mengendarai kendaraan besar seperti truk. B1 merupakan sim untuk kendaraan yang berkapasitas lebih dari 3500 kg. SIM B2 digunakan untuk pengemudi kendaraan besar dengan kereta gandeng di belakangnya. Untuk bikin sim di bogor dengan kategori ini, Anda membutuhkan beberapa persyaratan khusus yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Mengemudi kendaraan besar tidak sama dengan kendaraan biasa. Anda mungkin mahir dalam mengendarai mobil, tetapi akan kesulitan jika mengendarai truk. Hal tersebut mirip dengan mengendarai motor berkapasitas besar yang membutuhkan skill khusus.

SIM terakhir adalah SIM D yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. SIM umum memiliki persyaratan yang sama dengan SIM perseorangan, hanya jenis kendaraan yang dikemudikan adalah kendaraan umum. Ada peraturan tertentu yang mengatur hak-hak dan kewajiban pemilik SIM untuk memudahkan para pengemudi sehingga tidak bikin sim di bogor lebih dari yang diharuskan.

Syarat Membuat SIM Baru

Setelah memahami jenis SIM, bagian kedua adalah persyaratan yang harus dibawa atau dimiliki untuk bikin sim di bogor. Yang paling umum adalah batasan usia. Calon pembuat SIM harus memiliki usia minimal 17 tahun untuk SIM A dan C. Untuk SIM B1 dan B2, usia minimal adalah 20 dan 21 tahun. Usia terhitung sejak pertama lahir hingga datang ke kantor pelayanan SIM di bogor.

Karena telah mencapai usia 17 tahun, calon pembuat SIM sudah memiliki KTP. Selanjutnya, Anda harus memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang nanti akan dilampirkan ketika pembuatan SIM. Untuk pembuatan SIM baru, Anda akan diharuskan mengisi formulir dan praktik yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Untuk memiliki SIM B1, calon pembuat sim harus memiliki SIM A dengan waktu paling sedikit dua belas bulan. Untuk B2, kepemilikan SIM B1 adalah dua belas bulan sebelum diizinkan untuk tes B2. Jadi, Anda harus memiliki SIM A terlebih dahulu sebelum B1 dan B2. Syarat ini menjadikan pemilik SIM harus memiliki skil dasar yang mahir sebelum berpindah ke kendaraan yang lebih besar dengan skill yang lebih sulit. Hal tersebut juga terjadi ketika bikin sim di bogor untuk SIM C1 dan C2. Anda harus mahir mengendarai kendaraan biasa atau memiliki SIM C.

Tata Cara Prosedur Pembuatan SIM Online dan Offline

Pengetahuan terkait jenis dan persyaratan akan membantu ketika akan melakukan pembuatan SIM. Untuk bikin sim di bogor, Anda harus membawa beberapa berkas persyaratan seperti KTP, surat kesehatan, dan mengisi formulir. Selanjutnya, Anda akan melewati dua tes yaitu teori dan praktik. Tes teori bertujuan untuk mengetahui pemahaman calon pemilik SIM salah satu contohnya adalah rambu-rambu lalu lintas. Jika Anda lulus pada tes teori, tes selanjutnya adalah tes praktik. Jika tidak lulus, maka ada kesempatan lain yaitu tenggang waktu minimal tujuh hari dari tes pertama. Anda cukup mengikuti prosedur yang sama seperti sebelumnya.

Yang terpenting dari bikin sim di bogor adalah tes praktik. Pada tes ini, Anda harus mampu menyelesaikan praktik-praktik mengemudi untuk menunjukkan keahlian dan kesigapan. Tes praktik juga disesuaikan dengan jenis SIM yang akan dibuat. Untuk sim umum, tes praktik cukup mengikuti instruksi polisi yang menjadi petugas tes. Anda harus mengemudikan motor melewati rintangan tertentu. Jika lulus tes praktik, SIM siap dicetak setelah melakukan cek sidik jari dan foto. Bagi yang belum lulus, mereka diberi kesempatan untuk mengulang setelah tujuh hari dari tes sebelumnya.

Prosedur pembuatan sim sudah tercantum pada peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Calon pembuat sim diharuskan untuk membaca terlebih dahulu untuk mengetahui alur dengan jelas. Selain itu, pengetahuan tersebut sangat berguna ketika tes berlangsung sebab Anda tidak sendiri ketika proses pembuatan SIM. Ada banyak calon pembuat SIM yang mendatangi kantor kepolisian setiap hari. Pemahaman terkait peraturan akan berguna untuk mempersingkat waktu ketika bikin sim di bogor.

Tarif Harga Biaya Pembuatan SIM Baru

Berikut dibawah ini adalah daftar biaya sim baru resmi yang diperoleh dari website layanan sim polri

  1. SIM Internasional : Rp 250.000
  2. SIM D : Rp 50.000
  3. SIM C : Rp 100.000
  4. SIM B2 : Rp 120.000
  5. SIM B1 : Rp 120.000
  6. SIM A : Rp 120.000
Jasa pembuatan sim kota bogor ?

Anda dilarang menggunakan calo bikin sim bogor nembak karena itu melanggar hukum. Tentunya anda harus belajar tes soal ujian sim tertulis teori maupun praktik agar supaya lolos dan mendapatkan sim yang diinginkan dengan cara resmi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan sim bogor, anda dapat mengunjungi alamat kantor polres di bawah ini.

  1. Alamat pembuatan sim kota bogor : Polres Bogor Kota Jl. Ks. Tubun No. 21 Bogor
  2. Lokasi pembuatan sim kabupaten bogor : Polres Bogor Jl. Tegar Beriman, Cibinong

One thought on “Bikin SIM di Bogor dari Jenis, Syarat, dan Prosedurnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *