Perpanjang STNK di Bogor Tata Cara Mudah

Posted on

Bagi para pemilik kendaraan, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan telah menjadi surat yang sangat penting sebagai syarat kelengkapan utama untuk bebas berkendara. STNK sendiri harus diperbaharui setiap lima tahun sekali dan diperpanjang setiap satu tahun sekali. Artikel ini akan mencantumkan informasi perpanjang STNK di Bogor bagi Anda yang berdomisili di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Tidak jarang muncul pertanyaan seperti kenapa STNK harus diperpanjang setiap tahun? Pembayaran STNK tahunan sendiri dilakukan untuk membayar pajak kendaraan yang Anda miliki. Pajak yang Anda bayarkan kemudian akan dikelola negara lebih lanjut untuk memberikan fasilitas maupun infrastruktur jalan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik dan taat peraturan, penting bagi Anda untuk melakukan pembayaran STNK tahunan untuk pemenuhan pajak.

Perpanjang STNK di Bogor Selain Samsat Pusat

Penting untuk diketahui bahwa pembayaran STNK tahunan sebaiknya dilakukan tepat waktu. Apabila terlambat melakukan pembayaran, maka Anda akan dikenai denda. Pada kasus yang lebih ekstrim, apabila Anda tidak pernah melakukan perpanjangan atau pembayaran STNK tahunan, maka STNK yang Anda miliki akan dianggap ilegal. Agar STNK tersebut dapat digunakan kembali, Anda harus melunasi tunggakan pajak yang sebelumnya belum Anda bayarkan berikut denda pembayaran.

Berdasarkan contoh tersebut, maka terlambat membayar STNK hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Memperpanjang STNK sendiri bukan proses yang sulit. Cara perpanjang STNK di Bogor sangat mudah dengan banyaknya fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk memperpanjang STNK yang Anda miliki.

Pada masa lalu, proses pengurusan STNK memang cukup sulit. Hal ini yang kemudian menimbulkan maraknya praktik calo perpanjang STNK. Namun, saat ini proses perpanjang STNK di Bogor jauh lebih mudah. Calo pun sudah mulai jarang berkeliaran di sekitar wilayah perpanjangan STNK. Umumnya, saat ini Anda hanya perlu membawa fotokopi surat-surat penting yang berkaitan dengan kepemilikan kendaraan selayaknya STNK, KTP, dan BPKB. Proses selanjutnya akan dibahas lebih lanjut dalam poin-poin di bawah ini, dimana proses berlangsung dilakukan di Kantor Samsat Kota Bogor di Jalan Ir. H. Juanda:

Bawa kelengkapan dokumen bersama dengan Anda ke lokasi perpanjangan STNK

Untuk berjaga-jaga, fotokopi kelengkapan dokumen yang Anda miliki seperti STNK, KTP dan BPKB sebanyak dua kali. Biasanya, petugas akan meminta fotokopi kelengkapan dokumen yang Anda miliki, namun di Kantor Samsat Kota Bogor Anda hanya perlu memastikan Anda membawa KTP dan STNK asli bersamaan dengan Anda. Hal ini untuk menghindari terjadinya pemalsuan perpanjang STNK di Bogor.

Menyerahkan dokumen ke petugas di lokasi perpanjangan STNK

Di Kantor Samsat Bogor, Anda akan diarahkan menuju loket 10. Dalam loket tersebut Anda harus menyerahkan KTP dan STNK asli Anda untuk diperpanjang oleh petugas. Selanjutnya petugas akan mengarahkan Anda ke perpanjang STNK tahunan di loket 8. Anda kemudian akan diberi nomor antrean untuk menunggu giliran perpanjang STNK di Bogor dan membayar pajak tahunan. Setelah dipanggil, Anda hanya tinggal membayar biaya yang disebutkan oleh petugas dan Anda akan mendapatkan nomor antrian untuk mengambil STNK yang telah diperpanjang.

Pengambilan STNK yang telah diperpanjang

Petugas selanjutnya akan memanggil nomor antrean yang telah Anda dapatkan di loket sebelumnya. Setelah nomor antrean Anda dipanggil, Anda dapat segera menghampiri loket tersebut. Anda akan segera diberikan KTP asli yang sebelumnya telah Anda serahkan, serta STNK yang telah diperpanjang masa berlakunya. Dalam jangka waktu setahun berikutnya, Anda bebas dari kewajiban perpanjang STNK di Bogor.

Waktu yang Anda butuhkan untuk memperpanjang STNK bergantung pada antrian warga yang hendak memperpanjang STNK juga. Biasanya, perpanjang STNK di Bogor yang bersifat tahunan tidak membutuhkan waktu yang lama apabila dibandingkan dengan pembaharuan STNK dalam jangka waktu lima tahun. Anda dapat mengalokasikan waktu kurang lebih satu jam untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki. Untuk lebih efisien dalam memanfaatkan waktu, Anda dapat datang lebih pagi ke kantor samsat sebelum pemohon lain datang. Kantor Samsat sendiri dibuka sejak pukul sembilan pagi, sehingga apabila Anda tidak ingin mengantri lama Anda dapat mengantri disana mulai pukul setengah sembilan atau pukul sembilan tepat. Namun apabila Anda tidak memiliki waktu untuk kesana di pagi hari, Anda tidak perlu khawatir karena Kantor Samsat masih dibuka hingga pukul tiga sore. Anda akan dapat melakukan pembayaran hingga jam yang dilayani tersebut berakhir.

Jadwal mobil stnk keliling bogor

Adapun selain Kantor Samsat Bogor, terdapat beberapa outlet dimana Anda bisa perpanjang STNK di Bogor. Outlet tersebut adalah layanan pembayaran drive-thru di area parkir Samsat Cibinong, Bus keliling Samsat wilayah Komplek Pemda Bogor dan Mall Cibinong Square, Ruko Pasar Cileungsi, Mall ITC Cibinong dan Ruko Pasar Leuwilang. Anda bisa memilih lokasi outlet mana yang terdekat dengan wilayah Anda berdomisili.

Proses yang dilakukan kurang lebih sama di semua outlet, Anda hanya harus memastikan Anda membawa kelengkapan dokumen bersama Anda di lokasi perpanjangan STNK. Apabila Anda hendak melakukan perpanjangan lima tahun, maka Anda harus membawa serta kendaraan yang terdata dalam STNK bersama Anda ke lokasi perpanjangan.

tempat perpanjangan stnk di bogor

Untuk samsat keliling kota bogor bisa anda temukan di Mall Jambu Dua, Mall Botani Square, ataupun di Kantor DLLAJ. Hanya saja jadwalnya tidak tentu oleh karena itu ada baiknya ketika anda bepergian dan melewati lokasi itu tidak ada salahnya untuk membawa surat-surat dan fotokopinya juga agar bisa sekalian diurus serta jangan lupa bawa uang dengan nominal yang biasa anda bayarkan.

Biaya yang harus dibayarkan untuk perpanjang STNK di Bogor per tahun 2016 dapat diakses di web polres Bogor. Untuk memastikan Anda tidak mengeluarkan biaya di luar pajak yang harus Anda bayarkan, Anda dapat mengantisipasi biaya fotokopi dengan memfotokopi dokumen yang Anda perlukan terlebih dahulu di rumah. Terlepas dari itu, sistem perpanjangan STNK kini sudah cukup baik dengan absennya calo, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan perlu membayar biaya di luar yang dibutuhkan. Selain itu, kabarnya perpanjangan STNK akan dapat dilakukan secara online untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran. Namun, hal ini tentu akan membutuhkan koordinasi lebih lanjut terlebih dahulu, sehingga kemungkinan besar pembayaran STNK secara online tidak akan terjadi dalam waktu dekat. info soal sim bisa klik di perpanjang sim di polresta bogor

Perpanjang stnk samsat bogor

Pada akhirnya, proses perpanjang STNK sudah menjadi kewajiban kita semua sebagai pemilik kendaraan bermotor. Daripada harus membayar dua kali untuk tunggakan dan denda, pembayaran tepat waktu jauh lebih disarankan untuk mempermudah proses yang harus dilewati. Hal ini juga untuk menghindari birokrasi yang berbelit di kemudian hari. Perpanjangan STNK menjadi penting untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan fasilitas umum yang disediakan pemerintah untuk keberlangsungan keamanan berkendara. Apabila Anda sudah tepat waktu membayar pajak namun hak Anda tidak dipenuhi, maka Anda berhak melakukan aduan kepada pihak yang bertanggung jawab.

Dengan semakin pedulinya pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakatnya, perpanjang STNK di Bogor di kemudian hari diharapkan tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Peningkatan kualitas pelayanan seperti penambahan area tunggu agar mampu diwujudkan sesegera mungkin untuk menambah kenyamanan dan efisiensi di Samsat itu sendiri.

One thought on “Perpanjang STNK di Bogor Tata Cara Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *