Daftar Asuransi Perjalanan Terbaik di Indonesia

Posted on

Berlibur bersama orang-orang tercinta adalah hal yang menyenangkan. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat weekend atau libur panjang.

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dinas atau traveling, ada baiknya untuk menggunakan asuransi perjalanan. Dengan menggunakan asuransi ini, perasaan cemas yang berlebihan ketika berkendara akan berkurang.

Perasaan cemas yang hadir saat berlibur sedikit banyak mengganggu suasana liburan. Baik transportasi darat, laut, maupun udara, semua berpeluang resiko buruk seperti kematian atau kecelakaan. Dengan menggunakan asuransi, perjalanan akan terasa lebih aman. Nah, di bawah ini ada beberapa pilihan asuransi di Indonesia.

Tips Memilih Travel Insurance yang Bagus

Sebelum membeli paket asuransi yang ditawarkan pastikan anda membaca dengan teliti informasi detail dalam polis atau brosur yang diberikan. Informasi detail yang dimaksud seperti informasi data tertanggung, cara klaim, jumlah biaya premi, dan hal apa saja yang dicover dan tidak dicover. untuk hal yang dicover berikut ini adalah daftar hal apa saja yang biasanya dicover oleh pihak perusahaan asuransi (tidak semua perusahaan asuransi mengcover hal ini, tanyakan kembali sebelum anda membeli polis asuransi)

  1. Biaya Perawatan dan Pengobatan Medis : Biaya Pengobatan Kesehatan selamat dalam perjalanan, Kunjungan Perjalanan Pihak Keluarga, Biaya Repatriasi Pengembalian atau Pemulangan Jenazah, Biaya Evakuasi Transportasi Medis Darurat, Santunan Tunai Rawat Inap di Rumah Sakit, Biaya Perawatan Medis Lanjutan akibat sakit atau kecelakaan, Biaya Perawatan Inap Medis di Luar Negeri akibat sakit dan kecelakaan, Biaya Pemakaman.
  2. Ketidaknyamanan Perjalanan : Ketidaksinambungan atau Penundaan Penerbangan, Biaya Penggantian Kehilangan Dokumen Perjalanan akibat pencurian atau pembongkaran atau perampokan, Pembajakan Pesawat Udara, Penggantian biaya akomodasi dan perjalanan yang sudah dibayar dibatalkan atau dikurangi akibat ada sanak keluarga yang meninggal atau sakit, Penggantian Biaya Tiket atau Deposit akibat adanya Pembatalan Perjalanan, Keterlambatan Perjalanan, Keterlambatan Bagasi, Kerusakan atau Kehilangan Bagasi.
  3. Kecelakaan Diri : Cacat Tetap atau Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Pesawat.

Mengenal Berbagai Asuransi

Sebelum memutuskan untuk memilih asuransi perjalanan, sebaiknya Anda mengetahui manfaat dan fasilitas yang diperoleh. Selain itu, pilihlah yang sudah berpengalaman. Hindari memilih travel insurance yang abal-abal. Jangan mudah tergiur oleh harga yang murah. Yang terpenting adalah jasa asuransi bisa memberikan fasilitas dan manfaat baik bagi pengguna asuransi maupun barang yang dibawa.

  • AXA

Salah satu jenis asuransi yang bisa dipilih adalah asuransi AXA. Perusahaan asuransi ini termasuk salah satu perusahaan yang terbaik di Indonesia di bidang asuransi. Transaksi AXA ini terbilang cepat dan mudah. Asuransi ini memberikan pelayanan secara total bagi Anda selama melakukan perjalanan. Manfaat yang didapat antara lain tanggungan terhadap keselamatan barang bawaan saat traveling dan uang santunan yang didapat saat kecelakaan. Bahkan ada biaya pengobatan yang diberikan selama melakukan perjalanan ini. Untuk masa pertanggungan perjalanan ini adalah satu tahun.

Asuransi untuk Travel ke Eropa

axa asuransi perjalanan eropa murah
  • Allianz

Perusahaan asuransi perjalanan lainnya adalah Allianz. Perusahaan ini cukup bonafit karena ada banyak manfaat yang diperoleh. Manfaat dari bergabung di perusahaan asuransi ini yaitu tersedianya premi kompetitif untuk keluarga, pasangan, maupun perorangan. Selain itu, biaya asuransi pun murah yaitu mulai Rp 47.000. Asuransi ini bersifat global jadi bisa Anda gunakan di seluruh negara di dunia. Durasi perjalanan yang bisa ditempuh maksimalnya adalah 183 hari. Hanya dengan sekali panggilan saja, Anda bisa berkonsultasi atau mengklaim asuransi yang Anda miliki. Perusahaan ini cukup bonafit, bukan?

Asuransi Penerbangan Internasional

asuransi jiwa kecelakaan pesawat
  • Zurich

Ada lagi asuransi perjalanan yang harus Anda ketahui yakni Zurich. Ada 2 pilihan jenis asuransi yang bisa dipilih yaitu Silver dan Gold& Asia Gold. Siapapun bisa menikmati manfaat asuransi ini asalkan nama Anda telah terdaftar di perusahaan asuransi ini. Perjalanan bisnis maupun traveling bisa diasuransikan dengan Zurich. Perusahaan ini bisa mengucurkan dana hingga $ 100.000 untuk biaya pengobatan darurat yang terjadi selama di perjalanan. Selain itu, kecelakan diri yang terjadi selama traveling bisa mendapatkan $ 100.000. Semua perjalanan dari berbagai jalur bisa menggunakan jasa ini mulai dari darat, udara, hingga laut. Cara mengklaim uang asuransi cukup mudah. Anda hanya perlu melaporkan peristiwa yang disertai dokumen bukti pendukungnya dalam durasi kurang dari 5 hari setelah kecelakaan terjadi.

Asuransi Perjalanan Online

asuransi travel perjalanan wisata asia
  • Aca

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan asuransi yang menawarkan manfaat yang beragam. Aca adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Jika mendaftar di perusahaan ini, Anda bisa mendapatkan benefit terbaik. Benefit ini bisa diperoleh oleh seluruh peserta baik WNI dan WNA di Indonesia. Batas usia calon pendaftar yang diizinkan untuk memakai asuransi ialah 1 hingga 80 tahun. Asuransi perjalanan ini meliputi repatriasi jenazah, perlindungan resiko cacat dan kematian, santunan rumah sakit, bahkan kunjungan oleh kerabat. Tak perlu merasa khawatir saat berpergian lagi jika telah mendaftar asuransi ini.

Asuransi Penerbangan di Indonesia

asuransi penumpang pesawat terbang
  • Chubb Travel Insurance

Perusahaan asuransi perjalanan ini memiliki penawaran yang menarik bagi Anda yang sering berpergian. Tarif asuransinya berbeda-beda tergantung jenis yang dipilih. Secara umum terdapat 2 pilihan yang ditawarkan yakni paket Sekali jalan dan Tahunan. Asuransi yang dipilih pun bisa berdasarkan kategorinya yaitu Domestik, Internasional, dan Schengen. Jalan-jalan ke luar negeri kini menjadi aktivitas menyenangkan dan tanpa gangguan. Sebab, Cara mengajukan klaim atau pertanggungan asuransi ini yaitu dengan menghubungi pihak jasa asuransi. Terlebih lagi, Anda harus melakukan tidak lebih dari 30 hari setelah kecelakaan terjadi.

Asuransi Perjalanan Paling Bagus
asuransi perjalanan untuk visa schengen
  • Travellin

Anda sedikit was-was saat akan melakukan solo traveling di saat liburan? Jangan khawatir. Kini terdapat jasa asuransi yang akan memberikan keamanan dan kenyaman pada Anda. Asuransi perjalanan ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu untuk perjalanan Dometik dan Internasional. Berbicara soal tarif atau biaya asuransi, Travellin memberikan pilihan katagori untuk perorangan, keluarga dan kelompok/grup. Paket asuransi yang tersedia dibedakan menjadi 2 paket yaitu Gold dan Silver. Untuk pengguna paket Silver, benefit yang didapat antara lain biaya perawatan sakit karena kecelakaan yaitu maksimal 25 juta, cacat atau kematian sebesar 50 juta, dan pertanggungan kehilangan barang maksimal sebesar 2 juta. Jika memilih paket Gold, manfaat yang akan diperoleh lebih besar, contohnya pengguna jasa asuransi yang mengalami cacat atau meninggal saat melakukan perjalanan akan mendapat uang dengan limit 75 juta.

Asuransi Travel Indonesia
asuransi meninggal di pesawat
  • Adira Travel Insurance

Memiliki asuransi saat melakukan perjalanan baik darat maupun laut sangat penting. Terkadang Anda tak bisa memprediksi kapan kecelakaan terjadi. Untuk mengatisipasinya, Anda disarankan menggunakan jasa asuransi perjalanan. Di Adira, maksimum benefit yang akan diberikan kepada member yang memilih travel area Asia sebesar $ 25.000 untuk cacat permanen atau kematin akibat kecelakaan saat perjalanan. Sedangkan jika terjadi cedera atau sakit akibat kecelakaan di daerah Asia, maka akan mendapatkan satunan sebesar $ 1000 jika perawatan dilakukan di Indonesia dan $ 25.000.

asuransi cover keterlambatan dan kehilangan bagasi pesawat

Ada banyak manfaat dari menggunakan asuransi ini. Manfaat utama yang akan diperoleh adalah biaya sakit atau pengobatan yang didapat ketika traveling bisa dibayarkan sejumlah nominal tertentu. Hal ini akan meringankan beban Anda dan keluarga. Selain itu, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti mengalami lumpuh atau cacat total, Anda berhak mendapatkan santunan dalam bentuk dana/uang santunan. Kerennya lagi, jika Anda mengalami keterlambatan bagasi dalam jumlah tertentu, Anda pun akan mendapatkan biaya keterlambatan. Penawaran yang ditawarkan oleh suatu jasa asuransi dengan jasa asuransinya terkadang berbeda mulai dari paket dan benefit yang diterima. Secara umum, tiap asuransi perjalanan mempunyai benefit dan keunggulannya masing-masing. Ada yang bisa mengcover orang sekaligus barang, namun ada pula yang hanya mengcover kesehatan Anda selama melakukan perjalanan. Bahkan, asuransi tertentu bisa meliputi rumah yang ditinggalkan.

Berikut ini adalah daftar travel insurance indonesia yang direkomendasikan oleh agen untuk perjalanan wisata atau perjalanan bisnis.

  1. AXA Smart Traveller
  2. Simas Travel Overseas dan Domestic
  3. Asuransi Travel Malacca Trust
  4. Adira Travellin Domestic Silver, Asia, Silver Plus, Domestic Gold, Worldwide Premier, Worldwide Executive
  5. Zurich Travel Insurance : Zurich Holy Land, Zurich Umrah & Haji, Zurich Passport, Zurich Domestic Travel
  6. Assist Card Family dan Single
  7. ACA Travel Safe Asuransi Labbaik Umroh dan Haji, Travel Safe Domestik, Travel Safe International
  8. Tokio Marine Travel Partner
  9. Lippo Insurance Travel Protection Domestic (Regular & Executive), Travel Protection Plus+ (Asia Specialist, Worldwide Regular / Executive / Premier)
  10. MNC Travel Express
  11. Asuransi Penerbangan dan Pelayaran Jasindo Pelangi
  12. Asuransi Mega Travel Care
  13. Chubb Ace Travel Insurance
  14. Asuransi Allianz NewTravelPro

Jangan lupa juga untuk memeriksa polis asuransi anda apakah ada negara yang dikecualikan untuk dicover. Negara rawan konflik perang atau tempat berbahaya resiko tidak aman sangat besar (sebagian besar penyedia asuransi perjalanan tidak mengcover apabila anda bepergian ke negara rawan perang, pastikan anda membaca polis asuransi yang tersedia) diantaranya yaitu : Sudan, Republik Afrika Selatan, Somalia, Libya, Yaman, Afganistan, Sudan Selatan, Irak, dan Suriah.

asuransi perjalanan kapal laut atau pelayaran

Adapun daftar negara berdasarkan region diantaranya sebagai berikut.

  • Daftar Negara Visa Schengen (biasanya anda harus membeli asuransi dengan minimal uang pertanggungan sebesar 30.000 Euro / 50.000 US Dollar atau lebih untuk persyaratan pengajuan visa) : Belgia, Spanyol, Kroasia, Perancis, Norwegia, Italia, Albania, Portugal, Bulgaria, Latvia, Vatikan, Yunani, Swedia, San Marino, Hungaria, Cyprus, Kosovo, Slovakia, Islandia, Jerman, Macadonia, Montenegro, Andorra, Malta, Luxembourg, Swiss, Lithuania, Austria, Liechtenstein, Denmark, Slovenia, Romania, Belanda, Serbia, Republik Ceko, Estonia, Monako, Polandia, Bosnia Herzegovina, Finlandia.
  • Eropa Non Schengen : Inggris, Irlandia, Ukraina, Belarusia, Moldova, Rusia, Turki, Georgia.
  • Asia Timur : Taiwan, Korea Selatan, Jepang, China, Hong Kong, Macau, Mongolia, Korea Utara.
  • Asia Tengah dan Asia Selatan : Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan, Sri Lanka, Pakistan, Nepal, Maladewa, Kyrgyzstan, Kazakhstan, India, Bhutan, Bangladesh.
  • Asia Tenggara anggota Asean : Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Malaysia, Laos, Indonesia, Kamboja, Brunei Darussalam.
  • Timur Tengah dan Asia Barat : Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Qatar, Palestina, Oman, Lebanon, Kuwait, Jordan, Israel, Bahrain, Azerbaijan, Armenia.
  • Australia : Australia, Timor Leste dan New Zealand.
  • Polinesia Pasifik Oseania Timur : Tuvalu, Tonga, Samoa, Pitcairn, Niue, Tahiti, Kepulauan Cook, Samoa Amerika.
  • Mikronesia Pasifik Oseania Barat Daya : Palau, Kepulauan Mariana, Nauru, Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall, Kiribati, Hawaii, Guam.
  • Mikronesia Pasifik Oseania Barat Laut : Vanuatu, Kepulauan Solomon, Papua Nugini, Kaledonia Baru, Fiji.
  • Amerika Utara : Amerika Serikat, Kanada, Meksiko
  • Amerika Selatan : Venezuela, Uruguay, Suriname, Peru, Paraguay, Guyana, Guyana Prancis, Ekuador, Kolombia, Chile, Brazil, Bolivia, Argentina.
  • Amerika Tengah : Panama, Nikaragua, Honduras, Guatemala, El Savador, Kosta Rika, Belize.
  • Kepulauan Karibia : Kepulauan US Virgin, Trinidad dan Tobago, Saint Vincent dan Grenadines, Saint Lucia, Saint Kitts dan Nevis, Puerto Rico, Netherlands Antilles, Montserrat, Martinique, Jamaika, Haiti, Guadeloupe, Grenada, Republik Dominika, Kuba, Kepulauan Cayman, Kepulauan British Virgin, Bermuda, Barbados, Bahama, Anguilla.
  • Afrika Barat : Saint Helena, Mali, Guinea, Gambia, Guinea-Bissau, Benin, Cape Verde, Ghana, Pantai Gading, Senegal, Nigeria, Togo, Sierra Leone, Liberia, Mauritania, Niger, Burkina Faso.
  • Afrika Selatan : Swaziland, Namibia, Afrika Selatan, Lesotho, Botswana.
  • Afrika Utara : Algeria, Mesir, Libya, Sahara Barat, Sudan, Tunisia, Sudan Selatan, Maroko.
  • Afrika Tengah : Chad, Gabon, Republik Afrika Selatan, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Equatorial Guinea, Angola, Sao Tome dan Pr√≠ncipe.
  • Afrika Timur : Zambia, Mozambique, Tanzania, Uganda, Ethiopia, Somalia, Rwanda, Mauritius, Burundi, Malawi, Djibouti, Seychelles, Comoros, Madagascar, Kenya, Zimbabwe, Eritrea, Reunion.

Sebelum memilih, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Sesuaikanlah benefit yang diberikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Jika berpergian secara kelompok atau bersama teman-teman, sebaiknya bisa memilih asuransi yang mengcover kelompok/grup. Baik paket Gold atau Silver, keduanya memiliki benefit dan kekurangannya masing-masing. cek juga daftar asuransi jiwa di indonesia

Jika informasi yang ditampilkan di website perusahaan belum lengkap, jangan ragu untuk menanyakannya kepada admin jasa tersebut. Itulah beberapa daftar asuransi perjalanan yang akan mengurangi kecemasan saat berkendara atau berpergian.

One thought on “Daftar Asuransi Perjalanan Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *