Rekomendasi Bank dengan Kredit Usaha Mikro Bunga Rendah

Posted on

Menjalankan usaha kecil atau yang biasa disebut usaha mikro ternyata perlu perjuangan. Ketika adanya kendala dana dan membutuhkan suntikan dana segar, maka selain bekerja sama dengan pihak lain yang mau menanamkan modal, kredit usaha mikro bunga rendah juga banyak dijadikan solusi. Usaha ini dilakukan agar usaha mikro tidak mengalami collapse atau kebangkrutan tiba-tiba.

Dengan menanamkan biaya lebih banyak dan menjual produk atau jasa dengan kualitas lebih baik, maka pelanggan akan lebih banyak berdatangan. Kredit usaha mikro pun bisa terbayarkan.

Mendapatkan kredit usaha mikro bunga rendah ini bisa dikatakan sulit dan bisa dikatakan rumit. Untuk beberapa kalangan, mengajukan pada rentenir adalah cara yang mudah namun beresiko tinggi. Sebaliknya, sumber lain yang terpercaya seperti bank justru cukup banyak dijauhi karena dianggap memberi bunga yang terlalu tinggi dan persyaratan yang sulit. Padahal, ada juga beberapa bank yang memberikan kredit dengan bunga rendah. Dengan menyediakan layanan kredit tersebut, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi kecil dan menengah, sehingga perekonomian Indonesia bisa terus berputar dengan lancar.

Fasilitas pinjaman Kredit Usaha Mikro dengan Bunga Rendah

kredit mikro untuk warung sembako

Adanya bunga kredit yang rendah tentu akan membuat para pengusaha kecil bersorak. Bagi Anda yang memutuskan untuk datang ke bank dan mengajukan kredit usaha mikro bunga rendah, Anda harus memperhatikan bank yang Anda kunjungi. Ada bank non BUMN yang memiliki bunga kredit terendah, ada juga bank BUMN yang terpercaya dan meskipun bunga kredit lebih tinggi, namun bunga kredit tersebut dianggap masih cukup rendah untuk ukuran bank BUMN yang terkemuka. Berikut adalah daftar sumber kredit usaha mikro dengan bunga rendah.

  • BNI

BNI adalah salah satu bank BUMN yang terkemuka di Indonesia. Namun demikian, bank ini sangat berani memasang bunga kredit usaha mikro bunga rendah yang jauh apabila dibandingkan bank lainnya. misalkan untuk Bank Mandiri, yang kreditnya mencapai 22%. BNI sendiri hanya memasang bunga 11,60% untuk kreditnya. Sangat rendah jika dibandingkan Bank Mandiri. Persyaratan untuk mengajukan kredit di bank ini tidaklah sulit. baca tabungan dengan bunga tertinggi

Kredit untuk usaha kecil

Persyaratan yang paling penting adalah identitas. Dengan memenuhi administrasi berupa KTP, Surat Ijin Usaha, dan Kartu Keluarga yang berlaku saja, Anda sudah mendapatkan pinjaman hingga RP 25.000.000. itu merupakan batas maksimum peminjaman. Jangka waktu pengembaliannya sendiri mencapai 3 sampai 5 tahun. Anda bahkan tidak diwajibkan mengajukan jaminan apapun. Tergantung besar pinjaman, bunga 11,60% bisa berlaku atau malah lebih rendah lagi, yakni sekitar 9%. baca kartu kredit cashback terbesar

  • BPD Jateng

BPD Jateng dengan berani menyandang predikat bank dengan kredit usaha mikro bunga rendah yang paling rendah dari semua bank di Indonesia. Dengan bunga kredit hanya 6,84% pengusaha mikro dapat meminjam hingga puluhan juta. Dana ini didapat dari kerja sama BPD Jateng dengan Kementrian Keuangan RI.

Kredit usaha mikro bunga rendah

Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mendukung program ini untuk menumbuhkan usaha-usaha kecil, mikro, dan menengah di Jawa Tengah. Peminjam dengan kredit 25 juta atau kurang tidak diwajibkan menjaminkan sesuatu. Namun untuk debitur atau peminjam di atas itu, dianjurkan mengajukan jaminan.

  • Bank of China Ltd

Bank ini merupakan bank asing, namun berani mengucurkan dana hingga triliunan rupiah untuk diinvestasikan pada usaha kecil, mikro, dan menengah di Indonesia. Indonesia sendiri meski sekilas memiliki banyak investor asing, di mata dunia Indonesia belum memiliki kemampuan yang cukup untuk menerima investor asing melebihi sekarang.

Kredit untuk modal usaha

Akan tetapi Bunga yang ditawarkan Bank of China adalah sebesar 6,82% hingga 7,07%. Sangat kecil jika dibandingkan dengan bank dalam negeri lainnya. Namun, karena merupakan bank asing, persyaratannya akan berbeda dan resikonya pun berbeda.

  • BPD Bali

Pulau Dewata ternyata juga sangat mendukung adanya usaha kecil, mikro, dan menengah. Dengan pariwisatanya yang sangat maju, tidak heran BPD Bali berani memasang kredit usaha mikro bunga rendah sebesar 10,18%. Adapun untuk suku bunga dasar lainnya seperti kredit ritel hanya 10,79%, dan kredit lain yang angkanya di bawah 12%.

Kredit untuk usaha kecil dan menengah

Dengan banyaknya usaha kecil yang memerlukan kredit ini, maka pariwisata di Bali pun akan semakin maju dan menarik banyak wisatawan. Maka BPD Bali tidak akan rugi menguruskan dana untuk kredit usaha mikro bunga rendah.

  • Bank Sinarmas

Penyedia kredit usaha mikro yang satu ini tidak banyak yang tahu jika bunganya termasuk sangat rendah. Hanya 9,98% per tahun. dan untuk per bulannya, Anda hanya perlu membayar bunga sebesar 0,5% sampai 2%, tergantung jumlah yang Anda pinjam. Beberapa kredit usaha mikro bunga rendah yang ditawarkan adalah Simas Micro 50 dengan pinjaman 10 hingga 50 juta rupiah, Simas Micro 200 dengan pinjaman mencapai 200 juta, dan Simas Micro 500 dengan pinjaman melebihi 200 juta hingga 500 juta rupiah. cek kartu kredit gratis iuran tahunan

Kredit usaha kecil menengah

Syarat pengajuan kredit ini sangat mudah. Hanya perlu administrasi berupa fotokopi KTP, Akta cerai/Surat kematian pasangan, SHU, Kartu Keluarga dan Akta Nikah, Jaminan dan NPWP. Jaminan sendiri bisa berupa BPKB mobil atau motor, SHGB/SHM/SHMRS Tanah Kosong/Tanah dan Bangunan. Jangka waktu pengembalian mencapai 5 tahun semenjak tanggal peminjaman. Diperlukan juga cover asuransi jiwa dan gangguan usaha sampai pinjaman dapat diselesaikan. Layanan Simas Micro ini tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain.

  • BPD Kalbar

Satu lagi Bank Pembangunan Daerah yang berani memasang kredit usaha mikro bunga rendah. BPD Kalbar memasang bunga 9,81% untuk kredit usaha mikro, dengan dana yang dikucurkan untuk mendukung usaha kecil, mikro, dan menengah di daerah Kalimantan Barat. Kalimantan Barat sendiri memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan asing maupun lokal datang ke daerah tersebut. bahkan banyak juga investor asing yang tertarik dengan usaha-usaha di Kalimantan.

Kredit usaha rakyat untuk pemula

Perputaran ekonomi Kalbar yang terus berkembang membuat BPD Kalbar berani memasang kredit berbunga rendah. Kredit yang disediakan antara lain Kredit Mikro yang mencapai Rp 25 juta dan Kredit Ritel yang mencapai 500 juta. Untuk Kredit mikro, jangka waktu pengembalian adalah 3-5 tahun.

  • BPD Kaltim

Pulau Kalimantan sekali lagi memiliki bank yang memasang kredit usaha mikro bunga rendah untuk mendukung berkembangnya UKM di daerah. Berbeda dengan BPD Kalbar yang berani memasang kredit ritel hingga 500 juta rupiah, kredit mikro dari BPD Kaltim memasang minimal pinjaman 5 juta rupiah dan maksimal 50 juta rupiah dengan waktu pengembalian 3 tahun. Suku bunga dari bank ini termasuk ringan, yaitu maksimal 15,50% tergantung dari besar pinjaman. dibawah ini adalah daftar bank yang menawarkan pinjaman kredit untuk usaha

  1. BNI
  2. BRI Agro
  3. Bank Panin
  4. Bank Mitra Niaga
  5. Bank Jatim
  6. Bank Kesejahteraan Ekonomi
  7. Bank Of China Indonesia
  8. Bank Permata
  9. Bank Jogja
  10. Bank Victoria International
  11. Bank Bengkulu
  12. BJB
  13. Bank Kaltim
  14. Bank Jateng
  15. Bank Artha Graha Internasional
  16. Bank ICBC Indonesia
  17. Bank Muamalat
  18. Bank Mayapada
  19. BTN
  20. Maybank Indonesia
  21. Bank Ina Perdana
  22. Bank Sumitomo Mitsui
  23. Bank Papua
  24. Bank Sumsel Babel
  25. Royal Bank
  26. Bank Nusantara Parahyangan
  27. Bank Shinhan Indonesia
  28. Bank Mandiri
  29. Bank CIMB Niaga
  30. Bank OCBC Nisp
  31. BRI
  32. Bank Woori Saudara
  33. Bank Sinarmas
  34. Bank Keb Hana
  35. Bank CCB Indonesia
  36. bank kalsel
  37. Bank Sahabat Sampoerna
  38. Bank Sulutgo
  39. Bank Mayora
  40. Bank Fama International
  41. Bank Jasa Jakarta
  42. Bank JTrust Indonesia
  43. Bank Dinar Indonesia
  44. Bank Index Selindo
  45. Bank Agris
  46. Bank Riau Kepri
  47. Bank Resona Perdania
  48. BTPN
  49. Bank Mestika Dharma
  50. Bank UOB Indonesia
  51. Bank Antar Daerah
  52. BPD Bali
  53. Bank Andara
  54. Standard Chartered Indonesia
  55. Bank NTB
  56. Bank Nagari
  57. Bank Multiarta Sentosa
  58. Bank Maspion
  59. Bank Artos Indonesia
  60. Bank Mandiri Taspen Pos
  61. Bank Bumi Arta
  62. Bank NTT
  63. Bank Amar Indonesia
  64. Bank Ganesha
  65. Citibank Indonesia
  66. BTPN Syariah
  67. Bank DBS Indonesia
  68. QNB Indonesia
  69. Bank Danamon Indonesia
  70. Bank ANZ Indonesia
  71. Bank Kalteng
  72. Bank Jambi
  73. Bank Yudha Bhakti
  74. Bank Harda Internasional
  75. Rabobank Indonesia
  76. Bank Bukopin
  77. NationalNobu Bank
  78. Bank Aceh
  79. Bank Mega
  80. Bank Lampung
  81. Tabungan CIMB Junior
  82. Bank of India Indonesia
  83. Bank DKI
  84. Bank Capital Indonesia
  85. Bank Commonwealth Indonesia
  86. Bank Maluku Malut
  87. Bank Kalbar
  88. Bank Prima Master
  89. Bank Sulteng
  90. Bank CTBC Indonesia
  91. Bank Sulselbar
  92. HSBC Indonesia
  93. Bank SBI Indonesia
  94. BCA
  95. Bank Sumut
  96. Bank Sultra
  97. Bank MNC

Ternyata tidak sulit untuk mengajukan kredit untuk usaha mikro dan banyak sumber kredit yang terpercaya. Jadi, bagi para pengusaha UKM, tidak perlu cemas dengan tidak adanya biaya. Tanpa jaminan, Anda sekalipun bisa meneruskan usaha kecil Anda tanpa merasa berat akan biaya pengembalian untuk bank. Semoga informasi mengenai sumber kredit usaha mikro bunga rendah ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *