Galeri Foto Indahnya Trotoar Kebun Raya Bogor

Posted on

Kebun raya bogor merupakan ikon pariwisata kota hujan kelas dunia. Saking sangat terkenalnya, hampir setiap hari tempat ini dkunjungi wisatawan lokal maupun asing. Meskipun krb dibangun sejak zaman belanda, namun keindahannya tidak pernah pudar.

Pada era tahun 1980-an sampai sekitar tahun 2010-an area trotoar sekitar kebun raya bogor sangatlah tidak terawat dan tidak pantas untuk disebut trotoar karena selain banyak sisi pematang jalan yang rusak juga dihalangi oleh keberadaan pedagang kaki lima sekitar area pasar bogor yang menyebabkan pedestrian ogah mengelilingi area krb.

Sejak era presiden Joko Widodo yang menjadikan istana bogor sebagai rumah kedua orang nomor satu di Indonesia tersebut, walikota Bima Arya mulai melakukan penataan jalur pejalan kaki dengan menganggarkan sekitar 32 Miliar Rupiah yang diperoleh dari anggaran dana alokasi khusus.

Hal ini tentu saja kabar baik dan harus dilakukan karena apabila kepala negara tinggal disana otomatis akan banyak tamu pejabat penting dari negara sahabat akan sering berkunjung. Tentunya jangan sampai kita dibuat malu dilihat orang asing dengan kondisi kaki lima sekitar istana yang semrawut.

Trotoar di Sekitar Kebun Raya

Kehadiran trotoar sekitar kebun raya bogor juga membuat banyak masyarakat lokal terutama pada akhir pekan ataupun libur nasional mendapatkan banyak pilihan fasilitas wisata publik yang gratis di kota bogor.

Untuk sekedar jogging, berlari, ataupun duduk-duduk di sekitar area ini sambil melihat hijaunya pepohonan serta lalu lalang kendaraan tentu bisa menghilangkan stress serta kepenatan setelah beraktivitas di kantor, sekolah, maupun kampus.

Trotoar Kawasan Istana Bogor

Kondisi trotoar krb sebenarnya sudah sangat bagus untuk melayani para pejalan kaki malah bisa disandingkan dengan trotoar kota kota besar kelas dunia. Tidak heran bila banyak pemimpin dari negara lain seperti perdana menteri jepang sangat memuji keindahan komplek krb serta istana bogor.

Ayo mari kita mulai berkeliling krb dengan berjalan kaki. Perjalanan kita dimulai dari jalan pajajaran tepatnya di depan rumah sakit pmi atau grand savero bogor. Trotoar disini cukup luas malah bisa muat mobil. Permukaannya cukup rata sangat cocok untuk berjalan kaki atau bersepeda.

Jalur untuk Pejalan Kaki Kota Bogor

Kita berjalan menuju arah selatan tepatnya ke arah tugu kujang dan lawang salapan yang merupakan ikon baru wisata kota bogor. Tempat ini cocok untuk berselfie serta berfoto ria dengan background kedua monumen tersebut yang menggambarkan bahwa anda sedang berada di kota bogor.

Kebersihan dan Kerapian Trotoar KRB Baru

Lanjut ke bawah ke arah pasar bogor, disini kita melewati jembatan otista yang berada di atas sungai ciliwung. Kemudian jalan ke atas memasuki area pasar bogor atau sebelumnya disebut sebagai area ramayana.

Pertigaan ini merupakan daerah yang selalu padat di kota bogor karena memang selain merupakan pertemuan arus kendaraan yang mau menuju ke arah surken dan arah btm, juga sebagai pusat komersil atau perdagangan dari zaman tempo dulu.

Terlihat terdapat gapura merah dengan desain oriental khas negeri cina yang menandakan bahwa anda akan memasuki daerah suryakencana yang menjadi kawasan pemukiman orang tionghoa sejak zaman belanda.

Selain itu, disini juga terdapat pintu masuk utama krb khusus pejalan kaki bila anda ingin masuk ke kawasan kebun raya bogor. Kita lanjutkan perjalanan menuju btm yang merupakan salah satu mall populer di bogor sampai depan kantor pos besar bogor.

Bila anda ingin merasakan kesejukan pepohonan atau anda kurang suka hiruk pikuk aktivitas manusia, maka rute yang dapat diambil bisa ke arah utara dari depan taman perlintasan. Lebih tepatnya ke arah lapangan sempur. Disini tidak terlalu banyak orang ataupun pedagang.

Pemandangan Hijau Pohon Sekitar Bogor

Cocok untuk anda yang memang bertujuan untuk berolahraga atau berlari karena tidak ada rintangan yang menghalangi secara signifikan.

Sebagian permukaan trotoar pun sudah dilengkapi dengan jalur kuning untuk pengguna difabel serta paduan keramik dan semen yang tentu saja nyaman untuk dilintasi oleh pelari.

Jogging Track Gratis sekitar Bogor

Jalanan yang menurun kemudian naik lagi ke atas melewati pintu utama istana bogor, hotel salak bogor dan kantor walikota bogor tentu membuat siapapun akan berkeringat.

Bersantailah duduk di kursi-kursi batu sambil melihat pemandangan ke arah dalam istana bogor.

Tempat ini merupakan spot terbaik untuk membawa keluarga ataupun anak kecil karena disini anda bisa memberi makan rusa dari luar pagar.

Alhasil trotoar kebun raya bogor menjadi destinasi wisata baru karena selain terhubung dengan berbagai landmark utama pusat kota bogor juga jalurnya yang tidak diganggu oleh pengendara mobil atau sepeda motor makin membuat nyaman penggunanya baik pejalan kaki ataupun pesepeda. Rutenya yang melingkar dan tidak terputus membuat nyaman pedestrian yang ingin menikmati kesejukan hawa kebun raya.

Selain mengelilingi kebun raya, anda juga bisa menyeberang melalui terowongan underpass bawah tanah yang temanya berubah setiap berganti bulan ke kawasan rs pmi dan kampus S2 ipb dengan penataannya sudah sangat rapi juga bersih sekaligus bisa bersantai sejenak meratapi kehidupan yang keras ini.

 

Ketika anda berkunjung ke bogor tidak ada salahnya untuk mengelilinginya karena selain gratis juga menghadirkan suasana jiwa yang refreshing.

One thought on “Galeri Foto Indahnya Trotoar Kebun Raya Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *