Lewati Tantangan Berwisata ke Curug Bojong Koneng Bogor

Posted on

Bekerja sehari penuh dalam satu minggu tentunya sangat menguras tenaga. Untuk mengatasinya, tidak hanya perlu dilakukan olahraga rutin namun wisata secara berkala. Agar kepenatan yang ada dalam tubuh hilang dan siap untuk kembali bekerja. Dari sekian banyak tempat wisata, banyak orang yang lebih memilih untuk mendatangi air terjun. Karena disanalah penat dapat hilang dan pikiran kembali refreshing. Namun curug manakah yang dekat dari Jakarta? Curug Bidadari Bogor adalah jawabannya.

Bogor adalah daerah yang terkenal memiliki banyak tempat wisata. Namun dari semua tempat wisata, curug adalah tempat wisata yang tersering dikunjungi. Mengingat, Bogor berada didataran tinggi dan memiliki banyak air terjun yang indah.

Jika tertarik mengunjungi curug, sebaiknya Anda mengunjungi air terjun dekat sentul city tersebut. Karena tempat ini cukup indah dan telah dirawat oleh pemerintah daerah. Bagaimana cara menuju tempat tersebut? Berapakah harga tiketnya? Ketahui informasinya disini.

Lokasi Curug Bojong Koneng

Untuk Anda yang ingin dan memiliki kesempatan untuk mendatangi tempat ini, lokasi tepat tempat ini adalah Jalan Sentul Paradise Park, Bojongkoneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, 16810. Untuk menuju tempat ini, cobalah untuk menggunakan maps atau bantuan dari google. Sehingga dapat tiba di curug ini dengan baik tanpa perlu tersasar hingga ke tempat yang tidak dikenal. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi dan berencana menggunakannya, sebaiknya cek kelaikan kendaraan. Karena jalan yang ditempuh ke tempat ini masih kurang baik dan terdapat banyak tanjakan curam. Jadi, agar tidak terjadi apa-apa sebaiknya cek kesediaan kendaraan. Sedangkan untuk yang menaiki kendaraan umum, dapat menaiki bus ¾ ke daerah sentul dengan harga tiket Rp 5.000/orang. Setelahnya, pengunjung akan tiba di tempat tujuan.

Mitos Sekitar Daerah Air Terjun Bidadari Bojong Koneng

Banyak mitos yang menghinggapi keberadaan air terjun di daerah ini. Namun yang sangat familiar dengan masyarakat adalah air terjun ini dianggap sebagai air terjun yang ada dalam legenda. Legenda yang dimaksud adalah legenda Jaka Tarub. Sehingga banyak orang yang mengenal curug ini sebagai curug bidadari. Karena air terjun ini dipercaya sempat dijadikan tempat untuk mandi para bidadari kayangan. Hingga akhirnya, “diintip” oleh Jaka Tarub dan diambil selendangnya.

Kepercayaan terhadap mitos inilah yang membuat banyak orang percaya tidak boleh berbuat jahil di tempat ini. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, para pengunjung pun harus menjaga perilaku agar tidak terjadi kejadian buruk di tempat wisata. Selain itu, untuk menjaga keasrian tempat wisata, penting untuk menjaga kebersihan tempat wisata. Sehingga tempat ini dapat dinikmati hingga waktu-waktu mendatang. baca juga air terjun di bogor paling indah

Fasilitas Di Curug Bojongkoneng Bogor

Pada awalnya curug ini hanyalah curug biasa, jadi tidak banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Namun seiring berjalannya waktu, curug menjadi tempat wisata yang tergolong lengkap. Karena curug telah mengalami perombakan dan akhirnya menjadi tempat wisata keluarga yang nyaman dan menyenangkan. Karena pada dasarnya curug ini adalah tempat wisata air, maka pengunjung dapat menikmati bermain air di sekitar curug. Namun karena telah tersedia kolam renang, maka pengunjung dapat menikmati kolam tersebut bersama anak dan keluarga.

Tidak hanya itu, pengunjung yang tidak ingin berbasah-basahan dapat menikmati pemandangan. Karena tersedia beberapa spot santai untuk dinikmati bersama keluarga disekitar air terjun. Bagi Anda yang senang dengan fotografi juga dapat menyalurkan hobi. Karena ditempat ini tersedia banyak tempat hunting foto yang sayang jika dilewatkan. Jika sudah merasa lapar, tidak perlu khawatir karena ditempat ini sudah tersedia restoran. Jika ingin harga yang murah meriah, tersedia food court dengan pilihan makanan khas Bogor.

Bagi yang ingin menikmati pemandangan sekaligus mengangkat sel kulit mati, maka fasilitas terapi ikan menjadi pilihan tepat. Namun, untuk dapat masuk ke wahana ini Anda harus membayar sebesar Rp 20.000. Cukup mahal memang, namun harga sebanding dengan terapi ikan yang didapat. Untuk fasilitas umum lainnya, seperti toilet, mushola dan parkir semuanya sudah tersedia. Jadi, tidak lagi ada hal yang perlu dikhawatirkan saat berkunjung ke tempat ini.

Berapakah Harga Tiket Masuk Curug Bojong Koneng Bogor?

Berikutnya akan dijelaskan tentang berapa harga tiket masuk tempat wisata ini. Sehingga Anda dapat berhati-hati jika terdapat orang memanfaatkan kesempatan untuk meminta harga tiket dengan lebih. Adapun harga tiket masuk tempat ini adalah Rp 5.000/orang. Sedangkan untuk harga tiket untuk fasilitas yang lainnya tentunya berbeda-beda. Contohnya untuk tiket terapi ikan berharga lainnya. Ataupun untuk fasilitas lainnya, dibutuhkan dana yang lainnya.

Untuk mendatangi tempat ini, sebaiknya Anda berhati-hati. Karena banyak penduduk setempat yang akan memungut dana diluar harga resmi. Karenanya, penting untuk mengetahui manakah loket resmi untuk membeli tiket. Sedangkan warga yang memungut dana untuk hal-hal yang tidak resmi, sebaiknya tinggalkan saja. Karena, sekali diberikan maka akan semakin banyak orang yang berkumpul di tempat tersebut. cek tempat wisata alam di bogor

Tips Berwisata di Air Terjun daerah sentul

Untuk dapat berwisata di tempat ini, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berwisata. Berikut informasinya,

  • Menyiapkan Uang Receh

Sebagai bentuk persiapan, sebaiknya Anda menyiapkan dana dalam pecahan uang receh. Siapkanlah dalam jumlah cukup besar, sehingga ketika membayar retribusi tidak membuat kerepotan. Selain itu, dana recehan ini diperlukan untuk membayar makanan yang dibelanjakan disekitar tempat wisata.

  • Perhatikan Pungutan Liar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pastikan bahwa Anda tidak terkena dalam jebakan pungutan liar. Pungutan liar ini banyak dilakukan oleh warga lokal. Bahkan semenjak pengunjung dari tempat parkir hingga tempat tujuan semakin banyak pungutan liar. Namun karena sudah diwanti-wanti sebaiknya hindari pungutan liar. Sebaiknya tidak lagi terkena jebakan tersebut.

  • Periksa Kendaraan

Dalam menjalankan wisata bersama keluarga, sebaiknya keamanan adalah hal yang utama. Namun untuk berwisata ke tempat ini perlu sangat berhati-hati. Karena tempat wisata ini memiliki medan yang terjal dan cukup berat. Hal ini penting untuk mengetahui medan serta mempersiapkan kendaraan. Usahakan, kendaraan ada dalam keadaan prima sehingga tidak menyebabkan kendala selagi dalam perjalanan.

  1. Siapkan Baju Ganti dan Sunblock

Untuk yang terakhir, Anda perlu menyiapkan barang-barang yang harus dibawa. Karena harus bermain air di tengah matahari dan perjalanan yang ditempuh cukup jauh, siapkanlah peralatan terkait. Contohnya, siapkanlah baju ganti dan sunblock. Sehingga walaupun sudah bermain air, pakaian basah dapat diganti. Dan kulit tetap dalam keadaan prima, walaupun kulit sudah terpapar sinar matahari. klik destinasi wisata di bogor

Jika masih bingung menentukan tempat wisata di Bogor, maka curug ini pilihan terbaik untuk Anda. Namun sebelum berwisata sebaiknya ikuti tips berwisata di Curug yang bagus daerah sentul city ini. Sehingga setiap rencana wisata dapat berjalan lancar dan wisata dapat dijalankan dengan menyenangkan.

One thought on “Lewati Tantangan Berwisata ke Curug Bojong Koneng Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *