Cara Mendaftar Masuk ke Istana Bogor tanpa Repot

Posted on

Berwisata ke daerah Bogor, tentunya identik dengan Istana presiden. Istana ini sudah dikenal cukup lama dan memiliki keindahan yang gedung yang megah. Namun, sayangnya dulu Istana Bogor tidak dapat dinikmati oleh pengunjung. Tapi lain dulu, lain sekarang, karena sekarang pengunjung dapat berwisata ke tempat ini secara bebas. Jadilah, tempat ini menjadi tempat wisata pilihan bagi para keluarga.

Keunikan dari tempat ini adalah adanya Rusa-Rusa disekeliling istana. Rusa ini didatangkan dari Nepal dan dibiarkan berkeliaran disekitar istana. Inilah salah satu alasan, mengapa banyak pengunjung yang menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat ini.

Namun, tidak hanya itu karena terdapat beberapa hal lain yang dapat dilakukan di sekitar istana. Kegiatan apakah yang dapat dilakukan? Fasilitas apa saja yang tersedia disekitar istana? Ketahui informasinya, dengan membaca artikel ini.

Fasilitas yang Ada di Sekitar Istana

Tidak hanya menyediakan tempat tinggal bagi presiden, tempat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Sehingga pengunjung dapat lebih nyaman menikmati berwisata di tempat ini. Adapun beberapa hal umum yang tersedia ditempat ini adalah toilet, mushola dan tempat yang parkir yang cukup luas. Jadi, setiap pengunjung tidak perlu khawatir jika salah satu kebutuhannya akan tertunda karena tidak tersedia fasilitas memadai.

Tidak hanya fasilitas tersebut, disekitar istana tersedia sebuah hotel yang memiliki pemandangan indah. Hotel ini bernama hotel Salak , yang diambil dari nama Gunung Salak Bogor. Di dalam hotel ini tersedia berbagai fasilitas menarik, seperti ruang rapat, restoran dan cafe yang nyaman. Sedangkan untuk fasilitas olahraga tersedia kolam renang dan gym. Jadi, hotel ini cukup nyaman untuk ditinggali selagi melepaskan penat karena pekerjaan ataupun untuk bersantai sambil mengerjakan pekerjaan.

Aktivitas Di sekitar Istana Kepresidenan Bogor

Bagi para pengunjung yang akan mendatangi tempat ini, sebenarnya tidak diperkenankan untuk membawa handphone ataupun alat perekam lainnya. Karenanya, pengunjung hanya akan diberikan satu juru foto untuk setiap rombongan. Artinya, Anda yang ingin hunting foto ditempat ini, hanya diperbolehkan menggunakan jasa juru kamera tersebut.

Kegiatan yang benar-benar dapat dilakukan di sekitar istana adalah mengamati pemandangan sambil memberikan pakan untuk Rusa. Untuk makannya, tersedia diluaran di istana dengan membelinya dari luar. Aktivitas lainnya, adalah memandangi aneka kekayaan flora yang tersedia di sekeliling halaman istana. Namun perlu diingat, untuk mengunjungi istana ini, Anda membutuhkan rekomendasi atau surat izin dari sekretariat negara untuk melakukan kunjungan.

Selain itu, di istana ini Anda dapat melakukan wisata edukasi. Karena, istana ini merupakan saksi sejarah perjalanan bangsa Indonesia selama ini. Selain itu, tersedia berbagai karya seni bersejarah yang ada didalam istana. Karenanya, sangat cocok untuk pengunjung yang senang dengan wisata seni dan sejarah.

Biaya Harga Tiket Masuk Istana di Bogor

Mungkin, banyak diantara Anda yang penasaran apakah masuk ke tempat ini membutuhkan dana atau tidak? Jawabannya adalah tidak akan dikenakan biaya untuk mengunjungi tempat ini. Asalkan, pengunjung atau rombongan tersebut sudah memiliki surat maka diperbolehkan untuk mengunjungi istana. Adapun waktu berkunjungnya adalah Senin hingga Kamis pada pukul 09.00-14.00 dan pada hari Jumat pukul 09.00-11.00 dan 14.00-16.00.

Bagaimanakah Akses Menuju Istana?

Karena berada di tengah kota, pengunjung tidak akan sulit mendapatkan lokasi tempat wisata ini yang berada satu komplek dengan kebun raya bogor . Pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi untuk sampai di istana. Dimulai dari kereta api hingga menggunakan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang menggunakan kereta, cukup naik angkutan umum ataupun berjalan kaki, maka tujuan telah ada di hadapan.

Tips Untuk Berwisata di Istana Bogor

Rupanya, untuk berwisata di tempat ini, memiliki beberapa peraturan yang harus ditaati. Jika aturan tidak dipenuhi, biasanya permohonan wisata akan ditolak. Berikut ini beberapa tips yang dimaksud,

  • Surat Permohonan Kunjungan

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda diharuskan membuat surat permohonan untuk kunjungan. Surat ini ditujukkan pada kepala rumah tangga kepresidenan. Jika tidak mendapatkan izin setelah surat ini disampaikan. Maka, kunjungan tidak dapat dilakukan. Sedangkan jika surat diterima dan mendapat izin, maka wisata dapat dilakukan.

  • Berpakaian Sopan dan Rapi

Berikutnya, pastikan para pengunjung berpakaian rapi dan sopan. Untuk perempuan, pastikan bahwa tidak menggunakan rok diatas lutut ataupun menggunakan rok berbahan jeans. Sedangkan bagi pria, juga tidak diperkenankan menggunakan celana berbahan jeans. Untuk atasan, sebaiknya tidak menggunakan kaos. Atau, pastikan untuk menggunakan kemeja ataupun bawahan dan atasan yang baik. Serta, gunakan pula sepatu agar tetap terlihat rapi.

  • Pengunjung Sesuai Dengan Permohonan

    Tidak usai sampai disana, Anda harus menunjukkan bahwa peserta yang ikut dalam kunjungan adalah peserta yang sama dalam surat permohonan. Karenanya, jika terjadi sesuatu kendala, orang yang tidak ada dalam permohonan tidak dapat masuk ke istana. Nantinya, keberadaan pengunjung ini akan disesuaikan dengan identitas dan daftar yang ada pada surat permohonan.

  • Berusia 10 Tahun Ke Atas

    Demi menjaga keamanan dan kebersihan istana, terdapat batasan umur untuk mengunjungi tempat ini. Adapun batasan yang dimaksud adalah anak berusia 10 tahun keataslah yang diperbolehkan masuk ke tempat ini. Sedangkan jika tidak, maka akan dilarang dan tidak diperbolehkan untuk masuk ke tempat ini. Umur 10 tahun sama dengan usia anak kelas 4 SD.

  • Dilarang Membawa Makanan dan Minuman

    Berikutnya, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar tidak terjadi pelanggaran saat melakukan wisata. Hal ini dilakukan dengan alasan, untuk menjaga kebersihan istana. Utamanya, ditakutkan jika terjadi sampah berserakan di sekitar istana. Maka, kebersihan istana akan berkurang dan mengurangi keindahan dari istana tersebut.

  • Dilarang Menyentuh Benda Koleksi

    Jika sudah mendapatkan persetujuan untuk berkunjung ke istana, biasanya pengunjung dapat melihat-lihat isi istana. Namun, Anda harus memelihara setiap benda yang ada istana. Caranya dengan tidak menyentuh barang koleksi yang ada disana. Karena, setiap sentuhan dapat mengandung bakteri dan menganggu keselamatan dari barang koleksi tersebut.

  1. Dilarang Memotret

    Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pengunjung dilakukan pencarian foto ataupun memotret disekitar istana. Sekalipun diperbolehkan, pemotretan hanya dapat dilakukan oleh juru foto yang telah disediakan. Hal ini harus dilakukan agar dapat menjaga keamanan dari benda koleksi. Tujuannya, agar tidak ada orang yang membuat benda seni duplikat ataupun hal yang lainnya.

  2. Dilarang Merusak Tanaman dan Hewan

    Inilah yang paling penting untuk dimengerti, karena tersedia berbagai hewan dan tanaman disekitar istana. Dimana, Anda dilarang untuk merusak tanaman dan hewan tersebut. Sehingga keindahan tanaman dan keselamatan hewan peliharaan tetap dapat terjaga.

Jadwal Istana Bogor Open House

Pada era presiden Joko Widodo istana bogor dibuka untuk umum untuk rakyat sehingga masyarakat dapat masuk tanpa harus mendaftar secara rombongan. Adapun jadwal open house istana ini tidak tentu oleh karena itu pastikan anda selalu update informasi dari media sosial resmi istana ataupun media berita terkait hal tersebut.

Untuk Anda yang ingin berwisata, sebaiknya mengikuti tips-tips wisata tersebut. Sehingga pengunjung dapat masuk ke destinasi wisata di bogor dengan nyaman. Dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berwisata di istana negara. Selain itu, tips ini harus dilakukan sehingga keindahan dan keamanan istana tetap terjaga dan terawat.

2 thoughts on “Cara Mendaftar Masuk ke Istana Bogor tanpa Repot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *