Mitos Wisata ke Kawah Ratu yang Penuh Misteri dan Mistis

Posted on

Kota Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik tinggi. Utamanya, dalam hal keindahan alam. Dan salah satu wisata alam yang harus Anda kunjungi adalah mendatangi Kawah Ratu Bogor.

Tempat ini terbentuk karena adanya letusan dari Gunung Berapi, hingga meninggalkan kawah yang cukup besar. Kawah inilah yang membuat gunung menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi. Serta, menjadi tempat berlatih bagi para pendaki pemula.

Tidak hanya bagi pemula, bagi Anda yang tidak ingin mendaki terlalu jauh, maka Kawah Ratu menjadi pilihan terbaik. Karena tidak terlalu tinggi dan memberikan keindahan yang cukup menawan. Sebenarnya, Kawah ini tidak hanya terdapat di Bogor. Namun dapat ditemukan pula di Bandung atau Tangkuban Perahu. Namun kali ini akan dibahas tentang sebuah kawah yang ada di Bogor, yang berada di daerah Gunung Halimun Salak.

Tips Berwisata Ke Kawah Ratu Bogor

Untuk dapat mengunjungi tempat ini, sebaiknya Anda mengetahui tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendatanginya. Sehingga tidak terjadi kesalahan saat melakukan wisata. Berikut informasi lengkapnya,

  • Datangilah Tepat Saat Musim Kemarau

Hal pertama yang harus dipahami adalah untuk mendatangi tempat ini pada saat musim kemarau. Karena pada saat musim hujan, jalur pendakian menuju tempat ini sangat berbahaya dan licin. Bahkan karena cenderung berbahaya, jalur seringkali ditutup. Dan aktivitas pendakian tidak dapat dilakukan.

  • Menggunakan Pemandu

Mengingat jalur yang ditempuh cukup jauh, sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu. Hal ini penting, agar pengunjung tidak tersesat saat menjalankan wisata. Terlebih ditempat ini belum tersedia petunjuk jalan untuk menuju tempat wisata. Selain itu, pastikan untuk membawa parang untuk menebas semak atau rumput yang menghalangi jalan.

  • Pemanasan

Karena tergolong aktivitas hiking, Anda diharuskan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini penting, sehingga tidak terjadi kram saat melakukan hiking. Hal ini juga perlu diperhatikan, agar tubuh tidak kaget untuk melakukan pendakian. Jangan lupa, untuk menggunakan sepatu yang nyaman digunakan. Sehingga kaki tidak lecet atau kurang nyaman saat melakukan pendakian.

  • Dilarang Membuang Sampah

Berikutnya, Anda harus mempersiapkan kantung untuk membawa kembali sampah yang dikonsumsi saat pendakian. Hal ini dilakukan, karena tidak tersedia peralatan kebersihan memadai disekitar jalur pendakian. Selain tidak membuang sampah sembarangan, pengunjung harus menuruti perintah untuk tidak mencoret-coret jalur pendakian. Sehingga prasana tetap digunakan dalam waktu panjang dan keindahan alam terus dapat dinikmati.

  • Peralatan yang Dibutuhkan

Dan yang terakhir adalah persiapkanlah barang-barang yang memang dibutuhkan. Contohnya, makanan, obat nyamuk, jas hujan, minuman hingga obat-obatan pribadi. Untuk masalah buang air kecil dan besar, perlu diperhatikan untuk membawa perlengkapan pendukung. Karena pihak pengelola belum menyediakan kamar mandi umum di jalur pendakian.

Sudah cukup memahami beberapa tips yang harus diikuti? Berikutnya Anda harus mengetahui beberapa mitos yang ada dalam obyek wisata ini. Sehingga lebih mengenal tentang daerah dan segala mitos yang ada didalamnya.

Mitos di Sekitar Daerah Kawah Ratu Bogor

Seperti biasa, bagi kebanyakan orang, setiap daerah memiliki “penunggu”nya tersendiri. Hal ini pun berlaku untuk kawah yang berada di Bogor ini. Sehingga, setiap orang yang berkunjung ke tempat ini diharapkan dapat menjaga perilaku dan ucapannya. Tujuannya, agar tidak terjadi hal-hal yang buruk selama menjalankan wisata.

Tentunya Anda sudah sangat familiar tentang berita jatuhnya Pesawat Sukhoi beberapa tahun silam. Keberadaan pesawat sempat tidak diketahui, hingga akhirnya dinyatakan ditemukan dibibir Gunung Salak. Bahkan sebelum pesawat ini, dinyatakan terdapat beberapa pesawat yang telah jatuh di tempat ini. Tidak heran, jika akhirnya daerah ini dinyatakan angker dan memiliki misteri tersendiri.

Sementara itu, banyak sumber yang beredar dan menyatakan Gunung ini memiliki penunggu. Adapun penunggu yang dimaksud adalah sesosok jin yang menjaga gunung. Jin ini, dipercaya berbentuk seperti bidadari. Hingga kini, masih banyak orang yang mempercayai hal tersebut. Namun tidak jarang, ada orang yang menganggap hal itu hanya legenda ataupun mitos. Namun, semuanya kembali kepada Anda, apakah mempercayai hal tersebut. Atau justru sebaliknya dan menjaga kebersihan dan cara berperilaku karena ingin alam dihormati dan terjaga kelestariannya.

Jalur Hiking dan Berfoto di Kawah

Bila biasanya sebuah kawah akan ditemukan di puncak gunung, lain halnya dengan kawah yang satu ini. Karena hanya dalam sepertiga pendakian, Anda akan menemukan kawah dan segala keindahannya. Hal inilah yang menyebabkan, tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat berlatih untuk pendakian. Sebelum pengunjung tidak di kawah, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan tanah berwarna putih. Namun perlu diketahui, bahwa ini bukanlah tanah. Melainkan belerang yang merupakan hasil vulkanik dari gunung tersebut.

Pendakian dapat Anda mulai dari Kawasan Gunung Salak Endah, setelahnya melewati Tol Sentul Selatan dan mencari arah daerah Cibatok. Selama perjalanan menuju kawah, pengunjung akan mendengar adanya desiran air. Hal ini adalah hal yang wajar, karena air ini terdengar dari kucuran air curug. Mengingat, tempat ini memiliki banyak curug yang dapat dijadikan tempat wisata setelah usai berjalan-jalan ke kawah.

Untuk melengkapi perjalanan, jangan ketinggalan untuk menikmati wisata alam di bogor lainnya. Salah satunya untuk menikmati pemadian air panas. Pemandian ini diharapkan dapat melepaskan penat karena perjalanan. Bila memungkinkan, pengunjung juga bisa menikmati gua yang ada disekitar gunung. Disinilah Anda harus pandai-pandai untuk mencari tempat berfoto terbaik. Jika belum menemukan spot terbaik, lanjutkan perjalanan menuju Pasir Reungit di Gunung Bunder. Karena ditempat inilah, pengunjung bisa mendapatkan spot berfoto terbaik.

Bagi pengunjung yang ingin mencari tempat berfoto, sebaiknya manfaatkan spot-spot yang disinggahi. Dari sinilah, Anda akan mendapatkan foto-foto terbaik dan diupload untuk media sosial. Tidak hanya itu, pengunjung yang memiliki minat untuk menginap dapat memanfaatkan fasilitas di tempat ini. Di sini, terdapat camping area yang biasa dijadikan tempat menginap para pendaki. Biasanya terdapat pula, tenda-tenda yang disewakan. Sehingga tidak perlu khawatir, untuk menginap di tempat ini.

Namun perlu diingat, bahwa pengunjung tidak diperbolehkan untuk mendirikan tenda tepat di kawah. Karena, terdapat belerang dan asap yang dapat membahayakan tubuh. Karenanya, disekitar kawah juga disediakan camping area. Biasanya tempat camping di bogor ini, dihuni oleh pengunjung yang ingin melanjutkan pendakian ataupun yang ingin menikmati pemandangan pagi hari disekitar kawah. Jadi, tertarikkah Anda untuk mengunjungi tempat ini?

Sebenarnya, tempat ini sangatlah menarik untuk dikunjungi. Namun, fasilitas yang kurang memadai menjadikan tempat kurang menarik perhatian pengunjung. Karenanya, penting bagi pengelola untuk memperhatikan hal tersebut agar dapat menarik pengunjung dalam jumlah besar. Sedangkan untuk para pengunjung, diharapkan terus menjaga kebersihan area. Agar kelestarian tempat tetap terjaga dan dapat dikunjungi dalam waktu panjang.

Selagi berwisata ke tempat ini, diharapkan pengunjung membawa perlengkapan memadai. Karena fasilitas di Kawah Ratu sangat minim. Serta, tidak tersedia penjual atau toko yang akan menemani selama pendakian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *