Misteri dan Mitos dibalik Keindahan Curug Pangeran Bogor

Posted on

Anda seorang pecinta alam? ternyata Bogor memiliki berbagai wisata alam curug yang sangat eksotis, salah satunya yaitu Curug Pangeran yang terletak di desa Gunung Picung, Pamijahan Bogor Jawa Barat. Sudah cukup banyak orang yang mengetahui wisata satu ini, pemandangan di sepanjang jalan menuju curug memang sangatlah indah. Air terjun di curug Bogor satu ini juga masih sangat jernih walaupun sudah banyak wisatawan yang mengunjunginya. Bahkan, warna air terjunnya berwarna biru yang sangatlah menjernihkan warna mata.

Dengan berlibur ke wisata alam curug Pangeran Bogor maka dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dari penatnya aktivitas sehari-hari. Anda bisa merasakan nuansa-nuansa alam yang memberikan kesegaran.

Dari sekian banyaknya curug di Bogor, akses jalan menuju curug pangeran ini tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Hanya saja kendaraan tersebut memang harus langsung di parkir karena tidak dapat masuk ke lokasi. Jarak menuju wisata alamnya yaitu sekitar 500 meter.

Fasilitas Wisata Alam Curug Pangeran Bogor

Pastinya Anda bertanya-tanya mengapa harus mengunjungi curug Pangeran, padahal di Bogor terdapat banyak jenis curug yang lainnya. Hal tersebut tentunya dikarenakan curug yang satu ini memiliki fasilitas wisata yang memadai, berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda.

  • Tempat Parkir

Apabila Anda mengunjungi wisata alam Curug Pangeran maka tak bisa langsung sampai di tempat tujuan. Melainkan harus berhenti di tempat parkir terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan berjalanan kaki, pastikan Anda memiliki energi yang cukup atau bisa juga membawa bekal makanan ataupun minuman.

  • Camping Ground

Selain Anda bisa menikmati pesona alamnya yang sangat indah, wisata air terjun di Bogor yang satu ini juga memberikan keleluasaan untuk Anda melakukan camping. Biasanya, peralatan camping di bawa sendiri-sendiri oleh para pengunjungnya. Memang cukup ribet untuk membawa peralatannya, namun semua hal tersebut akan terbayar ketika melihat pemandangan curug yang sangat indah. Banyak orang yang melakukan camping ground di sepanjang jalan menuju curug.

  • Spot Foto

Berikutnya, Anda juga bisa mengambil foto untuk mengabadikan momen di tempat wisata alam yang satu ini. Tentunya, spot foto yang dimiliki oleh curug Pangera memang tidak dijumpai di curug yang lainnya. Warna airnya yang berwana kebiruan membuat nuansanya sangatlah sejuk ditambah dengan pepohonan hijau yang sangat indah membuat pemandangan di sekitar curug semakin rindang.

Setelah mengetahui bahwa fasilitas alam Curug Pangeran Bogor memiliki spot foto unik dan menarik dengan keindahannya maka dapat Anda jadikan wisata recomended untuk liburan bersama kerabat maupun keluarga.

Bagaimana Rute Menuju Curug Pangeran Ciampea?

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Pangeran maka sebaiknya ambilah rute yang paling mudah, Anda bisa langsung mengambil rute langsung dari Bogor kemudian menuju ke Bubulak bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Berikutnya Anda akan melanjutkan perjalanan Leuwiliang, Anda juga bisa menggunakan angkot ataupun kendaraan umum.

Gunakan angkot arah Cibatok, kemudian sesampainya di pertigaan Cibatok Anda bisa mengambil kiri yang jalannya menanjak arah menuju curug Pangeran. Nah, dari sini sudah cukup dekat lokasinya Anda juga bisa menggunakan ojek ataupun kendaraan umum untuk sampai di tempat parkir. Dari tempat parkir Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter, tenang saja di sepanjang perjalanan Anda akan diberikan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Misteri Curug Pangeran Gunung Bunder

Perlu Anda ketahui ternyata Curug sekitar Bogor ini memiliki banyak misteri yang sangat perlu diketahui oleh para wisatawan lokal ataupun asing dibandingkan dengan air terjun di sekitarnya seperti curug cigamea . Pastinya Anda mengenal legenda Kian Santang bukan? nah, menurut cerita legenda jaman dahulu curug Pangeran ini merupakan teman dekatnya. Kian Santang dalam ceritanya merupakan pangeran yang berasal dari kerajaan Pajajaran.

Misteri berikutnya menurut masyarakat di Curug daerah Bogor ini setiap malam jumat ternyata memiliki suara orang menyanyi yang diiringi oleh alat musik. Hal tersebut sudah bukan lagi hal asing yang menakutkan menurut masyarakat dekat, namun bagi Anda yang ingin melakukan camping maka hindari malam jumat karena terdapat hal mistis yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ditambah lagi ketika malam jumat terdapat suara orang sedang menari jaipong yang juga disertai dengan adanya suara kereta kencana. Banyak orang yang memahami kereta kencana tersebut menandakan kedatangan pangeran.

Selain memiliki mistis dari cerita sejarahnya, ternyata air dari curug ini juga sudah diyakini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. Salah satu khasiatnya yaitu dapat membuat orang yang sulit memiliki jodoh akan lebih dimudahkan.

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran di Bogor

Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, pasangan ataupun kerabat tetapi tidak memiliki budget banyak maka tak perlu khawatir ataupun bingung karena Curug Pangeran Bogor memang sangatlah terjangkau yaitu Rp. 7.000,00 untuk tiket masuk ditambah dengan biaya parkir kendaraan Rp. 2.000,00 untuk kendaraan bermotor sedangkan Rp. 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Larangan Saat Berkunjung Ke Pancuran

Ketika Anda berkunjung ke wisata alam maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai larangan yang harus dihindari ketika berada di Curug Pangeran, Bogor. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membuat liburan Anda menyenangkan.

  • Jangan Hari Kamis Malam

Hal pertama kali yang harus dihindari ketika ingin berkunjung ke tempat wisata alam Curug Bogor yaitu jangan mengunjunginya di hari kamis malam atau yang biasa disebut dengan malam jumat karena menurut masyarakat sekitar terdapat mistis di malam tersebut yaitu adanya suara gending jaipong dan suara kereta kencana yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berada disana.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Larangan berikutnya yaitu Anda dilarang untuk membuang sampah sembarangan, tentunya berkunjung ke wisata alam seharusnya memang lebih menjaga keindahan alamnya bukan malah merusak.

  • Pakailah Pakaian Sopan

Mengunjungi objek wisata alam juga harus menggunakan pakaian yang sopan, seperti yang sudah diketahui banyak masyarakat bahwa curug memang menyimpan banyak nuansa mistis sehingga ketika berkunjung harus benar-benar menjaga kesopanan.

  • Jangan Merusak Tanaman

Selanjutnya, larangan di Curug Pangeran yaitu jangan merusak berbagai tanaman yang terdapat di sekitar lokasi. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat objek wisata yang satu ini memang menjadi jelek. Sebagai wisatawan yang baik Anda memang harus menjaga keindahannya.

  • Jangan Membawa Air Pulang

Nah, larangan berikutnya yaitu Anda dilarang membawa air curug untuk dibawa pulang. Konon katanya manfaat dari curug pangeran memang sangatlah banyak, namun karena curug yang satu ini menyimpan berbagai cerita mistis maka sebaiknya janganlah Anda mencoba untuk membawa airnya pulang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai wisata alam Curug Pangeran Bogor yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Bagi Anda yang belum mengunjunginya maka bisa menjadikan salah satu curug di Bogor ini menjadi tempat wisata alam yang recomended bersama keluarga ataupun orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *