Melintasi Rute ke Curug Cikaracak Caringin

Posted on

Liburan memang sangat dibutuhkan untuk menyegarkan pikiran dan mendapatkan semangat baru. Liburan tak harus dilakukan dalam waktu yang lama. Untuk Anda yang memiliki jadwal yang padat, Anda bisa menggunakan waktu luang yang yang singkat untuk berwisata. Destinasi alam yang cocok bisa dijangkau di daerah yang terdekat dimana beragam wisata tersedia untuk Anda. Salah satu kota yang bisa menjadi destinasi wisata singkat adalah Kota Bogor.

Bogor merupakan salah satu di Indonesia yang memiliki berbagai macam destinasi alam, mulai dari gunung, taman, kebun, serta curug yang beraneka ragam. Oleh karena itu, Bogor kerap disebut sebagai Kota Sejuta Curug, disamping sebutan Kota Hujan. Salah satu curug yang layak untuk dikunjungi adalah Curug Cikaracak yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Curug ini berlokasi tepat di Dusun Cibeling, Kampung Cinagara, Kecamatan Caringin, Kota Bogor. Ada 2 air terjunan dalam satu aliran, ketinggian masing-masing curug adalah 20 m dan 40 m dengan aliran deras serta jernih. Curug Cikaracak sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan kejenuhan dengan menyatukan diri dengan alam.

Biaya yang Diperlukan di Kawasan Curug Cikaracak

Biaya yang dibutuhkan untuk berkunjung ke wisata alam biasanya sangat murah, begitu pula dengan biaya untuk berlibur ke Curug Cikaracak. Tiket masuk perorang dibanderol sebesar Rp2.000. Sedangkan untuk biaya penitipan kendaraan ditetapkan sebesar Rp5.000. Biaya ini berlalu untuk mobil maupun motor. Karena belum ada lokasi parkir yang luas, Anda bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah warga setempat. Anda tak perlu khawatir karena warga akan menjaga barang yang dititipkan dengan baik.

Jika Anda bermaksud menikmati suasana asri kawasan Curug Cikaracak lebih lama, maka Anda bisa menginap di fasilitas villa yang disediakan oleh warga. Villa ini terdiri dari 4 kamar dan dapat menampung hingga 40 orang. Anda hanya perlu membayar biaya penginapan sebesar Rp20.000 perorang. Sangat terjangkau, bukan?

Di sekitar lokasi inti, yakni Curug Cikaracak tidak ada warung. Jika Anda tidak membawa bekal, Anda bisa membeli bekal di tengah perjalanan menuju curug. Warung ini dikelola oleh warga setempat. Anda juga bisa menggunakan warung ini untuk beristirahat sejenak sembari mengumpulkan energi. Makanan yang disediakan di warung tersebut merupakan makanan tradisional yang dijual dengan harga murah.

Akses Menuju Curug Cikaracak dan Kondisi Jalur

Anda bisa berkendara hingga ke Dusun Cibeling. Jika Anda berangkat melalui Ciawi, bergeraklah menuju ke arah Sukabumi hingga sampai di Cisempur. Jarak yang perlu ditempuh dari Ciawi sekitar 15 km. Di wilayah tersebut ada plang yang bertuliskan Curug Cikaracak. Ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di lokasi parkir. Jalanan menuju area parkir sudah dilapisi dengan aspal sehingga medannya tidak terlalu berat. Sebelum Anda mencapai lokasi curug pun sudah terdengar suara gemuruh air.

Setelah sampai di lokasi parkiran, Anda bisa menelusuri jalur dengan berjalan kaki dengan durasi sekitar 1,5 jam dan jarak tempuh sekitar 2,5 km. Perjalanan yang cukup panjang takkan terasa melelahkan karena pemandangan di sekitar akan menghapus rasa lelah. Anda akan melihat sawah dan perkebunan yang terbentang luas serta dikelilingi oleh pegunungan. Sepanjang jalan juga akan Anda temui para petani yang sedang beraktivitas di sawah. Tentunya Anda akan hanyut dalam suasana yang damai dan menenangkan.

Awalnya, Anda akan berjalan di jalan setapak, dimana di sisi kanan adalah saluran pengairan untuk sawah dan di sisi kiri merupakan area rumah warga. Selanjutnya Anda akan memasuki area persawahan. Jalur yang dilalui merupakan pematang sawah sehingga cukup sempit dan licin. Anda harus berhati-hati dalam melaluinya. Setelah area persawahan, Anda akan memasuki area perkebunan. Warga telah membuat jalan setapak yang nyaman untuk perjalanan. Anda tak perlu khawatir terpleset di area ini. Perjalanan juga akan terasa sejuk karena banyak pepohonan di sisi jalan. Di sisi jalan Anda juga dapat menemui sungai yang berasal dari Curug Cikaracak.

Setelah melalui area perkebunan warga, jalur selanjutnya area hutan. Dalam hutan, Anda perlu menyeberangi sungai untuk melanjutkan perjalanan. Ada bebatuan yang bisa dijadikan pijakan dalam menyeberangi sungai. Sebaiknya Anda mengunjungi Curug Cikaracak saat cuaca sedang cerah untuk mengantisipasi adanya banjir atau aliran sungai yang terlalu deras. Jika Anda mendengar suara gemericik air yang cukup deras, itu tandanya Anda sudah dekat dengan area curug. Ciri khas area Curug Cikaracak adalah bebatuan yang besar serta licin sama seperti curug cigamea , pepohonan tumbang, air jernih serta suasana yang sejuk. Suasana tersebut tentunya akan menghilangkan seluruh lelah akibat perjalanan. Jika Anda merasa haus, Anda bisa langsung minum dari air yang ada di aliran curug. Air tersebut masih murni dan aman untuk dikonsumsi.

Selain berfoto dengan latar belakang curug yang menawan, Anda juga bisa berenang di area curug. Ada bebatuan yang membentuk kolam dengan air yang sangat jernih sehingga aman untuk bermain air. Area sebelum curug pun cocok untuk latar belakang foto. Ada 2 tebing yang mengapit area perkemahan dan di tengah tebing ada hamparan sawah hijau. Trek di area hutan pun sangat menantang sehingga sangat cocok bagi pecinta alam.

Tips untuk Berkunjung di Curug Cikaracak

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke air terjun di bogor ini. Berikut adalah tips yang perlu Anda cermati

Menjaga Keasrian Kawasan Curug Cikaracak

Agar kawasan Curug Cikaracak tetap asri, jagalah kebersihan dengan sebaik-baiknya. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Jika Anda tidak menemukan tempat sampah, bawa pulang sampah Anda. Hindari pula mencoret-coret lokasi curug, baik di batu ataupun di batang pohon. Berlakulah dengan semestinya agar Curug Cikaracak tetap indah hingga anak cucu kelak.

Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Anda perlu menggunakan alas kaki yang nyaman, baik sepatu ataupun sandal. Pilihlah alas kaki yang tidak licin. Alas kaki yang nyaman juga akan membuat kaki Anda tidak mudah pegal dalam menelusuri trek menuju curug. Jika Anda tidak menggunakan alas kaki yang sesuai dengan alam, Anda harus lebih berhati-hati saat melewati jalan setapak, khususnya jalan yang licin dan sempit.

Curug Cikaracak sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari kepenatan. Tak ada sentuhan manusia sehingga semua yang ada masih terasa alami. Anda akan disuguhi dengan kesunyian dan alam yang terasa hening tanpa adanya hiruk pikuk. Jika Anda benar-benar menginginkan liburan yang tenang, ambilkan hari biasa (bukan hari libur) sehingga pengunjung hanya sedikit dan Anda bebas bermain di area curug. Sebaiknya bawa pula bekal karena di area curug tidak tersedia warung berbeda dengan lokasi pancuran lainnya seperti curug bojong koneng . Selamat berpetualang di Curug Cikaracak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *