Pemandangan Hijau ala Danau Lido bikin Segar Pikiran dan Jiwa

Posted on

Danau Lido menjadi salah satu wisata alam kebanggaan masyarakat Bogor. Danau satu ini terletak di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Pembangunan Danau Lido dimulai saat penjajahan Belanda, yakni pada tahun 1989. Danau ini dibuat dengan tujuan sebagai lokasi istirahat bagi pimpinan yang mengawasi proyek pembangunan Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

Dahulu, Danau sekitar cigombong ini tidak dibuka untuk umum, hanya untuk petinggi Belanda. Area wisata satu ini baru dibuka untuk masyarakat umum setelah Ratu Wilhelmina berkunjung, sekitar tahun 1940.

Sumber air Danau Lido berasal dari mata air dan sungai yang dibendung. Danau ini memang dibangun di lembah dan berada di tengah gunung yang memiliki pasokan air melimpah. Sumber air didapat dari sungai yang dibendung serta mata air alami. Menurut cerita leluhur, air tersebut dibendung menggunakan kaca yang sangat tebal. Saat ini kaca tak terlihat karena tertimbun tanah di kawasann Kampung Tambakan.

Apa saja yang bisa Anda lakukan di danau Lido? Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan disana. Misalnya mengitari danau dengan perahu sewa atau makan di tengah danau. Kawasan Danau Lido ini masih asri sehingga apapun yang Anda lakukan di sana akan terasa sejuk. Jika Anda begerak sedikit dari kawasan Danau Lido, Anda kan menemukan curug dengan air yang segar dan jernih, yaitu Curug Cikaweni.

Fasilitas di Kawasan Danau Lido

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan pada kawasan danau di bogor ini , misalnya perahu. Jika Anda tak membawa bekal, jangan khawatir kelaparan. Ada restoran yang dinamakan Oranje Lido yang menyajikan berbagai macam hidangan. Ada pula villa yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Ada pula fasilitas tambahan lainnya yang dibangun untuk menambah keseruan serta kenyamanan pengunjung Danau Lido. Ada balkon yang bisa digunakan untuk bersantai, lapangan golf, kolam renang, arena hotspot serta gedung serba guna yang terletak di seberang danau. Di tengah danau pun ada dataran kecil. Anda bisa menggunakan perahu untuk menyeberangi danau. Di daratan tersebut, ada warung yang menyediakan makanan khas.

Ada pula restoran terapung yang menerima pesanan sebelum Anda tiba di sana. Jadi, makanan bisa langsung diantarkan ke meja Anda tak lama setelah Anda sampai di restoran terapung. Menu utama yang ditawarkan adalah ikan air tawar yang dibudidayakan di Danau Lido, seperti ikan mas, nila dan gurame. Ada pula menu lain seperti aneka masakan ayam dan sop iga. Anda akan merasakan sensasi makan di atas perahu yang bergoyang perlahan.

Legenda Sejarah Asal Usul Danau Lido

Villa yang ada di kawasan Danau Lido memiliki kisah tersendiri. Awalnya, bangunan vila didirikan oleh Antonius Johanes Lucoficus Maria Zwijsen, yakni seorang polisi Belanda yang ditugaskan di Batavia. Villa tersebut dibangun untuk Catharina Anna Beemster, yang kemudian menjadi istrinya pada tahun 1937. Villa teesebut awalnya merupakan usaha keduanya. Namun, selanjutnya menjadi kediaman Annda dan Zwijsen. Saat Perang Dunia, keluarga mereka meninggalkan kawasan Lido dan kembali ke Belanda. Kawasan Lido nyaris rusak saat ada penyerangan tentara Jepang. Namun, berhasil diselamatkan oleh pejuang Indonesia. Foto keduanya hingga kini masih dipajang di dinding ruang tunggu villa tersebut.

Banyak pejabat pemerintahan yang pernah menginap di villa ini, mulai dari Presiden RI yang pertama yakni Ir. Soekarno hingga Ratu Wilhelmina. Sejak dahulu hingga kini, Danau Lido beserta seluruh fasilitasnya menjadi kebanggaan masyarakat Bogor. Pantas saja menjadi salah satu ikon Kota Bogor, karena danau tersebut terkenal dengan airnya yang bening dan pemandangan yang indah. Saat ini sudah banyak penginapan berupa hotel di bogor di sekitar danau.

Akses Menuju Danau Lido Kota Bogor

Kawasan Danau Lido terhampar seluas 1.700 hektar dan berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Jarak dari Jakarta sekitar 65 km dan dapat ditempuh dengan durasi 1,5 – 2 m. Area wisata satu ini cocok untuk lokasi beristirahat bagi Anda yang sedang menempuh perjalanan antara Sukabumi dan Jakarta. Berbagai macam pepohonan akan memunculkan suasana yang asri dan melunturkan lelah.

Akses menuju Danau Lido tidak sulit karena kawasan ini berada pinggir jalan raya. Anda bisa mengunjungi dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Tak perlu takut tersesat. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, pasti akan diantarkan hingga ke lokasi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan petunjuk arah di ponsel ataupun mengikuti petunjuk arah yang ada di pinggir jalan.

Anda dapat mengelilingi Danau Lido menggunakan rakit ataupun speedboat. Anda juga bisa memancing di lokasi pemancingan yang disediakan di sebelah utara danau. Ada pula fasilitas outbond yang layak Anda coba, seperti misalnya flyngfox. Flying fox di atas danau akan memacu adrenalin Anda. Jika Anda ingin permainan yang lebih menantang lagi, Anda bisa mencoba berbagai macam olahraga udara yang dikelola sebuah komunitas bermana Lido Aero Club. Olahraga udara yang ditawarkan antara lain paramotor, paralayang, aero modeling dan terjung payung. Olahraga ini pasti sangat digemari oleh pecinta olahraga ekstrem.

Biaya Masuk Area Taman Rekreasi Danau Lido

Biaya yang diperlukan untuk berlibur di area ini sangat terjangkau. Tiket masuk ditetapkan sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp5.000. Untuk fasilitas lainnya seperti perahu dikenakan biaya tambahan. Biaya sewa perahu untuk menyeberang ke tengah danau adalah Rp30.000, sedangkan untuk mengelilingi danau sambil menikmati hidangan dibanderol senilai Rp200.000 disediakan oleh pihak restoran di bogor sekitar lido.

Tips Berlibur di Taman Rekreasi Danau Lido

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar liburan di Danau Lido semakin seru. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan

  • Membawa peralatan memotret

Sebaiknya Anda membawa peralatan memotret yang memadai untuk mengabadikan momen di Danau Lido. Anda tak harus membawa kamera professional, bisa saja menggunakan HP yang memiliki fitur kamera mumpuni. Sangat disayangkan apabila Anda tidak mengabadikan panorama Danau Lido yang indah.

  • Membawa Baju Ganti

Di area Danau Lido tersedia kolam untuk berenang. Sebaiknya Anda membawa baju ganti untuk Anda ataupun keluarga untuk mengantisipasi keinginan berenang di sana. Baju ganti digunakan jika baju Anda basah saat bermain air. Jangan lupa pula untuk membawa baju hangat karena suhu di kawasan tersebut cukup dingin.

  1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang utama agar keindahan kawasan Danau Lido tetap terjaga selamanya. Buanglah sampah di tempat yang telah disediakan oleh pengelola. Jangan tinggalkan sisa bekal Anda di sembarang tempat. Hindari pula mencoret serta merusak fasilitas yang telah ada sejak jaman dahulu.

Menjaga Keamanan

Area danau ataupun pemancingan tidak dibatasi dengan pagar. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat berjalan mengitari pinggiran danau. Apalagi jika Anda mengunjungi Taman Rekreasi Danau Lido bersama anak kecil. Selalu lakukan pengawasan saat anak bermain-main dan berikan pengarahan agar tidak mendekati pinggir danau tanpa ditemani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *