Sensasi Selfie Ketinggian di Desa Wisata Puncak Gunung Batu Jonggol

Posted on

Bogor terkenal dengan banyaknya destinasi wisata hits dan asyik yang tentunya instagramable. Mulai dari wisata keluarga yang santai hingga berbagai wisata ekstrim juga tersedia. Bagi anda yang akan berkunjung ke Bogor dan mencari wisata yang ekstrim sangat cocok untuk berkunjung ke Gunung di daerah Jonggol ini.

Gunung tersebut merupakan salah satu destinasi alam yang terkenal dan terbukti memiliki pemandangan alam yang sangat menawan. Keindahan alam tersebut juga sudah banyak di abadikan oleh para traveler, jadi tunggu apa lagi berkunjunglah kesini.

 

Sebelum membahas mengenai wisata ekstrim Gunung di ssekitar Jonggol, ada baiknya anda tahu keistimewaan dari gunung ini. Gunung Batu ini sebenarnya hanyalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian mencapai 875 meter diatas permukaan laut (875 mdpl). Bagi anda yang ingin memulai pendakian bisa menemukan pintu gerbang pendakian pada ketinggian sekitar 200 meter diatas permukaan laut (200 mdpl). Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki bukit ini juga tidak terlalu lama yakni hanya sekitar 2 jam perjalanan.

Lokasi Gunung Batu Jonggol

Lokasi bukit ini terbilang cukup strategis dan mudah untuk dijumpai, yakni berada di Kampung Gunung Batu 01 Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Walaupun lokasinya mudah untuk dijumpai, namun akses jalannya belum terlalu bagus sehingga tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Gunung Batu. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki niatan berkunjung ke Gunung Batu harus membawa kendaraan pribadi dan jangan lupa untuk menyervis kendaraan anda terlebih dahulu agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan pastinya aman.

Harga Tiket Masuk Ke Gunung Jonggol

Berkunjung ke tempat wisata tentu tidak terlepas dari adanya tiket masuk. Bagi anda yang berkunjung ke wisata Gunung Batu akan dikenakan biaya sekitar Rp. 15.000 per orangnya. Sangat murah dan tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam bukan? Dan bagi anda yang ingin mendaki hingga mencapai puncak akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 per orangnya.

Fasilitas yang Tersedia Di Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu merupakan salah satu wisata yang bernuansakan alam perbukitan yang cukup ekstrim di kawasan Bogor. Pengelolaan daerah wisata tempat romantis di bogor ini semuanya masih dilakukan dengan swadaya dari warga sekitar. Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan juga belum begitu memadai, walaupun tempat wisata ini telah menjadi hits di kalangan para traveler.

Sesuai dengan namanya Gunung Batu, akses jalan untuk mencapai puncak Gunung Batu juga cukup terjal dan banyak batu – batuan di sepanjang jalannya. Untuk itu anda perlu berhati – hati saat mendaki. Fasilitas berupa tali webbing juga sudah terpasang di jalur pendakian. Fasilitas tersebut sangat berguna bagi anda untuk mempermudah dalam mendaki apalagi jika anda masih baru dalam dunia mendaki. Untuk itu, jangan lupa memanfaat tali webbing tersebut secara optimal agar pendakian anda lebih aman.

Fasilitas lainnya seperti warung tempat menjual makanan dan minuman juga tersedia di pintu gerbang Gunung Batu. Sehingga anda bisa dengan mudah menyiapkan dan membawa makanan serta minuman sebagai bekal untuk mendaki. Selain itu, fasilitas parkir umum juga tersedia di area pintu gerbang masuk Gunung Batu dan anda bisa menitipkan kendaraan dengan aman hingga 24 jam lamanya di area parkir tersebut.

Suasana dan Keindahan Alam Di Bukit Jonggol

Keindahan alam tempat rekreasi di bogor ini akan sangat nampak ketika anda telah mencapai puncak. Bahkan segala rasa lelah dan letih akan langsung terbayarkan dan hilang saat memandang berbagai lukisan alam yang indah dari puncak Gunung Batu ini. Udara di sekitar Gunung Batu yang sangat sejuk semakin menambah kenyamanan anda untuk berlama – lama berada di puncak.

Panasnya matahari juga bisa langsung anda rasakan saat mendaki di Gunung Batu. Hal tersebut karena di sepanjang perjalanan menuju puncak tidak ada pepohonan sebagai tempat berteduh, jadi anda harus bersiap – siap merasakan panas matahari yang sesungguhnya. Walaupun demikian, angin yang sesekali bertiup akan memberikan kesan segar untuk tubuh anda.

Panorama alam hijau yang indah dan mempesona juga terhampar dengan apik, memperlihatkan lahan hijau persawahan dan pepohonan yang tumbuh subur. Lukisan aliran sungai yang terbentang panjang semakin membuat indah pemandangan saat dilihat dari atas. Selain itu, anda juga bisa melihat pemandangan indah rumah – rumah warga desa yang tampak kecil dan tersusun rapi.

Tips Mendaki Di Gunung Batu Jonggol

Wisata alam pegunungan memang selalu memberikan kesan menantang dan ekstrim. Apalagi berwisata di Gunung Batu yang memang terkenal memiliki jalur pendakian ekstrim tentu memerlukan persiapan khusus. Berikut ini beberapa tips mendaki yang bisa anda ikuti saat akan mendaki di Gunung Batu.

  1. Persiapkan Kondisi Fisik Tubuh

Hal utama yang harus diperhatikan saat akan mendaki adalah kondisi fisik tubuh. Sebelum mendaki pastikan anda telah beristirahat dengan cukup dan tubuh sedang dalam kondisi fit. Hal tersebut agar saat mendaki tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti tiba – tiba pingsan atau tergelincir karena tidak fokus dan tubuh lemas.

  • Perhatikan Kondisi Cuaca

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kondisi cuaca. Apalagi mendaki di tempat wisata alam bogor ini, sangat penting untuk memperhatikan cuaca. Hal tersebut tidak terlepas dari medan pendakian yang ekstrim dimana harus melewati jalanan bebatuan untuk mencapai puncak. Untuk itu, tidak dianjurkan bagi anda mendaki di cuaca hujan karena kemungkinan kecelakan akibat tergelincir cukup besar.

  • Kenakan Pakaian yang Simpel dan Tetap Sopan

Saat mendaki anda harus menggunakan pakaian sesimpel mungkin agar saat mendaki bisa lebih nyaman dan aman. Walaupun simpel anda tetap harus memperhatikan kesopanan dalam berpakaian. Jangan lupa anda juga harus mengenakan alas kaki yang tepat dan pastinya tidak licin sehingga bisa berpijak dengan benar saat mendaki.

  • Bawalah Makanan dan Minuman

Tidak adanya fasilitas tenda makanan dan minuman di puncak membuat anda harus membawa bekal makanan dan minuman dari bawah. Makanan yang dibawa sebaiknya jangan berlebihan agar tidak menambah beban bawaan karena fungsi dari makanan dan minuman ini untuk mengembalikan energi yang berkurang selama pendakian.

  • Bawalah Obat – Obatan Darurat atau P3K

Obat – obatan darurat atau P3K seperti obat merah, perban, obat alergi dan lain sebagainya sangat perlu untuk dibawa. Hal tersebut tentunya diperlukan untuk mengatasi luka – luka yang tidak sengaja dialami saat mendaki. Sehingga luka yang ada tidak menimbulkan infeksi.

  • Jagalah Kebersihan

Saat melakukan pendakian sering kali membawa beberapa makanan, minuman maupun peralatan lainnya yang menyisakan sampah. Sampah – sampah tersebut harus anda bawa turun dan jangan dibuang sembarangan. Hal tersebut agar kebersihan area gunung tetap terjaga.

Demikianlah ulasan mengenai Gunung Batu Jonggol wisata hits dan asik masa kini. bagi anda yang masih pemula dalam mendaki, lakukanlah persiapan secara matang terlebih dahulu agar pendakian bisa berjalan lancar dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *