Cara ke Air Panas Ciparay Bogor

Posted on

Bogor menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak pesona, terutama di berbagai wisata alamnya. Wisata alam di daerah ini terkenal sangat mengagumkan dan tentunya menarik untuk anda kunjungi. Berbagai wisata alam yang ada mulai dari wisata pegunungan dan perbukitan, hutan, agro wisata, curug atau air terjun hingga pemandian air panas. Salah satu wisata alam berupa pemandian air panas yang patut untuk anda kunjungi karena tempatnya yang indah serta mempesona adalah tempat pemandian Air Panas Ciparay.

Seperti kita ketahui tempat pemandian onsen bisa dibangun karena kota Bogor sendiri ada di kawasan pegunungan, sehingga tidak mustahil banyak tersedia sumber air panas. Tempat pemandian di Ciparay ini berdampingan secara langsung dengan aliran sungai yang airnya bersih dan terasa dingin karena bersumber langsung dari pegunungan.

Selain kondisi airnya yang bersih, tempat pemandian air panas ini juga terkenal bagus serta menyuguhkan pemandangan alam sekitar yang indah. Udara sekitar juga masih terasa sangat sejuk, sehingga mampu menghapuskan segala kepenatan anda.

Lokasi Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian air panas di gunung bunder memiliki lokasi yang cukup strategis karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Alamat lengkap dari tempat pemandian air panas ini yakni berada di Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Lokasi dari pemandian ini berjarak sekitar 5 Km dengan Gunung Salak Endah. Akses jalan ke lokasi juga sangat mudah karena tersedia jalan beraspal yang mulus serta lancar, akan tetapi jalannya tidak terlalu lebar. Oleh karena itu, anda perlu berhati – hati jika menggunakan kendaraan besar.

Harga Tiket Masuk Ke Air Panas Gunung Bunder

Bagi anda yang ingin berlibur ke pemandian air panas ini perlu untuk mengetahui harga tiket yang dibandrol. Hal tersebut agar anda bisa menyediakan beberapa lembar uang kas yang nantinya akan digunakan. Tiket masuk ke lokasi pemandian ini tidak mengocek rogoh terlalu dalam yakni hanya dibandrol sekitar Rp. 4.000 per orangnya.

Selain biaya tiket masuk yang harus di bayarkan, anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya parkir yakni sekitar Rp. 10.000 untuk kendaraan berroda dua dan Rp. 30.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil besar. Bagi anda yang ingin menikmati kolam rendam dikenakan biaya sekitar Rp. 3.000 untuk per orangnya.

Fasilitas yang Tersedia Di Tempat Pemandian Ciparay

Pemandian air panas di Ciparay yang masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas utama berupa kolam pemandian air panas ini tersedia sebanyak dua kolam, namun ukurannya tidak terlalu besar. Oleh karena itu, jika anda berkunjung saat weekend dan pengunjung sedang banyak, maka anda harus siap – siap mengantri untuk bisa berendam di pemandian yang tidak jauh dari curug ngumpet ini.

Jalan disekitar area pemandian juga sudah di bangun dengan elok, sehingga saat berkeliling akan lebih nyaman. Selain itu, bagi anda yang jauh – jauh berkunjung dan ingin menginap di pemandian air panas ini juga disediakan fasilitas penginapan yang cukup nyaman. Untuk menikmati fasilitas penginapan tersebut anda harus menyewa dan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 300.000.

Bagi anda yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan alam yang mempesona dengan udara sejuk di area pemandian untuk keluarga ini bisa menyewa saung yang disewakan oleh penduduk sekitar. Penyewaan saung ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 30.000 untuk saung terbuka dan Rp. 50.000 untuk saung tertutup. Dengan demikian anda bisa menyewa saung sesuai dengan kebutuhan anda.

Fasilitas lain seperti tempat menjual makanan dan minuman, tempat menjual pakaian dan aneka souvenir juga tersedia di area pemandian spa ini. Dengan adanya fasilitas tersebut maka anda bisa bersantai sambil menikmati hidangan khas yang tersaji. Anda juga bisa membeli pakaian untuk bermain air, serta membeli oleh – oleh sebagai kenang – kenangan untuk kerabat.

Spot Foto Menarik Di Air Panas Pamijahan

Berbagai spot foto menarik dan cantik juga tersedia disini, baik yang sengaja dibangun maupun yang terbentuk secara alami. Spot foto andalan yang cukup digemari oleh para pengunjung adalah di area jembatan yang menghubungkan antara perkampungan warga dan area wisata. Selain itu, berfoto di bebatuan sungai juga menjadi andalan. Batu disungai Cikuluwung ini memiliki warna yang unik sehingga sangat digemari oleh wisatawan sebagai spot foto.

Tips Berlibur Ke Air Panas Ciparay
  1. Pilihlah Waktu yang Tepat

Saat ingin berkunjung ke pemandian untuk anak ini sebaiknya pada weekday karena jumlah pengunjung yang datang tidak terlalu membludak jika dibandingkan weekend. Selain itu, anda juga sebaiknya berkunjung dari pagi hari, karena tempat ini buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Jika berkunjung dari pagi anda bisa berkeliling dan menikmati keindahan alamnya dengan lebih puas.

  • Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Berlibur tentu tidak akan menyenangkan dan cukup merepotkan jika kondisi tubuh sedang tidak fit. Oleh sebab itu, anda harus memastikan kondisi tubuh fit. Karena anda harus berjalan cukup jauh untuk sampai di pemandian air panas, anda juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan menjaga asupan makan dengan baik sehingga tidak mudah kelelahan.

  • Pastikan Kondisi Kendaraan Prima

Selain memastikan kondisi tubuh, anda juga harus memastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan. Hal tersebut karena akses jalan yang akan dilalui penuh dengan tanjakan serta turunan yang cukup curam. Oleh sebab itu, anda perlu menyervis kendaraan terlebih dahulu sebelum digunakan.

  • Jagalah Barang Bawaan Pribadi Anda

Berkunjung ke tempat wisata kolam renang di bogor tentu tidak akan lengkap jika tidak membawa kamera dengan berbagai peralatan lengkapnya untuk berfoto. Peralatan tersebut tentu cukup berharga untuk anda sehingga anda harus menjaga dengan baik. Apalagi jika lokasi tempat wisata sedang ramai – ramainya, tentu akan rawan terjadi tindak kejahatan sehingga anda perlu waspada.

  • Patuhilah Peraturan yang Ditetapkan

Hampir setiap pihak pengelola tempat wisata tentu memberikan berbagai peraturan yang dianjurkan untuk para wisatawan. Peraturan yang dibuat tentu untuk menjaga keselamatan para pengunjung serta untuk kelestarian tempat wisata. Oleh sebab itu, anda wajib mengikuti dan melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan.

  • Jagalah Kebersihan

Salah satu cara menjaga kebersihan di area wisata adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Tempat pemandian air panas di Ciparay ini telah menyediakan tempat sampah di sekitar area yang mudah diakses. Dengan demikian, anda bisa lebih mudah saat akan membuang sampah.

Demikianlah ulasan mengenai Spa Ciparay wisata alam air panas yang penuh pesona. Jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips berwisata tersebut agar anda dapat berwisata dengan nyaman dan aman. Hindarilah larangan yang telah di tuliskan, agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Semoga ulasan dan beberapa tips tersebut bermanfaat. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *