Main Seluncuran Air bersama Anak di Curug Luhur Ciomas

Posted on

Curug Luhur adalah salah satu air terjun yang lokasinya tepat berada dibawah kaki Gunung Salak. Penamaan curug luhur sendiri dikarenakan secara visual air terjun ini memiliki ketinggian yang lebih dibandingkan dengan air terjun lain yang berada di sekitarnya. Sebelum dijadikan lokasi wisata, curug luhur dipercaya sebagai tempat yang angker oleh masyarakat setempat. Pasalnya, banyak orang yang terbawa arus air terjun tersebut.

Namun setelah diteliti, hanyutnya orang di area curug bukan disebabkan oleh hal yang bersifat mistis. Melainkan karena aliran debit air yang kuat dari sumber mata air Gunung salak, menjadikan aliran air yang deras sehingga bisa menghanyutkan orang.

Selain itu, di beberapa titik ada pusaran air yang cukup berbahaya. Akan tetapi saat ini wisata air terjun ini telah dibuat sedemikian rupa agar pengunjung yang datang kesana terjamin keselamatannya.

Bagaimana Track Untuk Sampai Ke Curug Luhur Gunung Salak?

Bagi anda yang akan mengunjungi obyek wisata Curug dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan dua rute alternatif. Rute yang pertama, anda bisa melewati jalan Kebun Raya Bogor, Empang, Cikaret, dan Ciapus. Dari sana anda tinggal mengikuti rambu penunjuk jalan yang telah disediakan baik oleh warga sekitar maupun oleh pihak pengelola.

Kemudian rute alternatif kedua, anda bisa memulai perjalanan melalui Jalan Soleh Iskandar, Ciomas, Laladon, dan Simpang Pagelaran. Setelah di penghujung jalan Simpang Pagelaran, belok kanan untuk sampai ke tempat tujuan. Kemudian bagi anda yang backpacker bisa menggunakan fasilitas kendaraan umum dengan trayek Ramayana-Ciapus. Naik trayek tersebut bisa dimulai dari Museum Zoologi Bogor atau dari Bogor Trade Mall.

Berapa Harga Tiket Masuk Ke Obyek Wisata Curug Luhur?

Harga tiket masuk yang ditentukan oleh pihak pengelola saat ini yaitu Rp. 40.000,00 per orang. Kemudian ada biaya tambahan untuk parkir sepeda motor sebesar Rp. 8.000,00 dan untuk mobil Rp. 20.000,00. Anda bisa menikmati seluruh wahana dan keindahan yang berada di obyek wisata Curug Luhur tanpa dibatasi oleh waktu. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi apabila ada pengunjung yang mengalami kecelakaan di dalam obyek wisata.

Fasilitas Apa Yang Ada DI Lokasi Wisata Curug di Pamijahan?

Tedapat beberapa fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola dan pengunjung yang berwisata ke lokasi yang tidak jauh dari curug cigamea . Sebagai salah satu tempat wisata yang menggabungkan unsur alam dan wisata buatan manusia, ada beberapa fasilitas yang dibuat oleh pihak pengelola untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmasti oleh pengunjung di Curug Luhur.

  1. Anak Curug

Anak curug merupakan air terjun buatan yang dibuat oleh warga sekitar dan pihak pengelola. Lokasi anak curug ini tepat berada di sebelah kiri air terjun utama. Tujuan dibuatnya anak curug yaitu untuk mengurangi derasnya debit air dari air terjun induk. Selain itu, air terjun anak ini dijadikan sebagai tempat yang ramah dan aman pengunjung karena debit airnya tidak terlalu deras. Sehingga siapapun bisa bermain dibawah air terjun anak tersebut.

Pengunjung sangat tidak disarankan untuk memasuki kawasan air terjun utama. Alasannya karena kolam disekitar sana sangat dalam dan terdapat pusaran air. Siapapun yang nekat masuk ke area tersebut dapat dipastikan akan terbawa arus air. Himbauan ini telah di sosialisasikan oleh pihak pengelola dengan cara menempel beberapa papan pengumuman di beberapa titik lokasi. Pengunjung hanya tidak diperbolehkan untuk masuk ke kolam di air terjun utama.

  • Waterboom

Pihak pengelola wisata yang dekat dengan curug ngumpet Bogor ini menambahkan beberapa wahana untuk menarik wisatawan. Salah satunya yaitu wahana kolam renang dan waterboom. Kolam renang yang berada di lokasi wisata ini dibagi menjadi beberapa titik. Diantaranya ada kolam renang untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Kolam renang ini letaknya tidak begitu jauh dari lokasi air terjun utama. Sehingga wisatawan bisa berenang sembari menikmati panorama alam.

Selain itu, di area sekitar kolam renang juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Disana terdapat beberapa toilet umum yang kebersihannya cukup terjaga, kantin, ruang ganti pakaian yang dipisahkan antara laki-laki dan perempuan hingga beberapa titik tenda untuk bersantai. Anda bisa mengunjungi wisata alam sembari menikmati sejuknya air yang bersumber dari Gunung Salak di kolam renang sekaligus.

  • Tempat Menjaja Kuliner

Memanjakan wisatawan merupakan sebuah kewajiban bagi siapapun yang membuka ingin lokasi wisata. Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan, pihak pengelola wisata Curug Luhur yang berada di Kota Bogor salah satunya menyediakan tempat kuliner bagi pengunjung. Ketika pengunjung lelah sesudah mengitari area curug atau bahkan berenang, bisa mampir ke tempat jajanan yang berada di lokasi wisata.

Tempat ini menyediakan berbagai macam jenis kuliner, terutama kuliner khas daerah Sunda. Beberapa jajanan yang ditawarkan yaitu es kelapa muda, urap, lotek, bahkan makanan berat pun tersedia seperti nasi liwet, ayam bakar, dan sebagainya. Harga satu porsi makanan dan minuman yang dijual disana masih tergolong terjangkau. Biasanya harga rata-rata minuman sekitar Rp. 3000,00. Sedangkan harga makanan biasanya mulai dari Rp. 10.000,00.

  • Penjual Souvenir

Bagi anda yang terbiasa membeli oleh-oleh setiap habis berwisata, jangan khawatir ketika mengunjungi Curug Luhur. Tepat di dekat pintu keluar lokasi wisata, terdapat banyak penjual aneka souvenir yang bisa dijadikan sebagai kenangan atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berbagai macam souvenir dan pernak-pernik yang lucu dijual disana. Anda bisa membeli gantungan kunci, topi, bahkan pakaian yang semuanya memiliki tanda wisata Curug Luhur Bogor.

  • Tempat Penitipan Barang

Bagi pengunjung yang tidak mau membawa barang terlalu banyak ke lokasi wisata, pihak pengelola menyediakan tempat penitipan barang bagi pengunjung. Menitipkan beberapa barang ke petugas sangat disarankan terutama bagi pengunjung yang ingin naik untuk melihat curug secara langsung. Oleh karena perjalanan ke atas yang cukup terjal dan tidak dimungkinkan membawa barang yang banyak, sehingga lebih baik barang yang tidak diperlukan ditinggal.

Sistem penitipan barang ini hampir sama dengan penitipan yang berada di pusat perbelanjaan. Namun bedanya, penitipan barang di Curug Luhur ini berbayar untuk biaya asuransi jika kehilangan. Pengunjung yang menitipkan barang akan diberi kartu. Saat akan mengambil barang, kartu tersebut harus diserahkan sebagai bukti bahwa di loker tertentu ada barang milik anda. Ketika pengunjugn tidak dapat memperlihatkan kartu, maka barang hanya bisa diambil dengan cara tertentu.

Curug yang tidak jauh dari pemandian air panas ciparay ini berada di bawah kaki Gunung Salak Kota Bogor dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bagi anda yang memiliki waktu untuk berlibur. Selain lokasinya tidak terlalu jauh bagi masyarakat perkotaan, biayanya juga tidak terlalu mahal. Bagi masyarakat kota yang sudah merasa penat dengan rutinitas yang padat, tidak ada salahnya jika menyegarkan pikiran dengan mengunjungi tempat wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *