Keseruan Liburan di Taman Wisata Telaga Malimping Cigombong Bogor

Posted on

Telaga Malimping berada di salah satu desa di Kota Bogor, Jawa Barat. Letaknya tepat berada di Desa Malimping, Kecamatan Cigombong. Selain kaya akan cerita sejarahnya, Kota Bogor juga terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki destinasi wisata paling banyak, terutama destinasi wisata yang membaur dengan alam. Sebagai daerah yang dijuluki kota kota hujan, Bogor memiliki banyak kawasan yang nuansanya masih sangat asri dan terjaga.

Kawasan-kawasan inilah yang dimanfaatkan menjadi destinasi wisata oleh pemerintah daerah setempat. Banyaknya sumber mata air yang diperoleh langsung dari pegunungan, menjadikan Kota Bogor memiliki berbagai tempat yang terdapat curug atau air terjun, telaga, danau, dan panorama alam yang lainnya.

Berikut adalah beberapa informasi seputar wisata desa Malimping. Bagi anda yang sedang merencanakan trip ke Kota Bogor, bisa simak beberapa artikel dibawah ini.

Letak Telaga Yang Tidak Biasa

Kota Bogor dikenal sebagai kota yang memiliki banyak gunung berukuran cukup besar. Hal tersebut menjadikan hampir seluruh wilayah di Kota Bogor memiliki udara yang sejuk. Keadaan geografis yang bergunung-gunung tersebut dimanfaatkan pula oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk dijadikan sebagai tempat wisata, khususnya wisata alam. Salah satu wisata yang cukup terkenal yaitu Taman wisata Malimping.

Hampir semua wilayah pegunungan di Kota Bogor dijadikan tempat wisata atau tempat penelitian. Gunung yang terkenal akan kekayaan destinasi wisatanya yaitu Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango . Disana ada berbagai macam tempat wisata dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan. Kedua gunung tersebut letaknya bisa dikatakan berdampingan. Nah, wisata telaga ini berada di tengah-tengah kedua gunung tersebut. Bisa terbayangkan betapa indahnya, bukan?

Rute Perjalanan Yang Tidak Begitu Sulit

Akses jalan untuk menuju ke lokasi wisata cukup mudah. Jika anda berdomisili di darah Kota Bogor atau sekitarnya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Anda hanyan tinggal mengikuti rambu-rambu yang menjadi petunjuk arah untuk sampai ke lokasi wisata. Jarak tempuh dari Kota Bogor ke telaga bisa memakan waktu 1 hingga 2 jam perjalanan. Di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhkan hamparan perkebunan teh yang menyegarkan.

Bagi anda yang memulai perjalanan dari luar Kota Bogor, anda bisa menggunakan bus atau kereta. Pilih rute yang mengarah ke Kota Bogor. Setelah sampai di terminal atau stasiun, anda tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum yang tersedia disana. Biasanya banyak kendaraan yang menawarkan jasa untuk mengangkut wisatawan untuk sampai ke lokasi. Kendaraan yang disediakan pun ber-AC dan fasilitasnya cukup baik.

Berapa Harga Tiket Masuk Ke Telaga Malimping?

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini sangat murah. Per orang hanya diwajibkan membayar sebesar Rp. 2500,00 saja. Namun jika wisatawan ingin menaiki wahana yang berada di dalam lokasi wisata, mereka harus membayar lagi berdasarkan tarif yang sudah ditentukan. Harga yang ditentukan oleh pihak pengelola sangat ramah di kantong, yaitu hanya Rp. 10.000,00 hingga 20.000,00 saja per orang. Tarif tersebut telah termasuk biaya asuransi jika terjadi kecelakaan pengunjung.

Menghabiskan waktu libur di tempat wisata ini bisa dijadikan salah satu rekomendasi bagi anda yang sudah penat dengan aktifitas sehari-hari. Lokasi wisata yang luas ditambah dengan banyaknya wahana yang bisa dinikmati bersama, menjadikan sensasi tersendiri yang tidak bisa didapatkan di daerah perkotaan. Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini beramai-ramai. Anda bisa mengajak sanak keluarga atau teman-teman untuk menikmati kawasan indah nan asri ini.

Wahana Apa Saja Yang Tersedia Di Malimping?

Terdapat berbagai wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung di dalam lokasi wisata outbound ini . Wahana yang disediakan mayoritas hampir sama dengan tempat wisata lain. Namun ada hal yang membedakan, yaitu panorama dan pemandangan alam yang berupa kawasan kaki Gunung Salak dan Gede Pangrango terpampang di depan mata. Berikut adalah daftar wahana yang tersedia di lokasi wisata ini.

  1. Arung Jeram

Wahana arung jeram tersedia di wisata Malimping, Bogor. Pengunjung bisa menguji adrenalin dengan menaiki wahana arung jeram yang melintasi sungai kecil berbatu. Pengunjung yang ingin menaiki arung jeram dibatasi usianya demi keselamatan, yaitu hanya pengunjung berusia 18 tahun keatas yang diperbolehkan menaiki wahana ini.

  • Flying Fox

Siapa yang tidak tahu flying fox? Wahana ini merupakan salah satu sarana uji keberanian yang cukup terkenal. Pengunjung yang bisa menikmati wahana ini bisa mulai dari anak-anak minimal usia 12 tahun hingga orang dewasa. Hampir semua lokasi wisata memiliki waha yang satu ini, terlebih jika wisata tersebut menggabungkan unsur alam.

  • Kolam Renang

Kolam renang merupakan wahana bermain yang disukai oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Banyak aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan di kolam renang seperti bermain aneka games bahkan olahraga. Maka dari itu, demi memanjakan pengunjung pengelola wisata Telaga Malimping menyediakan wahana kolam renang. Siapapun boleh memasuki wahana itu, dengan catatan anak kecil harus dibawah pengawasan orang dewasa.

  • Mandi Bola

Wahana bermain yang satu ini sangat disukai oleh anak kecil, khususnya anak usia batita. Beberapa manfaat yang bisa didapat oleh anak ketika bermain mandi bola yaitu gerak motorik anak bisa lebih terlatih. Selain itu, anak juga bisa belajar bersosialisasi dengan orang lain sejak dini. Ketika bermain, anak harus tetap tidak boleh lepas dari pengawasan orang tua meskipun wahana yang disediakan aman.

  • Kebun Binatang Mini

Wisata yang terletak di Kampung Malimping ini tergolong sangat lengkap. Berbagai macam wahana bermain sampai kebun binatang mini pun disediakan oleh pihak pengelola. Semua usia boleh memasuki area kebun binatang ini. Di dalamnya pengunjung bisamelihat berbagai satwa berukuran kecil hingga sedang seperti macam-macam burung, reptil, ikan, dan lain sebagainya.

  • Pondok Kuliner

Rasanya tidak lengkap jika sebuah tempat wisata tidak dilengkapi dengan tempat kuliner. Untuk memanjakan pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan spot agar wisatawan dapat memanjakan lidah dengan makanan yang dijajakan di area wisata. Berbagai makanan dari mulai makanan ringan hingga makanan berat disediakan disana dengan harga yang terjangkau.

  • Hotel dan Ballroom Untuk Pertemuan

Selain berbagai macam wahana yang telah disebutkan diatas, Telaga Malimping juga dilengkapi dengan hotel dan ballroom. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di lembah antara Gunug Salak dan Gede Pangrango, bisa menyewa kamar di hotel ini. Selain itu, wisata ini juga menyediakan gedung serbaguna yang menyampurkan suasana alam dan moderen.

Telaga Malimping termasuk ke dalam jajaran wisata alam yang memiliki fungsi serbaguna dan harganya terjangkau. Selain bisa digunakan untuk area wisata, tempat tersebut juga bisa disewa untuk menggelar acara resepsi, tempat rapat, bahkan penginapan sekaligus. Pihak pengelola berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *