Misteri Koleksi Museum Perjuangan Bogor Wisata Yang Mendidik

Posted on

Museum Perjuangan Bogor didirikan sejak tahun 1958 lebih tepatnya pada tanggal 17 Maret, awal mula bangunan museum ini sebenarnya adalah rumah yang di tinggali oleh keluarga Belanda pada tahun 1879.

Ketika Belanda kalah perang dari Jepang maka rumah ini di jadikan sebagai markas tentara Nippon, kemudian bersamaan dengan merdekanya bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 rumah ini menjadi hak milik Indonesia yang kemudian di jadikan kantor BP3, kantor komite nasional dan juga di jadikan sebagai markas perjuangan.

Bangunan Museum Perjoangan Bogor ini suah ada dan didirikan sejak Indonesia belum merdeka, maka tidak heran jika bangunannya bergaya kuno dan masih tetap kokoh hingga sekarang. Sebelum di jadikan sebagai museum bangunan ini dulunya lebih di kenal dengan sebutan gedung Tjiekeumeuh.

Lokasi Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor terletak di jalan merdeka dengan no. 56, lebih tepatnya di kelurahan Cibogor, kecamatan Bogor Tengah, Jawa Barat. Akan sangat mudah bagi anda untuk menemukan museum perjuangan ini, ketika anda tidak tahu rute perjalanan pun akan dengan mudah menemukannya jika menggunakan maps.

Terdapat beberapa rute perjalanan yang dapat di tempuh oleh anda jika ingin berkunjung ke museum perjuangan Bogor ini, pertama jika anda dari arah terminal Baranagsiang maka perjalanan yang harus anda tempuh selanjutnya adalah dengan menaiki angkutan umum warna merah no.3, berbeda halnya ketika anda memualai perjalanan dari stasiun.

Ketika anda memulai perjalanan dari stasiun kereta Bogor, maka untuk menuju ke museum perjuangan Bogor anda bisa mencapainya dengan hanya berjalan kaki kurang lebih anda harus menempuh jarak sekitar 100 meter. Arah perjalanan anda di mulai dari stasiun kemudian jalan lurus hingga menemukan jembatan merah, kemudian ketika ada persimpangan belok kanan maka anda akan mendapati kokohnya museum perjuangan.

Koleksi Museum Perjoeangan Bogor

Terdapat banyak sekali peninggalan- peninggalan yang memiliki nilai sejarah tinggi tentunya seperti museum peta bogor, dengan mendatangi museum perjoeangan ini maka akan membuat siapa saja menjadi kembali mengenang sejarah dan juga melihat perjuangan para pahlawan pada masa itu. Adapun beberapa barang peninggalan yang terdapat di museum perjuangan rakyat Bogor, adalah sebagai berikut :

  1. Mesin Ketik Tua

Mesin ketik tersebut di simpan di museum perjuangan karena menjadi bagian dan saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan para penjajah, mesin tersebut juga dahulunya di gunakan untuk mengetik surat- surat yang beredar pada masa tersebut. Surat yang di keluarkan bisa berupa surat edaran ataupun pemberitahuan untuk perintah melakukan suatu tindakan.

  • Mata Uang VOC

Kita ketahui bersama bahwa penjajahan di Indonesia di lakukan oleh Belanda selama hampir tiga abad lamanya, maka tidak heran jika pada saat itu negara Indonesia menggunakan mata uang VOC yaitu sebuah organisasi perdagangan kala itu. Kemudian penggunaan uang tersebut di hentikan ketika Nippon menguasai negara Indonesia dan ketika merdeka Indonesia mencetak uang sendiri yang di sebut dengan mata Rupiah.

  • Diorama

Selain terdapat beberapa barang yang di gunakan pada masa perjuangan, di dalam museum perjuangan Bogor ini terdapat diorama yang menceritakan berbagai kejadian dan tentunya pertarungan sengit antara masyarakat Indonesia dengan para penjajah. Hal ini di buat untuk memberitahu pada generasi mendatang menegnai perjuangan para pahlawan terdahulu, sehingga generasi muda akan lebih memanfaatkan kemerdekaan Indonesia saat ini.

  • Baju Seragam

Terdapat pula berbagai macam baju seragam yang di gunakan para pejuang Indonesia ketika melawan para penjajah, maka dengan anda dating ke museum perjuangan ini selain untuk berlibur dan refreshing anda juga akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan mengenai sejarah perjuangan masyarakat Indonesia dalam memerdekakan negaranya pada waktu itu dari cengkraman para penjajah yang merugikan bangsa.

  • Senjata

Berbagai macam senjata yang di gunakan pada saat masa perjuangan juga di pamerkan, selain itu terdapat juga senjata – senjata yang di gunakan oleh para penjajah Jepang dan Belanda yang berhasil di rampas ketika pertempuran di lakukan pada peperangan tersebut. Dengan mengunjungi museum perjuangan ini di harapkan banyak masyarakat Indonesia yang lebih menghargai para pahlawan, salah satunya adalah mengisi hari setelah kemerdekaan dengan kegiatan yang positif.

Tiket Masuk Museum Perjuangan Bogor

Untuk anda yang belum tahu di kenakan biaya atau tidak jika berkunjung ke museum perjuangan ini, maka jawabannya adalah iya. Untuk memasuki museum perjuangan Bogor, maka anda akan di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk per orangnya. Harga tiket masuk ini sangatlah terjangkau sekali.

Dengan biaya tiket masuk yang terbilang sangatlah murah, anda akan mendapatkan banyak pengalaman serta pengetahuan yang belum tentu anda dapatkan ketika pergi berlibur di tempat lain. Mengisi waktu libur anda dengan pergi berkunjung ke museum merupakan suatu pilihan yang bijak dan patut di coba.

Museum ini juga sangat cocok di kunjungi oleh para siswa dan juga siswi ketika melakukan study tour, diharapkan dengan mendatangi museum ini para siswa dan siswi akan selalu mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan bangsa Indonesia ini, sehingga mereka tidak menyia- nyiakannya dan membuat Indonesia menjadi negara yang lebih maju lagi nantinya.

Kondisi Museum Perjuangan Bogor

Melihat kondisi museum perjuangan sekarang ini sangatlah tidak terurus, kemudian hal ini menyebabkan kurang minatnya masyarakat untuk pergi berkunjung ke museum tersebut. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor, pertama di karenakan kawasan Bogor sendiri memiliki banyak tempat wisata di bogor yang lebih menarik jika di jadikan tempat destinasi liburan bersama keluarga seperti ke kebun raya Bogor.

Factor ke dua yang menyebabkan museum ini sepi pengunjung adalah di karenakan pihak pengelola yang kurang bisa menjaga museum tersebut dan menarik perhatian para wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing untuk berkunjung. Oleh karena itu di harapkan museum perjuangan Bogor berbenah terlebih dahulu seperti di cat dan menambah berbagai fasilitas dan juga koleksi lainnya, hal ini di rasa akan ampuh untuk membuat para wisatawan berkunjung ke museum.

Buatlah suasana museum lebih terasa menyenangkan, sehingga dengan secara otomatis masyarakat akan berkunjung ke museum tersebut. Budaya masyarakat Indonesia juga perlu di ubah, seperti ketika mengisi waktu liburan tidak harus pergi ke tempat wisata akan lebih baik jika membawa keluarga dan anak pergi ke museum.

Terdapat banyak sekali museum di Indonesia selain museum perjuangan Bogor yang keadaannya kurang terawat, jika anda menginginkan liburan yang bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk memasukan museum ini ke daftar destinasi liburan di bogor anda selanjutnya. Dengan berlibur kesini maka anda akan mendapatkan banyak manfaat, selain refreshing anda juga akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai sejarah bangsa Indonesia dari beberapa peninggalan- peninggalan yang ada di museum perjuangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *