Menyusuri Rute Jalan Menuju ke Curug Cilember Cisarua Puncak Bogor

Posted on

Indonesia memiliki banyak sekali panorama alam yang sangat di kagumi oleh para wisatawan dalam negeri dan tentunya wisatawan mancanegara, terdapat banyak pilihan tempat wisata alam yang di sediakan mulai dari kepulauan Sabang sampai Merauke. Dari mulai gunung, pantai dan juga air terjun, salah satu tempatnya adalah Curug Cilember yang ada di Bogor.

Sekarang ini para wisatawan secara umum lebih menyukai tempat yang memiliki udara sejuk khas pegunungan tentunya di sertai dengan harga tiket masuk yang terjangkau, maka dari itu Curug Cilember merupakan pilihan lokasi wisata yang tepat untuk di kunjungi bersama keluarga ketika liburan tiba atau hanya untuk sekedar melepas penat setelah seminggu bekerja.

Jika anda ke Bogor hanya berkunjung ke puncak saja, maka kini Bogor juga memiliki curug yang patut anda ikut sertakan ke dalam daftar kunjungan di liburan anda tahun ini. Terdapat berbagai keistimewaan yang di miliki curug Cilember, salah satunya adalah air yang jernih dengan udara khas pegunungan.

Keistimewaan Curug Cilember

Selain memiliki letak lokasi yang strategis berada di Bogor, Curug Cilember ini juga tidak hanya memiliki satu curug melainkan memiliki 7 tingkatan curug dengan di sertai tingkat ktinggian dan volume air yang berbeda – beda antara satu curug dengan curug lainnya. Anda bisa mendatangi curug ini sekalian setelah melakukan liburan di puncak Bogor, maka tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati keindahaan curug Cilember.

Curug cilember yang pertama memiliki lokasi yang dekat dengan tempat pembelian tiket, maka wisatawan tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk menikmati keindahaannya. Akan tetapi curug pertama memiliki ketinggian yang sedang, tetapi jika anda ingin melihat curug yang tinggi dengan keindahan yang lebih mengagumkan maka anda harus berjalan lebih jauh lagi utuk menuju ke curug cilember 5 sampai dengan 7 tentunya di tempuh dengan menggunakan jalur yang cukup ekstrim.

Semakin tinggi tingkatan curug cilember, maka semakin tinggi pula tingkat kesulitan jalur yang harus di lalui oleh para wisatawan. Akan tetapi di karenakan tidak banya orang yang berkunjung ke sana maka curug cilember tingkatan tinggi memiliki suasana yang lebih alami dan tentunya mengagumkan, airnya juga sangatlah jernih lebih istimewa di bandingkan dengan curug yang terdapat di awal perjalanan.

Harga Tiket Masuk Ke Curug di Cisarua Bogor

Harga tiket masuk yang di tetapkan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke salah satu tempat wisata di puncak ini adalah Rp. 6.000 per orangnya, untuk anda yang membawa kendaraan roda empat maka akan di kenakan biaya tambahan sebesar Rp. 8.000 sedangkan untuk anda yang membawa kendaraan roda dua maka anda akan di kenakan biaya tambahan sebesar Rp. 4.000.

Untuk rute perjalanan yang dapat anda lalui ketika dari puncak Bogor, maka anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke curug tersebut hal ini tergantung pada kondisi serta keadaan jalan pada waktu itu.

Akan tetapi jika anda dating dari arah tol Ciawi, maka ketika anda sudah berada di kawasan Cisarua kemudian selanjutnya anda harus mengambil jalur kearah kiri. Jika anda merasa ke bingungan maka terus saja ikuti jalur tersebut hingga anda dapat melihat taman Matahari, ketika anda sudah sampai di taman matahari maka dapat di pastikan jaraknya sudah dekat dengan berjalan beberapa kilometer lagi anda akan sampai di curug cilember.

Fasilitas Yang Terdapat Di Curug di puncak Bogor

Jika anda berkunjung ke salah satu air terjun terindah di bogor ini, maka tidak perlu menghawatirkan berbagai macam hal. Di sini telah di sediakan secara lengkap berbagai hal untuk menunjang liburan anda agar terasa lebih menyenangkan. Adapun beberapa fasilitas yang di sediakan tersebut adalah :

  1. Tempat Menginap Di Curug Cilember

Jika anda menginginkan liburan yang antimainstream maka dapat di coba dengan menginap di curug Cilember ini, anda tidak perlu bersusah payah membawa segala peralatan dan perlengkapan untuk menginap karena semuanya telah tersedia oleh pihak penyelenggara. Anda hanya tinggal mempersiapkan budget sebesar mungkin untuk menyewanya.

Di curug cilember terdapat pondok yang sangat mewah, dengan ukuran yang luas terbagi atas 3 kamar tidur kemudian di lengkapi dengan kamar mandi, dapur dan juga tungku pemanas. Untuk menikmati semua fasilitas tersebut, maka anda akan di kenakan tariff sebesar Rp. 700.000 sampai dengan Rp. 900.000.

  • Tempat Kamping

Menggunakan fasilitas tempat menginap memang akan sangat nyaman sekali, tetapi juga akan menguras keuangan anda. Selain itu anda juga akan kurang bersentuhan dengan alam. Maka dari itu pihak pengelola juga menyediakan tempat berkemah bagi para wisatawan, tentunya dengan harga tiket yang lebih murah di bandingkan dengan penginapan.

Untuk bisa berkemah di curug cilember bogor ini, anda akan di kenakan biaya sebesar Rp. 30.000 per malam tentunya tidak ada fasilitas yang di berikan. Anda harus menyiapkan sendiri berbagai keperluan yang di butuhkan, jika anda tidak memiliki tenda maka tak perlu khawatir pihak pengelola juga menyewakan tenda dengan harga Rp. 125.000 per malamnya. Jika anda berkemah dengan jumlah anggota yang banyak maka dapat menyewa tenda dengan ukuran yang lebih besar, tentunya dengan harga sewa yang lebih mahal sekitar Rp. 350.000 per malam.

  • Taman Kupu- kupu

Selain dapat menikmati 7 tingkatan curug cilember, anda juga bisa melihat berbagai jenis kupu- kupu yang indah. Untuk memasuki taman kupu- kupu ini maka anda akan di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orangnya, ini merupakan harga tiket masuk yang sangat terjangkau sekali.

Dengan hanya membayar harga tiket masuk yang terjangkau tersebut, anda dapat menikmati dan juga melihat berbagai jenis kupu- kupu yang berada di tempat tersebut. Kupu- kupu di kumpulkan dalam satu jarring yang memiliki ukuran sangat besar, selain melihat- lihat anda juga akan mendapatkan berbagai penjelasan dari ahli mengenai kupu- kupu yang anda lihat.

  • Outbound

Pihak pengelola tempat wisata di bogor ini juga menyediakan outbond dan juga flying fox, ini merupakan salah satu cara menyenangkan yang perlu anda coba untuk bisa menikmati keindahan alam curug cilember yang tentunya dengan menggunkan cara yang antimainstream.

Dengan melakukan flying fox, anda dapat melihat keindahan alam curug cilembar dari atas ketinggian. Melihat betapa masih sangat alaminya wilayah tersebut di sertai dengan udara yang masih segar dengan pepohonan yang rindang dan suara air terjun yang mengalir. Dapat di pastikan ini merupakan cara terbaik untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga.

Ada beberapa mitos yang menyelimuti curug cilember Bogor ini, maka ketika berkunjung hendaknya anda harus sopan dan tidak boleh melanggar segala peraturan yang di buat oleh pihak pengelola. Kemudian carilah informasi mengenai jadwal tutup buka jalan untuk kendaraan.

Di karenakan biasanya selama liburan jalan menuju ke air terjun itu di adakan peraturan tersebut, siapkan tenaga sebelum ke curug karena anda akan berjalan kaki beberapa kilometer untuk mencapai curug cilember tingkat 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *