Keindahan Trek Pendakian Gunung Munara Rumpin Parung

Posted on

Gunung Munara merupakan salah satu tempat wisata yang patut dan wajib anda kunjungi, jika anda merupakan seseorang yang sangat mencintai alam dan pegunungan maka dengan mendatangi gunung munara ini adalah sebuah pilihan yang sangat tepat dan juga bijak. Apalagi bagi anda masyarakat ibukota, jika ingin merasakan udara sejuk khas pegunungan di sinilah tempatnya.

Untuk mencapai puncak gunung Munara ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dengan melakukan hiking, naik ke puncak gunung munara patut untuk di coba pada hari libur minggu ini. Atau bagi anda yang ingin merasakan hiking naik ke gunung namun tidak memiliki cukup waktu, gunung munara dapat menjadi solusi untuk menyalurkan hobi anda tersebut.

Trek perjalanan menuju puncak gunung termasuk sangat mudah, tidak banyak halang rintangnya. Walaupun begitu, ketika anda sudah sampai di puncak gunung akan melihat pemandangan yang begitu menakjubkan tidak kalah dengan sensasi mendaki gunung yang lebih tinggi lainnya seperti gunung gede ataupun Galunggung.

Lokasi Wisata Situs Gunung Munara Bogor

Selain dapat melihat pemandangan dari atas bukit gunung di parung ini, di sana juga terdapat sebuah goa yang di yakini sebagai tempat bersemedinya Soekarno. Selain goa tersebut terdapat juga goa lainnya, seperti goa batu belah, batu menara adzan dan juga batu tapak kabayan.

Bogor merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan liburan kebanyakan masyarakat, untuk anda yang belum mengetahui seluk beluk kota Bogor ini maka tidak perlu khawatir karena lokasi gunung Munara sangat mudah di temukan, gunung Munara ini lebih tepatnya berlokasi di kampung Sawah kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor.

Terdapat berbagai macam rute perjalanan yang dapat di lakukan untuk dapat sampai ke gunung Munara ini. ketika anda dating dari arah Depok maka rute perjalanan yang harus anda lakukan pertama kali adalah dari arah margonda belok kanan, temukan jalan raya sawangan lurus ikutin jalan tersebut dan temukan pertigaan Bojong sari belok kiri dan temukanlah Kampung Sawah.

Harga Tiket Masuk Gunung Rumpin Bogor

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan kota bogor dari atas bukit, maka anda akan di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orangnya. Selain itu anda juga akan di kenakan biaya parker kendaraan, untuk kendaraan roda empat maka anda akan di kenakan biaya sebesar Rp. 10.000 berbeda halnya dengan kendaraan roda dua akan di kenakan biaya parker sebesar Rp. 5.000 per orangnya.

Dengan harga tiket yang hanya sebesar Rp. 5.000 per orangnya itu sangatlah terjangkau, karena gunung munara sendiri bukan hanya tempat wisata hiking biasa. Gunung ini juga di jadikan sebagai tempat peziarahan. Kita ketahui sendiri bahwa terdapat banyak petilsan-petilasan dan goa-goa terutama tempat bersemedi presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno.

Tidak hanya pada hari- hari biasa, ketika hari penting tiba contohnya hari peringatan imlek akan banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke gunung munara ini. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai akses jalur menuju puncak gunung munara karena sudah di persiapkan se efisien mungkin demi kenymanan para pengunjung, tidak hanya itu di jalan menuju puncak gunung juga terdapat spot yang di peruntukan mengabadikan momen anda bersama keluarga.

Keistimewaan Yang Terdapat Di Gunung dekat Parung Bogor

Terdapat beberapa keistimewaan yang di miliki gunung munara jika di bandingkan ketika anda menggunakan waktu berlibur untuk mendatangi tempat wisata lainnya yang terdapat di Bogor, ini merupakan nilai plus tersendiri yang akan membuat anda semakin yakin untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga ataupun teman ke gunung Munara, adapun beberapa keistimewaannya adalah sebagai berikut :

  1. Gunung Tidak Terlalu Tinggi

Berbeda halnya ketika anda akan mendaki gunung lainnya yang ada di Indonesia, untuk mendaki gunung munara ini anda tidak perlu mempersiapkan logistic yang berlebihan dan banyak untuk kelangsungan hidup beberapa hari di gunung. Karena untuk menaklukan puncak gunung munara anda hanya akan membutuhkan waktu 1 jam saja.

Maka gunung munara ini merupakan salah satu solusi alternative yang tepat bagi anda yang belum berpengalaman naik ke puncak gunung dengan ketinggian lebih dari 2000 mdpl yang membutuhkan waktu berhari- hari untuk mendakinya, selain itu gunung ini cocok juga bagi anda yang ingin melakukan hiking di saat padatnya jam kerja.

  • Terdapat Goa-Goa

Selain dapat berlatih mendaki gunung bagi para pemula, di sini juga terdapat beberapa goa yang salah satunya pernah menjadi tempat untuk bersemedinya presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Maka dengan berkunjung ke sini anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti pengetahuan sejarah, sehat karena melakukan hiking dan juga menghirup udara segar khas pegunungan.

Jalur yang akan di tempuh dalam perjalanan menuju puncak gunung juga sangatlah mudah, namun tetap anda harus waspada dan juga hati-hati di karenakan jalur yang di lalui memiliki tingkat kemiringan yang cukup bisa membuat seseorang tergelincir dan mengalami kecelakaan jika tidak berhati-hati.

  • Tempat Yang Bagus untuk Berfoto- foto

Zaman sekarang masyarakat memiliki kecenderungan untuk memfoto apa saja yang di anggap aestetik, maka dengan berkunjung ke gunung munara ini merupakan pilihan yang tepat karena di sini terdapat banyak sekali spot foto yang dapat di jadikan background dari mulai tebing- tebing yang ada di jalur pendakian, hingga pemandangan serta kabut yang terdapat di puncak gunung.

Ketika sampai di puncak anda akan dapat melihat pemandangan yang indah tentunya sangat patut untuk di abadikan, selain itu anda dapat berfoto dengan mendaki gunung munara ini badan akan lebih sehat serta bugar, namun anda tidak akan mengganggu aktivitas pekerjaan karena waktu yang di butuhkan untuk mendaki gunung ini lebih singkat jika di bandingkan dengan endaki gunung lainnya.

  • Terdapat Berbagai Fasilitas Umum

Seperti halnya tempat wisata lain, gunung munara juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang telah di sediakan oleh pihak pengelola dari mulai mushola, toilet dan juga tempat parkir. Di sekitar gunung ini juga terdapat para penjual yang menjajakan makanannya, anda tidak perlu merasa khawatir akan rasa kelaparan yang melanda setelah selesai muncak karena para pedagang akan selalu siap menyajikan dagangannya.

Dengan semakin di kenalnya wisata gunung munara ini maka sangat berpengaruh positif sekali terhadap pergerakan perekonomian masyarakat yang semakin membaik, banyak sekali masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan cara mencari nafkah melalui gunung munara seperti halnya berjualan, membuka lahan parkir ataupun menyediakan toilet bagi para pendaki.

Gunung munara merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib anda masukan ke dalam list tempat yang harus anda kunjungi di kala libur ataupun waktu senggang, selain berlibur anda juga akan mendapatkan pengalaman mendaki gunung dan hal ini tentunya akan membuat tubuh anda lebih sehat.

2 thoughts on “Keindahan Trek Pendakian Gunung Munara Rumpin Parung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *