Objek Wisata Alam Panorama Pabangbong Leuwiliang

Posted on

Di era yang semakin maju ini telah banyak tersebar obyek wisata di negara kita. Seperti yang anda ketahui bahwa obyek wisata terbagi menjadi dua yaitu alam dan buatan. Dewasa ini, masyarakat Indonesia lebih senang untuk mendatangi atau berlibur ke obyek wisata alam.

Obyek wisata alam dinilai lebih worth it atau menguntungkan daripada obyek wisata buatan. Salah satu obyek wisata alam yang sedang hits yaitu Pabangbong. Panorama Pabangbon memang sudah perlu diragukan lagi keindahanya.

Memang tidak perlu diragukan lagi, negara Indonesia memiliki potensi dan keindahan alam yang luar biasa tidak terkecuali obyek wisata pabangbon. Obyek wisata alam ini masih terbilang baru karena diresmikan pada tahun 2016 silam. Nah untuk anda yang butuh referensi atau wawasan tentang obyek wisata alam leuwiliang, dibawah ini akan menjelaskan beberapa uraian lengkapnya.

Sejarah singkat destinasi wisata alam Pabangbong di Bogor

Sebelum mendatangi atau mengunjungi suatu tempat tentunya kita harus mengetahui sejarah dari tempat tersebut. Obyek wisata alam pabangbong sebenarnya terbentuk dari pemikiran warga desa sekitar. Pada awalnya banyak orang atau penduduk lokal yang mengunjungi daerah tersebut hanya untuk sekedar berfoto foto saja. Memang Panorama Pabangbong membuat warga penasaran untuk mengunjunginya. Di daerah Pabangbon sendiri memang dataran tinggi seperti bukit yang ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan tinggi seperti pohon pinus.

Akibat dari banyaknya orang yang mengunjungi daerah leuwiliang untuk berfoto foto karena keindahan alamnya, akhirnya warga desa sekitar berinisiatif untuk membuka obyek wisata baru yang bertemakan alam. Obyek wisata Pabangbong sendiri dibangun atas swadaya masyarakat dan bantuan dari beberapa pihak sponsor. Pabangbon sendiri juga dikelola oleh masyarakat desa sekitar. Obyek wisata baru ini juga mengurangi tingkat pengangguran di wilayah tersebut.

Letak Tempat Wisata di Bogor Pabangbong

Destinasi alam selfie ini terletak di Desa Pabangbong Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Obyek wisata ini jaraknya cukup jauh dari pusat kota Bogor. Anda harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer dari kota Bogor yang harus dihabiskan dalam waktu kurang lebih 90 menit.

Sedangkan dari pusat Kecamatan Leuwiliang anda juga harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer dan harus melewati jalan yang cukup berliku dan menanjak. Anda juga tidak perlu khawatir tersesat karena sudah banyak petunjuk arah. Atau anda juga dapat bertanya kepada masyarakat sekitar jalan mana yang tepat untuk dapat menikmati Rumah pohon Pabangbon.

Rute Dan Akses Untuk Menuju Obyek Wisata Alam Pabangbong Leuwiliang

Untuk bisa menikmati keindahan obyek wisata alam Pabangbong, anda tentunya harus mengetahui rute dan akses untuk menuju ke tempat tersebut. Bagi anda yang berasal dari pusat kota Bogor, anda harus menuju Jalan Raya Dermaga. Jika melewati Jalan Raya Dermaga anda perlu sedikit bersabar karena jalan raya ini merupakan jalan nasional yang sering sekali macet.

Setelah menyusuri Jalan Raya Dermaga anda akan menjumpai pertigaan yang bernama Kracak. Jika sudah menemukan pertigaan Kracak anda harus belok kiri dan lurus terus sampai menemukan jalan bercabang.Apabila sudah menemukan jalur bercabang, anda harus belok kanan dimana jalan tersebut terdapat SMP 4 Leuwiliang yang mana jalur tersebut merupakan rute untuk menuju obyek wisata alam Pabangbong.

Untuk aksesnya sendiri anda tidak perlu khawatir karena jalan raya untuk menuju desa Pabangbong sudah halus dan diaspal. Namun untuk menuju ke desa pabangbon para pengunjung harus melewati jalan raya yang menanjak dan cukup terjal. Hal ini dikarenakan obyek wisata pabangbong terletak di ketinggian 700 meter.

Tiket Masuk Rumah Pohon Pabangbon Di Bogor

Untuk dapat menikmati panorama pabangbong para pengunjung harus membayar tiket masuk. Tiket masuk salah satu destinasi alam di kota Bogor ini yaitu 5000 rupiah saja untuk per orangnya. Sedangkan biaya untuk parkir hanya 10.000 rupiah saja per unit kendaraanya. Harga yang cukup murah tentunya untuk ukuran obyek wisata alam yang memiliki keindahan luar biasa.

Pastinya para pembaca bertanya tanya mengapa tiket masuk destinasi wisata Pabangbong sangatlah terjangkau. Hal ini dikarenakan Pabangbong dikelola oleh masyarakat sekitar. Jadi biaya tiket masuk tersebut hanya digunakan untuk keperluan fasilitas yang ada disana.

Beberapa Spot Foto Di Obyek Wisata Alam Pabangbong, Bogor, Jawa Barat

Setelah mengetahui beberapa penjelasan uraian diatas seperti sejarah, letak, rute dan akses serta tiket masuk di Rumah Pohon Pabangbon, sekarang waktunya anda mengetahui apa saja spot foto yang epic di obyek wisata alam ini. Lets check it!

  1. Rumah pohon

Salah satu spot foto yang paling terkenal dan dicari cari oleh para pengunjung adalah rumah pohon. Spot foto rumah pohon sendiri dibuat oleh para warga sekitar dikarenakan pada saat ini sedang tenar berfoto atau berselfie di rumah pohon. Rumah pohon ini juga dibuat pada barisan pohon pohon yang menjulang tinggi. Jadi anda harus menaiki beberapa anak tangga untuk bisa sampai diatas.

Diatas rumah pohon anda dapat melihat keindahan alam pabangbong yang menakjubkan. Mulai dari pohon pohon hijau yang menjulang tinggi serta pemandangan padatnya kota bogor dari atas.

Di atas rumah pohon anda juga akan merasakan hawa yang cukup sejuk karena memang desa atau obyek wisata pabangbong berada pada ketinggian 700 meter. Namun yang perlu diingat rumah pohon hanya dapat dikunjungi maksimal oleh 3 orang saja. Jadi anda harus bergantian jika ingin menaikinya.

  • Ayunan gantung

Yang tak kalah menariknya dari rumah pohon adalah ayunan gantung. Ayunan gantung ini bukan sembarang ayunan, namun ayunan yang digantung pada pohon yang tinggi. Jadi jika anda berfoto pada saat menaiki ayunan tersebut anda akan terasa seperti menggantung di ketinggian.

Namun tenanang, keamanan dari ayunan ini sangatlah terjaga, karena dibawah ayunan ini telah ada papan atau pijakan yang lebar dan kuat. Tak hanya itu, spot foto ini juga dijaga oleh petugas sekitar agar para pengunjung terjamin keslamatannya.

  • Spot foto berbentuk kupu kupu

Satu lagi wahana atau spot foto yang terkenal di rumah pohon pabangbon yaitu spot foto berbentuk kupu kupu. Anda harus melewati jembatan yang memanjang untuk sampai di spot foto ini. Jika para pengunjung berfoto di tempat ini hamparan hutan dan perbukitan kota Bogor dan sekitarnya akan terpampang nyata di belakang foto pengunjung.

Tak jarang awan di langit juga berbentuk yang menambah keindahan hasil jepretan foto. Untuk menghasilkan foto yang epic para pengunjung perlu menentukan angel atau posisi yang tepat. Sebagai saran, para pengunjung sebaiknya data ke obyek wisata alam ini pada saat hari sedang cerah agar tidak tertutup kabut. lihat juga gunung munara yang lokasinya tidak jauh dari sini.

Penjelasan diatas mengenai beberapa uraian lengkap tentang keindahan atau Pesona Pabangbong di Bogor semoga dapat menambah wawasan para pembaca. Sebaiknya pada musin penghujan anda jangan mengunjungi tempat ini karena licin dan rawan banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *