Selfie Seru dengan Pemandangan Danau Quarry Jayamix Cigudeg Bogor

Posted on

Danau jayamix parung bogor adalah salah satu kekayaan alam yang sangat indah. Tak heran jika pariwisata di Indonesia berkembang dengan pesat. Wisatawan domestik maupun mancanegara berduyun-duyun mendatangi tempat wisata. Berbagai daerah memiliki ciri khas alam tersendiri, termasuk Kota Bogor. Bogor menawarkan berbagai macam wisata alam dengan pemandangan menawan.

Tak semua wisata alam di Bogor merupakan wisata yang bersifat alami atau wisata buatan. Salah satu wisata yang terbentuk tanpa adanya unsure perencanaan adalah danau biru jayamix. Dengan warna airnya yang unik dan lingkungan sekitar yang masih alami, Danau ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan destinasi liburan.

Anda penasaran bagaimana asal mula dan seluk beluk mengenai danau unik ini? Mari simak ulasan berikut ini.

Sejarah Munculnya Danau Quarry Jayamix Bogor

Lokasi Danau Jayamix Bogor ini awalnya adalah lokasi pertambangan milik PT Jayamix. Di area tersebut digali untuk penambangan pasir dan batu. Namun, setelah mencapai kedalaman 40 meter, ditemukan mata air sehingga proses pertambangan dihentikan secara total untuk menghindari adanya korban jiwa dan hal lain yang tidak di inginkan.

Setelah dibiarkan beberapa lama dan tak digunakan, cekungan berkas pertambangan tersebut terisi dengan air hujan. Uniknya, air yang berada di cekungan tersebut berwarna kehijauan. Hijaunya air dipadu dengan tebing sehingga memunculkan panorama yang sangat indah. Gabungan keduanya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Namun, untuk menjaga keamanan, pengunjung dilarang berenang di danau ini. Selain dalam, air danau juga dikhawatirkan terkontaminasi dengan bekas pertambangan. Kedalaman danau diperkirakan berkisar 27 meter. Jika Anda tertarik untuk mencoba bebek air di danau, berhati-hatilah dan gunakan alat pengaman. Di area danau tidak disediakan ruang ganti karena tidak diperkenankan untuk bermain air.

Harga Tiket Masuk ke Danau Jayamix Parung

Pengelolaan Danau ini dipegang sepenuhnya oleh warga setempat. Biaya yang perlu Anda siapkan untuk menikmati liburan di danau.Harga tiket masuk ke danau adalah Rp10.000. Sedangkan untuk karcis parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp2.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp5.000.

Akses Menuju ke Danau bekas tambang pasir bogor

Wisata yang berbasis alam biasanya terdapat di lokasi yang cukup susah dijangkau karena medannya berat. Begitu pula dengan akses ke Danau di rumpin ini. Jalanan menuju ke danau belum diaspal. Hal ini mengakibatkan jalanan menjadi sangat berdebu saat kemarau dan becek saat musim hujan tiba. Jalanan menuju ke danau merupakan jalanan pertambangan sehingga kerap dilalui kendaraan berat. Tak heran jika ada beberapa lubang di jalanan.

Jika Anda bermaksud mengunjungi danau, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan ojek. Dari Pasar Parung lurus terus hingga Pertigaan Rumpin. Setelah sampai di pertigaan Rumpin, ambil kanan kearah BDK-Bogor melalui Gunung Munara. Rute ke danau memang searah dengan Gunung Munara. Apabila Anda sudah mengetahui rute menuju Gunung Munara , maka Anda takkan kesulitan dalam mencari jalan ke danau. Setelah itu, lurus terus hingga menemukan plang yang bertuliskan PT Lotus SG Lestari.

Setelah melewari area plang, Anda akan menemukan perkampungan yang cukup sepi dengan jalanan yang sempit. Lewati terus perkampungan tersebut. Itu tandanya Anda semakin dekat dengan lokasi danau.

Tips Berlibur di Danau Quarry Jayamix

Keunikan danau satu ini memang jarang ditemui di danau alami lainnya. Sekilas, danau ini mirip dengan Danau Kelimutu. Airnya yang berwana hijau, tebing yang kokoh, hamparan ilalang serta pepohonan semakin menyempurnakan panorama di danau di parung itu. Ada beberap ahal yang perlu Anda perhatikan agar kunjungan ke Danau biru terasa menyenangkan. Tentunya hal-hal dibawah ini bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Berikut adalah tips khusus untuk Anda.

  1. Menyiapkan Kendaraan

Karena medan ke danau cukup berat, maka Anda perlu menyiapkan kendaraan dengan sebaik-baiknya. Periksa keadaan kendaraan Anda, baik mesin ataupun ban. Isilah bahan bakar sampai penuh untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Di jalanan menuju danau jarang ditemui penjual bensin serta bengkel sehingga pastikan kendaraan benar-benar dalam kondisi bagus.

  • Membawa Payung atau Jas Hujan

Sebagai kota yang dikenal dengan sebutan Kota Hujan, ada baiknya melakukan pencegahan sedari awal. Bawalah payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga. Berwisata ke danau merupakan sebuah petualangan alam sehingga Anda akan jarang menemui bangunan yang dapat digunakan untuk berteduh. Terkadang, hujan turun dengan tiba-tiba dan dalam durasi lama serta cukup deras.

  • Jangan Malu Bertanya

Jika Anda tersesat, jangan sungkan bertanya pada warga setempat yang ada di lokasi. Warga setempat pun bisa menjadi sumber informasi apa bila Anda penasaran dengan danau yang unik ini. Warga local terbilang ramah terhadap pengunjung sehingga Anda tak perlu khawatir dalam berkomunikasi dengan mereka.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan

Pengelolaan Danau Quary Jayamix masih diatur oleh warga setempat sehingga tenaganya masih terbatas. Oleh karena itu, setiap pengunjung diharapkan partisipasinya dalam menjaga kebersihan area danau. Hindari membuang sampah sembarangan apalagi mencoret baik di batu maupun batang pohon. Jagalah kelestariannya agar danau ini dapat dinikmati generasi selanjutnya.

  • Membawa Kamera

Dengan panorama yang indah ini, tentunya tak bias dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan dalam foto. Sebaiknya Anda menyiapkan alat untuk memotret, baik menggunakan kamera ataupun ponsel. Disana tidak ada orang yang menawarkan jasa pemotretan sehingga Anda harus menyiapkannya sendiri. Untuk berjaga-jaga, silahkan membawa tongsis atau tripod agar pemotretan lebih mudah dan hasil foto lebih optimal.

Alternatif Penginapan di Sekitar Danau Quarry Jayamix

Anda ingin merasakan suasana ketenangan nan indah di Danau Quarry Jayamix lebih lama? Anda bisa datang bersama dengan rombongan lalu berkemah di sekitar lokasi. Karena pihak pengelola tidak menyediakan perlengkapan kemah, sebaiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Namun, jika Anda tak ingin repot menyiapkan perbekalan, Anda bisa menggunakan fasilitas penginapan yang nyaman.

Ada beberapa penginapan yang direkomendasikan, antara lain Hotel Salak The Heritage , Aston Bogor Hotel and Resort serta Rancamaya Golf and Country Club. Hotel Salak The Heritage merupakan hotel bintang 4 yang terletak di Bogor dan berjarak sekitar 1 jam dari danau. Ada 120 kamar di hotel ini. Sedangkan hotel Aston cukup jauh dari danau dengan durasi tempuh sekitar 2 jam dari danau. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, antara lain 123 kamar terbaik, sarana spa, ruang olahraga, dan kolam renang.

Pilihan selanjutnya adalah Rancamaya Golf and Country Club, yakni hotel berbintang 4 dengan kamar yang luas serta kolam renang. Pelayanan yang ditawarkan pun sangat baik. Hotel ini dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 2 jam dari Danau di bogor tersebut. Setiap hotel memiliki keunggulan masing-masing. Silahkan dipilih berdasarkan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *