Kawasan Wisata Alam Danau Situ Gede Cifor Bogor

Posted on

Jika Anda berlibur di kawasan Kota Bogor, tempat apa yang akan Anda kunjungi? Kota Bogor menyimpan sejuta pesona alam maupun bangunan bersejarah yang patut di kunjungi.Salah satu pesona alam yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan adalah Danau Cifor. Danau ini berada di tepi hutan penelitian yang dikelola oleh Badan Litbang Kehutanan IPB. Tak heran, suasana danau sangat sejuk karena masih berada di dekat hutan.

Situ Gede kerap disebut sebagai Danau Situ Agung oleh masyarakat setempat. Danau seluas 6 hektar ini memiliki kedalaman hingga 6 meter. Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota sehingga Anda tak perlu menempuh perjalanan lama untuk melihat kecantikan Danau yang dekat dengan dramaga ini. Dengan aksesnya yang cukup mudah, Situ Gede Bogor menjadi rekomendasi bagi Anda yang tidak ingin pergi terlalu jauh untuk liburan singkat.

Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, danau ini merupakan kawasan penyimpanan air untuk pengairan sawah di sekitar danau. Air tersebut kemudian disalurkan ke sawah sekitar sungai. Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil seluas 1 hektar. Ada makam tokoh adat di pulau tersebut. Pada jaman dahulu, beliau merupakan tokoh agama yang disegani oleh masyarakat. Beliau juga merupakan penguasa wilayah tersebut sehingga hingga kini makan tersebut dianggap sakral oleh masyarakat. Danau ini telah diresmikan sebagai ikon Kota Bogor.

Di Situ Gede Bogor banyak ikan. Berbagai pihak kerap mengisi benih ikan, misalnya dari dinas perikanan atau dari Kampus IPB. Ada beberapa jenis ikan yang ada di danau, antara lain ikan mas, ikan tawas, ikan nila dan masih banyak yang lainnya. Tak heran jika Situgede Bogor menjadi lokasi favorit bagi para pemancing. Anda bisa melihat banyak orang yang berada di pinggiran danau dengan alat pancing. Pada akhir pekan, jumlah orang yang memancing biasanya lebih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Setu Gede

Harga tiket masuk ke kawasan Danau Cifor terbilang sangat murah. Untuk anak-anak hanya perlu membayar sebesar Rp2.000, sedangkan untuk dewasa sebesar Rp4.000. Tarif karcis parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp2.000. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola antara lain taman, gazebo, masjid, area parkir, area perkemahan, dan toilet. Bagi Anda yang menyukai olahraga, ada kawasan jalan yang bias digunakan untuk jogging. Anda bisa melakukan jogging di sekeliling danau.

Ada pula berbagai macam kios yang menyajikan makanan khas perairan. Anda bisa memilih aneka sajian ikan yang tentunya akan memanjakan lidah. Sembari menikmati hidangan lezat, tentu saja Anda bisa melihat pemandangan danau. Jika Anda sudah membawa bekal, Anda bisa menikmati hidangan di gazebo atau menghamparkan tikar di rerumputan.

Jika Anda ingin mengelilingi danau, Anda bisa menaiki perahu bebek yang disediakan oleh pengelola Situ Gede Bogor. Satu perahu bebek bisa menampung 4 orang. Biaya sewa perahu bebek adalah Rp15.000 untuk durasi 20 menit.Anda juga bisa menaiki perahu kayuh. Perahu kayuh dapat menampung penumpang lebih banyak lagi.Tarif perahu kayuh adalah Rp30.000 untuk 30 menit. Baik perahu kayuh maupun perahu bebek tidak dilengkapi dengan mesin sehingga Anda harus mengayuh agar perahu dapat bergerak dengan baik.

Akses Menuju ke Danau Cifor

Akses menuju ke danau terbilang mudah karena dekat dengan pusat kota. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalan di samping terminal Bubulak. Ikuti jalan tersebut hingga melewati bagian belakang kampus IPB. Anda tak perlu khawatir tersesat karena ada petunjuk jalan di pinggir jalan.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan angkot dengan jurusan SBJ atau Sindang Barang Jero. Setelah itu turun di Situ Gede. Angkot lain yang dapat Anda gunakan adalah angkot dengan nomor 03, yakni jurusan Baranangsiang – Bubulak yang berangkat dari terminal Baranangsiang. Setelah itu, Anda bias menaiki angkot terusan atau menggunakan ojek.

Anda harus sedikit bersabar karena kerap terjebak dengan kemacetan. Meskipun jaraknya dekat, jika kemacetan sedang cukup parah maka waktu perjalanan menjadi cukup lama. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan ojek yang lebih cepat sampai di tujuan. Namun, segala kelelahan akan terbayar setelah Anda sampai di lokasi Situ Gede Cifor.

Tips Berkunjung ke Situ Gede Bogor

Kawasan danau ini merupakan pilihan wisata bagi berbagai kalangan. Tak heran, lokasi ini selalu ramai kunjungan, baik di hari biasa maupun hari libur. Tentunya Anda menginginkan liburan Anda di Danau Situ Gede berjalan dengan menyenangkan meskipun dalam waktu singkat. Dibawah ini akan dibahas beberapa tips untuk berlibur di Situ Gede Bogor.

  1. Membawa Bekal

Membawa bekal sendiri ke area wisata merupakan hal yang menyenangkan. Bekal yang disiapkan tak harus berupa makanan berat. Anda bisa membawa minuman dan makanan ringan untuk dinikmati sambil bersantai di area danau. Namun, jika Anda tak ingin repot, Anda bisa membeli dagangan yang ditawarkan di kios sekitar danau.

  • Menjaga Kebersihan

Sebagai area wisata alam yang akan diwariskan ke generasi mendatang, tentunya kita harus turut serta menjaga kebersihan kawasan wisata tersebut. Buanglah sampah di tempat yang telah disediakan oleh pengelola. Hindari pula mencoret-coret segala fasilitas yang ada di lokasi. Tanaman yang ada di lokasi pun harus turut dijaga, jangan sampai terinjak-injak ataupun dicabut.

Situ Gede Bogor merupakan penyeimbang ekosistem di kawasan tersebut. Danau sangat berperan besar bagi masyarakat setempat serta hutan di sekelilingnya. Masyarakat sangat menggantungkan hidupnya pada danau, baik untuk keperluan pengairan, budidaya ikan ataupun yang lainnya. Keasrian kawasan hutan serta keindahan danau merupakan daya tarik utama sehingga semua harus turut serta dalam menjaganya.

  • Berhati-Hati

Ada sebuah hutan di dekat danau, yakni Hutan Penelitian Dramaga. Ada berbagai pohon besar yang menjulang tinggi di kawasan ini. Kondisinya terawat dengan sangat baik. Hutan ini boleh dimasuki oleh semua pengunjung. Ada jalan setapak yang sengaja di buat untuk menyusuri hutan dengan mudah dan tanpa tersesat. Berhati-hatilah saat menyusuri jalanan ini karena masih banyak ular tanah.

  • Membawa Kamera

Ada berbagai macam spot menarik di Situ Gede Bogor. Panorama alam yang indah, kawasan hutan yang masih asri dengan segala macam pepohonan, rusa, perahu yang sedang mengelilingi danau dan segala macamnya. Anda juga bias menikmati momen matahari tenggelam yang indah dengan semburat merah di langit.

Danau di bogor ini pun memiliki penangkaran rusa di salah satu hutan Dramaga. Meskipun antara pengunjung dan kawanan rusa terdapat pagar pembatas, Anda bias bercengkrama dan memberi makan rusa. Anda bisa memberi makan dengan dedaunan yang ada di sekitar penangkaran. Dimohon untuk tidak asal dalam memberikan makan karena dapat menyebabkan keracunan pada rusa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *