Wisata Kebun Buah Daerah Bogor di Taman Wisata Mekarsari

Posted on

Kota Bogor merupakan salah satu destinasi wisata favorit, baik untuk penduduk daerah sekitar maupun yang jauh. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya wisata yang berada di Kota Bogor. Salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi saat di Bogor adalah wahana mekarsari yang terletak di Jalan Cileungisi-Jonggol KM 3. Taman ini menjadi destinasi liburan yang bertema perkebunan. Ada berbagai macam koleksi tanaman di dalam taman tersebut. Tak heran jika kerap disebut sebagai taman terbesar dengan koleksi terlengkap di dunia.

Pada awalnya paket wisata mekarsari diinisiasi oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1990. Kemudian taman resmi dibuka untuk umum pada tahun 1995. Konsep awal dari Taman Mekarsari adalah sebagai tempat konservasi tumbuhan. Seiring berkembangnya waktu, Kebun Mekarsari berkembang menjadi area konservasi, reboisasi, rekreasi serta edukasi. Pada tahun 2013 tempatnya bulan Agustus, lokasi taman ditutup untuk umum karena direnovasi. Taman kembali dibuka pada tahun 2014 dengan penambahan beberapa fasilitas.

Dengan luas 264 hektar, ada 1.470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon di kawasan Taman Wisata Mekarsari. Tanaman yang ada mencakup tanaman biofarmaka, tanaman rempah, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman pelindung dan tanaman industri. Ada pula laboratorium yang digunakan untuk menyilangkan varietas tumbuhan. Persilangan yang sudah dilakukan menghasilkan jambu air irung petruk, jambu air cengkeh, nenas arnis, jambu air toon klow dan Barbados cherry. Ada pula persalangan buah cempedak dan nangakan yang diberi nama pedakka, nangkadak dan cempeka. Anda juga bisa melihat tanaman langka, seperti misalnya sawo kecik, kesemek dan bunga bangkai.

Ada pula berbagai macam tanaman khas tropis yang sengaja di tanam di lokasi taman. Ada Garden Center yang menjual aneka bibit tanaman buah. Jadi, jika Anda gemar berkebun dan sedang mencaro bibit, Anda bisa membelinya di tempat tersebut. Koleksi bibit yang disediakan terbilang lengkap. Family garden mekarsari memang dijadikan sebagai tempat pembiakan bibit unggul. Kemudian bibit tersebut didistribusikan ke masyarakat luas serta petani.

Rumah pohon mekarsari dibuka pada setiap hari. Jam buka taman pada hari Senin sampai Jumat adalah pukul 10.00 hingga 16.30 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur lainnya dibuka lebih awal, yakni pada pukul 09.00 hingga 16.30 WIB. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur, baik anak-anak maupun dewasa.

Biaya Masuk Taman Wisata Mekarsari

Ada beberapa macam tiket masuk Mekarsari Taman Buah. Untuk tiket regular ada 4 macam, yakni tiket regular A, B, C dan D seharga Rp50.000. Jenis tiket lainnya adalah Tiket Petualangan Mekarsari E seharga Rp60.000 dan Tiket Petualangan Mekarsari F seharga Rp92.000. Tiket Petualangan Mekarsari E digunakan untuk Hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional. Karcis parkir kendaraan dibagi menjadi 3 macam, untuk motor dikenakan sebesar Rp10.000, mobil seharga Rp20.000 dan bus seharga Rp35.000. Tarif tersebut berlaku untuk satu kali kunjungan.

Akomodasi di Kebun Buah Mekarsari

Jika Anda berencana berlibur dalam waktu cukup lama atau ingin menginap, pihak pengelola Wahanan permainan Mekarsari menyediakan beberapa pilihan akomodasi, antara lain berupa rumah pohon, D’cabin dan family camping. Rumah pohon disewakan dengan harga Rp770.000 (hari biasa) dan Rp990.000 (akhir pekan). Setiap rumah pohon dapat digunakan hingga 4 orang. D’Cabin dapat digunakan untuk 4 orang pula dengan biaya sebesar Rp660.000 untuk hari biasa dan Rp880.000 untuk akhir pekan.

Jika Anda ingin menginap di area Camping Mekarsari dengan sensasi berkemah, Anda bisa memilih antara Family Camp atau Family Biking Camp. Tarif Family Camp adalah Rp800.000, baik pada saat hari biasa maupun akhir pekan. Untuk Family Biking Camp ditawarkan dengan harga Rp1.250.000. Harga tersebut berlaku untuk semua hari. Fasilitas Family Camping berlaku untuk 4 orang. Jika rombongan Anda lebih dari 4 orang, maka Anda perlu menambah biaya ekstra.

Ada apa di taman buah mekarsari ?

Ada berbagai macam fasilitas di area taman, salah satunya adalah wahana permainan air yang tersedia dalam berbagai macam. Wahana permainan air Taman Wisata Mekarsari tergabung dalam fasilitas Water Kingdom dengan luas 5,2 hektar. Dengan area yang sangat luas, Water Kingdom Mekarsari mampu menampung hingga 15.000 orang. Wahana ini juga disebut sebagai taman permainan air yang terbesar se-Asia. Wahana yang disediakan antara lain perahu naga, pemancingan, sepeda air, banana boat, aqua bike dan angsa air.

Ada pula berbagai jenis kolam yang akan memicu adrenalin Anda. Contohnya adalah Boomerang Slide dimana Anda akan dibawa berseluncur sepanjang 118 meter dari ketinggian awal 16 meter. Anda bisa pula bersantai sambil menikmati sejuknya air di Lazy River. Lazy River merupakan kolam arus terpanjang yakni 600 meter. Saat berada di Lazy River, Anda akan merasakan sensasi berenang di sungai ataupun di samudera.

Wahana air di Taman Wisata Mekarsari tak hanya terpusat di Water Kingdom saja. Ada pula Danau Cipicung dengan luas sekitar 20 hektar. Anda bisa mengelilingi danau menggunakan perahu motor atau berfoto dengan latar jembatan besi yang melintang di atas danau. Jembatan besi berwarna merah ini merupakan salah satu ikon Danau Cipicung. Ada pula wahana lainnya yang bisa Anda coba, seperti misalnya Banana Boat, Perahu Kano, Perahu Naga, dan Fruity Boat.

Ada menara yang menjulang setinggi 30 meter di area Outbound. Jika Anda naik ke menara ini, Anda bisa melihat pemandangan keseluruhan taman. Bahkan Anda bisa melihat indahnya Kota Cileungsi dan Jonggol. Fasilitas outbond yang disediakan pihak pengelola juga cukup lengkap. Kegiatan outbond terbuka untuk perseorangan maupun rombongan. Outbond yang disediakan antara lain spider web, rumah pohon, paintball, dan flying fox.

Jika Anda menyukai buah-buahan, Anda bisa mengambil paket Fruity World Tour. Melalui paket ini, Anda akan diajak berkeliling kebun buah menggunakan kereta wisata. Tentunya kebun buah yang dimasuki adalah kebun buah yang sudah memasuki jadwal panen. Selain bisa menyaksikan proses pemanenan buah-buahan, Anda juga dibebaskan untuk mencicipi buah-buahan yang ada. Tentunya akan terasa menyegarkan karena baru dipetik dari pohon.

Transportasi dan Akses Menuju ke Taman Wisata Mekarsari

Tempat bermain anak dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur To Jagorawi. Setelah itu dilanjutkan ke jalur Cileungsi. Dari Cileungsi, Anda perlu menempuh durasi 20 sampai 30 menit untuk sampai di Taman Wisata Mekarsari.

Jika Anda berangkat menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik dari Kota Bekasi dengan menaiki bus Kowanbisata. Dengan tujuan Jonggol, Anda akan sampai di Taman Wisata Mekarsari tepat di gerbangnya. Anda juga bisa berangkat melalui Kampung Rambutan dengan menaiki angkutan Kowanbisata jurusan Bonggol-Jonggol. Setelah itu, turunlah di gerbang Taman Wisata Mekarsari. Anda juga bisa menggunakan bus jurusan Cilengsi, setelah itu dilanjutkan menggunakan angkutan kota jurusan Cileungsi-Jonggol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *