Wisata Body Rafting di Curug Naga Megamendung Puncak

Posted on

Wisata alam berupa air terjun atau biasa disebut dengan curug oleh warga sekitar menyimpan keindahan alam yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Jumlah air terjun di sana sangat banyak, baik yang sudah diketahui oleh banyak orang maupun yang masih tersembunyi dan tidak banyak orang yang mengetahui. Salah satu nama air terjun yang dikenal adalah Curug Naga. Tempat wisata yang satu ini tidak kalah menarik dengan tempat wisata lain yang ada di Bogor.

Kebanyakan wisatawan yang berasal dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya, memilih berwisata ke Bogor untuk menghilangkan penat dan mencari ketenangan serta mereka berkeinginan untuk menghirup udara segar yang jauh dari polusi. Mengapa Bogor?

Bogor dikenal dengan kota hujan yang memiliki udara dan suasana sejuk sehingga para wisatan yang memiliki pekerjaan berat dan banyak di kota, akan membutuhkan kegiatan refreshing agar lebih bersemangat lagi dalam bekerja. Oleh sebab itu, karna lokasi kota Bogor yang tidak terlalu jauh dari Ibu kota, maka kebanyakan warga Jakarta sering berlibur ke wisata yang ada di Bogor.

Surganya Wisata Alam

Dengan kondisi alam yang dingin dan sejuk serta berada di daerah pegunungan, maka kota Bogor terkenal dengan wisata alam yang sangat banyak mulai dari sungai, perkebunan, perbukitan dan air terjun. Selain itu, di Bogor juga terdapat sebuah wisata yang cukup terkenal yaitu kebun binatangnya.

Oleh sebab itu jika Anda sangat menyukai wisata alam, maka pilihlah kota Bogor untuk dikunjungi. Anda tidak akan pernah menyesal jika datang ke Bogor karena di sana banyak sekali pilihan destinasi wisata yang seru dan kece badai, bahkan wisatawan menyebut kota Bogor sebagai surganya wisata terutama wista alamnya.

Lokasi Curug Naga

Apakah Anda tahu dimana lokasi curug naga? Mungkin dari banyak wisatawan ada sebagian yang mengetahui lokasi dari air terjun naga atau curug naga, akan tetapi masih ada juga masyarakat yang penasaran dengan lokasi wisata tersebut. Maka, pada tulisan kali ini akan dipaparkan sejumlah informasi yang berkaitan dengan objek wisata curug di puncak ini.

Wisata curug naga berada di daerah puncak Bogor, tepatnya berada di Desa Citamiang daerah Megamendung, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi ini memang sedikit lebih sulit untuk dijangkau, akan tetapi keindahan tempatnya membuat para wisatawan rela bersusah payah untuk bisa mengunjungi wisata yang satu ini.

Wisata curug naga terkenal cukup unik karena untuk berada di lokasi, Anda harus menyusuri sungai yang mempunyai panjang sungai sekitar 100 meter. Dengan kondisi seperti ini, Anda harus mempunyai mental yang tangguh dan berani untuk menuju tempat wisata karena letaknya yang tidak biasa.

Tetapi setelah sampai di sana, Anda akan dimajakan dengan keindahan dan kecantikan alam yang luar biasa. Disekeliling air terjun terdapat dinding batuan yang membentuk setengah lingkaran seakan-akan melindungi dan menutupi air terjun yang menakjubkan ini. Lokasi ini benar-benar cocok untuk dipilih dan dikunjungi.

Keistimewaan Air Terjun

Masing-masing tempat wisata tentu saja memiliki keistimewaan yang menjadi pembeda anra satu dengan yang lainnya. Sama halnya dengan air terjun naga, di sana terdapat beberapa keistimewaan yang harus diketahui untuk memperkuat alasan mengapa curug naga layak untuk dikunjungi. Kondisi alam yang khas dengan pemandangan indah disekeliling air terjun membut tempat ini begitu tenang dan damai.

Air terjun dengan ketinggian 28 meter yang mengalir ke bawah menghasilkan bunyi percikan yang terdengar sangat menenangkan. Kesegaran dan kejernihan airnya membuat saiapa saja terpikat untuk berkunjung lagi dan lagi ke tempat ini. Udara sejuk dengan pepohonan yang hijau disekeliling curug naga membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di sana.

Tiket Masuk

Biasanya beberapa wisatawan sangat penasaran dengan tiket masuk sebuah tempat wisata, hal ini terbilang cukup wajar karena tujuan berwisata sebenarnya untuk menghilangkan penat dan stres di kepala. Maka apabila biaya atau tiket masuk sebuah lokasi wisata menawarkan harga yang lumayan mahal, masyarakat harus berfikir berulang-ulang kali untuk memilih tempat wisata tersebut.

Oleh sebab itu, biaya masuk sebuah wisata harus diketahui oleh wisatawan agar bisa menyiapkan budget yang sesuai. Tetapi jangan khawatir, bagi Anda yang ingin berhemat atau tidak memiliki budget yang cukup besar untuk berwisata, maka lokasi wisata curug naga adalah salah satu solusi yang tepat untuk dikunjungi karena harga tiket masuk yang ditawarkan tergolong murah meriah.

Harga tiket masuk yang diberikan hanya Rp9.000 untuk satu orang. Destinasi wisata mulai dibuka dari pukul 08.00 sampai 17.00 setiap hari. Jika dibandingkan dengan jumlah jam atau lamanya berkunjung, maka harga yang diberikan sangat murah sekali. Terlebih, banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan

Setiap lokasi wisata pastinya menyediakan beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh Anda jika berada di tempat wisata air terjun naga diantaranya adalah :

  1. Body rafting

Tahukah Anda apa itu body rafting? Body rafting atau body tracking merupakan kegiatan menyusuri sebuah sungai tanpa menggunakan perahu kayu atau perahu karet. Yang dapat digunakan dalam melakukan body rafting hanya dengan memakai pelampung badan dan helm. Kegiatan ini memang sangat memau adrenalin Anda.

Ketika melakukan body rafting, Anda harus benar-benar hati-hati karena medan yang dilalui tidak mudah, harus di dampingi oleh pemandu yang sudah profesional dan berpengalaman agar tetap aman.

  • Free falling

Kegiatan selanjutnya yang dapat membuat Anda deg-deg an adalah free falling. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menjatuhkan diri ke bawah dari atas tebing. Tempat mendaratkan badan Anda ke bawah harus benar-benar tepat di bawah air terjun atau di sekitar air terjun yang agak dalam dan pastikan tidak ada bebatuan disekitarnya supaya Anda tetap aman.

Kegiatan seperti ini juga harus berada di bawah pengawasan pemandu yang sudah profesional untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

  • Berfoto

Berfoto merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika Anda sedang mengunjungi tempat wisata. Selain untuk kenang-kenangan, Anda juga bisa langsung mengunggah foto tersebut ke media sosial agar tetap eksis dan tidak ketinggalan jaman.

Terlebih jika berkunjung ke wisata curug naga, Anda tidak boleh melewatkan moment berfoto dan mengambil dokumentasi bersama teman atau rombongan. Agar lebih aman, sebaiknya Anda membawa tempat handphone yang bisa digantungkan ke leher dan menggunakan tempat yang tahan air supaya handphone tidak rusak atau tenggelam, atau bahkan hanyut terbawa air. Di puncak juga ada air terjun yang keren seperti curug cilember

Mengunjungi tempat wisata curug naga merupakan suatu kegiatan yang sangat seru dan menarik yang tidak boleh untuk dilewatkan. Agar liburan lebih menyenangkan, maka jangan lupa untuk mengajak teman, sahabat, keluarga, gebetan atau pacar untuk berlibur di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *