Jejak Sang Penguasa Kerajaan Tarumanegara di Prasasti Ciaruteun Ciampea

Posted on

Prasasti Ciaruteun adalah salah satu jenis prasasti terkenal yang ada dan terletak di kabupaten bogor. Prasasti tersebut adalah salah satu lokasi yang sangat menarik dan di kunjungi. Karena itu banyak sekali orang yang ingin mengetahui lokasi dan juga letak dari prasasti itu. Bagi mereka yang ingin mengunjungi sisa peradaban kerajaan ini anda dapat mengetahui berbagai jenis informasi terkait dari prasasti ini melalui artikel ini.

Dengan membaca artikel yang satu ini anda dapat mengetahui berbagai detail mengenai rute, harga tiket masuk, lokasi, dan juga berbagai hal lainnya yang terkait dengan prasasti yang satu ini.

Untuk sekedar info untuk anda yang belum mengetahui mengenai prasasti yang satu ini Prasasti Ciaruteun adalah salah satu jenis prasasti peninggalan dari kerajaan tarumanegara. Salah satu kerajaan yang pernah berjaya di tanah dan wilayah pasundan.

Lokasi Prasasti Ciaruteun

Prasasti yang merupakan peninggalan dari kerajaan tarumanegara ini terletak pada Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Lokasi ini merupakan lokasi pertama kalinya di temukannya prasasti yang satu ini. Selain itu bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi cagar budaya ini anda dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan. Dan daerah di sekitaran lokasi prasasti ini masih sangat murni dan juga masih sangat segar.

Selain itu lokasi di sekitar prasasti monumen sangat sejuk sehingga bagi anda yang ingin mengunjungi pada siang hari dan juga pagi hari anda tidak perlu untuk takut panas. Karena udara yang ada di sekitaran lokasi sangat sejuk. Selain itu bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi ini anda perlu untuk menyediakan payung karena curah hujan pada lokasi ini sangat tinggi sehingga anda perlu untuk membawa payung untuk mencegah basahnya pakaian anda.

Waktu Buka

Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata Prasasti Ciaruteun anda perlu untuk mengetahui waktu operasional dan juga waktu buka. Dengan anda mengetahui waktu buka dari tempat wisata itu. Anda dapat untuk memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Dengan mengetahui waktu yang tepat anda dapat untuk menikmati dan meneliti sejarah yang ada di balik pembuatan prasasti.

Dengan mengetahui juga waktu yang tepat untuk mengunjungi obyek bersejarah itu anda dapat untuk menikmati pemandangan dan anda juga bisa untuk menghindari kemacetan di sekitar daerah yang merupakan rute yang harus anda lewati untuk menuju ke tujuan wisata. Jam atau waktu operasional dari tempat ini sendiri di mulai pada pukul 8 pagi sampai jam tutup pukul 4 sore. Jika anda ingin mengunjungi prasasti tersebut waktu yang tepat untuk mengunjungi ialah pada pukul 10 pagi.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin mengunjungi tentunya harus mengetahui informasi mengenai harga tiket masuk untuk masuk ke dalam kawasan. Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi tersebut anda perlu untuk membayar biaya masuk. Setelah anda membayar biaya masuk tersebut anda dapat menikmati berbagai jenis sajian sejarah yang terdapat pada prasasti ini.

Jika anda ingin mengajak kerabat dan rekan serta anak – anak anda untuk berwisata ke lokasi wisata sejarah ciaruteun. Anda kemungkinan untuk mendapatkan harga yang lebih murah di bandingkan jika anda mengunjungi monumen tersebut sendirian. Karena jika anda pergi dengan rombongan yang besar. Maka biaya tiket masuk tersebut tidak akan terlalu besar. Sehingga akan mendapatkan potongan harga untuk tiket masuk.

Manfaat Berwisata Ke Prasasti

Berikut ini adalah manfaat untuk anda dan juga rekan – rekan anda dapatkan jika anda memilih untuk berwisata ke lokasi wisata sejarah yang satu ini.

  1. Memperoleh Suasana Baru

Sebagian hal yang pasti untuk anda peroleh ketika mengunjungi prasasti ini anda akan mendapatkan suasana aneh yang mungkin saja tidak dapat anda temukan di tempat lain. Dengan hawa baru ini dapat menjernihkan pikiran anda kembali segar dengan melihat keunikan prasasti tersebut.

  • Menjelajahi Budaya Baru

Selain memperoleh suasana baru anda juga dapat menyusuri pengalaman baru dan belajar asal usul kebudayaan wisata sejarah yang ada di daerah tersebut.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru melalui kunjungan ke berbagai lokasi wisata yang baru seperti salah satunya adalah situs sejarah prasasti peninggalan kerajaan tarumanegara ini.

  • Dapat menambah Spot Selfie Keren

Kunjungi tempat unik yang baru rasanya kurang lengkap kalau tidak berselfie ria sehingga anda bisa pamer juga di sosmed sekaligus sharing dengan teman-teman memperkenalkan tempat tersebut supaya makin dikenal.

  • Dapat mengetahui sejarah dan asal muasal berdirinya bangsa

Dan juga kita dapat mengetahui jati diri bangsa kita yang sebenarnya melalui sejarah – sejarah dari berbagai jenis kerajaan yang pernah dan berjaya di Indonesia seperti kerajaan tarumanegara ini. Oleh karena itu dapat membuat kita sulit untuk terpecah – pecah dan bisa menjadi media pemersatu bangsa.

  • Dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat

Selain itu anda juga bisa untuk mengisi waktu luang anda dengan berbagai jenis kegiatan yang bermanfaat dan juga murah. Ketika anda merasa jenuh dengan aktifitas yang biasa dilakukan setiap hari, setidaknya dengan berwisata anda bisa menghilangkan kepenatan sejenak.

  • Dapat di jadikan sebuah lokasi yang menarik untuk di adakan penelitian sejarah

Selain itu jika anda memiliki hobi untuk meneliti berbagai jenis lokasi wisata sejarah. Situs prasasti yang satu ini merupakan salah satu lokasi yang sangat tepat untuk anda kunjungi. Karena situs yang satu ini merupakan salah satu situs wisata sejarah yang sangat menarik untuk di teliti dan juga untuk di jadikan tujuan rekreasi alternatif. lihat juga prasasti batutulis .

Bagi anda yang ingin mengunjungi situs sejarah prasasti ciaruteun adalah salah satu lokasi tujuan wisata yang perlu untuk anda kunjungi karena situs ini berada di lokasi yang sangat strategis sehingga mudah untuk di kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *