Fungsi Kebun Raya Bogor yang Jarang Orang Ketahui

Posted on

Berwisata tidak hanya dapat dinikmati dengan bersenang-senang ataupun memainkan wahana. Karena makna dari wisata sendiri adalah melepaskan penat karena rutinitas sehari-hari. Hal inilah yang perlu diperhatikan saat berniat pergi berwisata.

Dan salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi adalah Kebun Raya Bogor. Karena disinilah, tempat untuk melepaskan penat dan mendapatkan semangat baru untuk memulai pekerjaan kembali.

Kebun Raya adalah sebuah wilayah yang cukup luas. Didalamnya, terdapat pepohonan besar atau hutan yang cukup rimbun. Disini, pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesejukan daerah Bogor bersama keluarga dan melepaskan penat. Tidak hanya itu, rupanya Kebun Raya memiliki fungsi lain yang belum dipahami oleh banyak orang. Penasaran dengan fungsi lain yang ada pada Kebun Raya? Temukan informasinya dengan membaca artikel ini.

5 Fungsi Kebun Raya Bogor

Berikut ini adalah beberapa informasi yang jarang diketahui tentang fungsi kebun raya. Sehingga fungsi-fungsi ini jarang dimanfaatkan oleh pengunjung. Berikut informasinya,

  1. Pendidikan

Yayasan yang mengelola taman ini, mengklaim bahwa kebun raya harus dimanfaatkan untuk pendidikan. Artinya, yayasan berharap masyarakat dapat menjaga pentingnya kebun raya. Disisi lain, kebun raya dapat berguna untuk memberikan pelajaran bagi pelajar. Utamanya yang mencari informasi lengkap tentang flora fauna endemik di Indonesia.

  • Konservasi

Konservasi sebenarnya merupakan tugas dari plasma nuftah yang telah mencapai titik kritis. Masyarakat juga dapat membantu menjaga plasma nuftah dengan adanya kebun raya yang ada didaerah dengan bantuan dana dari pemerintah.

Artinya, dari sinilah pengembangan pepohonan langka dapat dilakukan dengan cepat. Sehingga pepohonan langka dapat kembali bertumbuh dan menjaga ekosistem.

  • Penelitian

Bagi para peneliti, kebun raya merupakan tempat yang harus dikunjungi. Karena ditempat ini tersedia banyak plasma nuftah yang dapat dikembangkan. Namun, perhatikan pula apakah hasil penelitian ini dapat dilakukan oleh masyarakat daerah masing-masing. Hal inilah yang penting untuk diperhatikan selagi melakukan penelitian di kebun raya.

  • Jasa Lingkungan

Untuk melengkapi fungsi dari kebun raya perlu ditambahkan bahwa keberadaannya dapat mengingatkan manusia akan jasa lingkungan. Dimana, kebun raya hadir untuk melengkapi kehidupan manusia akan oksigen dan suasana nyaman di daerah Bogor. Setelah mengingat hal ini, pelajaran ini kiranya dapat membantu banyak orang melakukan penjagaan kelestarian lingkungan.

  • Wisata

Inilah fungsi akhir yang paling sering diingat oleh pengunjung, yaitu fungsi wisata. Kebun raya kini telah menjadi destinasi wisata bagi warga Bogor ataupun masyarakat lainnya. Disini, pengunjung dapat mengenal berbagai tanaman sekaligus menikmati keindahan alam setempat. Karenanya, sangat cocok untuk menjadikan kebun raya sebagai tempat wisata. Kalau butuh penginapan bisa coba reservasi di hotel salak yang sama bersejarahnya dengan krb.

Nikmati Keindahan Alam Khas Kebun Raya Bogor dan Aktivitasnya

Bagi Anda yang memiliki niat untuk mengunjungi tempat ini, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mana spot-spot terbaik untuk dikunjungi. Karena, ditempat ini banyak tersedia tempat menarik yang harus dikunjungi dan cocok dijadikan tempat berfoto. Untuk membantu pengunjung agar tidak kebingungan memilih spot terbaik, lanjutkanlah membaca artikel ini hingga usai dan tentukan tempat terbaik untuk dikunjungi.

Lokasi pertama yang harus dikunjungi adalah Taman Soedjana Kassan. Tempat ini merupakan taman yang menampilkan lambang Garuda yang sangat besar di tengahnya. Disinilah banyak orang yang berebut berfoto dengan lambang kebesaran Indonesia tersebut. Di sini, juga terdapat tempat untuk bermain ayunan seperti seorang Tarzan. Karena ayunan ini terbuat dari alam atau akar gantung yang dapat dijadikan ayunan.

Setelah lelah bermain di tempat ini, sebaiknya lanjutkan perjalanan Anda menuju tempat berikutnya. Kami sarankan untuk mendatangi Danau Gunting yang berada di dekat Monumen Lady Raffles. Bagi yang memiliki nyali, datangilah tempat ini di malam hari. Karena banyak informasi yang beredar, bahwa tempat ini akan muncul beberapa penampakan. Diantaranya, seorang noni Belanda kecil ditengah danau ataupun melihat sesosok ular besar yang tipa-tipa dapat hilang begitu saja.

Namun, untuk mendatangi tempat ini Anda harus benar-benar siap. Karena mungkin saja dapat membahayakan nyawa jika melakukannya tanpa pengawasan. Usai mengunjungi tempat ini, beralihlah dan cari tempat menarik lainnya. Kami sarankan, untuk mendatangi Jembatan Merah atau yang dikenal dengan Jembatan Pemutus Cinta. Banyak mitos yang berkembang ditempat ini, salah satunya keberadaan bahwa tempat ini dapat memutuskan tali cinta pasangan yang mendatanginya.

Sebenarnya tidak ada hubungan antara putusnya tali kisah pasangan dengan keberadaan jembatan ini. Karena mungkin saja kisah mereka terputus karena adanya kebetulan. Saat mengunjungi tempat ini, Anda dan pasangan harus berhati-hati karena keberadaan jembatan cukup memacu adrenalin. Walaupun demikian, pengunjung dapat menjadikan tempat ini sebagai tempat berfoto. Karena pemandangan yang ada ditempat ini tidak kalah rimbun dengan spot-spot yang lainnya.

Berikutnya dan tidak boleh ketinggalan adalah mengunjungi Jalan Kenari II. Mengapa dinamakan Kenari? Karena sepanjang jalan ini tersedia berbaris-baris pohon kenari yang membuat tempat ini menjadi rimbun. Diantara pepohonan ini tersedia tempat duduk yang disediakan oleh pengelola. Tempa inilah yang cocok dijadikan sebagai tempat berfoto. Terlebih karena jalan ini, tidak terlalu sering didatangi oleh pengunjung. Jadi, dapat nikmati bersama pasangan untuk dijadikan spot berfoto.

Museum Zoologi adalah tempat berikutnya yang harus dikunjungi. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan mempejari tentang berbagai hewan yang ada di Indonesia dan sekitarnya. Tidak hanya fauna, ditempat ini juga tersimpan kekayaan flora yang tidak boleh dilewatkan. Disini, dibentuk diorama-diorama seolah hewan dan tumbuhan tersebut masih tumbuh subur dan masih menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Menurut informasi, di tempat ini tersedia hampir 2000 spesies atau lebih. Bahkan untuk Anda yang belum mengetahui tentang Paus Biru dapat belajar lebih di tempat ini. karena disini, tersedia sebuah ruangan yang besar untuk menempatkan tulang belulang Paus Biru seperti ukuran normalnya. Selain itu, terdapat beberapa tulang belulang lainnya yang dapat melengkapi pengalaman dan pengetahuan yang belum diketahui.

Sudah lelah berjalan-jalan? Waktunya untuk beristirahat dan menikmati makanan. Di sekitar trotoar kebun raya tersedia pedagang yang menjajakan makanan khas kota Bogor. Jadi, selagi berwisata Anda dapat menikmati wisata kuliner yang ada di Bogor. Namun, kami sarankan untuk mencoba Es Durian yang ada pada pinggiran Kota Bogor. Atau cobalah makanan yang lainnya yang tersedia di sekitar tempat wisata ini. Ataupun, bagi pengunjung yang membawa makanan pun dapat menyantapnya di tempat ini. Pengunjung hanya perlu mencari tempat yang nyaman untuk menyantap makanan yang dibawa. Setelahnya, Anda dapat mendatangi tempat-tempat yang lainnya.

Karena wisata ini begitu luas, sebaiknya Anda menyiapkan baju ganti. Karena walaupun dingin, mungkin saja pengunjung kepanasan karena harus berjalan jauh untuk mengeliling Kebun Raya Bogor. Dan pastikan, selagi berwisata pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *