Liburan Mengunjungi Wahana Wisata Alam Kebun Raya Cibodas

Posted on

Berbagai macam aktivitas yang sering kita geluti setiap harinya baik urusan kantor atau urusan kampus memang terkadang membuat kita jenuh, apalagi anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta tentu merasa sangat penat.

Jika anda merasakan hal tersebut mungkin sudah saatnya anda menikmati udara segar di salah satu tempat wisata alam seperti Kebun Raya Cibodas.

Destinasi utama wisata sekitar cipanas ini akan menawarkan suasana khas dataran tinggi yang menyejukan serta mampu memberikan kesan yang menyenangkan di liburan anda. Jika anda berminat mengunjungi kebun raya ini pada saat musim liburan tiba alangkah baiknya jika membaca artikel ini hingga usai.

Informasi Penting Seputar Kebun Raya Cibodas Yang Harus Anda Tahu

Godaan untuk segera mengunjungi Kebun Raya Cibodas dengan berbagai keindahan yang dimilikinya memanglah besar namun tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan ini. Berikut informasi penting seputar objek wisata tersebut yang kami rangkum untuk anda,

Lokasi Tepat Kebun Raya Cibodas

Hal yang pertama kali harus anda ketahui sebelum berbicara jauh tentang wisata alam di kaki gunung pangrango ini seperti sejarah atau objek wisata disana adalah anda harus tahu dimana lokasi tersebut. Jika anda mengetahui lokasi tepatnya maka tercegah dari hal yang tidak di inginkan seperti tersesat.

Lokasi tepat Kebun Raya Cibodas tidak jauh dari kawasan puncak jika anda berkendara dari arah Jakarta dan beberapa kilometer saja dari wilayah istana Cipanas jika anda berkendara dari Bandung. taman dengan pohon sakura ini ada di kabupaten Cianjur atau tepatnya di desa Cimacan Kecamatan Cipanas.

Sekilas Tentang Kebun Raya Cibodas

Cibodas botanical garden atau yang lebih kita kenal sebagai Kebun Raya Cibodas ini bukan hanya populer di dalam negeri namun juga cukup di kenal di mancanegara. Pada dasarnya KRC masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangranggo yang memiliki banyak tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pecan atau musim liburan tiba. Secara geografis Kebun Raya Cibodas sendiri berada di ketinggian 1300 hingga 1425 m di atas permukaan laut.

Karena ada di kawasan yang cukup tinggi, suhu disana bisa mencapai 20,06ₒC dengan kelembapan dan curah hujan yang cukup tinggi. Oleh karena itu kawasan konservasi ini sangat cocok anda kunjungi untuk merefresh diri dari segala kepenatan sehari-hari.

Sejarah Berdirinya KRC

Kebun raya Cibodas sendiri merupakan tempat yang kental akan unsur sejarah dan merupakan salah satu tempat yang ada pada masa penjajahan kolonial Belanda. 11 april 1852 adalah tahun dimana didirikan oleh Johannes Ellias Teijs Mann dengan nama awal Bergtuinte Tjibodas.

Maksud awal didirikannya taman ini adalah sebagai tempat aklimatisasi berbagai tumbuhan yang penting dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi yang berasal dari luar negeri. Tentu nilai sejarah yang berusia cukup lama ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata itu.

Kebun Raya di Cianjur Bukan Tempat Wisata Biasa Saja

Dikatakan jika Kebun Raya Cibodas bukan merupakan tempat wisata biasa karena memiliki beberapa fungsi penting. Fungsi tersebut adalah sebagai tempat pelayanan, inventarisasi hingga reintroduksi tumbuhan-tumbuhan basah terutama yang ada di bagian barat Indonesia.

Kebun Raya Cibodas juga memiliki fungsi memberikan jasa pelayanan ilmiah untuk masyarakat berupa ilmu pengetahuan seputar dunia tumbuhan sehingga mampu memberikan pencerahan terhadap masyarakat. Hal-hal tersebut menjadikan Kebun Raya Cibodas bukan hanya dijadikan tempat wisata namun memiliki nilai ilmu pengetahuan dan juga ekonomi.

Fasilitas Yang Ditawarkan

Jika anda berkunjung ke Kebun Raya Cibodas jangan khawatir karena banyak fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk para wisatawan. Fasilitas tersebut diantaranya adalah lahan parker wisatawan. Lahan parker tersedia di dua tempat yaitu di dalam dan di luar pintu masuk. Untuk lahan parkir di luar dapat digunakan untuk bis dan di dalam digunakan untuk mobil dan motor.

Fasilitas lain juga tersedia seperti loket pembelian tiket, stand makanan, tempat sampah, mushola, toilet, gazebo, dan masih banyak fasilitas yang lain. Ada fasilitas baru juga yang disediakan pihak pengelola yaitu wara-wiri yang merupakan kendaraan yang bisa digunakan untuk keliling kawasan kebun raya ini.

Akses Menuju Kebun Raya Cibodas

Lokasi Kebun Raya Cibodas yang cukup ramai memang tidaklah sulit untuk dituju namun alangkah baiknya jika anda mengetahui akses menuju tempat ini. Anda bias menempuhnya menggunakan jalur puncak Bogor. Anda yang berasal dari Jakarta atau Bogor dapat melewati rute kebun teh dan juga puncak pass dengan waktu tempuh 1 hingga 2 jam tergantung lalu lintas saat itu, setelah bertemu dengan pertigaan Paragajen yang menuju arah Cibodas.

Jika anda berasal dari Bandung, Cianjur atau Cipanas maka dapat menjadikan Istana Cipanas sebagai patokan pertama kemudian melanjutkan perjalanan hingga bertemu rumah sakit Cimacan dan pertigaan Paragajen setelah itu anda bias mengambil jalur kiri.

  1. Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Sebagai tempat yang bukan sekedar tempat wisata biasa karena memberikan ilmu pengetahuan seputar tumbuh-tumbuhan yang banyak jenisnya, tentu tempat ini menjadi salah satu tempat yang layak di kunjungi bersama keluarga tercinta. Anda tidak perlu khawatir jika mengunjunginya beramai-ramai karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang murah meriah.

Cukup membayar tiket masuk Rp 9.500,- per orang, anda sudah bisa menikmati keindahanya. Pada tanggal istimewa seperti tanggal 11 April bahkan pihak pengelola Kebun Raya Cibodas akan memberikan tiket gratis bagi para wisatawan yang berunjung. Sangat murah meriah bukan?

  • Objek Wisata Di Dalam Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas memiliki kawasan yang cukup luas yang di dalamnya memiliki banyak objek wisata yang bisa kita datangi. 100 meter dari pintu masuk anda dapat menemukan taman sakura yang seperti namanya memiliki beberapa pohon sakura yang sangat indah saat berbunga. Pohon-pohon ini akan berbunga kurang lebih sebanyak 2 hingga 3 kali selama setahun.

Anda yang menyukai air terjun atau curug juga bisa mendatangi 2 curug di kawasan wisata ini yaitu Curug Cibogo dan juga Curug Ciismun. Masih banyak objek wisata lain yang bias anda temukan seperti Greenhouse dengan koleksi tumbuhan anggrek, danau, serta taman-taman yang indah lainnya.

Demikianlah informasi seputar Kebun Raya Cibodas yang bisa kami sampaikan untuk anda. Jika perlu anda mempersiapkan segala hal penting yang anda butuhkan jika akan mengunjungi kebun raya ini. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat dan tetaplah berhati-hati di perjalanan menuju destinasi wisata. Selamat menikmati liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *