Menikmati Indahnya Pemandangan Taman Bunga Nusantara

Posted on

Di era yang modern ini para masyarakat dunia khususnya Indonesia memang sedang gemar gemarnya pergi bertamasya. Bertamasya atau piknik dapat dilakukan dimana saja salah satu tempat yang sering dikunjungi untuk tamasya adalah obyek wisata.

Seperti yang anda tau ada puluhan bahkan ratusan obyek wisata yang terdapat di Indonesia salah satunya adalah Taman Bunga Nusantara. Seperti namanya taman ini menampilkan banyak bunga yang asli berasal dari nusantara yaitu Indonesia.

Indonesia kaya akan kekayaan alam termasuk floranya. Aneka jenis bunga banyak muncul dan tumbuh subur di negara kita. Tak heran, Indonesia memiliki tanah yang subur dan gembur maka dari itu berbagai macam tumbuhan akan sangat mudah tumbuh disini. Sebelum mengunjungi obyek wisata taman bunga ini, para pengunjung harus mengetahui informasi lengkapnya. Dibawah ini akan menjelaskan beberapa informasi mengenai obyek wisata taman bunga yang indah.

Sejarah Berdirinya Obyek Wisata Taman Bunga Nusantara

Pada mulanya obyek wisata ini dicetuskan oleh seorang wanita inspiratif yang bernama Ibu Dani Bustanil Arifin. Ibu Dani adalah seorang wanita biasa yang tinggal di daerah Bogor. Pada mulanya Ibu Dani adalah pecinta tanaman hias dan bunga. Ada banyak bunga dan tanaman hias yang ditanam oleh Ibu Dani. Akibat dari kecintaanya tersebut Ibu Dani memiliki sebuah ide yang luar biasa hebatnya yaitu ingin membuat sebuah taman bunga.

Memang pada kala itu di kota Bogor belum terdapat satupun taman bunga. Akhirnya Ibu Dani mencari sponsor untuk membantu proses pembangunan taman bunga tersebut. Setelah beberapa waktu mencari sponsor, proses pembangunan taman bunga pun selesai pada tahun 1993.

Taman bunga ini menyediakan lebih dari seratus jenis bunga yang ditanam di area kurang lebih 5 hektar. Taman Bunga Nusantara merupakan satu satunya taman bunga yang ada di kawasan Asia Tenggara. Seiring berjalanya waktu taman bunga ini direnovasi dan diperluas areanya. Hal ini ditujukan untuk menarik para pengunjung.

Letak Dari Obyek Wisata Taman Bunga Yang Indah

Untuk bisa mengunjunginya tentunya para calon pengunjung harus mengetahui dimana letak dari taman bunga tersebut. Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati Km 7, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Beberapa orang memang menyebut TBN berada di kota Bogor, namun secara administratif taman bunga ini terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Untuk letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota Cianjur. Untuk menuju TBN dari pusat kota Cianjur anda harus melewati perjalanan kurang lebih 15 kilometer saja dana hanya perlu waktu kurang lebih 20 menit saja. Letak dari obyek wisata ini sangat strategis, jadi anda tidak perlu khawatir akan tersesat.

Rute dan Akses menuju Taman Bunga Nusantara

Setelah mengetahui lokasi dari obyek wisata TBN yaitu berada di kota Cianjur provinsi Jawa Barat, kini saatnya para pembaca mengetahui bagaimana rute dan akses untuk menujunya.Untuk rutenya sendiri anda harus melewati Jalan Nasional arah Bogor-Cianjur ataupun Bandung yang melewati jalan atau rute menuju puncak. Setelah itu para pengunjung harus menuju ke daerah Cipanas dan Loji. Tidak hanya itu anda juga harus melewati pasar GSP. Setelah sampai di pasar GSP, anda harus melewati rute Mariwati dan akan sampai di TBN Cianjur.

Kemudian untuk Aksesnya sendiri para pengunjung tidak perlu khawatir karena jalan raya untuk menuju TBN cukup lebar dan tidak berlubang. Namun para pengunjung harus melewati jalan raya yang cukup berkelok dan naik turun. Para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi seperrti sepeda motor dan mobil harus berhati hati karena jalan yang berkelok dan naik turun seringkali menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Harga tiket masuk ke TBN

Untuk menikmati keindahan aneka jenis bunga di Taman Bunga Nusantara Cianjur, para calon pengunjung haruslah membayar tiket masuk. Harga tiket masuk untuk TBN hanya sebesar Rp. 40.000 rupiah saja per orangnyaa. Sedangkan biaya untuk keamanan parkir kendaraan pribadi, para pengunjung harus membayar Rp. 10.000 rupiah untuk sepeda motor, Rp. 15.000 rupiah untuk mobil. Dengan membayar biaya parkir yang begitu murah keamanan kendaraan pribadi anda akan aman dan terjamin.

Fasilitas Penunjang Dan Pelengkap Yang Ada Di TBN

Orang orang yang mengunjungi TBN tentunya ingin menikmati fasilitas yang ada disana. Bagi para calon pengunjung yang belum tau apa saja fasilitas penunjang di TBN, dibawah ini akan dijelaskan beberapa urainya. Lets check it!

  1. Mobil Wira Wiri

Fasilitas penunjang pertama yang ada di taman bunga nasional cianjur adalah mobil wira wiri. Mobil wira wiri adalah semacam mobil terbuka yang dibelakangnya disediakan tempat duduk. Mobil wira wiri ini berkapasitas 14 penumpang. Mobil ini bertujuan untuk mengantarkan para pengunjung mengitari TBN. Untuk bisa menikmati mobil wira wiri anda harus membayar Rp. 5000 rupiah saja untuk per orangnya.

  • Garden Tram

Garden tram adalah sebuah tram yang berfungsi sebagai kendaraan yang memuat pengunjung untuk mengitari TBM. Namun mengitari TBN menggunakan garden tram memiliki sensasi tersendiri karena seperti yang anda tau bahwa tram merupakan alat transportasi tempo dulu. Untuk dapat mengitari TBN menggunakan garden tram para pengunjung harus membayar Rp. 50.000 rupiah untuk satu orangnya.

  • Dotto Train

Satu lagi ala transporasi untuk mengitari TBN yaitu dotto train. Dotto train sendiri adalah kereta serbaguna yang berfungsi untuk membawa para pengunjung untuk menegitari dan melihat pemandangan indah di TBN. Dotto train memiliki warna putih dan berdisain old school atau tempo dulu. Dotto train juga dikhususkan untuk anak yang berusia 4 tahun keatas. Untuk dapat menikmatinya para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 50.000 rupiah per orangnya.

  • Bursa bunga dan tanaman

Spot atau tempat pertama yang banyak dikunjungi oleh para pengunjung adalah bursa bunga dan tanaman. Sesuai namanya bursa bunga dan tanaman adalah tempat yang menyediakan aneka jenis bunga dan tanaman berdaun indah. Ada banyak jenis bunga dan tanaman yang tumbuh disini. Selain bunga dan tanaman asli Indonesia, ada beberapa bunga yang berasal dari negara lain juga seperti tulip dari Belanda.

Bursa bunga dan tanaman juga menjual beberapa benih bunga asli Indonesia seperti mawar, melati, kenangan dan masih banyak lagi. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk spot berfoto. Tak jarang bursa bunga dan tanaman juga dijadikan tempat untuk foto prewedding.

  • Menara Pandang

Menara pandang memiliki ketingian 29 meter yang terdiri dari 3 lantar. Sesuai dengan namanya, menara pandang digunakan untuk melihat pemandangan TBN dari ketinggian 29 meter. Para pengunjung dapat mengunjungi menara ini secara Cuma Cuma atau gratis.

Penjelasan diatas mengenai beberapa uraian atau informasi Taman Bunga Nusantara yang bisa disampaikan. TBN cocok dikunjungi pada hari libur karena ada banyak pengunjung yang datang kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *