Perpaduan Suasana Danau, Gunung, dan Hutan di Telaga Warna Puncak

Posted on

Indonesia memang serpihan surga di belahan dunia. Siapa sangka di negeri kita ini terdapat berbagai macam tempat wisata. Mulai dari laut, pinggiran laut hingga ujung puncak bukit atau gunung. Betapa beruntungnya penduduk pribumi yang mewarisi kekayaan negeri ini.

Jangan sampai wisata di Indonesia hilang dirusak tangan tak perduli dengan alam. Oleh karena itu kita wajib menjaga semua tempat dan keindahan yang ada di nusantara. Telaga Warna Puncak menjadi primadona bagi kalangan wisatawan di negeri ini.

Memang jika melihat wisata alam di Bogor sangar membuat hati ingin pergi kesana. Apalagi jika melihat Telaga Warna Puncak Bogor. Aduhai sungguh tak tertahankan untuk cepat-cepat berkunjung kesana. Sekeliling pemandangan telaga yang menghijau nan alami, air telaga yang menghijau, pepohonan dan dedaunan, bukit yang menjulang, hawa sejuk udara, dan keindahan lainnya yang begitu mempesona. Semua pasti tergiurkan dengan segala keindahan Telaga Warna Puncak Bogor.

Mengupas Semua Tentang Telaga Warna Bogor

Pada kesempatan ini saya akan mengupas semua tentang salah satu wisata yang bernama Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat. Destinasi wisata Telaga Warna Puncak Bogor ini memiliki segudang daya tarik. Mulai dari taman, udara yang sejuk, monyet, flying fox, selfi di kebun teh, jogging, satwa burung, hingga cerita misteri atau legenda. Menurut saya sayang sekali jika Anda tidak berkunjung ke wisata ini jika kalian berada di Bogor. Maka berkunjunglah untuk menimati keindahannya.

Saya akan memberikan beberapa informasi mengenai lokasi, akses menuju kesana, harga tiket masuk, beberapa fasilitas, tips berwisata, tempat penginapan, dan cerita menarik sejarah tempat wisata Telaga Warna Puncak di Bogor. Ada juga beberapa satwa liar, mulai dari unggas hingga reptil. Tidak ketinggalan flora khas tropika pengunungan seperti Puspa dan Khiur. Oleh karena itu simak baik-baik segala informasi disini. Mari kita kupas semua di bawah ini.

Lokasi Wisata Telaga Warna Cisarua

Tahukah Anda lokasi wisata Telaga Warna Puncak di Bogor ini? Jika bagi masyarakat Jawa Barat mungkin sebagian besar mengetahui secara tepatnya lokasi ini dimana berada. Jalan, desa atau kelurahan. Namun bagi sebagian pendatang luar Jawa Barat sebagian besar tidak tahu. Misalnya Anda mampir ke Bogor ingin ke sini?

Bisa saja tinggal kalian search di Google Maps dengan keywordnya. Namun secara tepat lokasi berada di kawasan puncak Bogor. Berada di Desa Tugu Kec. Cisarua, Bogor. Destinasi Telaga Warna Puncak Bogor dekat dengan kawasan Perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Jadi Anda juga sekalian mampir di kebun teh.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Adapun rute akses menuju lokasi wisata Telaga Warna Puncak Jawa Barat bisa di tempuh dengan beberapa kendaraan. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jarak dari Kota Bogor kira-kira bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi akses pertama melalui lokasi Masjid Atta’awun. Setelah melewati masjid tersebut perhatikan sebelah kiri jalan, ambil jalan kecil yang dilapisi dengan Paving Block.

Sedangkan jika Anda berasal dari Cianjur, patokan menuju lokasi wisata ke puncak berada di Restaurant Rindu Alam. Jika menggunakan kendaraan umum gunakan bus dengan jurusan Cianjur. Turun di tepi jalan raya puncak dan melanjutkan ke lokasi wisata dengan berjalan kaki. Waktu tempuh tidak begitu lama, hanya sekitar 10 menit. Itulah 3 alternatif menuju ke kawasan puncak di Bogor tersebut.

Jam Operasional Wisata

Jika berkunjung ke objek wisata Telaga Puncak perhatikan jam operasionalnya. Kalian yang ingin berkunjung ke wisata ini tak perlu kawatir dengan hari. Setiap hari senin sampai minggu wisata Telaga Warna Puncak selalu di buka. Mungkin hari-hari tertentu, seperti hari libur nasional, lebaran, dll. Anda bisa mengunjungi destinasi wisata ini pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan lokasi wisata mulai ditutup pada pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Telaga Cisarua

Informasi berikutnya mengenai berapakah harga tiket masuk Telaga Warna Puncak. Kalian perlu mengetahui ini karena informasi ini akan masuk ke dalam anggaran dana berwisata Anda. Jadi hal tersebut terkait dengan dana yang harus Anda persiapkan. Tarif tiket masuk ke lokasi sekitar Rp 7.500 per orang. Akan tetapi bisa saja sewaktu-waktu harganya naik. Biaya parkir baik motor atau mobil juga harus Anda persiapkan.

Legenda dan Misteri Telaga Warna Gunung Mas

Ada legenda yang beredar di masyarakat mengenai sejarah terjadinya tempat wisata yang disebut Telaga daerah puncak ini. Lokasi wisata tersebut dipercaya suatu peninggalan Kerajaan Kutatanggeuhan. Dipimpin Raja bernama Prabu Suarnalaya yang memiliki permaisuri Purbamanah. Suatu ketika sang Raja berniat ingin memiliki anak sebab sudah sekian tahun ia dan permaisurinya belum di karuniai seorang anak.

Tibalah suatu hari dimana ia mendapat wangsit untuk mengadopsi anak. Tidak berapa lama kemudian raja dikaruniai seorang anak putri. Seiring waktu berjalan semakin besarlah anak tersebut. Hingga suatu saat waktu ulang tahun sang putri tiba. sang permaisuri berniat memberikan hadiah. Namun sayang putrinya menolak dan membuat tangisan sang permaisuri. Hingga tangisannya tak terbendung menjadi semakin besar. Akhirnya wilayah kerajaan tersebut tertutup oleh air mata permaisuri. Kini ia bernama wisata Telaga Warna Puncak.

  • Kegiatan Menarik di Danau Telaga Puncak

Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di sekitar danau adalah menikmati segarnya air. Anda bisa menaiki perahu, rakit, atau sepeda air untuk berkeliling telaga. Akan tetapi Anda harus membayar sekitar Rp 10.000 per orang untuk bisa menikmati sekeliling panorama Telaga Warna Puncak.

Flying Fox pun juga tersedia disini. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk flying fox sekitar Rp 50.000 per orang. Lalu Anda juga bisa berfoto ria atau selfi di kebun teh dan melihat pemandangan Puncak Pass. Ada juga yang tracking seperti jogging. Sudah tersedia jalur untuk lari-lari kecil. Telaga Warna Puncak Bogor juga menyediakan menara setinggi 13,5 meter untuk menikmati pesona wisata fauna.

  • Tips Wisata di Telaga Warna Puncak

Beberapa tips ketika Anda berwisata ke Telaga Puncak Bogor adalah dilarang berenang di telaga, hati-hati dengan barang bawaan Anda, bawalah pakaian hangat, pilihlah bulan diantara musim penghujan dan kemarau, pesan terlebih dahulu jika mau mampir ke Restoran Rindu Alam karena disana sangat ramai sekali.

Sekian sharing informasi tentang destinasi wisata Telaga Warna Puncak di Bogor. Keindahan tempat wisata Indonesia selalu menjadi daya tarik pagi wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. Mari kita jaga kelestarian alam yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada bumi nusantara. Yaitu tempat wisata Danau di Puncak yang eksotis ini. Perhatikan juga keselamatan dengan memonitoring kendaraan yang Anda pakai dan jangan lakukan segala hal yang dilarang dan lakukan hal yang harus ditaati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *