Track Sirkuit Untuk Bersepeda Gunung Di Cihideung Gravity Park

Posted on

Menikmati wisata alam yang menyejukan akhir-akhir ini telah menjadi suatu trend di beberapa kalangan terutama anak muda.

Menikmati wisata alam yang sejuk akan membuat diri kita semakin segar setelah di sibukan dengan berbagai aktivitas yang padat dan juga urusan kantor yang melelahkan. Hal inilah yang membuat banyak tempat wisata alam yang dibuat untuk memanjakan anda.

Namun sebagai orang dewasa tentunya kita tidak bisa berlibur semaunya karena banyaknya tanggung jawab yang harus segera diselesaikan. Bersepeda gunung merupakan salah satu alternatif yang bisa anda pilih untuk menikmati kesejukan alam. Salah satu trek sepeda gunung yang menantang adalah Cihideung gravity park.

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba Menaklukan Trek di Cihideung Gravity Park

Berminat menaklukan trek sepeda gunung yang ada di downhill MTB Indonesia? Jika iya, maka anda tidak bias begitu saja melakukannya karena bersepeda gunung bukan merupakan aktivitas menikmati alam yang biasa. Berikut hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum mencoba bersepeda gunung di trek Cihideung Gravity Park.

Apa Itu Cihideung Gravity Park?

Sebelum berbicara jauh tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat bersepeda gunung di bogor, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa sebenarnya trek downhill cihideung ini. Cihideung gravity park merupakan trek sepeda yang ada di kaki gunung salak. Trek ini ada di tengah kebun sayuran dan kebun teh serta memiliki trek tanah merah. Trek ini kurang lebih memiliki panjang 2,2 km dan merupakan trek terbuka yang akan sangat terik saat musim kemarau tiba.

Selain dapat menikmati suasana khas pegunungan yang sejuk, anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola. Fasilitas tersebut diantaranya adalah lahan parkir yang luas, lounge untuk beristirahat dan menyantap makanan, serta kendaraan land rover untuk menuju gerbang start.

Mengetahui Cara Memilih Sepeda Yang Tepat Adalah Aspek Awal

Mengapa sepeda merupakan aspek awal? Karena sepeda ini merupakan komponen yang utama yang akan anda gunakan nantinya untuk bersepeda. Sehingga anda harus menemukan sepeda yang pas dan juga tepat. Proses menemukan sepeda yang sesuai dengan anda ini akan mempengaruhi proses bersepeda anda nantinya. Saat memilih sepeda gunung anda sebaiknya mencoba untuk menaikinya agar mengetahui apakah tinggi sepeda dengan panjang kaki anda sesuai. Sepeda yang dianjurkan digunakan saat di Cihideung gravity park ini adalah jenis all mountain, downhill, ataupun free ride.

Kelengkapan Agar Anda Tetap Aman

Kesenangan menaiki sepeda kemudian berhasil menaklukan medan yang ada tentu menjadi kepuasan tersendiri namun hal yang utama harus anda dahulukan adalah keselamatan anda. Anda perlu waspada dan mengantisipasi segala hal yang dapat membahayakan jiwa anda.

Salah Satu bentuk pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan menggunakan beberapa perlengakapan seperti helm, sarung tangan, pelindung lengan dan juga pelindung tulang kering. Jangan lupa juga menyediakan kacamata. Walaupun banyak orang yang menyepelekan hal ini namun sesungguhnya perlengkapan tersebut merupakan hal yang sangat penting.

Rasa Percaya Diri Untuk Menguasai Medan

Kenapa harus percaya diri? Mungkin banyak diantara kita yang baru pertama kali menggunakan dan mencoba trek sepeda gunung di Cihideung gravity park sehingga perlu ada sedikit penyesuaian. Raya percaya diri ini penting karena dengan memiliki rasa percaya diri mampu menaklukan medan yang ada maka akan meningkatkan semangat serta fokus anda saat menaiki sepeda gunung tersebut. Selain memiliki rasa percaya diri, tentu anda juga harus dibekali kemampuan dan teknik mengendarai sepeda gunung yang benar.

Fokus Pada Trek Yang Ada di Cihideung Gravity Park

Saat bersepeda apalagi jika secara berkelompok dengan pesepeda yang lainnya maka terkadang fokus akan terganggu dengan memperhatikan ban sepeda yang sedang di aiki pesepeda yang lainnya. Hal ini tentu akan membuat fokus anda terpecah dan yang lebih fatal adalah posisi anda akan goyah.

Saat posisi anda bersepeda goyah di medan yang curam atau tidak rata maka ada kemungkinan jika anda akan jatuh dari sepeda. Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan karena ketidakfokusan ini, kami sarankan anda untuk tetap focus pada trek yaitu sekitar 1 hingga 2 meter dari sepeda.

Tambah Pengetahuan Tentang Teknis Bersepeda Gunung

Teknis mengendarai sepeda gunung ada beragam cara. Selayaknyaanak yang sedang belajar berjalan, anda jika ingin menguasai sepeda dengan benar maka harus tahu teknis-teknis untuk menghadapi medan. Anda bias mulai dengan mempelajari teknis-teknis yang digunakan untuk menaklukan trek yang ringan. Jika sudah menguasai teknis yang mudah maka bisa meningkatkan keteknis yang lebih sulit. Teknis-teknis yang sudah anda kuasai ini bisa anda terapkan saat bersepeda di Cihideung Gravity Park nanti.

  • Menjaga Stamina Tubuh

Tidak kalah pentingnya dengan hal-hal yang sudah disebutkan di atas bahwa stamina tubuh merupakan salah satu faktor atau hal penting yang memiliki peranan dalam dunia bersepeda gunung. Anda memerlukan stamina yang kuat dan juga tangguh untuk dapat melewati berbagai medan yang seringkali cukup beresiko dan membahayakan. Meningkatkan stamina tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menjaga pola hidup sehat, mengatur pola makan, rajin berolahraga, dan juga rajin berlatih menggunakan teknik-teknik bersepeda yang benar.

  • Rajin Latihan

Berlatih merupakan hal yang penting jika anda ingin menaklukan trek yang ada di lintasan sepeda gunung. Dengan rajin latihan anda akan dapat menguasai teknik-teknik yang betul serta bagaimana cara menghadapi medan yang tidaklah halus seperti di jalan raya. Dengan rajin berlatih anda juga dapat melatih keseimbangan serta focus anda saat menggunakan sepeda gunung. Mengingat sepeda gunung bukan olahraga yang ringan, dengan banyak berlatih maka fisik anda akan tertempa dan menjadi tahan banting.

  • Informasi Tambahan Seputar Penginapan Di Dekat Cihidung Gravity Park

Tidak puas hanya menikmati satu hari bersepeda di trek Cihideung gravity park? Jangan khawatir karena ada beberapa penginapan yang bisa anda sewa untuk anda bermalam. Beberapa penginapan ini memiliki kualitas yang baik dan anda tidak akan di buat kecewa.

Penginapan tersebut diantaranya adalah villa chocolate, jadul village resort and spa, the green forest resort. Penginapan-penginapan ini memiliki harga dari ratusan ribu hingga jutaan per malam. Silahkan memilih penginapan yang sesuai dengan budget yang anda miliki serta fasilitas yang anda inginkan.

Bagaimana cukup tertantang untuk mencoba menjajal trek sepeda gunung di Cihideung gravity park? Jika iya, langsung saja menuju lokasi cihideung gravity park. Selamat berlibur dan juga menikmati wisata alam sembari menaiki sepeda gunung. Tetaplah selalu jaga keselamatan diri anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberikan tambahan wawasan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *