Air Terjun Curug Macan yang dulunya Tempat Harimau Minum

Posted on

Anda yang bekerja sebagai karyawan di ibukota tentunya akan mendapat libur pada musim liburan atau akhir pekan. Jika anda bosan dengan liburan di ibukota dengan berbagai polusi maka anda bisa menikmati suasana lain. Dekat dengan ibukota yaitu tepatnya di daerah Bogor, anda bisa mengunjunginya. Bogor memang tempat yang khas dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Banyak tempat wisata alam yang ada di daerah ini siap memanjakan anda bersama keluarga anda.

Salah satu tempat wisata alam yang banyak disukai wisatawan saat berkunjung ke daerah Bogor adalah curug atau air terjun. Suasana alam yang begitu kental serta udara yang sangat sejuk membuat banyak wisatawan rela jauh-jauh datang.

Cukup banyak memang curug yang ada di daerah Bogor. Salah satu curug yang populer di daerah Bogor yaitu curug macan. Anda bias memasukan curug macan ini kedalam destinasi tempat berlibur anda nantinya.

Informasi Menarik Seputar Curug Macan Yang Harus Anda Tahu

Tentu anda sudah penasaran sejak tadi dengan informasi mengenai curug ini. Berlibur adalah momen yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga dan juga orang yang di sayang. Di bawah ini adalah beberapa informasi penting seputar curug mulai dari lokasi hingga objek wisata lain di dekat curug macan. Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

Apa itu Curug Macan?

Dari namanya anda mungkin mengira jika di curug ini masih terdapat banyak macan atau harimau. Perkiraan anda memang tidak sepenuhnya salah karena memang dulunya curug ini merupakan curug dimana banyak macan di daerah halimun menggunakannya sebagai tempat minum. Di dekat curug macan juga terdapat goa dengan nama yang sama yaitu goa macan. Goa macan dulunya digunakan tempat bersembunyi beberapa macan liar. Tinggi dari curug itu sendiri hanya sekitar 5 meter.

Lokasi Curug

Anda tentunya penasaran dimana curug macan ini berada. Lokasi curug adalah di Bogor Jawa Barat. Dan lokasi lengkapnya adalah di kawasan taman nasional gunung halimun salak di Malasari, Nanggung.

Akses Jalan Menuju Curug

Di atas sudah dijelaskan dimana lokasi curug ini berada. Bagi anda yang masih bingung dengan lokasi yang sudah dijelaskan tenang saja karena ada akses jalan yang bisa anda gunakan untuk menuju lokasi curug macan ini.

Akses jalan yang bisa anda tempuh adalah jalan setapak yang sudah tersusun dari batu-batuan. Jalan ini sangat berguna untuk memudahkan para pengunjung yang datang. Jarak yang harus anda tempuh memang tidak terlalu jauh yaitu hanya sekitar 200 meter.

Panorama Indah Curug Macan

Bagi anda warga ibukota khusunya tentu sudah sangat jenuh dengan banyaknya polusi udara, mata maupun suara yang ada di sana. Oleh karena itu anda harus memberikan paru-paru anda dengan udara sejuk khas pegunungan. Salah satunya adalah dengan berkunjung di curug macan ini. Panorama curug ini sendiri adalah keindahan tanaman hijau di kiri kanan. Anda juga bisa menikmati gemercik air terjun yang sangat berguna untuk menenangkan diri.

Fasilitas Menarik Di Curug Macan

Sebagai tempat wisata yang dibanggakan oleh daerah tentu ada fasilitas yang bisa anda nikmati. Salah satu fasilitas yang ada dan bisa anda nikmati di curug macan ini adalah hammock. Bagi anda yang tidak familiar dengan hammock, hammock adalah semacam tempat tidur gantungan. Anda bisa tiduran diatasnya sembari menikmati udara yang sejuk dan gemercir air curug.

Wisma Dekat Curug

Sebelum sampai di curug anda akan terlebih dahulu di sambut dengan penginapan atau wisma. Wisma ini sangat berguna bagi anda yang enggan hanya sehari saja menikmati keindahan alam ditempat ini. Dari wisma ini anda sudah bias mendengar suara gemercik air terjun.

Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anda dan juga keluarga. Jarak wisma dengan curug memang tidaklah terlalu jauh, hanya berkisar beberapa ratus meter saja. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sembari menikmati pemandangan di kanan dan kiri.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Curug Macan

Tentu banyak sekali aktivitas yang anda dan keluarga bisa lakukan di curug macan ini. Anda bisa bermain air di bawah air terjun yang jatuh. Akan tetapi anda harus tetap berhati-hati karena banyaknya batu yang menjadi bahaya jika anda terpeleset. Anda yang hobi memotret panorama alam juga akan sangat betah dengan tempat wisata ini. Anda bias mengabadikan berbagai macam momen menyenangkan yang ada di tempat wisata ini. Pastikan tetap menjaga keamanan barang bawaan anda.

Tips Saat Berkunjung Ke Curug

Jika anda berminat berkunjung ke curug macan saat musim liburan nanti, alangkah lebih baiknya anda mengikuti beberapa tips ini. Tips pertama yang harus anda lakukan adalah dengan banyak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga agar tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Tips yang kedua adalah membawa beberapa pakaian ganti dan juga perlengkapan obat-obatan darurat takut terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Tips yang ketiga adalah dengan berhati-hati saat berkendara menuju daerah ini, karena pada saat musim liburan daerah Bogor sangat ramai pengunjung. Tips yang keempat adalah jangan lupa untuk senantiasa memohon doa keselamatan.

  • Objek Wisata Di Dekat Curug

Menikmati pemandangan alam dan suasana sejuk khas pegunungan tentu menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Tidak berhenti hanya di curug macan, anda bias mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di sekitar curug macan. Akan sayang sekali jika anda datang ke curug macan namun tidak menyempatkan diri mampir ke objek wisata ini. Objek wisata yang ada di dekat curug macan yang pertama adalah jungle canopy walk yang merupakan wilayah hutan hujan tropis dengan beberapa lapisan. Yang selanjutnya adalah the glowing mushroom yang merupakan kumpulan jamur yang dapat bercahaya karena adanya aktivitas bioluminasi.

  • Curug Indah Di Bogor Yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang sudah sedkit disinggung di bagian awal, bahwa curug yang ada di Bogor itu tidak hanya satu saja. Banyak curug lain yang tidak kalah menariknya dengan curug macan. Jika anda memiliki banyak waktu berlibur sebaginya mengunjungi juga beberapa curug yang ada di daerah Bogor ini. Beberapa curug yang ada selain curug macan yaitu curug panjang, curug ciherang dan juga curug cihurang. Masing-masing curug ini memiliki ciri khas yang berbeda sehingga kami yakin anda tidak akan bosan berada di dekat curug-curug tersebut.

Demikianlah informasi penting seputar curug macan yang bisa kami rangkum dan sampaikan untuk anda sekalian. Bagi anda yang berminat mengunjungi curug macan ini, silahkan siapkan berbagai hal yang dibutuhkan mulai dari fisik hingga budget untuk perjalanan. Pastikan anda hati-hati dalam berkendara agar selamat sampai tujuan. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu untuk anda. Salam lestari dan selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *