Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Murah tapi Enak

Posted on

Bicara soal kuliner bogor legendaris memang tidak ada habisnya. Meskipun banyak tempat makan baru di bogor yang instagramable tapi soal rasa maka masakan tradisional adalah juara legendanya. Apalagi bogor tempat pertemuan dari berbagai suku bangsa mulai dari suku sunda, betawi, jawa, tionghoa dan lainnya membuat banyak variasi kuliner enak di bogor.

Ternyata ada beberapa tempat makan murah di bogor yang buka malam hari atau malah kuliner malam bogor 24 jam saking banyaknya pembeli yang ingin merasakan sensasi kelezatannya. Mulai dari jenis masakan berat seperti nasi dengan lauk pauknya sampai makanan yang berkuah ala baso dan soto bogor paling dicari oleh banyak para petualang rasa. Jangan lupa untuk menikmati sensasi kesegaran minuman dingin di kota hujan yang bisa buat orang ketagihan ingin coba lagi dan lagi.

Kota Hujan ini walaupun tidak terlalu luas tapi suasananya padat namun tidak se-hectic jakarta. Sebelum anda langsung menyelusuri surga kuliner di jawa barat ini ada baiknya mengetahui lokasi daerah yang akan dituju agar supaya dapat efisien dari segi waktu agar bisa mencoba sebanyak mungkin aneka jajanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Ada beberapa kuliner bogor murah dekat stasiun dan di surya kencana yang super mantap tapi ada juga lokasi lain yang sayang untuk tidak dijelajahi bisa jadi daerah tersebut ada penjual makanan dengan rasa kelas dunia yang tersembunyi.

Kuliner Kaki Lima dekat Stasiun Bogor

Berikut adalah kuliner paling terkenal di bogor yang murah meriah paling hits cocok untuk keluarga terutama jika berwisata bersama anak, istri/suami, ataupun saudara karena suasananya yang cocok. Bagi yang single atau jomblo juga boleh mencoba merasakan kenikmatan kuliner ini bersama teman dan sahabat serta jika anda memiliki pacar yang hobi wisata kuliner juga silahkan diajak.

  1. Sop Buah Pak Ewok

Ini dia tempat hits buat makan yang pasti wajib dicoba kalau lagi kulineran di bogor. Sop buah super terkenal ini sudah melegenda dan terkenal seantero bogor malah banyak pengunjung dari luar kota yang rela bermacet-macetan ria ke bogor hanya untuk mencicipi kesegaran sop buahnya yang mantap surantap. Tidak hanya aneka sop buahnya saja yang enak tapi juga makanan lainnya yang siap untuk dipesan serta patut untuk dicoba karena kelezatannya yang otentik. Selain harganya yang murah dan terjangkau bagi segala kalangan tempatnya yang asik juga bikin pengunjung pada betah berlama-lama disini.

Kuliner Kota Bogor yang Terkenal

Menu utamanya adalah Sop Buah. Sop Buahnya sendiri ternyata bermacam-macam rasanya, ada yang pakai es krim, duren, yoghurt, jeruk, susu dan aneka topping lainnya. Selain sop buah mereka juga menjual sop duren serta aneka juice. Adapun cemilan favoritnya disini adalah Singkong goreng keju, kentang goreng, cane susu, cireng rujak, pempek kapal selam, aneka dimsum, mie ayam, baso cuankie, mie bakso tom yum, dan yang juaranya adalah batagor dan siomay.

  • Macaroni Panggang

Kuliner restoran ini cocok dikunjungi bersama keluarga atau dibawa sebagai oleh-oleh khas bogor. Makaroni yang bentuknya panjang-panjang dipanggang dengan banyak topping keju serta isian daging sapi paling pas dimakan hangat pas lagi hujan gerimis apalagi ditambahkan sambal saosnya. Soal rasa bisa bikin ketagihan dan porsinya cukup mengenyangkan sampai anda tidak perlu makan nasi lagi meskipun makaroni ini disebut sebagai cemilan.

Karena bentuknya adalah restoran dengan desain ruangan vintage classic sehingga cocok untuk membawa keluarga, sahabat, dan pasangan. Selain yang dipanggang, anda juga bisa memesan sup macaroni yang merupakan varian macaroni untuk anda yang suka masakan berkuah. Karena restoran ini berkonsep italia, maka mereka juga menjual aneka menu hidangan barat seperti biskuit kayu manis, cinnamon cake, rujak serut, ketan lapis srikayam pudding srikaya, sandwich ayam, pisang gulung, stup jambu biji, pudding karamel, fruit fritter, roti goreng, pancake, omelette, chicken wing, fish & chips, french fries, salad tuna, dan lainnya.

Kuliner Paling Terkenal di Bogor

Untuk anda yang berlidah nusantara maka mp juga menyediakan aneka menu alternatif seperti nasi timbel bakar, peda dan ayam, otak-otak, lontong sayur, ketan bambu, nasi goreng, shashlick, ayam roll, lidah saus krim jamur, kerang panggang, jamur panggang, sosis panggang, dan iga panggang.

  • Lapis Talas Bogor Sangkuriang

Khusus yang satu ini adalah oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari bogor. Karena memang tempatnya kurang cocok untuk hangout karena lebih kepada take away juga karena desert kue yang manis ini memang paling enak dimakan di rumah pas lagi nonton tv atau lagi ngobrol bersama teman ataupun keluarga.

  • Roti Unyil Venus Bakery

Nah ini dia oleh oleh bogor yang terkenal dan yang tahan lama. oleh oleh khas bogor yang enak ini merupakan roti mini kecil yang sangat cocok untuk dijadikan cemilan karena bentuknya yang tidak besar dan gampang dimakan dengan aneka jenis pilihan isian dan topping. Untuk jenis roti unyil sendiri bermacam-macam dan bisa dipesan campur tergantung selera anda mulai dari croissant manis, croissant coklat, croissant asin, asap sapi goreng, abon, bakso, blueberry, bolognaise, cheese bun, choco bun, cocoa, donat coklat, coklat bulat, coklat kacang, coklat keju, coklat lilit, coklat meses, coklat pasta, donat coklat keju, duren, green tea, jagung, kacang, kacang keju coklat, kacang madu merah, keju bulat, pisang keju goreng, keju lilit, keju manis, keju panjang, keju roll, kelapa, kismis, krim keju, mocca adonan, stroberi, srikaya, sosis keju, sosis goreng, selai 3 rasa, pisang keju, nanas, pisang coklat keju, dan talas.

Kuliner Murah di Bogor

Selain menjual roti unyil, toko roti venus ini juga menjual aneka kudapan cemilan lainnya yang boleh dicoba seperti roti tawar, roti bunga, pia, donat, dan roti keset.

  • Sate Ayam Kambing

Kuliner selanjutnya cocok dihidangkan dengan nasi hangat bersama tongseng dan gule hangat. Siapa yang tidak ngiler dengan aneka sate ayam dan kambing yang baru saja dipanggang dimakan dengan nasi plus kuah tongseng yang lezat dijamin anda akan puas dan kenyang.

Rekomendasi Kuliner Malam di Bogor

Biasanya sate ayam dan kambing disajikan dengan bumbu kacang atau campuran kecap dengan cabe dan bawang tapi sebenarnya ada banyak variasi sate lainnya seperti sate padang, sate taichan tanpa bumbu, sate sumsum, dan sate babi khusus untuk non muslim.

  • Martabak Bangka Arang

Martabak manis khas asal pulau bangka tapi di bogor jadilah martabak bangka arang bogor. Kudapan lezat tinggi kalori ini sangat diminati dari berbagai usia karena rasa yang bikin ketagihan dan lupa dunia.

Adapun jenis martabak manis favorit yang paling sering dipesan adalah keju cokelat, wijen, kacang, kismis, pisang keju, jagung, dan nangka, dan lainnya.

  • Pepes Sagu Pisang Bogor

Sesuai dengan namanya cemilan mirip otak-otak ini atau bisa dikatakan lebih mirip ketimus ini terbuat dari sagu dan campuran pisang. Selain menjual sagu pisang bakar, si akang tukang penjual ini juga menjual berbagai aneka pepes dengan variasi rasa yang sayang untuk tidak dicoba seperti keju, nangka, usus, oncom, peda, teri, telur asin, dan jamur.

  • Ketan Bakar

Jajanan legendaris ketan bakar enak ini salah satu favorit para pemburu kuliner dari luar bogor terutama dari jakarta. Biasanya dapat anda temukan di pedagang kaki lima daerah suryakencana pasar bogor.

Ketan bakar biasanya dihidangkan di piring dengan ditaburi serundeng dan serta oncom untuk anda yang suka pedas. Paduan serundeng yang manis dan asin dengan ketan hangat yang baru dibakar menciptakan sensasi aroma ketan panggang yang lezat dan bikin ketagihan.

  • Talas Kukus

Jika anda tidak suka dengan talas bogor panggang atau digoreng maka bisa mencoba panganan talas kukus kelapa parut dengan topping gula merah yang bisa membuat lidah bergoyang. Campuran serutan gula aren dengan gurihnya parutan kelapa membuat cemilan ini mantap dihidangkan setelah menikmati hidangan kuah seperti baso ataupun soto.

  • Lumpia Basah

Resep lumpia basah khas bogor dibuat dari isian campuran bumbu seperti bawang putih, garam, msg, bawang merah kemudian dengan tambahan telur serta toge juga tahu yang ditumis dengan minyak hingga panas lalu kemudian ditambahkan ke dalam kulit lumpia yang lalu dibungkus dengan daun pisang. Jajanan khas bogor yang enak ini pada bagian kulitnya lembut namun didalamnya jika digigit terasa renyah dan crispy. Sangat layak untuk dicoba ketika wisata kuliner ke bogor.

  • Es Bir Kocok

Bir yang tidak bikin mabuk dan tentunya halal yaitu bir kocok khas bogor dapat anda temukan di sepanjang jalan suryakencana. Minuman air dengan tambahan gula aren, cengkeh, gula pasir, kayu manis, dan jahe ini dihidangkan dalam keadaan dingin dan dicampur dengan es batu. Cara pembuatannya pun sederhana, campuran air yang ada di dalam botol dimasukan kedalam gelas kemudian dikocok bersama dengan es batu dan menimbulkan buih seperti bir. Sensasi rasanya tentu saja sangat menyegarkan sekaligus menyehatkan. Tukang Es Bir Kotjok ini biasanya berjualan dari pagi sampai sore hari.

Bakso Kikil Gang Aut

Sesuai dengan namanya tukang bakso kikil ini terletak di dekat gang aut sekitar surya kencana pasar bogor. Bakso ini menurut sang pedagang sudah dirintis dari dua generasi sebelumnya oleh pak jaka. Bakso sapi dengann kikil dan campuran bihun dihidangkan dengan kuah hangat paling mantap ditambahkan sambel cabe ijo. Yang membedakan dari tukang bakso lainnya, disini kikil yang diberikan besar serta masih ada dagingnya dan sangat empuk karena telah direbus lama. Bakso ini sangat lezat karena kuah yang gurih dan bumbunya sangat berasa serta tidak terlalu asin sehingga pas dilidah dan juga pas di kantong.

Asinan Jagung Bakar

Asinan ini merupakan versi jagung yang dibakar. Jadi isinya bukan seperti asinan biasa yang biasanya bengkoang dan buah sejenisnya. Asinan ini berisikan biji jagung yang sudah dipreteli dan potongan ketimun lalu dicampur dengan bumbu seperti gula pasir dan garam lalu diguyur dengan kuah asinan yang rasanya mirip dengan kuah pempek. Karena jagungnya dibakar terlebih dahulu yang membuat aroma panggangnya terasa sangat cocok dicicipi pada musim hujan.

Soto Kuning Gang Aut

Ini dia jawaranya kuliner bogor. Jangan ngaku sudah pernah wisata kuline di bogor kalo belum mencicipi soto kuning dengan isi jeroan sapi yang melimpah. Anda bisa memilih jeroan apa yang ingin dicoba, tersedia daging, iso, kikil, babat, paru, limpa, dan lainnya. Setelah isi jeroan dan daging di potong kecil kemudian ditambahkan garam, mecin, daun seledri, bawang goreng dan kecap lalu diguyur kuah santan berwarna kuning yang kental. Soto kuning bogor paling enak dimakan bersama dengan nasi hangat plus perkedel dan jeroan goreng serta bila anda suka pedas tambahkan sambal cabe supaya tambah berselera. Kedua penjual soto kuning di gang aut ini adalah Pak Yusup dan M Yusup sangatlah ramai pengunjung karena terkenal sampai keluar daerah kota bogor.

Tempat Makan Baru di Bogor

Soto Kuning ini sangat cocok dihidangkan sebagai sarapan kuliner bogor pagi hari karena akan memberikan energi kalori yang sangat besar. Dan itulah sedikit pilihan rekomendasi tempat makan enak di bogor. Kalau ke kota hujan ini jangan lupa mencoba aneka kuliner enak malam hari di bogor yang khas baik tradisional maupun modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *