Kenapa Kuliah S2 di Jerman Bisa Bikin Masa Depan Cerah?

Posted on

Kuliah S2 di Jerman – Mengapa kuliah di luar negeri bagi sebagian orang dinilai akan memberikan jaminan kebebasan masa depan? Mungkin karena kuliah di luar negeri banyak mengembangkan softskill softskill yang tidak dikembangkan di dalam negeri, misalnya dengan pengembangan kemampuan berbahasa, alat alat teknologi yang berbeda, kemajuan ilmu pengetahuan yang lebih cepat dan tentunya jaringan internasional

Namun demikian, tidak semua kuliah di luar negeri mampu memberikan manfaat yang sama, apalagi jika anda berkuliah di negara negara eropa, maka manfaat atau benefit yang akan anda dapatkan antara satu negara dengan negara lain jelas berbeda. Secara lebih spesifik saja dalam negara negara di kawasan eropa barat memiliki keunggulan yang berbeda.

Misalnya kuliah s2 di belanda, s2 di perancis hingga kuliah s2 di jerman akan memberikan pengalaman yang berbeda. Apalagi jika anda mengambil studi ilmu yang berbeda-beda jelas akan memberikan pengalaman yang berbeda. Akan tetapi dari banyaknya benefit yang diberikan atau diperoleh. Kuliah s2 di jerman tampaknya memberikan benefit yang mencerahkan bagi masa depan.

Kuliah S2 di Jerman Bikin Masa Depan Anda Cerah

Kuliah s2 di jerman sendiri walaupun terlihat sama dengan kuliah s2 di belanda atau perancis, nyata-nyatanya jauh lebih sulit untuk mendapatkan bangku kuliah disana. Hal ini karena sistem seleksi, sistem rekomendasi dan bahkan proses pengambilan input mahasiswa yang masuk sudah lumayan ketat.

Hal ini berkaitan dengan sistem pendidikan kuliah s2 di jerman yang termasuk berat dalam metode perkuliahan. Menurut beberapa alumni jerman, untuk mendapat nilai A dalam sebuah mata pelajaran maka anda dituntut untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini karena disiplin dan kebiasaan profesor dan dosen di jerman yang terbiasa bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itulah mengapa para mahasiswa yang kuliah s2 di jerman terlatih untuk bekerja keras, disiplin dan menghargai proses (suatu hal yang menjadi tradisi para pekerja dan masyarakat jerman), jadi mereka akan menghargai nilai-nilai yang telah diperoleh dan memberikan apresiasi dalam bentuk target-target yang istimewa misalnya adalah jurnal paten, jurnal publikasi atau penemuan-penemuan tertentu yang bersifat baru.

Latihan kerja keras ini sebenarnya sudah menjadi syarat mutlak tatkala anda mau memutuskan melanjutkan kuliah s2 di jerman. Jerman memberikan syarat bahasa jerman bagi siapa saja yang akan melanjutkan kuliah s2 di jerman (hanya jurusan tertentu yang membolehkan hanya satu sistem bahasa inggris saja), rata rata meminta mahasiswa kuliah s2 di jerman harus bisa bahasa inggris dan juga bahasa jerman.

Begitu anda masuk sistem kuliah s2 di jerman, maka rencana perkuliahan anda akan diisi dengan hari hari kerja keras antara kuliah teori dan praktek. Kuliah s2 di jerman akan mencerahkan masa depan anda karena banyak ditunjang gabungan teori-teori dan praktek di industri, termasuk untuk jurusan sosial humaniora sekalipun kuliah kuliah lapangan di arsip, masyarakat atau museum seni juga menjadi nilai tambah.

Nah, sepulangnya anda dari kuliah s2 di jerman ke Indonesia sendiri pun tidak akan sia-sia. Indonesia dan jerman memiliki asosiasi atau istilahnya perkumpulan alumni mahasiswa jerman di Indonesia yang siap mensuplai lowongan kerja atau proyek-proyek yang hanya bisa dikerjakan oleh alumni jerman.

Ikatan alumni jerman ini tergolong sangat kuat karena sudah sering membantu menghubungkan alumni kuliah s2 di jerman yang pulang ke indonesia dan ingin berkontribusi di dunia industri di tanah air dengan gaji yang sangat besar sehingga bisa dikatakan kuliah S2 di Jerman memiliki masa depan yang cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *