Pesanan dari Istana Bogor. Martabak Bakso Kiki, Sate Tegal Laka-Laka, dan Kluwih

Posted on

Semenjak istana ditempati presiden sebagai salah satu tempat tinggalnya. Presiden Jokowi sering mencicipi aneka kuliner khas kota bogor dari jajanan pasar yang murah meriah sampai dengan hidangan masakan ala restoran. Kota bogor sangatlah beruntung karena memiliki keragaman budaya kuliner yang cocok untuk segala kalangan sehingga tidak heran banyak pejabat pemerintahan yang singgah ke kota hujan ini hanya sekedar untuk mencoba merasakan kelezatan panganannya.

Berbicara soal presiden jokowi. Akun youtube resmi presiden joko widodo merilis video berjudul #JokowiKuliner Makan Makan di Bogor. Video ini memperlihatkan aktivitas dapur dan wawancara dengan para pemilik bisnis kuliner di bogor yang sudah menjadi langganan istana baik untuk acara keluarga presiden maupun jamuan kenegaraan resmi. Adapun yang diulas ada tiga usaha makanan yang sudah sangat terkenal di sekitaran bogor yaitu Restoran Kluwih, Sate Tegal Laka-Laka, serta Martabak dan Bakso Kiki.

Martabak dan Bakso Kiki

Restoran Bakso dan Martabak Kiki terletak di Jalan Pahlawan Bogor Selatan bertempat di Ruko Bondongan No.35A dan B. Bapak Kiki Sanjaya sebagai pemiliknya menceritakan bagaimana beliau memulai usaha dari kegagalan dan rasa frustrasi. Semangat kembali memulai berusaha berawal dari dukungan para pelanggan dan penggemar hidangan beliau yang sering menanyakan mengenai hasil masakannya. Cita rasa martabak kiki yang berbeda dari penjual lainnya adalah hal yang menjadi alasan mengapa para pelanggan ingin sekali berharap bapak kiki membuka usahanya kembali. Akhirnya dengan kegigihan dan semangat pantang menyerah beliau menghasilkan usaha martabak kiki yang sukses sampai saat ini terus bertahan.

Martabak Kiki Tipis Kering, Sepuluh Rasa, dan Telor

Adapun kunci dari kelezatan hidangan martabak dan juga bakso pak kiki adalah terletak pada resep yang langsung diracik oleh bapak kiki serta dari bahan yang digunakan selalu segar atau fresh dengan kualitas yang bagus tanpa bahan pengawet. Menurut bapak kiki martabak yang bagus ketika dimakan tidak lengket di gigi, warna kulitnya bagus, dan teskturnya lembut. Sedangkan untuk bakso yang sangat berpengaruh adalah kualitas dagingnya. Tentu harus dipilih daging yang berkualitas karena jika menggunakan daging jelek maka hasilnya akan menjadi gagal.

Bapak kiki bercerita bahwa produk yang dijual sering dipesan oleh istana bogor untuk acara – acara kabinet dan tamu negara. Beliau sudah sering bertemu dan langsung melayani presiden ketika acara jamuan sedang berlangsung. Beliau sangat senang dan bangga karena hasil kerja kerasnya dapat dinikmati oleh kepala negara. beliau memberi motivasi bahwa agar selalu semangat dalam berusaha terutama bagi generasi selanjutnya serta jangan ditunda lagi untuk segera mengangkat produk lokal agar dapat menaikan taraf hidup ekonomi masyarakat. Berikut adalah beberapa menu yang ditawarkan oleh martabak kiki bondongan.

Bakso Pak Kiki dengan Mie Ayam dan Jus Jeruk
  1. Martabak Manis : kitkat, skippy, ovomaltine, kismis, jagung, pisang, nangka, blueberry, strawberry, keju, kacang meses, polos, talas, nutella, pandan, tipis kering, wijen, prep, toblerone,
  2. Bakso : Bihun goreng, Kwetiaw kuah, pangsit rebus, mie ayam, nasi tim, siomay, pempek.
  3. Martabak Telor : sosis sapi, sayuran, vegetarian, kornet keju, ayam, original spesial.

Kluwih Sunda Authentic

Restoran Sunda Kluwih berlokasi di Jalan Bina Marga I Bogor Timur no.12. Yeskha Buana Alam yang merupakan Manajer Operasional Kluwih menceritakan pada awalnya kluwih berkonsep restoran sunda dengan sekitar 90% hidangan pada menu merupakan masakan khas sunda serta lebih mengedepankan hidangan khas bogor. Menu favorit di kluwih adalah menu paket liwet. Paket liwet biasanya untuk tamu dengan anggota banyak seperti acara keluarga atau acara instansi/perusahaan. Penyajiannya menggunakan daun agar dapat memperoleh akar sunda yang khas namun dikemas dengan apik dan modern. Tradisi sunda seperti makan bareng-bareng dengan menggunakan tangan namun tetap diatas meja itulah yang membuat lebih menarik. Kluwih juga memiliki misi untuk melestarikan resep tradisional khas warisan orang tua sebelumnya seperti hidangan cumi balakutak contohnya. Meskipun menawarkan hidangan tradisional namun kluwih tetap berkomitmen menjaga pelayanan agar tetap prima serta kualitas tetap harus dijaga.

Nasi Liwet Ayam Goreng dan Ikan Asin Beserta Lalapan dan Sambal diatas Daun Pisang

Ketika Presiden Jokowi berkunjung ke restoran kluwih, awalnya para karyawan merasa kaget karena tidak pernah terbayangkan bahwa akan ada reservasi dari orang nomor satu di negeri ini. Namun dikarenakan pelayanan dan hidangan yang prima sampai membuat presiden beserta keluarganya berkunjung lebih dari empat kali sehingga para karyawan sudah terbiasa dalam melayani beliau. Menu di kluwih yang disukai oleh presiden jokowi sebenarnya sederhana, informasi dari Bapak Yeskha bahwa ayam goreng, lalapan, sambal, tempe tahu, cah kangkung pisang, serta tahu gejrot menjadi menu wajib presiden serta untuk minumannya adalah es tape kluwih dan jeruk panas. Untuk lebih jelasnya berikut pilihan menu yang tersedia di Kluwih

  • Surabi telor oncom, durian, keju, coklat, pisang, kinca gula.
  • Ayam / Bebek bakakak goreng/bakar, pecel, geprek ceurik/cabe ijo, goreng kremes, kalasan, kalasan.
  • Empal, lidah, paru, babat, limpa.
  • Minuman panas/dingin jeruk murni, sekoteng, wedang ronde, gula asem, teh susu, setup jambu, wedang secang, baralak, kunyit asem, bandrek, bajigur, bir pletok, coklat, lemon tea, jeruk peras, teh sereh, jahe, kopi susu, air mineral, teh manis/tawar.
  • Nasi bakar, Nasi Goreng, Mie / Bihun Goreng kambing, peda pete, cumi, tongkol, ayam, jambal, teri, sambal, lalapan, peyek, bakwan jagung.
  • Cah daun pepaya, toge teri, pucuk labu, toge polos, jamur, genjer, jantung pisang, kangkung terasi/polos.
  • Sate soto, kambing, maranggi, ayam.
  • Ikan peda bakar/tim, gabus asin goreng, jambal.
  • Pepes teri, usus, tahu, jamur.
  • Paket presiden, nasi wangi, nasi tutug oncom, nasi jambal, tumpeng mini, nasi liwet.
  • Cumi / Udang bakar/seuhah, sambel pete, goreng tepung, balakutak, indel.
  • Nila / Gurame sambal cobek/pete/kemangi, saus mangga/kedongdong, pesmol, asam pedas, sop, bakar/goreng.
  • Sambel dadak gandaria, ceurik, teri, pete, tomat, tempe, goreng, ijo, pecel, kacang, kotek.
  • Cemilan ketan bakar, roti bakar, tahu gejrot/berontak, peuyeum goreng, nangka goreng, jamur krispy, gongsit jagung gula kelapa, cireng, cakue, pisang gencet/goreng, singkong goreng, colenak, cilok, asinan jagung/buah.
  • Jus buah naga, tape kluwih, kacang ijo, sehat spesial kluwih, jambu biji, semangka, mangga, strawberry, tomat, nanas, sirsak, melon, alpukat.
  • Minuman dingin es segar kluwih, loder, serbet kweni, tape kelapa, teler, campur, alpukat kelapa/kocok, cincau kelapa, jeruk kelapa,serut timun lemon, oyen, goyobod, merah delima, podeng, doger, kemang, lobi-lobi, peuyeum hejo, kacang merah, cendol, cincau hijau/hitam, soda susu, lidah buaya soda, lemon cui, mangga, pala, timun, teh leci.
  • Oseng jambal pete, cumi kedondong, daging pete, buntut, iga, babat, kambing.
  • Tambahan buah potong, karedok/pecel, pete telur kecap/bakar/goreng, ikan kapas balado, sambelan ati ampela, teri kacang, terong sambal pete, ati ampela, usus goreng, jengkol tumis kecap/balado/goreng/semur, ulukuteuk leunca, pencok leunca kacang panjang, tahu tempe goreng, bakwan jagung, peyek, telur balado/ceplok/dadar, lalapan, emping, kerupuk.
  • Kuah buntut bakar, sop buntut, iga bakar, sop iga, soto bogor, soto ayam, asem-asem daging, tongseng kambing/daging/ayam, sayur lodeh/asem.
Es Tape Kluwih dengan Mutiara dan Sirup Manis

Bapak Yeskha bercerita bahwa Presiden Jokowi merupakan sosok pemimpin yang simpel dan sederhana serta dekat dengan masyarakat. Jika ada orang yang menyapa dan meminta foto maka presiden berhenti untuk berfoto bersama, sosok pemimpin seperti ini yang jarang ditemukan apalagi sekelas orang nomor satu di negeri sebesar ini. Hal tersebut yang membuat banyak orang terkesan dan sampai saat ini masih diingat.

Sate Tegal Laka-Laka

Warung sate khas tegal di bogor ini terletak di jalan KH Sholeh Iskandar no.25 Tanah Sareal. Bapak Sunarto sebagai pemilik usaha sate tegal laka-laka menuturkan bahwa nama laka-laka diperoleh dari bahasa tegal yang berarti tidak ada duanya. Bahan baku untuk sate dipilih menggunakan daging kambing yang tidak tua sedangkan untuk sate sapi menggunakan daging tenderloin. Untuk memperoleh kualitas daging yang bagus setelah sudah dipotong lalu digantung kemudian diurunkan dagingnya kemudian dipisahkan daging yang memiliki kualitas yang bagus dan mana yang kurang bagus. Walau sudah diturunkan dagingnya, tulang tersebut dibiarkan digantung dipajang saja agar sebagai bukti bahwa setiap hari masakan yang disajikan diperoleh dari bahan baku yang segar.

Sate Kambing khas Tegal

Sate yang baik menurut Bapak Sunarto adalah yang memiliki tampilan, aroma, dan rasanya yang bagus karena terbuat dari bahan baku terbaik. Walau sudah banyak restoran di bogor yang menjual sate, Bapak Sunarto menceritakan bahwa bisnis kuliner susah-susah gampang. Kunci utamanya adalah ketekunan serta dukungan dari keluarga. Sebelum memulai usaha ini, Bapak Sunarto bertanya kepada anaknya apakah kamu malu memiliki ayah yang berjualan kemudian sang anak berkata kenapa harus malu tidak apa-apa berjualan. Hal tersebut yang membuat Bapak Sunarto memantapkan niatnya untuk memulai usaha agar dapat berhasil dikemudian hari. Hingga pada suatu ketika, Bapak Sunarto diundang ke istana untuk menyajikan hidangan sate tegal tersebut. Hal tersebut merupakan prestasi yang membanggakan karena dapat menyajikan menu hidangan terbaiknya untuk orang nomor satu di Indonesia. Adapun menu sate tegal diantaranya sebagai berikut

  • Nasi Putih/lontong
  • Nasi goreng ikan asin/ayam/kambing.
  • Ayam Bakar kecap/mentega, goreng.
  • Tongseng, Tengkleng, Gulai Daging Kambing/Otak Kambing.
  • Soto Tegal Daging Sapi, Sop Iga Sapi, Sop Kepala/Kaki/Iga/Tulang Kambing, Soto Ayam.
  • Sate Sapi, Daging Kambing Tanpa Lemak/Ati, Ayam.
Tengkleng Sapi, Sop Kambing dan Sate Ayam Kecap Manis

Presiden Jokowi pada waktu itu menanyakan kepada Bapak Sunarto apakah dapat menyajikan pesanan untuk jamuan di Istana? Tentu saja jawabannya adalah siap dan siap karena itu merupakan kesempatan emas dalam memperkenalkan masakan khas tegal ini ke kelas yang lebih tinggi. Adapun menu yang disukai oleh Bapak Presiden Jokowi di Sate Tegal Laka-Laka ini adalah Sate kambing yang pakai lemak dikarenakan menurut beliau lebih wangi sedangkan untuk menu favorit Ibu Iriana adalah Tengkleng. Bapak Sunarto sangat senang ketika sate hasil racikan beliau dipuji oleh Presiden Jokowi karena kelezatannya kepada tamu-tamunya, beliau berharap Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana, dan Keluarga dapat berkunjung langsung ke Laka-laka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *