Terapi Menyembuhkan Penyakit dengan Aneka Pengobatan Alternatif Modern dan Tradisional

Posted on

Iklan metode pengobatan non medis saat ini sering dijumpai di berbagai media baik melalui brosur, internet, surat kabar, tabloid, maupun dari mulut ke mulut. Sebetulnya, ada banyak praktik pengobatan alternatif yang sudah berjalan baik yang baru buka sampai yang sudah ratusan tahun. Metode ini berkembang karena pola pikir masyarakat yang masih takut akan datang ke fasilitas medis kedokteran karena berbagai hal. Terlepas dari pro kontra mengenai pengobatan alternatif, sudah sewajarnya manusia harus menjaga kesehatannya ketimbang harus mengobati penyakit yang muncul dikemudian hari.

Sehebat apapun manusia berjuang melawan penyakitnya, Tuhan lah yang menentukan takdir umur dan kematian. Ada banyak orang meninggal di usia muda meskipun sudah datang ke dokter ataupun alternatif demi menyembuhkan penyakitnya. Penyakit kronis yang diderita biasanya adalah jantung, diabetes, tumor, atau kanker. Selain mengobati penyakit, pengobatan alternatif dicari oleh orang yang kesulitan untuk hamil.

Selain di desa atau kampung, pengobatan tradisional saat ini sudah banyak ditemukan di kota baik besar maupun kecil di Indonesia. Jenis pengobatan non medis ini kian marak tidak lain karena masyarakat mulai sadar akan alternatif pengobatan tanpa operasi yang alami meskipun sebagian ahli berpendapat bahwa metode yang digunakan oleh pengobatan semacam ini tidak masuk akal seperti contohnya meminum air yang sudah didoakan.

Pengertian pengobatan alternatif adalah suatu pelayanan untuk mengobati penyakit dengan menggunakan bahan, alat, dan cara yang tidak sesuai dengan standar kedokteran modern. Metode pengobatan alternatif menggunakan pendekatan diluar kaidah medis. Metode yang digunakan biasanya menggunakan alat dan ramuan tertentu seperti herbal, rempah-rempah, jamu, dan obat lainnya.

Pengobatan alternatif kini menjadi salah satu lahan bisnis yang menjanjikan dan bersifat komersial. Hal ini dikarenakan ilmu pengobatan yang diwariskan oleh para penemunya sudah dibagikan kepada sanak saudara, famili, ataupun temannya sehingga mereka sudah dapat membuka praktek metode pengobatan alami secara mandiri. Ilmu yang dipelajari biasanya adalah moksibasi, kerok, bekam, medipic, hipnoterapi, hipnotis, kecantikan, akupuntur untuk kecantikan dan kesehatan, akupressure, dan lainnya.

Faktor alasan yang menyebabkan pengobatan tradisional bermunculan bermula ketika pemerintah tidak memberikan akses fasilitas kedokteran yang memadai dan terjangkau bagi masyarakat khususnya di wilayah terpencil. Melihat peluang tersebut, pemerintah kemudian mulai memperkenalkan klinik pengobatan alternatif sebagai salah satu program unggulan wisata kesehatan non medis dengan mengatur melalui undang-undang tentang praktik pengobatan diluar ilmu kedokteran. Tentu saja dengan keluarnya regulasi tersebut maka setiap praktisi yang membuka jasa pengobatan alternatif harus memenuhi persyaratan seperti mengikuti uji kompetensi agar dapat memperoleh SIPT atau surat izin pengobatan tradisional dan setelahnya harus memberikan laporan aktivitas setiap empat bulan kepada dinas kesehatan kota atau kabupaten untuk evaluasi.

Pengobatan tradisional alternatif yang digunakan biasanya berkaitan dengan agama dan budaya kultur yang diyakini masyarakat indonesia sehingga oleh beberapa kalangan ragu dengan khasiat penyembuhan dengan metode alternatif ini karena belum teruji berdasarkan studi kesehatan dari sisi keamanan, dosis, efek samping, dan efisiensinya.

Informasi alamat pengobatan alternatif dapat ditemukan di berbagai media seperti brosur, tv, radio, koran, majalah, internet, dan dari orang sekitar. Pastikan tempat pengobatan tersebut melakukan pengobatan yang sesuai dengan kaidah pengobatan umum agar penyakit dapat disembuhkan dengan benar serta tidak menyalahi norma yang berlaku di masyarakat dan aturan hukum negara republik indonesia. Berikut ini adalah daftar teknik pengobatan tanpa operasi yang lumrah dijumpai di masyarakat.

Pengobatan China

Salah satu metode pengobatan tradisional china atau lebih populer dengan sebutan TCM (Traditional Chinese Madicine) ini menggunakan alat jarum sebagai media penyembuhan penyakit. Penyakit yang dapat diatasi oleh akupuntur diantaranya diabetes melitus, hipertensi, keputihan, gangguan haid, insomnia, susah tidur, sinusitis, lemah syahwat, sakit persendian, keseleo, reumatik, lemah saraf, sakit bahu, sakit tengkuk, encok, sakit pinggang, migrain, sakit kepala, vertigo, stroke, muka lumpuh, asam lambung, dispepsia, maag, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, terapi ini juga sering diaplikasikan untuk kecantikan seperti flek pada wajah, jerawat, penuaan dini, selulit, dan obesitas atau melangsingkan badan. Cara pengobatan akupuntur ialah dengan menusukan jarum steril di bagian tubuh tertentu sesuai keluhan pasien. Selain akupuntur, sinshe biasanya juga akan memberikan resep obat herbal dan terapi lainnya yang digunakan dalam teknik pengobatan china seperti detoksifikasi, terapi elemen biologi, terapi microwave, infusi obat herbal arteri.

Pengobatan Islami

Obat dari Zat Kimia saat ini sering dikeluhkan oleh banyak orang sehingga pengobatan islami tanpa obat kimia menjadi pilihan. Teknik yang digunakan diantaranya yaitu terapi herbal, terapi setrum, gurah, sedot lintah, dan bekam. Untuk orang yang memiliki gangguan pernapasan dapat diobati dengan gurah sedangkan untuk penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah seperti stroke, pusing, kolesterol, dan tekanan darah tinggi biasanya menggunakan terapi bekam yang akan memperlancar darah karena akan menyedot darah kotor.

Pengobatan Patah Tulang

Beragam permasalahan patah tulang seperti tangan patah, tempurung pecah, tulang engkel lepas dan lainnya akibat kecelakaan menyebabkan badan lumpuh. Menyambungkan tulang yang sudah terpisah jika ditangani pada rumah sakit di bogor tentu harus menjalani operasi dengan biaya yang sangat mahal. Pasien patah tulang yang berobat ke pengobatan tradisional biasanya akan mendapat pijatan khusus pada titik tertentu yang dapat membuat tulang bergeser ke posisi sediakala sehingga menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang luar biasa.

Terapi Air

Pengobatan intravena menggunakan khelasi dalam bentuk cairan yang terdiri dari asam amino khusus buatan, vitamin, dan mineral sehingga memunculkan reaksi biokimia dan melarutkan ion kalsium. Zat yang dapat menarik logam berat adalah ethylene diamine tetra acid atau disingkat EDTA ini mampu menguraikan gumpalan pada dinding pembuluh darah seperti lemak kolesterol. Terapi ini bermanfaat untuk keluhan seperti penuaan dini, impotensi, parestesia, kesemutan, ekstremitas dingin, menurunnya fungsi pendengaran dan penglihatan, menurunnya daya ingat, artrtis, artretis, pembusukan jaringan, gangguan pembuluh darah otak dan gangguan darah lainnya.

Terapi Lilin Earwax

Teknik membersihkan telinga dengan menggunakan lilin berongga yang lebih dikenal dengan ect atau ear candle therapy ini berasal dari amerika dan india. Terapi Ear Candle ini digunakan selain untuk membersihkan jamur dan kotoran di telinga tapi juga mengobati radang telinga, mual, depresi, stres, batuk, pilek, asma, insomnia, sinusitis, tinitus, telinga berdengung, congek, otitis media, infeksi telinga, migrain, vertiog, dan segala jenis masalah pendengaran serta gangguan pada telinga.

Sedot Lintah

Pengobatan menggunakan lintah yang menyedot darah di bagian tubuh tertentu ini bertujuan dalam membersihkan pembuluh darah sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti jantung bocor, lemah jantung, jantung bengkak, jantung koroner, aterosklerosis, penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah.

Pijat Herbal

Dengan kombinasi obat herbal dan pijat khusus terapi ini dapat memberikan manfaat dalam menyembuhkan penyakit cepat capek, refleksi, urat terjepit, keseleo, kolesterol, asam urat, stroke, jantung koroner, kanker, diabetes, sinusitis, benjolan, darah rendah, tumor, batu ginjal, penyakit gula, dan lainnya.

Pijat Getar Urat Syaraf

Teknik pijatan dalam meluruhkan pengapuran di tubuh dengan membuang biolistrik negatif dan menyapu kristal yang menghambat aliran darah. Pijatan dilakukan pada bagian tubuh yang menjadi titik tempa seperti lipatan lutut, pergelangan kaki, punggung kaki, ruas jari kaki, hidung, mulut, telinga, air mata, ketiak, siku, dan pergelangan tangan agar dapat melenturkan, menarik, dan mengembalikan posisi ujung syaraf sehingga kepala akan terasa rileks karena peredaran oksigen dalam pembuluh darah ke otak dan bagian kepala menjadi lancar. Manfaat dari terapi listrik ini adalah untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah rendah atau tinggi, daya tahan tubuh lemah, pikun dini, tumor prostat, kurang perkasa, kurang gairah, turun berok, hernia, radang ginjal, bronkitis, flu, migren, kencing manis, dan lainnya.

Berikut adalah teknik pengobatan tradisional lainnya

  1. Chiropractic
  2. Terapi Kesuburan Pria dan Wanita
  3. Terapi Ion
  4. Terapi Toksin
  5. Terapi Sentil
  6. Rukiah Syariah dan Kontak Batin
  7. Terapi Medan Elektrostatik
  8. Pijat Bayi dan Anak Hiperaktif
  9. Terapi Mesin Getar
  10. Anmo Diet
  11. Terapi Holistik
  12. Hypnotherapy
  13. Terapi Bakar Lemak
  14. Pijat Totok Saraf, kuping, legit, dan wajaj
  15. Totok Aura dab Ebergi
  16. Terapi Ikan
  17. Terapi Doa dan Ramuan Herbal
  18. Terapi Batu Bara
  19. Pijat Refleksi Kaki dan Reflexology
  20. Jamu Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *