Solusi Payment Gateway untuk Transaksi Pembayaran Online yang Aman dan Terpercaya

Posted on

Perkembangan teknologi dalam bertransaksi baik secara offline dan online kini semakin pesat. Banyak perusahaan berlomba untuk mengembangkan sistem layanan transaksi yang praktis, cepat dan canggih supaya masyarakat memperoleh kemudahan dalam menggunakannya. Salah satu inovasi tersebut adalah payment gateway.

Perkembangan payment gateway di indonesia tergolong sangat masif sejak masuk ke era digital. Bank, marketplace, dan perusahaan rintisan (startup) bersaing dalam menciptakan layanan finansial yang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Karena kemudahan dalam aneka transaksi tersebut membuat pilihan pembayaran melalui metode ini menjadi ramai dan populer sehingga diperlukan adanya sistem yang mampu memproses otorisasi pembayaran secara cepat dan aman.

Pengertian Payment Gateway

Jika belum mengetahui definisi apa itu payment gateway maka sebenarnya kalau dideskipsikan secara awam yaitu suatu media aplikasi transaksi yang digunakan oleh suatu layanan e-commerce dalam data informasi persetujuan otorisasi terhadap pembayaran sebuah transaksi dari pengguna, Sumber dana untuk melakukan pembayaran tersebut bisa berasal dari rekening bank, kartu kredit, kartu debit, maupun pembayaran tunai di merchant seperti minimarket indomaret/alfamart.

Cara Kerja Payment Gateway

Penggunaan metode ini sebetulnya sangatlah sederhana secara logika. Sebagai contoh dalam transaksi belanja online, setelah calon pembeli memilih produk dan akan melakukan pembayaran atas produk tersebut pada aplikasi atau website penjual maka penjual akan menyediakan fasilitas yang menawarkan beragam cara pembayaran yang kiranya dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli. Semakin banyak variasi metode pembayaran yang ditawarkan maka akan semakin memberikan kemudahan bagi customer untuk menentukan pembayaran sesuai keinginannya. Jika sudah memilih cara pembayaran yang diinginkan, maka pembeli melalui payment gateway akan memberikan otorisasi berupa data informasi yang nantinya digunakan penjual untuk memperoleh izin ke penyedia sumber dana (dalam hal ini bisa kartu debit/kartu kredit bank atau merchant) sesuai dengan data transaksi antara pembeli dan penjual.

Manfaat Payment Gateway

Keuntungan menggunakan payment gateway terletak pada keunggulan dari sisi keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Customer tentu saja akan memilih toko online yang memberikan banyak variasi pembayaran serta sistem pembayaran yang memberikan rasa aman dalam bertransaksi. Sedangkan untuk penjual, kelebihan payment gateway memudahkan mereka dalam melakukan transaksi bersamaan secara massal secara cepat. Pengecekan histori transaksi dan sistem perlindungan keamanan data pengguna juga sudah dijamin oleh metode ini dengan berbagai standar keamanan seperti 3D Secure Password, Card Security Code, dan Address Verification System.

Contoh Payment Gateway di Indonesia

Ada banyak perusahaan di Indonesia yang menawarkan sistem pembayaran online untuk website e-commerce. Salah satunya adalah prismalink yang selain menawarkan jasa layanan payment gateway terbaik seperti virtual account, QR Payment, dan Bill Payment dengan harga kompetitif juga memberikan solusi pembuatan aplikasi white label untuk transaksi finansial. Prismalink telah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar untuk bekerjasama dalam pengelolaan sistem payment gateway karena dukungan fasilitas yang diberikan sangat mumpuni seperti pembayaran kartu debit/kredit dari berbagai bank yang menggunakan logo JCB, Mastercard dan Visa serta jaminan keamanan yang terpercaya karena telah didukung PCI DSS Standard and 3DS Security Systems.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *