Liburan Berenang sambil Melihat Hewan di Katoomba Green Park Gunung Putri

Posted on

Katoomba Green Park merupakan salah satu taman rekreasi yang cukup fenomenal di pulau Jawa. Setelah 5 hari bekerja atau melakukan aktivitas yang melelahkan tentunya anda semua ingin menikmati waktu beristirahat.

Orang orang beristirahat dengan melakukan beberapa hal seperti tidur dirumah ataupun pergi ke taman rekreasi. Pergi ke taman rekreasi sangatlah bermanfaat bagi kesehatan salah satunya bisa mengurangi stress.

Taman rekreasi ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang anda. Taman rekreasi katoomba juga cocok dikunjungi oleh semua umur mulai dari anak anak sampai orang tua. Ada banyak fasilitas dan taman bermain yang tersedia di obyek wisata ini. Untuk lebih jelasnya, disarankan anda menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

Sejarah berdirinya Katoomba Green Park

Pada awalnya taman rekreasi katoomba merupakan kawasan hijau yang berada daerah Gunung Putri kota Bogor. Namun kawasan hijau tersebut diubah oleh pemerintah Bogor menjadi taman wisata pada beberapa tahun silam. Hal tersebut ditujukan agar pariwisata ke Bogor meningkat. Tidak hanya itu banyak obyek wisata di Bogor memungkin para penduduk dari luar daerah untuk datang. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bukan?

Nama katoomba berasal dari kampung suku Aborigin yang berasal dari Benua Australia. Tidak ada hubungannya memang nama katoomba dengan isi dari taman pariwisata ini. Nama tersebut hanya dibuat karena mudah disebut dan diingat oleh masyarakat. Awalnya hanya beberapa hektar area kawasan hijau yang dijadikan taman wisata saja. Namun seiring dengan berjalanya waktu Pemkot Bogor telah meluaskan taman wisata ini menjadi 13 hektar.

Lokasi Dari Taman Hijau Katoomba Bogor

Untuk datang ke suatu tempat tentunya anda harus mengetahui lokasi dari tempat tersebut bukan? Sama halnya jika anda ingin berwisata mengunjungi Katoomba Green Park. Salah satu obyek wisata ini terletak di Kota Bogor. Lebih tepatnya berada di Jalan Raya GBHN Bojong Nangka, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri. Jadi dapat dikatakan bahwa lokasi dari taman katoomba berada di kawasan gunung putri.

Karena lokasinya dekat dengan gunung putri, taman hijau katoomba tentunya memiliki hawa yang sejuk dan segar. Sesuai namanya yaitu green park, taman wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Kawasan hijau tersebut membuat memanjakan mata dan hati kita sebagai manusia yang melihatnya. Lokasi dari taman hijau katoomba sangat mudah dicari karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor. Jadi para pengunjung tidak perlu khawatir akan tersesat.

Akses dan rute untuk menuju Katoomba Green Park

Setelah mengetahui dimana lokasi dari taman hijau katoomba, para calon pengunjung tentunya juga harus mengetahui bagaimana akses dan rute untuk menuju tempat wisata tersebut. Ada beberapa rute untuk menuju ke Katoomba Green Park. Mulai dari rute dari arah pusat kota Bogor, dari Jakarta, dari Bandung dan masih banyak lainya. Semua rute tersebut akan melewati jalan nasional Bogor. Setelah itu anda akan menuju arah pendakian Gunung Putri dan akan menemukan katoomba greenpark di sebelah kanan jalan.

Untuk aksesnya sendiri anda juga tidak perlu khawatir. Karena jalan raya untuk menuju kesana sangatlah bagus dan tidak bergelombang. Namun anda akan melewati jalan yang sedikit terjal dan naik turun karena letak dari taman wisata ini berada diketinggian 500 meter. Jika anda khawatir akan tersesat, anda bisa menggunakan google maps atau bertanya kepada penduduk sekitar. Cukup mudah bukan akses dan rutenya?

Harga Tiket Masuk Ke Taman Hijau Katoomba Di Bogor

Untuk dapat menikmati keindahan dari Katoomba Green Park, para pengunjung harus membayar harga tiket masuk. Untuk harga tiket masuknya sendiri sangatlah terjangkau. Harga tiket masuk pada hari kerja sebesar 25.000 rupiah saja sedangkan untuk weekand dan libur nasional seharga 30.000 rupiah saja. Harga tersebut tentunya sangatlah murah dan terjangkau bukan? Uang yang dihasilkan dari penjualan tiket masuk digunakan untuk mengelola fasilitas dan wahana yang ada di taman wisata ini.

Fasilitas Dan Wahana Yang Ada Di Taman Wisata Katoomba

Ada banyak fasilitas penunjang dan wahana di katoomba. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa uraiannya. Lets check it!

  1. Taman bermain anak

Wahan pertama yang tersedia di destinasi wisata katoomba adalah taman bermain anak. Taman bermain ini sangatlah digemari oleh para pengunjung anak anak. Hal ini dikarenakan telah disediakan banyak mainan seperti ayunan, perosotan, jungkat jungkit dan masih banyak lainya.

Area taman bermain anak juga dilengkapi dengan rerumputan hijau yang diatur sedemikian rupa agar anak anak betah. Meskipun mainan anak yang tersedia cenderung aman dan tidak berbahaya namun anda sebagai orangtua tetap harus waspada dan mengawasi anak yang sedang bermain.

  • Kolam renang

Disebelah kiri taman bermain anak, para pengunjung akan menjumpai kolam renang yang cukup luas. Ya memang katoomba menyediakan kolam renang sebagai salah satu wahana yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Namun untuk bisa berenang di kolam renang tersebut para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah saja.

Ada banyak wahana di kolam renang seperti seluncuran, rumah hujan, ember tumpah dan masih banyak lainya. Kolam renang di katoomba waterpark terbagi menjadi dua kolam yaitu kolam anak dan kolam dewasa. Anda akan merasakan air kolam yang sangat dingin jika berenang di kolam tersebut. Hal ini dikarenakan air kolam berasal dari mata air yang turun dari gunung putri. Lihat juga gumati waterpark

  • Mini gazebo

Bagi anda para pengunjung yang hanya ingin menikmati udara segar dan hamparan kawasan hijau di taman wisata katoomba anda bisa duduk bersantai di gazebo yang telah disediakan. Gazebo tersebut memang disediakan oleh pengurus taman katoomba untuk para pengunjung yang ingin duduk bersantai. Ada beberapa mini gazebo yang dibangun diatas sungai kecil. Hal tersebut tentunya menambah keindahan dan kenyaman dari pengunjung yang bersantai di gazebo tersebut.

  • Mini zoo

Fasilitas selanjutnya yang disediakan oleh taman wisata katoomba adalah mini zoo. Sesuai namanya yaitu mini zoo, wahana ini merupakan kebun binatang mini. Di katoomba park ada beberapa jenis hewan seperti burung, ayam, kalkun, rusa, kijang dan masih banyak lagi. Semua hewan tersebut berada di dalam kandang yang tentunya aman jika dilihat dari dekat. Tidak hanya itu anda juga bisa memberi makan hewan yang ada di mini zoo. Karena ada beberapa sayur dan buah buahan yanag sudah disediakan oleh pengelolaan mini zoo.

Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas yang tersedia di Katoomba Green Park Bogor seperti toilet, tempat ibadah, foodcourt dan lainya. Penjelasan diatas semoga dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *