Rute Tracking Menuju ke Curug Cibulao Megamendung Puncak

Posted on

Saat akhir bulan adalah masa yang menjemukan. Semua orang mulai bosan dengan pekerjaan dan membutuhkan pasokan semangat baru. Namun, disaat yang bersamaan tidak ada dana yang dapat digunakan. Jika demikian, apa yang dapat dilakukan?

Solusinya adalah mendatangi Curug Cibulao yang berada di Bogor. Mengapa? Karena tempat ini dapat didatangi walaupun hanya memiliki dana Rp 50.000. Apakah benar demikian? Anda akan mengetahui informasinya setelah membaca artikel ini.

Bogor merupakan sebuah kota yang memanjakan warganya dengan beragam tempat wisata. Dimulai dari wisata glamour hingga wisata hemat semuanya tersedia di Bogor. Karenanya, sangat menarik untuk mengeksplor semua tempat wisata di Bogor satu per satu. Namun, sebelum mendatanginya penting untuk mengetahui apakah tempat ini menarik atau tidak untuk dikunjungi. Serta, mengetahui apa saja kebutuhan yang perlu dibawa ke sana. Dan semua informasinya, ada pada artikel ini.

Tips Berwisata di Curug Cibulao

Sebelum mengetahui keindahan dari curug ini, penting untuk mempelajari dan mempersiapkan peralatan yang perlu dibawa. Berikut informasinya.

  1. Bawa Baju Ganti

Karena aktivitas ini merupakan aktivitas air, penting untuk Anda mempersiapkan baju ganti. Namun, jangan hanya persiapkan satu buah baju, melainkan 2-3 baju. Karena dalam perjalanan mungkin saja pengunjung berkeringat. Mengingat, terdapat track yang harus dijalani agar mencapai curug tujuan.

  • Berhati-hati Ketika Hujan

Banyak penduduk yang akan melarang Anda mendatangi tempat ini jika keadaan hujan. Pengunjung perlu menuruti larangan tersebut, bukan karena tidak ingin kedatangan pengunjung. Melainkan, karena curug akan memiliki air yang deras dan mungkin berbahaya untuk keselamatan jiwa jika terus dipaksakan.

  • Berhati-hati Berenang di Sekitar Leuwi

Karena curug ini memiliki keunikan dengan beberapa leuwi, sebaiknya Anda berhati-hati saat berenang disana. Mengingat, arus yang ada pada leuwi dapat berubah dan menyeret pengunjung yang ada disekitarnya. Jika dirasa tidak sanggup melakukan penyebrangan leuwi, sebaiknya hentikan proses berenang dan bermainlah di sekitar air terjun.

  • Menggunakan Sepatu atau Sendal Gunung

Perjalanan menuju air terjun harus dilakukan dengan perjalanan darat, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya, mempersiapkan alas kaki, disarankan untuk menggunakan sepatu atau sendal gunung. Agar, meminimalisir terjadinya cedera pada kaki dan menghindari adanya gigitan hewan.

  • Bawa Pulang Kembali Sampah Anda

Satu yang perlu diperhatikan ekstra, dimana Anda diharuskan membawa pulang sampah ataupun membuangnya pada tempat yang tersedia. Hal ini harus dijalankan sehingga tidak merusak kekayaan alam disekitar air terjun. Sehingga kelestarian tempat ini tetap dapat terjaga dalam jangka waktu panjang.

Persiapan inilah yang dapat Anda lakukan untuk berwisata ke air terjun cibulao. Mungkin, kini rasa penasaran akan keindahan tempat ini semakin menjadi-jadi dalam diri. Tidak perlu khawatir, karena dengan penjelasan berikutnya rasa penasaran dan ketertarikan akan segera bertambah.

Keindahan dan Keunikan Curug Cibulao

Hal pertama yang perlu diketahui adalah mengapa curug ini memiliki nama Cibulao. Rupanya nama ini berasal dari keberadaan tempat ini yang merupakan hulu dari Sungai Paseban. Karenanya, tempat ini sering disebut sebagai curug hulu. Selain itu, terdapat nama Cibulao diambil dari bahasa Sunda dengan melihat warna air curug. Warna air pada curug ini adalah kebiru-biruan yang menyerupai warna blau yang biru. Hal inilah yang merupakan keunikan dari curug ini, sehingga terus mengundang banyak orang mendatanginya.

Untuk mendatangi tempat ini, Anda dapat mengendarai motor ataupun mobil. Karena jalan menuju tempat ini sudah cukup baik untuk dilintasi. Namun penting untuk tetap berhati-hati dan mengecek kendaraan sebelum berkendara. Sehingga perjalanan yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tidak perlu mengeluarkan dana tambahan lainnya. Kembali berbicara soal curug ini, rupanya curug memiliki dua buah leuwi atau kolam. Keduanya, memiliki kedalaman yang berbeda, karenanya cukup menarik untuk dikunjungi untuk menguji adrenalin dan melepaskan penat.

Leuwi yang pertama, memiliki kedalaman 8 meter. Sedangkan leuwi yang kedua memiliki kedalaman 5 meter. Tidak ada perbedaan antara keduanya selain masalah kedalaman, sedangkan dalam hal keindahan tidak perlu diragukan. Karena keduanya memiliki visibelitas yang tinggi. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan spot menyelam bagi para pencintanya. Letak kedua tempat ini tidaklah jauh berbeda, karena leuwi pertama terletak tepat di bawah curug. Sedangkan leuwi kedua dibawah leuwi pertama.

Bagi yang memiliki adrenalin yang tinggi, sebaiknya mencoba menyebrangi leuwi pertama dan yang kedua. Anda dapat menyeberangi jarak yang cukup lebar dan dalam dengan berenang. Atau pengunjung dapat menyebranginya dengan berpegangan pada tambang yang melintang di antara kedua leuwi. Namun saat menyebranginya, pengunjung harus berhati-hati, karena arus dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk pengunjung yang sudah lelah sebaiknya mulai meminggirkan diri dan melakukan aktivitas lainnya.

Aktivitas yang dimaksud adalah melakukan makan siang untuk melepaskan penat karena berenang dan melepaskan lapar. Sayangnya, di tempat ini, tidak tersedia warung yang menyediakan makanan. Karenanya, penting untuk mempersiapkan makanan dari rumah. Atau dapat membelinya disekitar warung yang tersedia selama perjalanan. Walaupun makanan dibawa dari rumah, tentunya akan terasa nikmat karena sudah lelah berenang dan melakukan perjalanan yang lumayan jauh.

Usai bersantap, sebaiknya lakukan pengabadian momen bersama rekan. Karenanya, siapkanlah kamera terbaik untuk mengabadikannya. Carilah spot-spot menarik untuk berfoto, karena di tempat ini, terdapat beberapa tempat menarik untuk berfoto. Namun, tetap pastikan berhati-hati, karena salah langkah dapat berbahaya untuk gadget dan diri Anda. Bila senang dengan keindahan alam, sebaiknya abadikan tebing dan air yang mengalir deras ke kolam tampungan.

Sudah usai semua? Jika demikian, waktunya untuk pulang. Disarankan untuk tidak pulang terlalu larut karena jalan masih belum dilengkapi dengan penerangan. Karena cukup berbahaya jika memiliki rencana untuk pulang larut malam. Jika memang berminat pulang malam, mintalah bantuan dari warga setempat untuk menunjukkan jalan. Sehingga, Anda dapat pulang dengan selamat dan tidak mengalami gangguan saat perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cibulao

Inilah pertanyaan yang sedari tadi mungkin Anda tanyakan, tentang harga tiket masuk obyek wisata. Harga masuk tempat ini cukup murah, yaitu Rp 12.000/orang. Namun belum termasuk biaya parkir, untuk biaya parkir biasanya Rp 2.000-Rp 4.000/kendaraan. Dari harga ini dapat diketahui bahwa biaya untuk berkunjung ke tempat ini adalah Rp 16.000. Sedangkan untuk lifejacket, dapat disewa dengan harga Rp 10.000. Dari Rp 50.000 tentu uang yang dibawa masih tersisa. Sisa uang inilah yang dapat dijadikan dana untuk membeli makanan ataupun cemilan disekitar tempat wisata. Lihat yuk Curug Cilember

Jadi, tertarik untuk mendatangi tempat ini? Tempat ini tergolong hemat untuk dikunjungi, karena hanya dengan Rp 50.000 semua biaya perjalanan telah terpenuhi. Namun, saat mendatangi Curug Cibulao sebaiknya tetap ikuti tips-tips diatas. Sehingga perjalanan lebih lancar dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *