Tips Cara Menjaga Tas Agar Tetap Awet

Informasi13 Views

Siapa di antara kita yang nggak ingin tas kesayangan kita tetap awet dan tampilan seperti baru? Nah, supaya tasmu tetap tahan lama dan nggak cepat rusak, yuk simak beberapa tips sederhana cara merawat tas supaya awet yang bisa kamu terapkan versi Cimanggu Bogor! Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu tahu penyebab tas cepat rusak.

Penggunaan Tas Sembarangan

Salah satu penyebab utama tas rusak adalah penggunaan yang terlalu kasar. Misalnya, memakai tas terlalu berat, memasukkan barang-barang tajam, atau sering menjatuhkan tas. Hal ini bisa membuat material tas cepat aus dan rusak.

Tidak Membersihkan Tas Secara Rutin

Membersihkan tas secara rutin juga sangat penting, Sobat. Debu, kotoran, dan noda bisa menumpuk di permukaan tas dan menyebabkan kerusakan pada materialnya. Pastikan untuk membersihkan tas secara teratur dengan cara yang tepat sesuai dengan bahan tas.

Tidak Menyimpan Tas dengan Baik

Cara menyimpan tas agar tetap awet juga berpengaruh pada keawetannya. Jika kita menyimpan tas di tempat yang lembap, panas, atau terkena sinar matahari langsung, maka bisa membuat material tas cepat rusak. Simpanlah tas di tempat yang kering dan teduh agar tetap awet.

Memakai Tas di Cuaca Ekstrem

Memakai tas di cuaca ekstrem, seperti hujan atau panas terik, juga bisa merusaknya. Air hujan bisa membuat tas basah dan berjamur, sedangkan sinar matahari langsung bisa memudarkan warna tas dan membuat materialnya cepat rapuh.

Kualitas Bahan Tas Jelek

Terakhir, kualitas bahan tas juga mempengaruhi keawetannya. Tas yang terbuat dari bahan yang kurang bagus atau palsu cenderung lebih cepat rusak daripada tas yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Pastikan untuk memilih tas dengan kualitas bahan yang baik agar lebih tahan lama.

cara merawat tas supaya awet
cara menyimpan tas agar tetap awet

Kerusakan Pada Tas Yang Umum Terjadi

Ada beberapa bagian pada tas yang biasanya rusak. Berikut daftarnya

Tas Robek atau Sobek

Kerusakan yang paling umum pada tas adalah robek atau sobek, terutama pada bagian yang sering terkena tekanan atau gesekan, seperti tali bahu atau bagian bawah tas. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjahitnya kembali dengan benang dan jarum atau membawanya ke tukang sepatu atau penjahit untuk diperbaiki.

Resleting Tas Rusak

Resleting yang rusak atau macet bisa sangat mengganggu penggunaan tas. Ini bisa disebabkan oleh gigi resleting yang patah atau kotoran yang menumpuk di dalamnya. Untuk mengatasi masalah ini, coba bersihkan resleting dengan sikat gigi dan minyak zaitun atau bawa tas ke tukang sepatu untuk diperbaiki.

Lapisan dalam Tas Rusak

Kerusakan pada lapisan dalam tas, seperti lapisan kain yang robek atau sobek, bisa membuat barang-barang di dalamnya menjadi tidak aman. Kamu bisa memperbaiki kerusakan ini dengan merekatkan kembali lapisan dalamnya menggunakan lem khusus atau membawanya ke tukang sepatu untuk diperbaiki.

Gesper dan Aksesori Patah

Gesper atau aksesori tambahan pada tas, seperti gesper pengikat atau hiasan, juga rentan mengalami kerusakan. Jika gesper patah, kamu bisa menggantinya dengan gesper baru yang cocok atau membawanya ke tukang tas untuk diperbaiki.

Warna Tas Memudar atau Luntur

Kerusakan yang terlihat secara visual adalah warna tas yang memudar atau luntur akibat paparan sinar matahari atau penggunaan yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, hindari paparan sinar matahari langsung dan gunakan produk perawatan khusus untuk menjaga warna tas tetap cerah dan terawat.

Tips Cara Simpan Tas Agar Awet

Berikut adalah cara menyimpan tas dan sepatu agar awet yang bisa kamu coba ikuti

Pilih Bahan Tas yang Berkualitas

Kualitas bahan tas sangat mempengaruhi umurnya. Saat membeli tas, pastikan kamu memilih tas yang terbuat dari bahan yang berkualitas, seperti kulit asli atau bahan sintetis yang kuat dan tahan lama. Dengan begitu, tasmu akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Gunakan Tas Sesuai Fungsinya

Setiap tas memiliki fungsinya masing-masing. Jadi, gunakan tas sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Misalnya, jangan memakai tas kantor untuk kegiatan outdoor yang berat karena bisa merusak strukturnya. Menggunakan tas sesuai fungsinya akan membuatnya lebih awet.

Hindari Memaksakan Tas Memuat Terlalu Berat Barang

Jangan terlalu memuat tas dengan barang-barang yang berat melebihi kapasitasnya. Terlalu banyak muatan bisa membuat tas cepat aus dan merusak bagian-bagian penting seperti tali bahu atau resleting. Hanya membawa barang yang diperlukan.

Bersihkan Tas dan Rawat Secara Teratur

Membersihkan tas secara teratur adalah kunci agar tas tetap awet. Gunakan kain lembut dan air sabun ringan untuk membersihkan permukaan tas, serta jangan lupa untuk merawatnya dengan produk perawatan khusus sesuai dengan bahan tasmu. Hal ini akan menjaga kebersihan dan kualitas tas.

Simpan Tas dengan Baik

Cara menyimpan tas kulit agar awet juga penting untuk menjaga keawetannya. Simpanlah tas di tempat yang kering, terlindung dari sinar matahari langsung, dan jauh dari kelembaban. Gunakan dust bag atau kantong kain untuk melindungi tas dari debu dan goresan saat tidak digunakan.

Dengan menerapkan tips merawat tas supaya awet di atas, tas kesayanganmu pasti akan tetap awet dan tampil menawan dalam waktu yang lama. Jadi, jangan ragu untuk merawat tas dengan baik dan nikmati kepraktisan serta keindahannya setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *