Liburan Weekend tidak jauh dari Jakarta ke Curug Barong Sentul

Posted on

Tempat wisata Curug Barong memiliki air yang bersih dan jernih. Hari weekend ialah hari yang paling ditunggu oleh keluarga untuk beraktivitas bersama-sama. Bermacam-macam aktivitas seperti pergi berwisata.

Seorang penikmat atau wisatawan mencoba ke berbagai daerah hingga luar kota, provinsi, pulau, bahkan luar negeri. Namun tak usah jauh-jauh, sebab di dekat kita terdapat tempat wisata curug yang tak kalah indah dengan yang lain.

Sebelum Anda pergi kesana, alangkah baiknya untuk mencari review tentang bagaimana keadaan wisata alam disana. Wisata curug di Bogor ini menjadi salah satu rekomendasi wisata keluarga pada hari akhir pekan, liburan, atau sewaktu-waktu ingin bertamsya kapan pun waktunya. Pada kesempatan ini saya akan melakukan deskripsi tentang segala yang ada di Curug sekitar babakanmadang ini. Berikut artikel tentang lokasi wisata Curug Barong di Kota Bogor.

Segala Keindahan Wisata di Curug Barong

Profil menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk menjajal sebuah wisata baru. Begitu juga pelancong yang ingin pergi berwisata, tahu bagaimana gambaran tempat destinasi tersebut. Kedua hal itu menjadikan wisata di manapun akan lebih menarik dan banyak peminat. Begitu juga kali ini tentang Curug Barong yang berada di daftar berbagai wisata yang ada di Bogor. Akan memberikan rasa penasaran bagi keluarga Anda untuk pergi berwisata ke sana.

Oleh karena itu saya akan memberikan profil Curug tersebut, bagaimana perjalan menuju kesana, bagaimana kondisi disana, keunikan apa saja yang ada, juga tak lupa kekurangan yang ada di wisata air terjun di Bogor ini. Semoga dengan membaca artikel ini siapa tahu Anda memiliki waktu dan ingin berkunjung kesana. Di sisi lain juga bisa membuat para pemuda untuk terus meningkatkan kualitas keindahan dan berbagai inovasi untuk melengkapi Curug di bogor ini.

Lokasi Wisata Curug Barong

Curug Barong merupakan tempat destinasi wisata yang belum populer. Hanya beberapa anak muda yang menyukai traveling untuk sampai di tempat wisata curug ini. Juga apabila sebagian orang tahu keberadaannya mungkin berpikir dua kali untuk kesana. Pasalnya akses tidak mudah dan jarak yang jauh. Sehingga perlu pertimbangan matang jika sampai kesana tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Lokasi wisata Curug Barong Bogor berada di Wangun Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Tempat wisata curug ini juga masih satu kawasan dengan wisata yang lainnya yaitu Leuwi Hejo. Meskipun Curug hanya memiliki tinggi tidak lebih dari 10 meter tetapi pemandangan yang diberikan tetap berbeda alias ada keunikan yang spesial. Juga airnya yang sangat jernih menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Asal Muasal Nama Curug Barong

Suatu tempat yang memiliki nama terkadang ada sejarah atau cerita dibalik penamaannya. Terkadang nama itu terdengar asik, keren, menakutkan, seram, aneh, hingga lucu. Lalu bagaimana dengan tempat wisata di Bogor yang mengandeng nama Curug Barong? Singkat kisahnya dahulu ada seorang kakek bernama Dadungawuk dan cucunya bernama Glathik. Sang kakek mencoba beradu kekuatan terhadap cucunya dengan sayembara membuat curug.

Sang kakek dan Glathik membentuk tim masing-masing. Kedua tim tersebut harus berlomba menyelesaikan curug (air terjun) agar memperoleh kemenangan. Dikala sedang membuat curug tiba-tiba terdengar musik tarian ronggeng. Rupanya tim Glathik tertarik untuk menonton untuk waktu sesaat. Sehingga mereka lupa waktu sampai kompetisi berakhir. Lalu terjadilah olok-olok ‘buBAR ngoRONG-ngorong’. Bila dipersingkat jadi BARONG. Itulah asal usul tempat wisata curug tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Barong

Menuju wisata curug di Bogor agaknya harus siap dengan segala kondisi. Demikian juga keadaan finansial yang cukup. Sebab mengingat jarak dan akses untuk melewati jalur menuju Curug Barong tidak mudah serta jauh. Segala kelengkapan bekal makanan dan minuman serta biaya-biaya tak terduga baik tiket ataupun tempat parkiran harus dipersiapkan dengan betul. Oleh karena itu informasi harga tiket masuk sangat dibutuhkan.

Bagi Anda yang berada di luar daerah Bogor terutama wajib mencari tahu segala informasinya. Tiket jalur Curug Leuwi Hejo dan Barong dikenakan setiap orang seharga Rp 15.000. Apabila Anda menggunakan kendaraan mobil, sesampainya di gerbang utama akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. Oleh karena itu persiapkan segala biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati traveling dan keindahan wisata curug Bogor yang memiliki air yang sangat jernih.

Kegiatan Di Curug Barong

Tak disangka lagi ketika orang-orang menyempatkan waktunya untuk berwisata bahwa mereka menginginkan pengalaman yang mengesankan. Tempat wisata di Bogor yang bernama Curug Barong pun demikian menakjubkan. Meskipun jarak yang ditempuh cukup jauh, akses yang tidak mudah, harus melewati sawah dan jalan kaki, serta waktu tempuh sekitar 40 menit dari tempat parkir. Sungguh sangat perlu kesiapan dan kemantapan hati untuk mengunjunginya.

Akan tetapi ketika Anda sudah berada di Curug segala kelelahan akan hilang. Pasalnya melihat pemandangan panorama alam yang alami, memandang kejernihan airnya sudah melegakan. Apalagi Anda juga bisa berenang di tempat wisata curug ini. Berfoto ria bersama keluarga, teman, sahabat, dan pacar. Atau bahkan Anda ingin menikmati keindahannya dengan melakukan meditasi.

Pilihlah Waktu Yang Tepat Ke Curug Barong

Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan sebelum pergi ke tempat wisata curug Barong di Bogor. Karena ada resiko yang sangat berbahaya jika pantangan ini dilanggar. Bukan berarti menakuti dan terjadi secara pasti. Akan tetapi lebih kepada himbauan demi keselamatan semua wisatawan di Curug Barong. Waktu berwisata ke Curug Barong wajib diperhatikan merupakan kuncinya.

Perhatikan apakah tempat wisata curug di Bogor ini sedang dalam keadaan ditutup. Artinya bahwa sedang terjadi situasi peringatan bahaya. Mengingat Curug Barong sempat ditutup karena terjadi longsor hingga memakan korban jiwa. Kedua perhatikan tentang cuaca. Keadaan cuaca seperti hujan menyebabkan debit air terjun meningkat. Bahkan arusnya pun semakin kencang. Sehingga apabila sudah mendung jangan memutuskan untuk melanjutkan pergi kesana.

  • Jangan Pergi Sendirian

Pergi berwisata meskipun hanya untuk menikmati keindahan, kesejukan, kejernihan air, serta mengheningkan cipta harus tetap mengajak teman, sahabat, atau saudara. Tempat wisata curug di Bogor yang tidak jauh dari curug leuwi hejo ini memiliki track yang cukup berbahaya. Sawah, sungai, bebatuan akan Anda temui. Antisipasi menjaga teman supaya bisa saling menjaga. Karena satu sama lain tolong menolong.

Bayangkan jika Anda sendirian lalu kepleset, siapa yang akan menolong Anda? Padahal kaki Anda sakit setelah kepleset mungkin keseleo. Inilah perlunya mengajak teman supaya saling menjaga dan tolong menolong apabila terjadi sesuatu. Dan persiapkan dengan baik seperti peralatan, perlengkapan, dan kesehatan.

Sekian informasi mengenai Curug Barong di Bogor. Semoga jika Anda tertarik untuk mengunjungi kesana lakukanlah segala hal. Patuhi segala aturan yang ada. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga alam dan kebersihan. Semoga tempat wisata di Bogor ini selalu aman dan ramai pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *