Hutan Cifor untuk Penelitian dan Wisata

Posted on

Salah satu wisata alam yang wajib anda kunjungi karena pesona alam dan berbagai ilmu menarik yang bisa di dapat adalah Hutan Cifor. Wisata alam yang beragam seperti pegunungan dan perbukitan, wisata berkonsep pertanian dan peternakan atau agro wisata, air terjun atau curug, taman hingga hutan sangat menarik untuk dikunjungi.

Seperti kita ketahui hutan merupakan salah satu wisata alam yang dipenuhi dengan banyaknya pepohonan rindang yang tentunya memberikan kesan sejuk dan teduh. Hutan Center for International Forestry Research atau CIFOR ini merupakan salah satu hutan di Bogor yang di dalamnya tumbuh beranekaragam pohon yang lebat dan tinggi.

Pohon – pohon di hutan ini tumbuh secara bebas dan tidak beraturan, sehingga saat anda berkunjung akan langsung mendapatkan kesan hutan yang sesungguhnya.

Sejarah Dari Hutan Cifor

Hutan ini awal mulanya di dirikan dengan membeli tanah milik warga masarakat sekitar tahun 1954 – 1955. Kemudian pada tahun 1956 di bangun Hutan Penelitian Dramaga seluas 60 Ha yang ditujukan sebagai hutan penelitian. Semakin berjalannya waktu warga masyarakat sekitar menyebut Hutan Penelitian Dramaga menjadi Hutan Cifor. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 1995 di hutan tersebut dibentuk Center for International Forestry Research atau CIFOR.

Pada tahun 1997 seluas 10 Ha dari area hutan disumbangkan kepada Cifor untuk selanjutnya dibangun sebuah kantor pusat di dalam hutan. Cifor ini merupakan suatu lembaga nirlaba global yang ditujukan untuk memajukan kesejahteraan manusia, keadilan dan pelestarian lingkungan. Tugas utama dari Cifor adalah melakukan suatu penelitian yang berkaitan dengan hutan untuk selanjutnya dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan oleh para praktisi dan pembuat kebijakan.

Lokasi Hutan Penelitian Dramaga

Hutan ini memiliki lokasi yang cukup strategis. Alamat dari hutan ini yakni berada di Jl. Cifor, Situgede, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasi hutan ini bisa bertanya kepada warga sekitar. Walaupun dulunya hutan ini dikenal sebagai Hutan Penelitian Dramaga, warga sekitar lebih mengenal hutan ini dengan Hutan Cifor. Oleh karena itu, saat anda ingin bertanya tanyakanlah dengan nama Hutan Center for International Forestry Research atau Cifor.

Menariknya Hutan Cifor

Dibalik suasana Hutan yang rindang dan teduh, hutan ini juga memiliki sisi menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Salah satu bagian menarik dari hutan ini yaitu adanya Penangkaran Rusa yang diberi nama Pusat Pengembangan Tehnologi Penangkaran Rusa. Rusa – rusa yang dipelihara di hutan ini sebanyak kurang lebih 40 ekor rusa.

Perlu diketahui bahwa rusa – rusa yang dipelihara di penangkaran di tujukan sebagai hewan penelitian. Spesies yang diteliti di penangkaran rusa ini kebanyakan dari spesies rusa Nusantara. Tujuan ditelitinya rusa – rusa ini adalah untuk mengetahui dan menemukan bagaimana cara pengembangbiakan dari rusa atau sering disebut kijang. Dengan demikian, maka kelestarian dari rusa khususnya spesies rusa Nusantara ini bisa terjaga kelestariannya.

Hutan Center for International Forestry Research ini cukup dekat dengan beberapa tempat wisata populer. Tempat wisata tersebut diantaranya yaitu Situ Burung dan Situ Gede. Karena kedekatan tersebut membuat hutan ini juga sering dijadikan destinasi wisata tambahan oleh para wisatawan, baik untuk gathering, camping atau sekedar melihat – lihat rusa yang berada di penangkaran.

Fasilitas Di Hutan Cifor

Karena merupakan sebuah hutan yang ditujukan untuk penelitian, Hutan percontohan ini tidak dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas yang lengkap untuk berwisata. Namun, jangan khawatir bagi anda yang ingin menjelajah di hutan ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda karena tersedia akses jalan yang cukup memadai. Walaupun anda tetap harus berhati – hati karena akses jalan tidak terlalu lebar dan ada beberapa jalan yang cukup rusak.

Tips Berkunjung Ke Hutan Cifor
  1. Berkunjunglah Bersama dengan Teman atau Keluarga

Berkunjung ke Hutan Center for International Forestry Research atau CIFOR akan lebih menyenangkan saat bersama dengan teman dan keluarga. Dengan berkunjung bersama teman dan keluarga maka suasana hutan yang sepi tidak akan terasa. Dengan demikian anda bisa berlibur dengan lebih nyaman dan ceria.

  • Berkunjunglah di Pagi Hari

Sangat tepat bagi anda untuk berkunjung pada pagi hari ke Hutan ini. Berkunjung di pagi hari membuat anda bisa puas mengeksplor setiap lokasi hutan. Selain itu, anda juga bisa menikmati udara segar dan mengabadikan momen – momen menarik saat berkunjung.

  • Berkunjunglah dengan Menggunakan Kendaraan atau Sepeda

Mengeksplor hutan yang mencapai luas 60 Ha tentu akan melelahkan jika harus berjalan kaki. Oleh sebab itu, ada baiknya anda menggunakan kendaraan baik kendaraan roda dua atau sepeda. Dengan menggunakan sepeda anda bisa sekaligus berkeliling sambil berolah raga, sehingga tidak hanya mata yang segar tubuhpun bisa menjadi lebih sehat lagi.

  • Berkunjunglah dengan Membawa Bekal

Saat berkunjung ke Hutan CIFOR anda perlu untuk membawa bekal sendiri. Baik itu bekal makanan maupun bekal minuman. Hal tersebut karena, sepanjang perjalanan di dalam hutan, tidak tersedia warung – warung atau tenda – tenda yang menjual makanan ataupun minuman. Untuk itu, jika anda tidak ingin kehausan ataupun kelaparan bawalah bekal sendiri dari rumah.

Akan tetapi saat anda sudah mencapai di sisi hutan yang berdekatan dengan situ gede, disini anda bisa menemukan beberapa warung yang bisa digunakan untuk beristirahat dan melepas kelelahan. Situ gede ini memiliiki luas sekitar kurang lebih 5 – 6 Ha. Sebagian area Situ Gede tersebut masih termasuk ke dalam area hutan dan area lainnya masuk ke dalam area penduduk.

  • Jangan Merusak Hutan

Sebagai hutan yang difungsikan untuk mengembangkan dan meneliti segala hal yang berkaitan dengan hutan maka anda tidak diperkenankan merusak hutan. Walaupun hanya sekedar memetik ranting pohon. Bagi anda yang senang memotret atau mengabadikan momen, walaupun menemukan spot foto yang bagus usahakan tetap menjaga kelestarian hutan jangan menginjak – injak pepohonan kecil secara sembarangan. Selain itu, anda juga tidak diperkenankan mengukir nama atau tulisan di batang pohon.

  • Jagalah Kebersihan Hutan Cifor

Sebagai wisatawan yang baik, anda harus turut serta menjaga kebersihan hutan. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan baik itu sampah bekas makanan maupun minuman. Dengan menjaga kebersihan hutan, berarti anda juga berkontribusi dalam menjaga kelestarian hutan demi anak cucu kelak. lihat juga danau situ gede cifor

Itulah informasi serta tips saat akan berkunjung ke Hutan Cifor, wisata alam yang penuh pesona yang berada di daerah Bogor. Semoga informasi dan beberapa tips yang dibagikan bermanfaat untuk anda. Selamat Berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *