Taman Malabar Bogor Tempat Olahraga Nyaman dan Duduk Bersantai

Posted on

Kalau anda tipe orang yang suka dengan kondisi sepi tapi ingin berolahraga atau sekedar pergi keluar cari suasana yang hijau hijau maka Taman yang terletak di samping Lippo Plaza Keboen Raya Bogor (dulunya pangrango plaza) bisa jadi pilihan rekreasi anda. Hanya saja anda tentu harus tahu kapan waktu taman ini sepi dan kapan jam ramainya pengunjung.

Penulis seringkali berkunjung ke taman ini ketika dulu memang sering bertandang ke rumah sakit PMI untuk melakukan terapi. Meski taman ini terletak di pusat kota bogor dan tidak jauh dari pusat keramaian seperti rs pmi ataupun beberapa sekolah dibelakangnya namun memang karena lokasinya di tengah komplek perumahan cluster elit dengan penjagaan ekstra dari satuan pengamanan sekitar tidak heran taman ini kurang diminati dan biasanya masyarakat yang lewat enggan singgah disini karena takut ditegur oleh petugas.

Padahal bila singgah sejenak beristirahat duduk di bangku batu atau sekedar lari mengelilingi taman tentu tidak menjadi suatu masalah selama tidak mengganggu wilayah sekitar yang memang berhadapan langsung dengan rumah warga. Sehingga apa yang dilakukan di taman ini tentu akan menjadi perhatian para penghuni komplek residensial tersebut. Bukan tidak mungkin apabila memang ada orang yang melakukan aktivitas mengganggu ketertiban umum bisa jadi akan ada petugas yang siap mengantar anda untuk pergi dari tempat tersebut.

Lokasi Alamat Taman Malabar Bogor

Lokasi taman ini persis berada di samping lippo plaza keboen raya bogor. Jadi bila anda dari pertigaan depan pintu 3 kebun raya bogor maka anda masuk saja ke arah kiri ke jalan malabar yang ada di sebelah kanan lippo plaza kemudian jalan sedikit dan taman tersebut terletak di sebelah kanan atau lebih tepatnya di seberang mall tersebut.

Jalan lainnya yaitu bisa dari arah RS PMI, cukup masuk ke jalan sebelah rs pmi masuk terus sebelum parkiran rs pmi yang berada di sebelah kiri ada jalan ke kiri. Nanti disana akan ada pos penjagaan dan portal. Tentu anda akan ditanya apa keperluannya oleh petugas dan memang akan lebih baik apabila jika membawa kendaraan bisa memakirkannya di parkiran sekitar yang lebih aman seperti parkiran rumah sakit pmi, penginapan ataupun restoran yang banyak ditemukan di daerah ini.

Apabila anda menggunakan angkot maka cukup turun di depan lippo plaza kebun raya kemudian jalan sebentar. Sementara untuk rute angkot yang menuju taman malabar bogor ini cukup banyak. Hampir sebagian besar angkot yang mengarah ke ramayana pasar bogor dan btm ataupun angkot jalur jalan pajajaran melewati lokasi ini.

Fasilitas Internal

Menurut penulis taman malabar merupakan taman yang sederhana, disini memang tidak banyak fasilitas publik yang dapat digunakan. Anda hanya akan menemukan bangku yang terbuat dari semen coran dan batu lalu ada beberapa tanaman serta pohon. Kemudian untuk lintasan yang dipergunakan untuk berlari/berjalan mengelilingi taman ini terbuat dari batu dan pasir saja jadi tentu anda perlu ekstra hati-hati ketika menggunakan fasilitas lari (bahasa kerennya jogging track) tersebut.

Jadi anda tidak perlu berharap banyak soal fasilitas bila anda berkunjung ke taman ini, namun memang kekurangan fasilitas ini bisa jadi penyebab kurang minatnya orang untuk berkunjung ke sini sehingga cocok untuk anda yang tidak menyukai keramaian.

Fasilitas Eksternal

Area ini dikelilingi oleh beberapa hotel serta kawasan hunian pribadi juga tempat makan kelas restoran maupun warung semi permanen. Lokasi taman malabar terletak di belakang beberapa hotel besar seperti hotel permata, hotel grand savero pajajaran, amaris hotel pajajaran bogor, serta wisma taman malabar. Tentu bila anda menginap di hotel-hotel tersebut tidak ada salahnya untuk berjalan kaki sedikit ke belakang untuk sekedar berolahraga atau duduk santai sambil menghirup udara segar.

Bicara soal kuliner, di sekitar taman malabar banyak tempat jajan kaki lima dan restoran sunda yang cukup worth it untuk dikunjungi. Bila anda yang suka makan di warung kecil bisa mampir di banyak kantin yang tersedia di parkiran rs pmi. Silahkan pilih sesuai keinginan anda, untuk pilihan makanan cukup banyak ada masakan padang, bubur ayam, bakso dan mie ayam, warteg, toge goreng, sate dan soto.

Kalau anda alergi dengan makanan pinggir jalan, maka di daerah ini juga tersedia beberapa restoran berkelas yang cukup terjangkau seperti contohnya ada restoran sunda yang menyediakan aneka jenis masakan khas sunda yang lezat.

Waktu terbaik mengunjungi Taman Malabar

Pada waktu pagi menjelang siang pada jam sekolah biasanya taman ini digunakan untuk berolahraga oleh pelajar dari sekolah sekitar. Oleh karenanya tentu hal ini akan menghambat aktivitas berolahraga anda. Biasanya pada siang hari memang hampir tidak ada yang menggunakan hanya saja cuaca yang terik dapat membuat enggan orang untuk bersinggah di taman ini. Pada sore menjelang malam terkadang banyak orang yang nongkrong di taman ini namun jumlahnya tidak terlalu banyak. baca juga taman air mancur

Pada hari tertentu ketika tidak ada sekolah yang menggunakan taman ini untuk jam pelajaran mereka merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini. Penulis kurang mengetahui mengenai kapan hari pastinya karena memang harus melihat ke jadwal pelajaran di sekolah terkait. Namun bila beruntung anda dapat menikmati taman ini dengan nyaman dan leluasa. cek juga taman heulang

Kesimpulannya area taman malabar sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan aktivitas olahraga ataupun duduk duduk santai sambil memandangi hijaunya rumput serta pepohonan sekitar. Area lapangan rumput yang luas juga dapat dimanfaatkan untuk berpiknik bersama keluarga tentu anda harus mengajukan izin terlebih dahulu ke petugas yang sedang berjaga di daerah sekitar. Cocok juga untuk membawa anak kecil karena area untuk bermain atau berlari-larian cukup luas dan tentunya area taman ini dapat diakses secara gratis oleh masuarakat umum.

One thought on “Taman Malabar Bogor Tempat Olahraga Nyaman dan Duduk Bersantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *